Xiaomi Black Shark 3: Spesifikasi, Harga dan Review

xiaomi black shark 3

Secara umum, ponsel diciptakan untuk pertama kali sebagai alat komunikasi baik suara atau tertulis. Namun, sering dengan berjalannya waktu, ponsel memiliki fungsi yang cukup spesifik, salah satunya adalah untuk bermain game. Seperti Xiaomi Black Shark 3 yang baru rilis 31 Juli 2020.

Ponsel besutan dari Xiaomi ini menghadirkan hardware yang sangat mumpuni untuk bermain aneka game kualitas HD. Tidak mengherankan kalau Black Shark 3 memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan ponsel lain untuk keperluan fotografi.

Spesifikasi XIaomi Black Shark 3

DetailSpesifikasi Black Shark 3
OSAndroid
OS verAndroid 10.0
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm Snapdragon 865
Octa-coreon 865
Kecepatan CPU1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585
Memori Internal128GB, 256GB
RAM8GB, 12GB
Memori EksternalNo
Baterai4.720 mAh
Standard 65W charger (8GB + 128GB version with 30W charger)
Ukuran Layar6.67 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels, AMOLED
Kamera Belakang16MP + 13MP + 5MP
Kamera Depan20MP
Dimensi168.73 x 77.33 x 10.42 mm (the thickest part is 10.8 mm)
Berat222 gram

Harga Xiaomi Black Shark 3

Sebenarnya sulit untuk menggolongkan apakah ponsel ini masuk ke kelas atas atau tengah. Pasalnya hanya ada satu jenis saja pada kelas gaming yakni Black Shark 3 atau 2 untuk seri sebelumnya. Selebihnya hanya ada perubahan pada RAM dan internal saja.

JenisHarga
8/128 GBRp 9-10 jutaan
12/256 GBRp 11-12 jutaan

Kelebihan Xiaomi Black Shark 3

Ada berbagai keunggulan yang akan Anda dapatkan kalau membeli ponsel gaming terbaik dari Xiaomi ini. Dengan kelebihan itu, Anda tidak hanya akan mampu main game dengan lancar saja. Namun, bisa melakukan aktivitas pendukung lainnya.

1. Chipset yang Super Gahar

Kalau ingin membeli ponsel yang digunakan untuk gaming, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Selain bodi yang memang enak dipegang, chipset yang digunakan juga harus sempurna. Jangan asal beli kalau chipset yang digunakan masih pakai Snapdragon seri 600.

Xiaomi Black Shark 3 menghadirkan chipset yang memang mumpuni untuk semua jenisnya. Anda akan mendapatkan Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm+). Jeroan ini dikenal sangat cepat dalam mengeksekusi perintah dan juga aneka aplikasi yang sangat berat.

Anda mungkin tidak akan percaya kalau semua orang mengatakan ponsel ini hebat tanpa melihat skor dari AnTuTu. Dari pengecekan yang dilakukan, skor yang didapatkan adalah 602.952. Angka ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan ponsel standar.

Jika dibandingkan dengan seri yang lama yaitu Xiaomi Black Shark 2, kemampuan ini juga jauh lebih hebat. Bahkan mengalami kenaikan sampai 50%. Pada seri sebelumnya, skor AnTuTu yang didapatkan hanya 440.799 saja.

2. Internal dan RAM Sangat Lega

Game yang memiliki ukuran HD membutuhkan dua hal penting dari ponsel. Pertama adalah RAM yang dipakai untuk menjalankannya dengan lancar. Selanjutnya memori internal yang dipakai harus besar karena akan dipakai untuk menyimpan aneka file dari game HD berukuran besar.

RAM besar sudah diberikan oleh Xiaomi Black Shark 3, mereka memberikan ruang untuk menjalanan aplikasi sebesar 8 GB atau 12 GB. Dengan ukuran yang besar ini, main game yang ukurannya besar tidak akan mengalami macet sama sekali.

Sebenarnya RAM 4 GB saja sudah cukup untuk memainkan game HD yang ada sekarang. Namun, Xiaomi sengaja memberi besar untuk jaga-jaga kalau ada masalah dengan kecepatan sehingga macet atau forced closed tidak akan terjadi.

