Xiaomi Poco X3 NFC : Spesifikasi, Harga dan Review

Xiaomi Poco X3 NFC

Xiaomi terus menggempur market share ponsel dunia, termasuk Indonesia. Setelah sukses dengan seri Redmi dan Mi Mix, kini mereka menghadirkan varian baru dengan nama Poco. Salah satu seri terbarunya dan menjadi buah bibir banyak orang saat ini adalah Xiaomi Poco X3 NFC.

Ponsel itu memiliki banyak kelebihan yang harus dipertimbangkan, apabila Anda ingin menggunakannya. Selain itu, ada beberapa kekurangan yang harus diperhatikan agar Anda tidak salah beli dan akhirnya mengalami kekecewaan.

Spesifikasi Xiaomi Poco X3 NFC

DetailSpesifikasi Poco X3 NFC
OSAndroid
OS verMIUI 12 for POCO, based on Android 10 POCO Launcer 2.0
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualomm SM7150-AC Snapdragon 732 (8 nm)
Octa-core Kryo 470
Kecepatan CPU2×2.3GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver
Memori Internal64GB, 128GB
RAM6GB, 8GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256GB
BateraiNon-removable, Li-Po 5.160 mAh
Fast charging 33W, 62% in 30 min, 100% in 65 min (advertised)
Ukuran Layar6.67 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels
HDR10
120Hz refresh rate
Kamera Belakang64MP + 13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan20MP
Dimensi165.3 x 76.8 x 9.4 mm
Berat215 gram (7.58 oz)

Harga Xiaomi Poco X3 NFC

Ponsel yang dirilis oleh Xiaomi ini dipasarkan pada pembeli kelas menengah ke bawah. Harganya tidak terlalu rendah dan tinggi. Saat perilisan, Xiaomi membaginya menjadi dua jenis, pertama dengan spesifikasi RAM dan internal 6/64 GB dan 8/128 GB.

Untuk Harga Poco X3 NFC dengan RAM dan internal 6/64 GB dibanderol sekitar Rp 3.200.000, sedangkan 8/128 GB dibanderol dengan kisaran harga Rp 3.500.000.

Kelebihan Xiaomi Poco X3 NFC

Ada banyak kelebihan dari Xiaomi Poco X3 NFC yang membuat penggemar gadget kebelet ingin membelinya. Kelebihan itu mencakup banyak aspek, termasuk yang tidak ada di ponsel kelas menengah yaitu NFC.

1. Munculnya Sensor NFC

Salah satu indikator ponsel kekinian yang diburu oleh banyak orang adalah hadirnya NFC atau Near Field Communication. Konsepnya mirip sekali dengan inframerah yang dipakai untuk mengirim data. Namun, NFC lebih luas penggunaannya, khususnya dalam hal pembayaran.

Apabila Anda pernah melihat serial drama Korea atau Jepang yang pemainnya menggunakan ponsel untuk bayar bus. Nah, mereka menggunakan ponsel dengan NFC. Alat penerima akan langsung merespons, apabila gadget dengan NFC didekatkan langsung dengan jarak tertentu.

Penggunaan NFC di Indonesia sudah mulai diterapkan di beberapa moda transportasi, seperti KRL dan MRT yang baru saja diluncurkan. Selain itu, pengisian kartu e-toll juga bisa menggunakan NFC dari ponsel seperti Xiaomi Poco X3 NFC. Cukup didekatkan saja, bisa langsung terisi sendiri.

2. Cukup Tahan dengan Air

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Poco X3 NFC adalah tahan dengan air dan juga dari debu. Ponsel sudah memiliki sertifikat IP53 yang artinya tahan apabila masuk ke dalam air dengan kedalaman 1,5 meter, selama 30 menit.

Ponsel yang dirilis pada September 2020 ini juga anti debu, khususnya di bagian layarnya. Jadi, saat digunakan tidak akan banyak kotoran yang menempel. Apalagi tangan Anda mudah sekali berdebu dan berminyak, sehingga memunculkan noda.

Apabila terlanjur ada kotoran di sana, Anda cukup mengelapnya dengan tisu kering yang lembut. Selanjutnya bisa digunakan lagi tanpa merasa terganggu. Jangan gunakan air atau cairan pembersih lain, meski secara umum aman.

