Xiaomi Poco F2 Pro : Spesifikasi, Harga, dan Review

xiaomi poco f2 pro

Seri Pocophone memang masih anyar dibandingkan Redmi atau Note. Meski demikian, Xiaomi mau memberikan sesuatu yang beda dan menarik penggemar gadget untuk membelinya. Salah satu ponsel yang memiliki “nilai plus” itu adalah Xiaomi Poco F2 Pro.

Sebagai ponsel kelas menengah, Poco F2 Pro menjadi incaran pengguna gadget yang menginginkan RAM besar dan memori internal lega. Apalagi ponsel ini masih dibekali dengan kamera yang mumpuni sehingga cocok dipakai untuk kegiatan indoor dan outdoor.

Spesifikasi Xiaomi Poco F2 Pro

DetailSpesifikasi Poco F2 Pro
OSAndroid
OS verAndroid 10, MIUI 11
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SM8250 Snapdragon 865
Octa-core Kryo 585
Kecepatan CPU1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585
Memori Internal128GB, 256GB
RAM6GB, 8GB
Memori EksternalNo
BateraiLi-Po 4.700 mAh
Fast charging 30W, 100% in 65 menit
USB Power Delivery 3.0
Quick Charge 4+
Ukuran Layar6.67 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels
Super AMOLED
Kamera Belakang64MP + 5MP + 13MP + 2MP
Kamera Depan20MP
Dimensi163.3 x 75.4 x 8.9 mm
Berat219 gram

Harga Xiaomi Poco F2 Pro

Ponsel ini tidak memiliki harga terjangkau seperti seri Xiaomi lainnya. Singkatnya, ponsel ini merupakan seri premium dari Xiaomi yang dipakai untuk memberikan teknologi canggih ke penggemarnya. Berikut harga sesuai dengan RAM dan memori Internal.

JenisHarga
6/128 GBRp 7 jutaan
8/256 GBRp 8 jutaan

Kelebihan Xiaomi Poco F2 Pro

Tidak akan lengkap rasanya kalau akan membeli Poco F2 Pro tanpa menyimak dahulu apa saja kelebihan yang diberikan oleh pabrikan. Secara umum, ponsel yang dirilis pada media 2020 ini menghadirkan keunggulan yang terdiri dari:

1. Layar Sudah Jernih Super AMOLED

Selama ini Xiaomi menggunakan layar IPS untuk jenis kelas atas sekali pun. Meski layar dengan teknologi IPS sudah cukup canggih, kecerahan dan kejernihannya masih sangat kurang. Itulah kenapa begitu Poco F2 Pro diumumkan, pecinta Xiaomi rela antre untuk mendapatkannya.

Dengan layar AMOLED, warna dari gambar atau video akan tampak seperti nyata. Apalagi ukuran dari layar sudah sangat lebar yakni 6,67 inci. Selanjutnya Anda juga mendapatkan layar dengan resolusi Full HD+ sebesar 2400 x 1080 pixel.

Layar dari ponsel ini juga mendukung teknologi HDR10+. Teknologi ini digunakan juga pada TV plasma terbaru sehingga saat melihat film, Anda seperti sedang melihat layar LCD yang besar. Apalagi masalah pencahayaan tidak begitu ribet dan bisa diatur sendiri.

Sebenarnya tingkat kecerahan akan otomatis menyesuaikan dengan kondisi sekitar. Misal saat dipakai di ruangan terang atau gelap. Namun, Anda juga bisa mengotak-atik sendiri settingan layarnya khususnya untuk bagian Enhanced, sRGB, Original, dan P3.

2. Kualitas Rekaman HD

Ponsel ini memiliki lima buah kamera, empat di bagian belakang dan satu di bagian depan. Kelimanya berfungsi dengan baik untuk menghasilkan kualitas rekaman atau video HD. Video yang dihasilkan bisa memiliki resolusi sampai 8K. Benar-benar kualitas yang sempurna.

Umumnya ponsel kamera hanya mampu dipakai merekam dengan resolusi sampai 1080p. Namun, dengan hardware yang mumpuni, Anda bisa mengambil gambar mentah dengan kualitas sempurna sehingga saat diedit hasilnya bisa memuaskan, bahkan setara dengan kamera mahal.

