Xiaomi Redmi Note 9 : Spesifikasi, Harga dan Review

xiaomi redmi note 9

Setiap tahunnya, Xiaomi rutin mengeluarkan ponsel versi baru dengan varian yang banyak. Misal pada varian kode 9, pabrikan mengeluarkan Xiaomi Redmi Note 9, Redmi Note 9 Pro, dan Redmi 9 yang memiliki cukup banyak pembaruan dari segi visual dan kemampuan hardware-nya.

Ponsel ini memiliki cukup banyak penggemar di luar sana. Apalagi pada seri ini Xiaomi sengaja menyematkan RAM dan memori internal yang lega. Para gamer yang butuh ponsel dengan RAM lega akan menyukainya. Apalagi varian ini masih memiliki harga yang relatif lebih murah.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9

DetailSpesifikasi Redmi Note 9
OSAndroid
OS verAndroid 10, MIUI 11
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUMediaTek Helio G85 (12nm)
Octa-core
Kecepatan CPU2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55
Memori Internal64GB, 128GB
RAM4GB, 6GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
BateraiNon-removable Li-Po 5.020 mAh battery
Fast charging 18W
Reverse charging 9W
Ukuran Layar6.53 inci
Resolsui LayarFHD+ 1080 x 2340 pixels, 19.5:9 ratio (~395 ppi density)
Kamera Belakang48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan13MP
Dimensi162.3 x 77.2 x 8.9 mm
Berat199 gram

Harga Xiaomi Redmi Note 9

Harga dari Xiaomi Note 9 ini secara umum terbagi menjadi dua berdasarkan RAM dan memori internal yang digunakan. Anda disarankan untuk memilih varian paling tinggi karena selisih harga yang diberikan tidak tinggi.

JenisHarga
4/64 GBRp 2,2-2,4 juta
6/128 GBRp 2,5-2,7 juta

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 9

Sebagai ponsel yang mengeluarkan produk spesialis “bujet”, bukan berarti tidak ada kelebihan yang diberikan oleh perangkat ini. Sesuai dengan pangsa pasarnya, Anda akan mendapatkan beberapa kelebihan di bawah ini.

1. Chipset yang Diusung Jauh Lebih Mumpuni

Generasi sebelumnya dari Xiaomi Redmi Note 9 adalah Note 8 yang saat ini masih banyak dicari oleh pengguna. Seri lawas menggunakan chipset Snapdragon seri 600-an yang dianggap cukup tangguh untuk dipakai bermain game online dan aplikasi berat lainnya.

Pada Note 9 standar ini, chipset yang digunakan adalah MediaTek Helio G85 (12nm). Selama ini banyak yang menganggap kalau Mediatek tidak sempurna dan masih kalah jauh dengan Snapdragon. Namun, tingkatan dua chipset ini ada pada level yang sangat berbeda.

Berdasarkan uji benchmark menggunakan AnTuTu, nilai yang didapatkan oleh Note 8 hanya berkisar pada angka 170.000 saja. Sementara itu pada Note 9 yang merupakan generasi teranyarnya, nilai dari AnTuTu yang didapatkan sekitar 205.000. Ada selisih cukup jauh, kan?

Berdasarkan nilai itu, performa dari Note 9 memang unggul di atas kertas. Pada praktiknya pun juga lebih tinggi. Itulah kenapa para penggila game akan memburu ponsel yang juga dibekali dengan memori cukup besar ini.

2. Jack Audio Terbaru untuk Suara Lebih Jernih

Jack Audio yang digunakan untuk ponsel ini varian paling anyar dan sama dengan ponsel kelas menengah atas di jalur Xiaomi atau kompetitor Jack Audio yang digunakan adalah 3.5 mm. Varian ini sangat cocok untuk berbagai audio yang digunakan sebagai aksesori.

Kalau Anda ingin menggunakan headset, earphone atau perangkat audio lainnya, cukup dicolokkan langsung ke port-nya. Suara dengan kualitas bagus dan mendekati Hi-Ress akan keluar sehingga Anda bisa menikmati audio dengan sempurna.

Perangkat audio lain yang bisa dipasangkan pada ponsel ini adalah speaker ukuran apa pun. Selama ini speaker menggunakan bluetooth untuk melakukan sambungan. Dengan Jack Audio 3.5 mm, Anda tinggal mencolokkannya dan suara langsung keluar dengan sempurna.

