Xiaomi Redmi Note 9 Pro : Spesifikasi, Harga dan Review

xiaomi redmi note 9 pro

Seri Note 9 diluncurkan oleh Xiaomi pada tahun 2020 dan bertepatan dengan pandemi Covid-19. Banyak yang bilang kalau kondisi ini menyebabkan permintaan ponsel menurun. Padahal, peminat dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro ada banyak di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Secara umum, Note 9 Pro ini hampir sama dengan versi biasa. Hanya saja, ada beberapa penambahan yang membuatnya semakin mentereng dan memiliki kenaikan harga cukup tinggi. Kalau Anda ingin membeli ponsel yang cocok untuk gaming ini, simak ulasannya di bawah ini.

Spesifikasi Xiaomi Redmi Note 9 Pro

DetailSpesifikasi Redmi Note 9 Pro
OSAndroid
OS verAndroid 10.0; MIUI 11
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm)
Octa-core
Kecepatan CPU2×2.3 GHz kryo 465 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 465 Silver
Memori Internal64GB, 128GB
RAM6GB, 8GB
Memori EksternalmicroSD, up to 512GB
BateraiNon-removable Li-Po 5.020 mAh,
Fast charging 30W
Ukuran Layar6.67 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels
Kamera Belakang64MP + 8MP + 5MP + 2MP
Kamera Depan16MP
Dimensi165.5 x 76.68 x 8.8 mm
Berat209 gram

Harga Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Selisih versi Note 9 biasa dan Note 9 Pro sekitar 1 jutaan. Dengan selisih yang besar ini, pabrikan memberikan beberapa kelebihan yang membuat ponsel ini semakin bersinar dan diminati oleh banyak pengguna.

JenisHarga
6/64 GBRp 3,5 jutaan
8/128 GBRp 3,9 jutaan

Kelebihan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Hal yang paling ditonjolkan dari ponsel ini adalah jeroannya yang sangat mumpuni dan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas apa pun. untuk mengetahui lebih banyak kelebihan dan Redmi Note 9, simak daftar berikut.

1. Chipset yang Tingkat Tinggi

Chipset yang digunakan oleh ponsel ini sudah tergolong tingkat tinggi jika dibandingkan dengan seri Note 9 standar. Kalau varian biasa pakai Mediatek, Note 9 Pro mengandalkan Qualcomm SM7125 Snapdragon 720G (8 nm) yang dikenal sangat cepat untuk game.

Ponsel kelas menengah memang biasanya memakai Snapdragon seri 700-an. Barulah kalau seri ke atas pakai seri 900-an yang jauh lebih canggih. Anda bisa membuka aplikasi game berat apa pun dengan mudah tanpa merasa agak tersendat-sendat saat memakainya.

Kemampuan yang hebat dari chipset ini bisa dimaksimalkan dengan hadirnya CPU dan GPU yang juga kelas atas. Note 9 Pro memakai CPU Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 465 Gold dan Silver 6×1.8 GHz Kryo) dan GPU Adreno 618.

Kalau Anda sedang hobi melakukan sunting video dengan menggunakan HP, chipset dan hardware di atas bisa dimaksimalkan untuk mempercepat proses render sehingga ponsel tidak akan mengalami lemot atau malah hang.

2. Layar Sangat Lebar dan Jernih

Layar dari ponsel ini sudah sangat lebar karena ukuran lintang tengahnya 6.67 inci. Rasio antara layar dengan bodi utama nyaris 85%. Artinya ponsel ini memiliki bezel yang sangat tipis sehingga bagian depan ponsel akan dipenuhi dengan layar saja.

Jenis layar yang digunakan memang masih IPS dan belum AMOLED seperti kompetitor. Meski demikian, kecerahannya sudah sempurna sehingga cocok dipakai untuk melihat film, nonton Youtube, atau scrolling melihat TV di Tiktok yang menarik.

Kecerahan dari ponsel ini kalau dilakukan secara manual bisa mendapatkan nilai di atas 450 nits. Sementara itu kalau disetel otomatis, kecerahannya bisa di atas 600 nits. Artinya, saat digunakan di bawah sinar yang terang seperti matahari, gambar di layar masih terlihat dengan jelas.