Memori internal yang ditawarkan juga cukup besar karena sudah berada di angka 128 GB untuk jenis pertama dan 256 GB untuk jenis kedua. Besarnya memori ini mirip sekali dengan iPhone. Sayngnya memori eksternal tidak diberikan karena pengembang menganggap ini sudah cukup.

3. Memiliki Cooling System yang Canggih

Saat bermain game di HP, apa satu hal paling tidak mengenakkan yang pasti terjadi? Selain tidak sengaja ponselnya jatuh, sensasi panas akan terasa. Apalagi game yang dimainkan berjenis HD dan membuat hardware dari ponsel bekerja dengan sangat keras selama berjam-jam.

Black Shark 3 memiliki sistem pendingin yang bisa dikatakan sangat canggih dibandingkan dengan lainnya. Dengan pendingin ini, main game HD selama berjam-jam dan online pun tidak masalah. Semua panas akan diserap dan disalurkan ke beberapa alat.

Xiaomi memberikan beberapa lapisan pendingin yang terdiri dari thermal graphite sheet, cairan pendingin, dan copper alloy shelter. Alat ini ada yang langsung menempel ke perangkat seperti RAM dan ada yang berada di dekat saluran udara.

Adanya pendingin yang muncul pada Black Shark 3 membuat cooling system berjalan 50% lebih efektif. Efeknya adalah perangkat tidak mudah mengalami kerusakan dan bisa tahan dipakai gaming berjam-jam setiap hari.

4. Pengisian Daya Baterai Super Cepat

Pengisian daya dengan teknologi fast charging umumnya berada pada rate 50% dalam waktu pengisian 30 menit. Hampir semua ponsel kelas menengah ke atas menggunakannya. Selanjutnya ntuk bisa penuh kembali perluw aktu sekitar 1-2 jam.

Xiaomi Black Shark 3 yang merupakan ponsel gaming tidak memberikan teknologi fast charging yang terlalu lama itu. Karena pasti dipakai sampai berjam-jam. Fast charging dengan nama 65W Hyper Charge diberikan untuk mengisi sampai 4.720 mAh.

Pengisian dari kosong sampai separuhnya atau 50% hanya berjalan 12 menit saja. Selanjutnya pengisian dari kosong sampai penuh atau 100% sekitar 38 menit saja. Dengan hyper charging ini, Anda tidak akan takut main game apa pun karena pengisian sangat ngebut.

5. Bisa Jadi Ponsel Kamera

Banyak yang bilang kalau ponsel gaming hanya bisa dipakai untuk bermain game sampai puas. RAM memang besar dan internal lega. Namunm ada satu sisi seperti kamera yang dikurangi karena dianggap tidak berguna. Apalagi ponsel memang di-branding untuk gaming.

Xiaomi tidak mau melakukan itu karena bagian kamera dari ponsel ini masih diberikan fitur yang sempurna. Ponsel memang tidak memiliki quad camera seperti Note 9 Pro, tapi hanya ada tiga kamera dengan kemampuan yang cukup mumpuni.

Bagian yang dihilangkan dari kamera hanya lensa macro saja. Selebihnya lensa utama, lensa untuk sudut lebar, dan kedalaman tetap ada dengan resolusi tinggi. Kalau Anda bosan gaming, ponsel bisa dimanfaatkan untuk memotret sesuatu yang menarik.

6. Dibekali Layar AMOLED yang Jernih

AMOLED identik sekali dengan ponsel pabrikan Korea. Namun, Xiaomi menggunakannya untuk memberikan pengalaman yang hebat saat bermain game. Warna yang ditampilkan akan sempurna dan sesuai dengan aslinya. Tidak seperti layar IPS di ponsel Xiaomi standar lainnya.

Layar AMOLED ini memiliki teknologi Delta E < 1 dan JNCD < 0.55. Dengan angka ini, kecerahan dari layar akan terjaga. Warna yang muncul dari game atau dari foto serta video adalah asli seperti itu, tidak ada perubahan meski hanya sedikit.

Selanjutnya layar juga diberi teknologi baru bernama TrueView Display. Dengan adanya teknologi ini, kecerahan bisa diatur sendiri secara otomatis. Kecerahan akan menyesuaikan dengan suasana yang ada dis ekitar. Misal suasana gelap bisa sedikit diredupkan.