3. Baterai Berdaya Besar dan Awet

Baterai yang digunakan memiliki daya yang cukup besar dibandingkan seri lawas lain seperti 4 dan 5. Xiaomi biasanya menyematkan baterai dengan daya sekitar 3000-4000 mAh. Namun, pada Xiaomi Redmi Note 9 ini daya yang digunakan sampai 5.020 mAh.

Daya yang digunakan ini cukup besar sehingga Anda bisa melakukan aneka aktivitas secara intens. Misal Anda menggunakannya untuk bekerja secara remote di rumah. Dengan pengisian penuh dari 100% sampai selesai kerja tidak akan habis daya baterainya.

Baterai Xiaomi memiliki rating endurance sekiar 125 jam. Dengan kekuatan ini, Anda bisa memakainya untuk bermain game sampai puas dan durasinya di atas 10 jam. Selama ini, beberapa ponsel game hanya mampu bertahan 6-8 jam saja khususnya pada game online.

Kalau Anda menggunakan ponsel ini untuk meneleon dengan jaringan 3G, kekuatannya bisa sampai 35 jam. Artinya, sehari penuh pun tidak akan perlu terus melakukan pengisian. Apalagi Anda suka sekali menonton video seperti drama dan melakukan maraton.

4. Internal Lega dan Ada Slot Tambahan

Aturan pertama yang harus ada saat membeli ponsel jenis apa pun termasuk Xiaomi adalah memori internalnya yang harus lega. Mengapa? Karena kebutuhan anak milenial kekinian ada banyak mulai dari menyimpan foto, audio, sampai memasang aneka aplikasi yang berat.

Kalau hanya membeli ponsel dengan memori internal sekitar 32 GB saja tidak akan cukup. Apalagi saat ini ada banyak sekali aplikasi yang memiliki ukuran di aas 2 GB. Selain itu, kebutuhan memori juga banyak sehingga kemungkinan akan kehabisan sangat cepat.

Untunglah memori internal paling rendah yang ditawarkan oleh aplikasi ini adalah 64 GB atau dua kali memori ponsel standar lain. Untuk versi yang lebih premium, memori yang digunakan bisa sampai 128 GB, jumlah yang cukup besar untuk menyimpan aneka data.

Apabila Anda merasa kalau memori itu masih kurang karena ponsel digunakan untuk banyak keperluan seperti fotografi, masih ada slot memori. Anda bisa menggunakan micro SD. Ponsel menyediakan sendiri tempatnya atau dedicated slot.

5. Kualitas Kamera Sudah Meningkat

Dibandingkan seri sebelumnya Note 8, ponsel ini memiliki susunan kamera yang jauh lebih meningkat. Kamera di bagian belakang atau kamera utamanya sudah terdiri dari empat lensa yang memiliki ukuran berbeda dan fungsi beragam.

Ada lensa untuk mengambil gambar dengan ukuran sudut lebih lebar, makro, sampai ke lensa untuk kedalaman yang lebih baik. Lensa ini akan memberikan hasil cukup baik untuk berbagai aktivitas seperti pengambilan gambar panorama hingga objek yang kecil.

Selanjutnya pada kamera di bagian depan atau selfie, resolusi lensanya sudah tinggi yakni 13 MP. Kalau Anda menggunakan ponsel untuk berfoto atau melakukan vlogging, kualitasnya akan sangat baik. Jadi, kalau Anda ingin memulai jadi seorang Youtuber, bisa dilakukan setelah beli.

6. Perlindungan Bodi yang Sempurna

Masih sama dengan Xiaomi lain yang banyak menggunakan rangka dari plastik, ponsel ini juga mendapatkan desain itu. Namun, body yang dipakai cenderung lebih kokoh sehingga nyaman saat dipegang dan juga tahan banting kalau tidak sengaja terjatuh.

Bagian depan dari bodi yang melindungi layar sudah menggunakan Gorilla Glass versi 5. Versi ini sangat kuat dan tahan sekali dengan aneka goresan. Meski tidak menggunakan tempered glass tambahan, ponsel akan aman dari goresan yang menyebabkan layar jadi cacat.