Layar sudah Full HD+, artinya bisa dipakai untuk menampilkan gambar dengan resolusi yang sangat tinggi. Anda bisa melihat Netflix dengan kualitas 1080p meski hanya dari PC. Apalagi ponsel sudah memiliki lisensi Widevine L1 yang legal.

3. Baterai Memiliki Daya yang Jumbo

Baterai yang digunakan untuk ponsel ini sama dengan baterai yang dipakai pada seri Note 9 biasa. Xiaomi memberikan daya sampai 5.020 mAh yang sangat awet dan bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas dari yang ringan sampai ke yang berat seperti main game HD.

Dengan daya yang super besar ini, Anda bisa bermain game HD dari pagi sampai sore hari tanpa mengisi sama sekali. Dari beberapa uji coba yang dilakukan, baterai bisa bertahan sampai 11 jam dengan kondisi internet terus menyala dari awal sampai akhir.

Ukuran yang besar dari baterai membantu Anda kalau melakukan aktivitas outdoor dalam jangka waktu lama. Waktu standby dengan penggunaan ringan di atas 10 hari. Jadi, kalau misal Anda ingin naik gunung selama 3 hari, tanpa isi baterai pun ponsel masih bisa digunakan dengan baik.

Apalagi ponsel ini memiliki teknologi pengisian cepat atau fast charging. Saat berada di dekat colokan, Anda bisa mendapatkan daya dengan cepat sehingga baterai yang sedang kosong bisa terisi dengan lebih cepat.

4. Desain Bodi yang Menakjubkan

Desain dari Xiaomi Redmi Note 9 Pro ini sangat elegan dan terlihat mahal dibandingkan dengan seri lainnya. Mengapa? Karena bodi di bagian depan dan belakangnya menggunakan Gorilla Glass 5 yang dikenal sangat kuat dan tidak mudah mendapatkan goresan dari benda tajam.

Perlindungan itu membuat Anda bisa dengan mudah untuk menyimpan ponsel di tas atau di saku. Tanpa menggunakan pelindung seperti tempered glass pun tidak masalah. Yang cukup disayangkan dari ponsel ini adalah kerangka yang masih menggunakan plastik.

Kamera bagian depan dari ponsel berada di tengah-tengah dan terlihat mungil. Desain ini membuat ponsel tampak lebih menarik dan tidak terlalu banyak penghalang di layar. Pada bagian kamera belakang, posisinya di tengah dan terlihat bersih dan futuristik.

Ponsel menggunakan tiga warna yang berbeda untuk cangkang bagian belakang. Anda bisa memilih sendiri antara warna Tropical Green, Interstellar Gray, dan Glacier White. Warna ini berjenis unisex sehingga aman dipakai oleh semua orang.

5. Sudah Disematkan NFC

Xiaomi Note 9 biasa tidak diberi NFC untuk dipakai membayar dan mengisi kartu tap. versi Pro menggunakan NFC sebagai bagian dari konektivitasnya. Hadirnya NFC memberikan perubahan besar karena untuk membayar apa pun tinggal melakukan tap dengan ponsel.

Penyematkan NFC ini bermanfaat kalau Anda sering menggunakan transportasi umum seperti KRL atau MRT. Biasanya untuk naik angkutan itu dibutuhkan kartu tap atau ponsel dengan NFC. Kalau pergi ke luar negeri, NFC bisa digunakan juga untuk membayar apa pun.

Selisih 1 jutaan dan diberi NFC sudah sangat pantas pada Redmi Note 9 Pro. Apalagi ponsel ini juga dibekali dengan chipset yang sangat hebat sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan hiburan, kerja, belanja, dan berpergian ke mana pun dengan lebih mudah.

6. RAM dan Internal yang Lega

Saat membeli ponsel baru, beberapa orang akan memikirkan dua hal. Pertama adalah melihat seberapa besar RAM yang digunakan dan memori internal yang sangat lega. Kalau Anda ingin ponsel dengan RAM lega mulai dari 6 GB sampai 8 GB, Note 9 Pro adalah pilihan yang tepat.

Xiaomi memang sengaja memberikan RAM besar agar bisa bersaing dengan kompetitor dan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Singkatnya, untuk keperluan pasar, Xiaomi berani memberikan harga rendah dan aspek yang mumpuni.