Kamera Xiaomi Poco F2 Pro yang sangat mumpuni ini cocok untuk Anda yang suka sekali membuat video pendek atau film. Bahkan, kalau ingin memulai karier sebagai seorang Youtuber profesional, kamera ponsel ini sudah lebih dari cukup mengambil video.

3. Chipset yang Diberikan Tidak Main-main

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk membeli ponsel Poco F2 Pro. Pertama, secara desain ponsel ini sangat menarik dan terlihat berkelas. Kedua, karena jeroan yang digunakan sudah setara dengan ponsel kelas atas dengan harga di atas Rp 8-9 jutaan.

Chipset yang digunakan ponsel ini adalah Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+). Ponsel kelas menengah biasanya hanya memakai seri 600 atau 700 dari Snapdragon. Namun, ponsel ini menggunakan jenis yang lebih tinggi untuk meningkatkan kinerja dari mesin dan software.

Ketika dilakukan uji benchmark AnTuTu, chipset ini mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari ponsel flagship lainnya. Poco F2 Pro mendapakan nilai nyaris 570.000. Sementara itu, ponsel lain seperti iPhone 11 nilai yang didapatkan hanya berkisar 457.000 saja. Perbedaan yang sangat besar, kan?

Dengan chipset yang super ngebut ini, Anda tidak akan mengalami masalah memainkan game dengan grafik yang sangat HD seperti aneka game battle royale, game MOBA, sampai game RPG yang ukuran filenya di atas 3-4 GB. Semua bisa dijalankan dengan sangat mulus.

4. Kamera Sistem Pop Up dan Bermotor

Ponsel yang memiliki kamera belakang berkualitas dan sudah HD biasanya kamera depannya standar saja. Jarang ada yang memberikan kamera selfie super canggih karena ada masalah pada harga. Xiaomi Poco F2 Pro tidak seperti itu karena secara harga memang sudah tinggi.

Kamera depan dari ponsel ini disematkan dalam bentuk punch hole atau tetes air mata. Layar dengan ukuran besar ini sama sekali tidak diutak-atik untuk ditempatkan kamera di bagian atasnya. Kamera dari ponsel ini mengusung konsep Pop-up.

Kamera akan tersembunyi kalau Anda tidak masuk ke menu kamera untuk melakukan pemotretan. Setelah menu kamera ditutup, kamera selfie akan masuk sendiri. Jadi, Anda tidak menekan atau menariknya saat dipakai untuk mengambil gambar dengan kualitas tinggi pun.

Hadirnya pop up motorized ini cukup menarik karena masih sangat jarang. Biasanya hanya terjadi di kamera standar saja. Dengan tidak adanya kamera di bagian layar, display jadi terlihat lebih lebar sehingga saat melihat video atau main game tidak ada sesuatu yang mengganggu.

5. Konektivitas Ngebut dan Lengkap

Ponsel Xiaomi biasanya memiliki konektivitas yang lengkap meski secara kualitas masih sangat standar. Mulai dari Wi-Fi sampai koneksi nirkabel lain sudah ada dan bisa digunakan dengan baik. Pada Xiaomi Poco F2 Pro, konektivitas yang diberikan jauh lebih canggih.

Salah satu konektivitas yang cukup bisa diandalkan adalah NFC atau near field communication. Teknologi NFC jarang ada pada Xiaomi atau ponsel kompetitor lain yang kelas menengah. Namun, Poco F2 Pro menyelamatkannya untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi pembayaran.

Selanjutnya Wi-Fi yang digunakan sudah jenis Wi-Fi 6 yang sangat canggih. Kelebihan dari ponsel dengan koneksi ini adalah bisa dipakai untuk mengunduh dengan download rate sampai 1.2GB/detik.

6. Fitur Tambahan yang Super Canggih

Fitur tambahan juga disematkan oleh Pocophone ini untuk memberikan nilai tambah pada pengguna. Pabrikan memakai MIUI 11 yang dimodifikasi dari Android 10. Settingan ini hanya dipakai pada ponsel Poco sehingga aplikasi bawaan Xiaomi yang banyak bisa dinonaktifkan.

Saat bermain game, kamu bisa menggunakan game turbo agar tidak terjadi macet atau lemot. Selain itu, ada video toolbox yang digunakan untuk menyaksikan video agar muncul beberapa efek yang bermanfaat. Nonton video jadi lebih santai dan seru.

