Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Mengenal Whatsapp Plus beserta Fitur yang Ditawarkan

5 min read

whatsapp plus

Whatsapp menjadi salah satu messenger yang paling digemari dan memiliki banyak pengguna. Namun Whatsapp memiliki banyak kekurangan sehingga dikembangkan Whatsapp modifikasi atau Whatsapp MOD. Salah satu jenis Whatsapp MOD adalah Whatsapp Plus.

Penasaran dengan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Whatsapp MOD satu ini? Simak penjelasan mengenai WA Plus di bawah ini.

Mengenal Whatsapp Plus

Pembahasan pertama yang perlu diperhatikan adalah deskripsi dan fitur-fitur yang ditawarkan. Pada mulanya, Whatsapp resmi memiliki banyak keterbatasan dalam fitur yang diberikan sehingga membuat banyak pengembang melakukan modifikasi.

1. Deskripsi Whatsapp Plus

WA Plus adalah salah satu modifikasi dari Whatsapp resmi dengan memberikan beberapa fitur tambahan. Pengembangan atau modifikasi WA Plus dilakukan oleh pengembang atau penggemar dari Whatsapp sendiri.

Sehingga WA Plus bisa dikategorikan sebagai Whatsapp tidak resmi. Meskipun WA Plus tergolong tidak resmi, namun WA Plus gratis dan bisa diunduh secara bebas. WA Plus sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu privasi, plus settings, dan general settings.

a. Privasi

  • Menyembunyikan status online pengguna
  • Menyembunyikan tanda pesan dibaca (centang biru) dan tanda pesan terkirim (centang dua abu-abu)
  • Menyembunyikan status pengetikan di room chat
  • Menyembunyikan status merekam audio di room chat
  • Menyembunyikan mikrofon biru
  • Menyembunyikan status tampilan pengguna

b. Plus Settings

  • Mengunduh paket stiker yang disediakan WA Plus
  • Membuat stiker sendiri
  • Membersihkan pesan
  • Membagikan Wallpaper
  • Memiliki fitur balas otomatis
  • Mendapatkan lebih banyak teman
  • Menyesuaikan ukuran layar percakapan
  • Popup pemberitahuan dapat disesuaikan
  • Melihat log dan aktivitas pengguna
  • Pemilihan font Whatsapp
  • Dapat mengunci aplikasi WA Plus
  • Berbagi status video maksimal 7 menit
  • Berbagi audio hingga 10MB

c. General Settings

  • Mulai ulang WA Plus
  • Privasi, Pemberitahuan, dan Unduhan otomatis media
  • Penjadwalan pesan pengguna
  • Mode DND

2. Fitur-Fitur WA Plus Apk

App WA Plus memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibandingkan dengan Whatsapp resmi. berikut ini fitur-fitur yang diberikan pada WA Plus.

  • Jumlah huruf pada status sebanyak 255 karakter
  • Anti blokir
  • Ukuran media 50 MB sekali kirim
  • Menyembunyikan terakhir dilihat
  • Status panjang
  • Copy status
  • Berbagi dokumen dalam PDF dan text
  • Dukungan bahasa sebanyak 45
  • Mengirim pesan kosong
  • Bisa mengganti tema

Perbedaan Whatsapp Plus dengan Whatsapp Biasa

WA Plus dan Whatsapp biasa memiliki banyak perbedaan terutama fitur-fitur yang disematkan pada tiap aplikasinya. Berikut ini perbedaan antara aplikasi WA Plus dengan WA biasa.

WA PlusWA Biasa
Dikembangkan oleh Developer atau penggemarDikembangkan oleh developer resmi dari pihak Whatsapp
Jumlah huruf pada status sebanyak 255 karakterJumlah huruf pada status sebanyak 139 karakter
Dapat mengirim pesan kosongTidak dapat mengirim pesan kosong
Dapat menggnati tema besar WhatsappTidak dapat mengganti tema besar Whatsapp
Bisa menyalin statusTidak bisa menyalin status
Dapat terbanAnti ban
Menyembunyikan tanda mengetik dan merekamTidak bisa menyembunyikan tanda mengetik dan merekam
Memiliki tema paket lengkap dengan gratisTema paket melalui pembelian
Bisa melihat pesan yang dihapusTidak bisa melihat pesan yang telah dihapus
Menyembunyikan status onlineTidak bisa menyembunyikan status online
Menghilangkan tanda deliveryTidak bisa menghilangkan tanda delivery
Dapat mengunci aplikasi WA Tidak bisa mengunci aplikasi WA
Dpat melihat aktivitas dan log WATidak bisa melihat aktivitas log WA
Dapat memilih font yang ingin digunakanFont telah disesuaikan

Kelebihan Whatsapp Plus

Setiap aplikasi mod whatsapp, tentu memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut yang akan dijelaskan mengenai kelebihan dari WA Plus di bawah ini.