7. Bodi yang Cocok untuk Gaming

Ponsel yang dijaul di luar sana biasanya berbentuk kotak dan tidak ada elemen lain pad abodinya. Misal adanya lekukan yang membuat tangan mudah untuk menggenggamnya. Black Shark 3 memiliki hal itu sehingga bagian belakang bisa dibuat memiliki kontur tertentu.

Bentuk yang agak berbeda ini emmang memiliki maksud dan tujuan. Saat main game, Anda bisa dengan mudah menggenggamnya. Tidak akan ada kemungkinan untuk terjauh dengan sendirinya karena sangat nyaman di genggaman tangan.

Kekurangan Xiaomi Black Shark 3

Apakah ponsel yang harganya bisa tembus puluhan juta selalu sempurna dan tidak memiliki kekurangan? Meski Black Shark 3 dikenal canggih, ada beberapa kekurangan yang dimilikinya, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak ada Memori Eksternal

Memori eksternal adalah kekurangan dari berbagai jenis ponsel yang memiliki memori sangat besar seperti Black Shark 3 ini atau varian iPhone. Pengembang sengaja memberikan ukuran 128 GB atau 256 GB yang merupakan ukuran dari SD Card.

Kalau Anda hanya menggunakan ponsel untuk main game standar saja mungkin tidak akan jadi masalah. Toh 128 GB bisa dipakai untuk menyimpan lebih dari 10 game dengan ukuran yang sangat besar dan memiliki grafik HD. Kalau pakai yang 256 GB akan lebih cukup lagi.

Sayangnya, kalau Anda memang suka melakukan fotografi dan apa saja disimpan ke HP, misal unduhan TV series yang jumlahnya banyak, ada kemungkinan kurang. Kalau sudah seperti ini harus ada yang dihapus terlebih dahulu.

2. Kemungkinan Tidak Tahan Air dan Debu Besar

Dilihat dari spesifikasinya belum ada sertifikasi IP yang menjadi dasar apakah ponsel bisa tahan dengan air dan debu atau tidak. Biasanya ponsel kelas atas ada yang memakai IP67 atau IP68 yang artinya ponsel tahan jika masuk ke air dengan kedalaman 1-1,5 meter selama 30 menit.

Karena masih tidak jelas sertifikasi tahan air dan debunya, gunakan ponsel gaming yang mahal ini hanya di dalam rumah saja. Kalau digunakan di luar urmah, risko kena air dan juga debu jadi besar dan berbahaya.

3. Harga Terlalu Tinggi

Sebenarnya bukan berhubungan dengan bodi atau software dair ponsel. Namun, secara harga ponsel ini cukup mahal. Ada baiknya untuk mempertimbangkan beli console saja yang dengan harga 10 jutaan sudah dapat yang paling baik. Namun, semua tergantung dengan selera.

Review Xiaomi Black Shark 3

1. Desain Xiaomi Black Shark 3

Secara desain sebenarnya ponsel yang memiliki dimensi 168.7 x 77.3 x 10.4 mm dan berat 222 gram ini sangat baisa. Tidak ada sesuatu yang menarik perhatian. Apalagi warna yang ditawarkan hanya hitam saja. Ponsel ini hanya menawarkan kemampuan saja.

Meski secara visual biasa saja dan tidak ada yang estetik, bodi bagian belakang memiliki kontur yang sempurna. Jadi, saat dipegang ponsel akan terasa nyaman. Meski secara berat ada perbedaan 10-20 gram dari ponsel standar, Black Shark 3 tetap nyaman untuk dipegang.

Saat dipegang, bodi terasa kokoh karena tidak ada elemen plastik khas Xiaomi yang dipakai. Bagian bodi rangka dan cangkang belakang menggunakan aluminium. Sementara itu pada bagian depan menggunakan Gorilla Glass yang anti goresan.

2. Hardware & Software Xiaomi Black Shark 3

Perangkat keras atau hardware yang digunakan sudah sangat canggih dan memakai chipset, CPU, dan GPU paling baru. Chipset sudah dibahas di atas yaitu Snapdragon dan menggunakan versi 800-an. Umumnya ponsel standar masih pakai 600 atau 700 untuk versi mahal.