Ponsel ini sudah mendukung Hi-Res Audio, artinya Anda sudah bisa mendengarkan musik kualitas HD. Sayangnya, kemampuan ini hanya bisa dirasakan kalau Anda menggunakan headset atau earphone yang mampu menerima file Hi-Res Audio.

7. Baterai Lumayan Bisa Diandalkan

Baterai yang digunakan untuk Xiaomi ini memang tidak sampai 5.000 atau 6.000 mAh seperti ponsel kekinian lain. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan ponsel ini, main game bisa dilakukan seharian tanpa harus sering-sering mengisi daya.

Baterai yang dipakai ini sudah memiliki endurance rating 120 jam. Artinya, baterai sangat awet dan tidak akan mudah boros meski digunakan dengan intensitas tinggi. Bahkan, kalau dibiarkan saja untuk stand by bisa awet sampai 17 hari.

Pengisian baterai menggunakan cas dengan USB Power Delivery 33W. Dengan menggunakan cas ini, pengisian bisa berjalan dengan cepat. Dalam waktu 65 menit saja, baterai bisa diisi sampai penuh atau 100%.

Kekurangan Xiaomi Poco F2 Pro

Masih ada beberapa kekurangan yang diberikan oleh ponsel canggih ini. Meski demikian, kekurangan ini bisa Anda skip karena kelebihannya ada banyak. Berikut beberapa kekurangan dari Poco F2 Pro.

1. Refresh Rate Masih Terbilang Rendah

Refresh rate dari ponsel kelas menengah ke atas umumnya berada di skala 90-120 Hz. Sayangnya, Poco F2 Pro hanya memberikan angka 60 Hz saja. Efeknya, grafik akan sedikit kaku meski secara fungsi tidak akan ada masalah sama sekali.

2. Tidak Ada Pengisian Nirkabel

Ponsel kelas menengah, apalagi dengan baterai super canggih biasanya dibekali dengan pengisian daya nirkabel atau wireless charging. Fitur ini tidak diberikan sehingga saat akan mengisi daya, Anda butuh colokan terlebih dahulu.

3. Speaker yang Dipakai Belum Stereo

Sebagian besar ponsel yang dirilis mulai kelas menengah ke atas sudah disematkan speaker stereo. Kadang jumlahnya ada lebih dari satu. Dengan speaker yang cukup baik itu, suara yang didengar bisa maksimal meski tanpa menggunakan headset sekali pun.

Poco F2 Pro menggunakan satu speaker mono yang letaknya di bagian bawah. Speaker ini bukan tidak baik saat memutar video atau musik. Namun, efeknya jadi seperti tidak ada sehingga pengalaman yang didapatkan tidak bisa maksimal.

4. Zoom pada Kamera Kurang Maksimal

Ponsel ini memang bisa menghasilkan gambar yang berkualitas dan video dengan resolusi sangat HD. Namun, kalau Anda memakainya dengan zoom, kualitasnya tidak akan bisa maksimal. Bahkan, bisa dibilang kalah jauh dengan ponsel lain sekelasnya.

Kalau Anda ingin mendapatkan gambar maksimal, hindari melakukan zoom, apalagi sangat berlebihan. Gunakan skala 1 saja agar apa yang tampak bisa direkam dengan maksimal.

Review Xiaomi Poco F2 Pro

1. Desain Xiaomi Poco F2 Pro

Satu hal dari Xiaomi yang sering membuat para penggunanya kecewa adalah penggunaan bodi belakang dari plastik. Meski kualitas plastik yang dipakai polikarbonat dan terlihat menarik saat dipegang, terlihat standar. Untungnya Poco F2 ini tidak menggunakan hal itu.

Bodi bagian depan dan belakang menggunakan lapisan Gorilla Glass tipe 5 yang dikenal sangat kuat dari goresan dan tahan banting. Meski Anda tidak membeli “pakaian” ponsel, kemungkinan terjadi gores atau baret sangat kecil.

Selanjutnya bagian frame menggunakan aluminium yang dikenal sangat ringan dan kuat. Dengan desain yang menarik ini, ponsel ini jadi terlihat lebih mahal dan membuat pengguna jadi lebih nyaman karena ponsel terasa kokoh.

2. Hardware & Software Xiaomi Poco F2 Pro

Hardware menggunakan Snapdragon untuk chipsetnya. Selanjutnya untuk CPU dan GPU juga menggunakan hardware yang tidak kalah canggih yakni Octa-core (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585) dan Adreno 650.