Ponsel baru biasanya memiliki memori internal sekitar 32 GB. Kalau Anda adalah penggemar game, ruang penyimpanan ini tidak cukup. Minimal harus memiliki memori 64 GB. Note 9 Pro ini memiliki memori internal 64 GB atau 128 GB. Tanpa SD card pun sudah lebih dari cukup.

Kalau Anda ingin menambah memori karena banyak data ingin disimpan atau dipindahkan, tersedia slot khusus atau dedicated slot. Jadi, Anda tidak perlu menggunakan slot kartu SIM seperti layaknya ponsel Xiaomi versi terdahulu.

7. Hasil Kamera yang Sempurna

Hampir sama dengan saudaranya yang versi standar, ponsel ini juga memiliki kualitas kamera yang tinggi. Di bagian belakang atau kamera utama yang jumlahnya ada banyak dan kemampuannya berbeda. Satu untuk wide, ultra wide, macro, dan terakhir untuk deep.

Gambar yang dihasilkan sempurna mulai dari bidikan kamera sampai ke video. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah dan hasilnya selalu maksimal. Anda bisa memilih sendiri modenya mulai dari manual sampai ke otomatis untuk hasil yang instan.

Note 9 Pro ini merupakan ponsel kesayangan dari pada fotografer. Untuk mengambil objek apa pun, hasil mentahnya akan sempurna. Belum lagi kalau sudah mendapatkan sentuhan edit. Kemungkinan besar terlihat seperti gambar dari profesional.

Kekurangan Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Masih ada kekurangan dari Note 9 Pro yang membuatnya tidak sempurna. Meski kekurangan ini ada beberapa, jika dibandingkan dengan kelebihan, sepertinya bisa diabaikan.

1. Banyak Aplikasi Bawaan dan Bloatware

Aplikasi bawaan dari MIUI 11 ada banyak dan hampir semua tidak bisa dihapus atau dinonaktifkan. Efeknya, memori yang digunakan tidak sepenuhnya kosong. penggunaan memori card mungkin bisa jadi solusi untuk penyimpanan data dari aplikasi.

Banyaknya aplikasi yang ada di seri MIUI 11 konon menyebabkan bloatware. Kondisi ini membuat ponsel sulit sekali memasang aplikasi baru. Bahkan, saat memori internal masih tersisa cukup banyak sekali pun tetap saja susah.

2. Tidak Nyaman Digenggam

Ponsel ini sebenarnya tidak terlalu tebal. Hanya saja tetap saja tidak nyaman digenggam karena ukurannya sekitar 6,6 inci. Ukuran ini nyaris seperti tablet mini sehingga agak tidak nyaman saat digenggam atau saat dimasukkan ke dalam saku celana atau pakaian.

Kalau ponsel dimasukkan tas mungkin tidak akan jadi masalah. Oh ya, ponsel Note 9 Pro ini juga agak berat karena ukurannya besar. Hal ini menyebabkan Anda jadi kurang nyaman kalau digunakan untuk bermain game selama berjam-jam lamanya.

Review Xiaomi Redmi Note 9 Pro

1. Desain Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Masalah desain, Xiaomi sengaja membuat ponsel ini tampak lebih menarik dengan bodi kaca di bagian depan dan juga belakang. Bodi ini terlihat lebih elegan dengan warna kalem. Cocok dipakai oleh siapa saja termasuk pekerja kantoran. Tidak harus iPhone kalau mau tampil gaya, kan?

Ukuran dari ponsel ini tidak terlalu tebal karena hanya 8.8 mm saja ketebalannya. Secara keseluruhan, ponsel sangat eye catching. Apalagi posisi kamera bagian depan berada di tengah dan kamera belakang sangat estetik.

2. Hardware & Software Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Seperti yang sudah dijelaskan pada kelebihan di atas, ponsel ini menggunakan hardware atau perangkat keras yang kualitasnya tinggi. Mulai dari chipset, CPU, dan GPU sudah generasi anyar dan sesuai dengan ponsel kelas menengah.

Chipset pakai Snapdragon seri 700 yang merupakan pengembangan varian 600 yang agak lemot jika dipakai membuka aplikasi. Singkatnya, dengan menggunakan chipset ini, ponsel tidak akan hang dan aneka game bisa berjalan dengan lancar meski grafiknya HD.