CPU menggunakan 8 ini atau octa core yang terdiri dari 1 inti 2.84 GHz Kryo 585, 3 inti 3×2.42 GHz Kryo 585 dan 4 inti 1.80 GHz Kryo 585. Dengan inti yang cukup powerfull ini, chipset akan dibantu untuk bekerja dengan maksimal. Untuk GPU Black Shark 3 pakai Adreno 650.

Masih di perangkat keras, RAM dan memori yang dipakai cukup besar dan membuat gamer lebih menikmati permainannya, RAM yang ditawarkan 8 GB atau 12 GB. Ukuran ini 2-3 kali lipat dari ponsel standar yang dirilis di pasaran. Internal 128 GB atau 256 GB.

Selanjutnya pada sisi perangkat lunak atau software yang digunakan. Ponsel ini sudah memakai Android 10. Modifikasi tidak terlalu banyak digunakan seperti tidak adanya MIUI 11 atau MIUI 12 yang merupakan OS Xiaomi paling anyar.

3. Kamera Xiaomi Black Shark 3

Sebelumnya sudah sedikit dibahas tentang jenis dan jumlah kamera yang digunakan. Untuk detailnya, kamera yang berjumlah tiga itu terdiri dari kamera utama dengan resolusi 64 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/1.72″ 0.8µm, PDAF.

Selanjutnya kamera untuk wide angle resolusinya 13 MP, f/2.3. Terakhir untuk kedalaman memiliki resolusi 5 MP, f/2.2. Kombinasi dari tiga kamera belakang ini akan memudahkan Anda dalam merekam video dengan kualitas sampai 4K dan gambar yang sangat jernih.

Kamera depan yang dipakai untuk kebutuhan selfie juga tidak main-main. Xiaomi tahu kalau kebutuhan kamera depan penting di era serba digital seperti sekarang. Mereka memberikan kamera dengan kekuatan sampai 20 MP dan spesifikasi f/2.2, (wide), 1/3″, 0.9µm.

Mau melakukan siaran langsung atau vlogging menggunakan kamera Black Shark 3, hasilnya sangat memuaskan dan HD. Anda bisa membuat vidoe dengan resolusi sampai 1080p. Artinya kalau mau disimpan dan dimasukkan ke Youtube pun tidak akan terlihat buruk dan amatiran.

4. Konektivitas Xiaomi Black Shark 3

Ponsel gaming tidak akan berguna kalau tidak memiliki konektivitas yang baik. Dari segi koneksi GSM, ponsel ini menggunakan 2G, 3G, 4G, dan 5G untuk yang paling baru. Teknologi 5G masih dicobakan di beberapa negara termasuk China dan Amerika.

Selanjutnya untuk Wi-Fi menggunakan Wi-Fi 802. 11 a/b/g/n/ac/6 yang sudah sangat cepat. Selama koneksi yang digunakan stabil dan memiliki bandwidth besar, main game jadi lebih cepat dan tidak ada masalah dengan koneksi.

5. Baterai Xiaomi Black Shark 3

Baterai yang digunakan oleh ponsel ini adalah Li-Po 4720 mAh. Meski tidak menyentuh angka 5.000 mAh seperti Note 9 Pro, kemampuannya untuk memaksimalkan daya sangat maksimal. Apalagi ada teknologi fast charging yang sangat hebat.

Black Shark 3 menggunakan fast charging 66W. Selain itu, ponsel ini juga bisa memakai fast charging 30W (128/8 model) dan magnetic charging 18W. Dengan pilihan yang banyak ini, Anda bisa denganmudah menyesuaikan kebutuhan.

Xiaomi Black Shark 3 merupakan ponsel dengan kualitasnya yang sangat sempurna dair segi RAM dan memori internal. Kalau Anda suka sekali main game, ponsel ini bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi pengisian cepat yang dimiliki bisa diandalkan kalau daya baterai habis.

Sebelum memutuskan untuk membeli Xiaomi Black Shark 3, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Pertama adalah kebutuhan, selama ponsel yang dimiliki masih mumpuni, harap pertimbangkan. Apalagi ponsel ini lebih mahal dari konsol game game seperti PS4.

Kedua adalah kebutuhan lain yang bisa dicukupi ponsel ini. Misal kebutuhan untuk fotografi dan bekerja karena butuh memori besar dan kamera yang sempurna.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here