Hardware yang sudah kelas berat itu dibekali juga dengan memori internal yang cukup lega karena minimal sudah 128 GB dan maksimal 256 GB. Tanpa adanya memori tambahan sebenarnya Anda sudah bisa memakai ponsel dengan maksimal.

Selanjutnya untuk software atau OS yang digunakan berjenis MIUI 11 hasil modifikasi Android 10. OS ini hanya digunakan pada ponsel Poco. Jadi, ada kesan ekslusif dan menarik. Apalagi Anda bisa menghapus atau menyembunyikan aplikasi bawaan Xiaomi yang banyak.

3. Kamera Xiaomi Poco F2 Pro

Kamera bagian belakang atau kamera utamanya berjenis quad camera dan memiliki fungsi berbeda. Ukuran resolusi yang digunakan meliputi 64 MP, 5 MP dengan kemampuan makro, 13MP dengan ultra wide 123 derajat, dan 2 MP untuk depth. Kamera depannya 20 MP pop up motorized.

Semua gambar yang dihasilkan dengan menggunakan kamera ini memiliki kualitas yang sempurna. Apalagi Anda suka sekali melakukan street photography. Gambar yang dihasilkan bisa menarik dan juga melebar karena ada ultra wide angle.

Penyuka foto macro juga sangat terbantu karena mereka bisa membidik objek dengan jarak yang sangat dekat. Selama ini untuk menghasilkan foto makro, beberapa orang menambahkan aksesori tambahan berupa lensbong atau lensa bongkaran dari kamera standar.

Baik kamera depan atau belakang, semua sudah mendukung teknologi HDR. Artinya semua gambar yang dihasilkan akan memiliki resolusi yang sangat baik. Kalau mau jadi street photographer, ponsel ini saja sudah cukup.

4. Konektivitas Xiaomi Poco F2 Pro

Konektivitas dari ponsel ini cukup lengkap, beberapa sudah dibahas pada bagian kelebihan di atas. Selebihnya, Anda juga bisa menggunakan 5G sebagai koneksi jaringan. Ponsel ini sudah mendukung itu sehingga sat di Indonesia sudah ada jaringan 5G, Anda bisa memanfaatkannya.

Koneksi lain seperti gigi biru sudah ada, versi yang digunakan adalah 5.1, A2DP, LE, aptX HD, aptX Adaptive. Bluetooth ini dikenal sangat canggih dan bisa digunakan untuk mengirim data ukuran besar dengan kecepatan tinggi.

Konektivitas kabel menggunakan jenis USB Type-C 2.0. Koneksi ini dikenal stabil dan bisa dipakai untuk lalu lintas data dengan cepat. Selanjutnya ada juga fitur USB On-The-Go, kalau ada perangkat seperti flashdisk, Anda bisa memakainya untuk membuka data dan mengirim data.

5. Baterai Xiaomi Poco F2 Pro

Baterai yang digunakan oleh ponsel ini adalah Li-Po 4700 mAh, non-removable. Di atas kertas, ukurannya memang agak lebih mini. Namun, kualitasnya cukup besar sehingga bisa memaksimalkan berbagai aktivias tanpa harus menyedot daya secara berlebihan.

baterai dalam kondisi penuh 110% bisa dipakai untuk main game selama 13 jam non stop. Artinya Anda bisa puas bermain game online dari pagi sampai malam hari. Setelah habis, baterai bisa diisi dengan cepat sampai penuh kembali.Teknologi yang digunakan adalah USB Power Delivery 3.0 dan Quick Charge 4+. Anda hanya perlu menunggu sekitar 65 menit atau kurang untuk membuat baterai terisi daya sampai penuh untuk digunakan kembali.

Selama ini Xiaomi dikenal jarang sekali mengeluarkan ponsel kelas menengah yang memang memiliki fitur canggih. umumnya fiturnya standar karena harga yang ditawarkan memang terbilang terjangkau. Hal itu tidak berlaku pada Xiaomi Poco F2 Pro yang merupakan ponsel premium.

Secara kualitas chipset, kamera, sampai ke urusan RAM dan memorinya berada di atas rata-rata. Bahkan, jika dibandingkan dengan kompetitor, di atas kertas Xiaomi Poco F2 ini masih unggul sehingga layak untuk dibeli sebagai ponsel kamera atau ponsel game.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here