1. Menyembunyikan Status Online Pengguna

Kelebihan pertama bisa didapatkan dari Whatsapp plus terbaru adalah dapat menyembunyikan status online pengguna. Fitur keunggulan ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menghilangkan status online dari konta WA.

Sehingga tidak ada kontak WA Anda yang dapat melihat status online. Privasi Anda menjadi lebih terjamin dengan tidak adanya gangguan dari orang lain.

2. Menyembunyikan Status Pengetikan

Pada Whatsapp asli, setiap pengguna dapat melihat status pengetikan sesamanya. WA Plus menambahkan fitur unggulan berupa menyembunyikan status pengetikan. Sehingga orang lain tidak mengetahui Anda sedang mengetik atau tidak.

3. Menyembunyikan Status Perekaman

Pada versi WA asli, setiap pengguna yang merekam audio maka pada bagian bawah profil muncul keterangan merekam audio. Pada versi WA Plus, status perekaman ini dihilangkan sehingga orang tidak mengetahui Anda sedang merekam atau tidak.

4. Paket Tema yang Bisa Dibuat Sendiri

Kelebihan WA Plus selanjutnya adalah pengguna dapat membuat tema WA snediri. Beberapa WA MOD tidak menyediakan fitur ini. Namun pada WA Plus, terdapat fitur untuk mengubah tema sesuai dengan nama tema yang ada atau membuatnya sendiri.

Untuk menggunakan tema WA Plus yang dibuat snediri, Anda diharuskan untuk mengunggah tema tersebut ke dalam direktori WA. Sehingga Anda bisa mengunduh sekaligus menerapkan tema tersebut pada WA Plus.

5. Pengiriman Berkas yang Lebih Besar dan Video yang Lebih Panjang

Kelebihan selanjutnya yang ditawarkan oleh WA Plus adalah kemampuan untuk mengirimkan berkas dalam ukuran yang cukup besar. WA Plus mendukung pengiriman video dengan durasi maksimal 7 menit.

Untuk video maksimal yang dapat ditampung oleh WA Plus sebesar 50 MB atau ukuran audio maksimal yang bisa dikirim adalah 100 MB. WA Plus tidak mengurangi kualitas gambar yang dikirim sehingga gambar yang masuk WA Plus resolusi yang sama.

6. Log dan Histori Penggunaan

Kelebihan yang paling keren dari WA Plus adalah adanya log dan histori penggunaan. Histori dan log ini akan mencatat setiap aktivitas yang berhubungan dengan WA Plus mulai dari waktu membuka WA Plus hingga menutup WA Plus.

7. Jumlah Emoji yang Variatif

WA asli sejak awal memiliki jumlah emoji yang cukup banyak. Namun WA Plus memberikan emoji yang lebih baru dan banyak. Salah satu emoji yang diberikan adalah emoji yang sama pada Google Hangout.

Namun emoji yang dapat dikirimkan hanya bisa dilihat bagi pengguna yang juga menggunakan WA Plus sebagai aplikasi messenger.

8. Melihat Story Pengguna Lain tanpa Diketahui

Pada WA asli, setiap pengguna tidak dapat menyembunyikan diri ketika membuka story pengguna lain. WA Plus menjadikan privasi sebagai nomor satu sehingga pengguna WA Plus tidak dapat melihat bahwa Anda telah melihat postingan mereka.

9. Membaca Pesan yang Telah di Hapus

Pada aplikasi WA asli, seseorang dapat menghapus pesan yang telah dikirim tanpa menyenuh pesan tersebut. Sehingga setiap pengguna tidak dapat melihat isi dari pesan tersebut. Fitur ini cocok bagi mereka yang ingin ketenangan.

10. Kustomisasi Tampilan Whatsapp

Kelebihan terakhir adalah kustomisasi tampilan WA Plus. Kustomisasi ini memberikan akses kepada penggunanya untuk melakukan editing seperti letak header, layar obrolan, pesan pemberitahuan, dan widget yang digunakan.