3. Sudah Mendukung Fast Charging

Fast charging adalah salah satu “jualan” dari banyak pabrikan ponsel di seluruh dunia. Mengapa? Karena kebutuhan masyarakat yang besar akan ponsel membuatnya ingin terus mengisi daya. Apabila pengisian berjalan lambat, aktivitas dengan ponsel tidak akan bisa dilakukan dengan baik.

Umumnya, kemampuan pengisian cepat ini berbeda-beda di setiap ponselnya. Yang paling umum adalah pengisian sebanyak 50% dengan durasi waktu 30 menit. Dengan kemampuan ini, maka ponsel bisa terisi penuh dalam waktu 1,5 jam saja.

Xiaomi Poco X3 NFC ini tidak demikian, fitur fast charging yang ditawarkan adalah 62% untuk pengisian selama setengah jam. Sementara itu, pengisian penuh bisa dilakukan selama 65 menit. Dengan kemampuan ini, maka Anda tidak perlu takut sering kehabisan daya baterai.

4. Dukungan MIUI 12 yang Serba Canggih

MIUI adalah OS yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi. Mereka melakukan modifikasi dari jenis Android 10 yang banyak digunakan sekarang. Ponsel Xiaomi jenis paling baru banyak menggunakan MIUI jenis ini termasuk untuk Poco X3 NFC.

MIUI 12 memiliki cukup banyak kelebihan dibandingkan dengan seri 11 yang dipakai ponsel seperti Redmi 5 Plus. Hal ini terlihat dari visualnya yang lebih menarik dan kecepatan aplikasi dalam melakukan kinerjanya. Singkatnya, fitur canggih dari hardware akan diakomodasi dengan baik.

5. Value of Price yang Tinggi

Value of price adalah nilai yang didapatkan dari harga jual yang ditawarkan. Pada Poco X3 NFC, nilai yang didapatkan cukup tinggi karena Anda akan mendapatkan cukup banyak kelebihan. Tidak hanya urusan NFC yang umumnya digunakan pada ponsel kelas atas atau flagship.

Dengan harga yang tidak terlalu tinggi atau sekitar Rp 3 jutaan saja, Anda akan mendapatkan banyak kelebihan dari segi kamera, chipset, hingga ke urusan display. Dengan harga ini, Anda tidak akan merasa rugi karena apa yang didapatkan jauh lebih besar.

Informasi lebih lanjut tentang value of price bisa Anda simak pada review yang akan diuraikan pada bagian selanjutnya dari artikel ini.

6. Lebar dan Cocok untuk Gaming serta Nonton Video

Satu kelebihan yang tidak bisa diabaikan begitu saja dari Xiaomi Poco X3 NFC adalah displaynya yang cukup lebar. Ukurannya berada di atas 6,5 inci. Dengan ukuran yang cukup lebar ini, maka Anda akan dimanjakan saat bermain game yang membutuhkan tampilan lanskap.

Selain cocok digunakan untuk bermain game, ponsel ini juga memiliki layar yang cocok untuk melihat aneka jenis video. Dengan layar yang lebar, video yang ditampilkan bisa maksimal. Tidak akan ada banyak ganguan karena bezel sangat tipis.

Layar juga cukup jernih dan memiliki warna mendekati nyata. Jadi, apa yang dilihat seperti apa yang ada di dunia nyata. Apalagi dipakai untuk melihat foto yang barus saja ditangkap.

7. Dukungan Memori Eksternal yang Lebih Besar

Banyak yang bilang apabila memori internal dari ponsel ini agak kecil. Hal inilah yang membuatnya tidak begitu mahal. Jika Anda merasa memorinya terlalu kecil, jangan khawatir. Ada dukungan memori eksternal yang mampu menyimpan sampai 256 GB.

Jadi, Anda tidka perlu bingung saat akan menyimpan apa pun. Apalagi RAM yang digunakan sudah besar, mulai dari 6 GB sampai 8 GB. Dengan RAM yang besar ini, berbagai aktivitas yang dilakukan termasuk main game dengan kualitas HD bisa dilakukan dengan mudah.

Kekurangan Xiaomi Poco X3 NFC

Tidak ada gading yang sempurna, pasti ada bagian yang retak. Hal itu juga berlaku pada ponsel Xiaomi Poco X3 NFC. Berikut beberapa kekurangan yang bisa diperhatikan:

1. Bodi Agak Tebal sehingga Sulit Digenggam

Namanya juga ponsel, pasti akan lebih sering dipegang atau genggam apabila digunakan. Sayangnya, Xiaomi Poco X3 NFC ini memiliki bodi yang agak tebal atau sekitar 9,4 mm. Dengan bodi yang tebal ini, ponsel jadi terlihat menggembung, apalagi saat dimasukkan kantong.