7. Mendukung Sistem Widevine Paling Tinggi

Ponsel kekinian yang dikeluarkan sekarang diciptakan untuk bisa dipakai untuk melihat aneka video streaming dari aplikasi. Kita ambil contoh saja Netflix yang saat ini sudah sangat mendunia. Dengan dukungan ini, Anda bisa melihat video dengan lebih mudah dan aman.

Pabrikan yang membuat Xiaomi Redmi Note 9 juga memberikan sistem Widevine L1. Sistem ini bekerja untuk melindungi konten-konten premium dari bajakan. Jadi, Anda akan aman melihat video apa pun karena lisensinya sudah L1 atau yang paling tinggi.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9

Sebagai ponsel berharga miring, kekurangan adalah hal yang wajar. Namun, kalau Anda ingin tahu agar ekspetasinya terlalu tinggi, simak dahulu kekurangan di bawah ini.

1. Pengisian Cepat yang Tidak Cepat

Saat ini hampir semua ponsel menggunakan teknologi fast charging. Dengan kemampuan ini, pengisian daya baterai dari kondisi kosong bisa dilakukan dengan cepat. Biasanya dengan waktu 30 menit saja akan terisi sampai 50%.

Note 9 dari Xiaomi ini juga demikian meski pada pengisian lanjutan tidak bisa berjalan dengan cepat. Dari ebberapa user yang mengulas, dibutuhkan waktu lebih dari 1,5 jam untuk bisa mengisi penuh dari kondisi 0%. Waktu ini cukup lama dan hampir sama dengan pengisian biasa.

2. Layar yang Cenderung Redup

Ukuran kecerahan layar menggunakan satuan nits. Semakin tinggi ukurannya, kecerahan akan tinggi sehingga di bawah sinar matahari pun tidak akan masalah. Anda masih bisa membaca apa yang ada di layar dengan baik sehingga tidak perlu mencari tempat untuk berteduh.

Kecerahan yang diatur secara manual pada Note 9 ini hanya berada pada angka 370 nits. Padahal pada ponsel lain yang masih sejenis bisa meraih angka 400 nits ke atas. Kita ambil contoh pada Note 9 Pro yang merupakan versi premiumnya, kecerahan yang didapatkan 456 nits.

Selanjutnya pada setting yang dilakukan secara otomatis, kecerahannya hanya mampu berada di angka 575 nits. Masalah kecerahan ini kemungkinan besar muncul akibat ada masalah dengan daya. Layar IPS dan ukuran 6.53 inci ternyata cukup boros.

3. Belum Dibekali NFC dan 5G

Xiaomi Redmi Note 9 tergolong varian anyar yang dikeluarkan pada tahun 2020. Pada kompetitor, fasilitas seperti NFC atau near field communication sudah disematkan. Dengan fitur ini pembayaran bisa dilakukan dengan mendekatkan ponsel ke penerima.

NFC umumnya dipakai di beberapa toko besar, angkutan umum, dan juga mengisi saldo pada kartu tap. Dengan hanya mendekatkan kartu ke ponsel, pengisian saldo bisa dilakukan dengan instan tanpa perlu transfer.

Teknologi 5G juga belum ad adi sini meski banyak ponsel dari pabrikan Tiongkok sudah menggunakannya. Untungnya di Indonesia belu ada sehingga Anda masih belum membutuhkannya.

Review Xiaomi Redmi Note 9

1. Desain Xiaomi Redmi Note 9

Secara desain, ponsel ini menawarkan bentuk yang menarik dan seperti ponsel Samsung Note berkelas. Bagian depannya sudah layar penuh dengan bezel yang sangat rendah. Ponsel ini memiliki rasio layar dengan bodi sekitar 84%. Angka yang cukup tinggi untuk ponsel menengah.

Bagian layar ada kamera yang disematkan menyatu dengan display di pojok kiri atas. Selebihnya bagian depan hanya terlihat layar lebar yang ukurannya mencapai 6.53 inci. Dengan layar ini, Anda bisa dengan mudah melihat video atau bermain game.

Ponsel ini memiliki dimensi 162.3 x 77.2 x 8.9 mm. Untuk golongan ponsel semi tablet, ukuran ini masih sangat standar. Selanjutnya untuk warna bodi dan tata letak dari kamera di belakang sudah sempurna sehingga saat dipegang, ponsel ini terlihat sangat berkelas.