Kekurangan Whatsapp Plus

Whatsapp Plus Official juga memiliki kekurangan seperti WA aslinya. Berikut ini kekurangan yang dimiliki oleh WA Plus.

1. Update Aplikasi yang Lambat

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh WA Plus adalah pembaruan yang lambat. Tidak seperti aplikasi WA asli yang memiliki pembaruan cukup cepat, WA Plus cukup lambat dikarenakan pengembang WA Plus memberikan update jika ada keluhan.

2. Masalah Legalitas

Masalah kedua yang dihadapi oleh WA Plus adalah legalitas. Aplikasi WA asli bisa diunduh melalui Google Playstore, sedangkan aplikasi WA Plus diunduh melalui situs penyedia yang tersebar di internet.

Pengembang dari WA asli adalah tim yang berasal dari perusahaan Whatsapp inc, sedangkan pengembang dari WA Plus adalah para developer yang menyukai aplikasi Whatsapp. Sedangkan legalitas dari WA Plus perlu dipertanyakan.

3. Keamanan yang diragukan

Masalah ketiga yang dihadapi adalah versi keamanan. WA Plus adalah Whatsapp modifikasi dari aplikasi WA, sheingga semua informasi yang kita lakukan di WA Plus dapat diketahui oleh pengembang pihak ketiga.

Terlebih lagi, WA Plus tidak bisa diunduh melalui Google Playstore sehingga keamanan berkas WA Plus perlu diragukan. Aplikasi yang tidak diunduh melalui Google Playstore memiliki kemungkinan untuk terinfeksi oleh virus atau rusak.

Download Whatsapp Plus

WA Plus memiliki banyak versi mulai dari versi lama hingga baru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Cara downloadnya cukup mudah dengan klik salah satu tautan yang dibeirkan di bawah ini.

Nama AplikasiWA Plus
Ukuran Aplikasi47.18 MB
Modifikasi olehPengembang Pihak Ketiga
PembaruanJuli 2021
Latest VersionWhatsapp Plus V8.86
LinkWhatsapp Plus V8.70
Whatsapp Plus V13.00.2
WA Plus oleh Heymods
Blue WA Plus V8.50
WA Plus APK V9.00

Cara Install Whatsapp Plus

Melakukan instalasi dari WA Plus memiliki cara tersendiri karena Anda harus memberikan beberapa izin terlebih dahulu untuk memastikan bahwa aplikasi dari luar dapat di instal.

  1. Masuk ke dalam menu pengaturan atau settings Android
  2. Pilih bagian Keamanan dan Privasi
  3. Cari bagian Sumber Tidak Dikenal
  4. Centang pada bagian Izinkan Sumber Tidak Dikenal
  5. Setelah memberikan izin, masuk ke dalam folder unduhan WA Plus
  6. Klik dua kali atua Open pada aplikasi WA Plus
  7. Ketuk Setuju atau Accept untuk menyetujui instalasi
  8. Tunggu hingga proses instalasi selesai
  9. Klik open untuk membuka aplikasi WA Plus

Cara Menggunakan Whatsapp Plus

WA Plus memiliki banyak fitur yang menarik. Untuk menggunakan fitur-fitur menarik tersebut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Menyembunyikan Status Online

  • Masuk ke dalam menu settings dengan mengklik ikon garis tiga di pojok kanan
  • Pilih bagian Privacy atau privasi
  • Pilih bagian Hide Status Online untuk menyembunyikan status online pada WA

2. Mengganti Tema

  • Masuk ke dalam menu modifikasi WA Plus dengan klik titik tiga di pojok kanan
  • Klik WA Plus pada bagian paling atas
  • Pilih bagian FMThemes dan unduh tema yang disukai
  • Klik apply pada tema tersebut dan klik oke
  • Tunggu hingga proses penerapan tema selesai

3. Setting Privasi

Setting pada WA Plus memiliki banyak fitur yang bisa digunakan. beberapa fitur di dalam menu pengaturan.

  • Privasi
  • Showhide online status
  • Blue ticks
  • Second tick
  • Writing status
  • Recording
  • Blue microphone
  • Show/hide view status
  • Disable/enable Anti-Revoke

Itulah beberapa fitur yang diberikan oleh WA Plus yang bisa Anda gunakan. Secara keseluruhan WA Plus lebih baik dibandingkan WA asli namun bukan aplikasi legal. Tertarik untuk mencoba WA Plus?

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 5]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.