Dipegang dalam jangka waktu lama juga membuat tangan tidak nyaman atau mudah lelah. Apalagi, ponsel digunakan untuk bermain game berjam-jam. Terakhir, berat dari ponsel juga besar.

2. Dijual Kosongan Tanpa Aksesori

Sama halnya dengan ponsel Xiaomi lain, meski kelas menengah atau atas, semuanya akan dijual kosongan. Artinya, di dalam ponsel hany akan ada charger, buku manual, dan kartu garansi saja. Aksesori lain tidak diberikan, kecuali casing plastik yang harganya terlihat murah.

Apabila ingin aksesori lain seperti headset dan sejenisnya, Ada harus membelinya sendiri. Untunglah, Xiaomi menyediakan aksesori dengan harga cukup terjangkau.

3. Bodi Belakang Masih Plastik

Cukup disayangkan untuk harga sekitar Rp 3 jutaan, bodi bagian belakang dari Xiaomi masih plastik. Padahal bagian depannya sudah memakai Corning Gorilla Glass.

Harusnya bodi bagian belakang sudah bisa memakai material lain seperti logam ringan, agar tamplannya terlihat sangat gaya.

Review Xiaomi Poco X3 NFC

1. Desain Xiaomi Poco X3 NFC

Desain dari Poco X3 NFC akan dibagi dua dalam pembahasan ini, pertama adalah ukuran dari bodi dan kedua adalah display. Secara umum, dua hal itu memiliki cukup banyak kelebihan dan beberapa kekurangan seperti yang sudah dibahas di atas, yakni agak lebih tebal.

Ponsel menggunakan dimensi atau ukuran 165.3 x 76.8 x 9.4 mm. Ukuran ini sebenarnya sandar ponsel terbaru. Hanya saja pada bagian lebar memang agak tinggi. Kemungkinan ada komponen di bagian mesin yang lebih besar untuk memaksimalkan kemampuan dan kinerja ponsel.

Bodi bagian depan sudah menggunakan Corning Glass front (Gorilla Glass 5), artinya kaca sangat tebal dan tidak mudah tergores. Bagian kerangka atau frame menggunakan bahan alumunium yang dikenal ringan. Sayangnya, bagian belakang terbuat dari plastik.

Penggunaan plastik di bodi bagian belakang kemungkinan besar terjadi karena harga ponsel agar direndahkan. Selain itu, plastik juga membuat berat dari ponsel tidak terlalu besar. Dengan bagian belakang plastik saja, ponsel ini sudah memiliki berat 215 gram.

Selanjutnya ke urusan display, Poco X3 NFC menggunakan layar IPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nits (type). Ukurannya sudah 6,67 inci dan radio dengan bodi nyaris 85%. Artinya, ponsel ini memiliki bingkai atau bezel yang tidak terlalu besar.

Terakhir, resolusinya menggunakan ukuran 1080 x 2400 pixels. Dengan ukuran yang besar ini, aspek rasio yang digunakan adalah 20:9.

2. Hardware & Software Xiaomi Poco X3 NFC

Perangkat lunak yang digunakan Poco X3 NFC adalah Android 10 dengan gubahan MIUI 12. Software ini adalah yang paling canggih di Xiaomi dan dipakai pada flagship-nya. Perangkat ini juga mendapatkan dukungan hardware yang jauh lebih besar dari varian lain pada Poco.

Chipset yang digunakan sudah memakai Qualcomm SM7150-AC Snapdragon 732G (8 nm). Jeroan ini dikenal sangat andal dalam menjalankan aneka aplikasi di ponsel. Saat dipakai untuk main game atau mengedit video, kemungkinan mengalami lelet akan rendah.

GPU dan CPU yang digunakan berturut-turut Adreno 618 dan Octa-core (2×2.3 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver). Semua hardware yang dipakai bisa membuat ponsel bekerja dengan sangat gesit.

3. Kamera Xiaomi Poco X3 NFC

Kamera yang dipakai oleh Poco X3 NFC ada empat atau quad di bagian belakang atau kamera utama. Spesifikasinya 64 MP, 13 MP, 2 MP, 2 MP. Sementar aitu, lensa kedua memakai wide angle sampai ke sudut 113 derajat.