Warna penutup belakang juga lebih kekinian dan tidak monoton. Setidaknya pada seri ini, Xiaomi menggunakan warna Midnight Grey, Forest Gree, dan Polar White. Semua warnanya menarik dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Warna yang ditawarkan tergolong unisex.

2. Hardware & Software Xiaomi Redmi Note 9

Perangkat keras sebenarnya sudah dibahas di atas sebagai kelebihan. Namun, kurang afdol kalau tidak membahas secara rindi di sini. Pada Note 9 ini, jeroan yan digunakan adalah chipset dengan jenis MediaTek Helio G685 (12nm). Jenis ini cukup tangguh untuk gaming dan photography.

Untuk mendukung kinerja dari Redmi Note 9, disematkan CPU Octa-core (2x.2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55). Selanjutnya GPU yang dipakai sudah Mali-G52 MC2. Perangkat keras ini juga bekerja bersama dengan RAM dan memori ukuran 4/64 GB dan 6/128 GB.

Selanjutnya perangkat lunak atau OS yang digunakan adalah MIUI 12 terbaru yang merupakan pengembangan dari Android 10. OS ini memiliki banyak sekali keunggulan sehingga sinkron dengan perangkat keras yang memang terbaik.

3. Kamera Xiaomi Redmi Note 9

Mengikuti tren ponsel kekinian, Xiaomi juga menggunakan empat atau quad camera di bagian belakang. Kamera utama pada resolusi 48 MP wide. Selanjutnya tiga kamera lain berturut-turut 8 MP dengan ultra wide angle, 2 MP untuk foto makro, dan 2 MP untuk kedalaman.

Kamera depan juga sudah mumpuni dengan ukuran resolusi 13 MP. Perpaduan dari kamera yang diberikan ini membuat Anda bisa dengan mudah menangkap momen. Gambar yang dihasilkan bisa maksimal dan memiliki reoslusi yang tinggi.

Selanjutnya untuk pengambilan video. Baik kamera depan atau belakang mampu mengambil video dengan resolusi 1080p@30fps. Resolusi ini sudah termasuk tinggi dan kalau diedit dengan benar bisa menghasilkan video yang cocok diunggah ke Youtube atau mungkin Tiktok.

4. Konektivitas Xiaomi Redmi Note 9

Konektivitas yang dipakai memang belum 5G. Namun, koneksi lain sudah diberikan dan sampai LTE serta berfungsi dengan maksimal. Asal jaringannya sempurna, kecepatan unduh bisa sampai ke angka 5,7 Mbps.

Selanjutnya konektivitas lain yang digunakan adalah Wi-Fi dengan jenis Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot. Sayangnya jenis yang dipakai masih belum versi 6 yang kecepatan unduh bisa di atas 1 GB per detiknya.

Bluetooth menggunakan jenis paling anyar yakni versi 5. Versi ini dikenal sangat cepat untuk mengirim dan menerima data dalam jumlah banyak. Dengan jarak 10 meter, proses pengiriman bisa berjalan dengan cepat.

5. Baterai Xiaomi Redmi Note 9

Baterai yang digunakan adalah 5.020 mAh, ukuran yang terbilang cukup besar dan raksasa. Kalau daya yang tersimpan di dalam baterai ini penuh, kemungkinan besar bisa dipakai untuk bermain game HD dan online hingga di atas 10 jam.

Sebelumnya sudah dibahas kalau fast charging dari ponsel ini agak mengecewakan. Ternyata Xiaomi menyematkan Fast Charging 18W dan Reverse charging 9W. Untuk ukuran ponsel dengan layar besar sepertinya agak kurang sehingga tidak bisa digunakan untuk pengisian cepat.

Xiaomi Redmi Note 9 merupakan salah satu senjata dari Xiaomi dalam mengobrak-abrik pasar ponsel kelas menengah. Dengan harga standar, mereka berhasil menghasilkan ponsel dengan kualitas yang cukup baik dan cukup bergengsi dari semua kompetitornya.

Apabila Anda ingin membeli ponsel gaming murah, ponsel dengan internal cukup lega, ponsel dengan kamera cukup lengkap, dan ponsel yang pakai OS paling anyar Redmi Note 9 bsia jadi pilihan. Anda akan mendapatkan paket lengkap dengan harga miring.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here