CPU menggunakan 8 inti atau octa core yang terdiri dari 2 inti 2.3 GHz Kryo 465 Gold dan 6 sisanya memakai inti 1.8 GHz Kryo 465 Silver. Selanjutnya untuk CPU menggunakan Adreno 618.

Pada lini software atau OS yang digunakan sudah memakai Android 10 yang merupakan seri paling anyar. Sayangnya ponsel ini masih menggunakan MIUI 11 padahal seri lain yang versi biasa memakai MIUI 12 yang paling baru. Kemungkinan bisa di-upgrade ke sana.

3. Kamera Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Kamera utama yang digunakan ada empat dan terdiri dari kamera wide dengan resolusi 64 MB. Selanjutnya kamera untuk keperluan ultra wide sudut 119, ukurannya 8 MP. Kamera macro agak meningkat dari seri biasa yaitu 5 MP. Terakhir untuk deep beresolusi 2 MP.

Dengan menggunakan kamera ini, gambar makro dari objek kecil bisa dihasilkan dengan maksimal. Apalagi dengan kemampuan ultra wide, gambar lanskap pemandangan atau jalanan bisa sempurna tanpa banyak diotak-atik.

Kamera depan menggunakan resolusi 16 MP dan sempurna untuk melakukan selfie. Semua kamera yang dimiliki oleh Note 9 Pro juga cocok sekali untuk keperluan pengambilan video. Semua video yang dihasilkan akan memiliki ukuran atau resolusi 4K dan 1080p.

4. Konektivitas Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Konektivitas yang dimiliki oleh Note 9 Pro semuanya lengkap mulai dari NFC yang sudah dibahas sebelumnya. Selanjutnya untuk Wi-Fi berjenis Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, hotspot, Wi-fi Direct. Koneksi ini sudah cepat meski belum versi 6 yang lebih ngebut.

Koneksi nirkabel gigi biru atau Bluetooth sudah menggunakan versi 5 yang dikenal cepat dan cocok untuk disambungkan ke perangkat lain. kalau Anda ingin menyambungkan ke perangkat audio seperti speaker, kecepatannya akan tinggi dan suara yang dihasilkan sempurna.

USB sudah menggunakan type C paling baru sehingga bisa disambungkan ke PC atau laptop dengan lebih mudah. USB On-The-Go atau OTG juga berguna pada ponsel ini sehingga bisa dicolok perangkat penyimpanan seperti flashdisk, mouse, sampai hardisk portable.

5. Baterai Xiaomi Redmi Note 9 Pro

Seperti yang sudah dikatkan di atas, ponsel ini menggunakan baterai dengan daya sekitar 5.020 mAh yang berarti dua kali baterai ponsel lain. Dengan pengisian penuh, melihat video Youtube atau Netflix bisa berjalan di atas 12 jam. Artinya kalau mau maraton, Anda cukup mengisi sekali saja.

Baterai pada ponsel ini mendukung teknologi pengisian cepat. Dalam waktu setengah jam saja, ponsel bisa terisi sampai 50%. Artinya, Anda tidak perlu menunggu lama kalau ingin mengisi daya dan menggunakannya lagi tanpa menunggu penuh.

Sayangnya pengisian penuh dengan menggunakan teknologi pengisian cepat ini masih kurang cepat. Dari kondisi kosong sampai terisi penuh 100%, butuh waktu sekitar 2 jam. Padahal, beberapa ponsel seperti Xiaomi Poco hanya butuh 60 menit saja.

Dari ulasan di atas, kita bisa membuat kesimpulan kalau Xiaomi Redmi Note 9 Pro merupakan salah satu ponsel gaming terbaik. Dengan RAM yang sangat besar, aneka jenis game dengan kualitas HD bisa dimainkan dengan mudah dan tanpa ada gangguan sama sekali.

Selain itu, Anda yang suka sekali dengan fotografi, ponsel ini bisa jadi pengganti sementara dari kamera yang harganya mahal. Hanya dengan berbekal kamera ponsel, Anda bisa mendapatkan gambar yang sempurna dan juga video dengan kualitas HD.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here