Selanjutnya, kamera depan yang dipakai untuk selfie juga berukuran besar. Meski hanya satu, kekuatannya sampai 20 MP. Semua foto dan video yang dihasilkan dengan kamera ini kualitasnya sangat baik dan cocok untuk mobile fotography.

4. Konektivitas Xiaomi Poco X3 NFC

Konektivitas dari Xiaomi Poco X3 NFC lengkap dan menggunakan teknologi yang paling baru. Pertama adalah jaringan yang digunakan. Ponsel ini mendukung semua jaringan dari 2G sampai 4G LTE yang dikenal sangat cepat.

Sayangnya, ponsel menggunakan teknologi 5G yang dewasa ini mulai banyak dipakai di beberapa ponsel keluaran terbaru. Untuk jaringan nirkabel, Poco X3 NFC menggunakan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, dan hotspot.

Perangkat ini terbilang cukup cepat apalagi jaringan Wi-Fi yang dipakai memang memiliki bandwidth besar. Dengan demikian, akses untuk unduh, unggah, hingga menonton vieo bisa dilakukannya tanpa hambatan.

NFC juga merupakan konektivitas yang dimiliki oleh Poco X3 dan menjadi salah satu keunggulannya. Dengan menggunakan NFC, maka berbagai aktivitas seperti pembayaran bisa berjalan dengan baik. Fitur ini akan sangat bermanfaat apabila Anda berada di luar negeri.

Bluetotth yang dipakai sudah versi 5 atau tepatnya 5.1, A2DP, LE, Teknologi gigi biru yang digunakan ini adalah salah satu yang paling cepat di dunia saat ini. Jadi, Anda bisa menggunakannya untuk mengirim data atau menyambungkannya ke perangkat lain.

GPS yang dipakai juga jenis yang paling anyar. Selama Anda menggunakan jaringan yang stabil, tingkat akurasinya akan mengalami kenaikan. Jadi, cocok sekali dipakai untuk membuka aplikasi berbasis GPS, seperti running tracker atau game seperti Pokemon Go.

Ponsel ini juga mendukung radio receiver. Dengan menyalakan radio yang ada di ponsel, Anda bisa dengan mudah menerima siaran dari jaringan yang paling dekat. Jadi, apabila jenuh menonton Youtube, bisa beralih mendengarkan musik di radio.

Terakhir konektivitas dengan menggunakan kabel, ponsel ini sudah memakai USB Type-C 2.0. Dengan koneksi itu, arus lalu lintas perpindahan data bisa berjalan dengan lebih cepat. Selanjutnya, ada USB On-The-Go yang memudahkan perpindahan data dari dan ke flash disk.

5. Baterai Xiaomi Poco X3 NFC

Satu hal yang patut disyukuri dari Xiaomi Poco X3 NFC adalah dukungan baterai yang diberikan cukup besar. Xiaomi menyematkan baterai dengan ukuran daya Li-Po 5160 mAh. Daya ini cukup besar dibandingkan dengan ponsel Xiaomi lain yang berada di ukuran 3000-4000 mAh saja.

Baterai yang cukup gemuk ini bisa membuat aktivitas berjalan dengan lancar. Misal Anda berada di luar ruangan seperti kamping, baterai bisa tahan sampai 3-4 hari dengan pemakaian wajar. Artinya, Anda tidak perlu sering melakukan pengisian agar ponsel bisa digunakan lagi.

Jika ponsel digunakan secara wajar tanpa ada main game yang intens, tapi masih lihat Youtube dan akses internet terus menyala, kemungkinan besar bisa tahan sampai 2 hari. Apabila ponsel dipakai dengan intens untuk main game online, bisa tahan di atas 12 jam.

Dukungan pengisian cepat juga diberikan oleh Xiaomi. Jadi, apabila daya yang dimiliki oleh ponsel Anda mengalami penurunan atau habis, bisa langsung dicolokkan ke saluran listrik. Dalam waktu satu jam bisa terisi penuh dari kondisi kosong.

Setelah melihat sendiri kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi Poco X3 NFC, Anda jadi bisa menentukan sendiri apakah akan membelinya atau tidak. Jika Anda memakainya untuk kebutuhan harian, naik MRT, dan lainnya, ponsel ini wajib dibeli.

Sebelumnya memutuskan untuk membeli Xiaomi Poco X3 NFC, ada baiknya untuk memperhatikan harga dan garansinya. Terkadang harga di store resmi, retail, dan toko online mengalami perbedaan. Pastikan membeli yang benar-benar original dan memiliki harga terjangkau.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here