Vivo X50 : Spesifikasi, Harga dan Review

Vivo X50

Melalui acara peluncuran yang diadakan secara live streaming pada bulan Juli 2020 lalu, secara resmi Vivo memperkenalkan seri X50 dan X50 Pro di pasaran Indonesia. Baik itu Vivo X50 atau X50 Pro, hadir di pasar Indonesia dengan membawa senjata andalan pada kameranya. Hal ini dibuktikan dengan perkenalan teknologi Gimbal Stabilization yang dimiliki oleh kedua smartphone tersebut.

Pihak Vivo sendiri telah mengklaim bahwa penggunaan dari teknologi Gimbal Stabilization ini, memiliki fungsi untuk menyeimbangkan pengambilan gambar. Jadi, kamera dapat lebih stabil ketika sedang mengkap foto dan juga merekam video. Walaupun keluar dalam waktu bersamaan, tentunya ada perbedaan dari keduanya. Nah, kali ini seri yang akan dibahas adalah Vivo X50.

Spesifikasi Vivo X50

DetailSpesifikasi Vivo X50
OSAndroid
OS verAndroid 10, Funtouch 10.5
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUSnapdragon 730
Octa-core
Kecepatan CPU1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver
Memori Internal128GB, 256GB
RAM8GB
Memori EksternalNo
BateraiNon-removable Li-Po 4.200 mAh battery
Fast charging 33W
Ukuran Layar6.56 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2376 pixels
Kamera Belakang48MP + 13MP + 8MP + 5MP
Kamera Depan32MP
Dimensi159.54 x 75.39 x 7.49 mm (Black: 7.55 mm thickness)
Berat173 gram (Black: 174.5 gram)

Harga Vivo X50

Di pasar Indonesia sendiri, Vivo X50 ini dibanderol dengan harga sebesar Rp 6.999.000. Dengan harga tersebut, Anda sudah bisa memiliki sebuah perangkat X50 yang membawa kapasitas RAM sebesar 8 GB dan memori internal 128 GB. Selain itu, tentunya Anda juga akan memperoleh semua fitur lain yang disediakan oleh ponsel satu ini, mulai dari performa hingga kamera.

Kelebihan Vivo X50

Nah, sebelum Anda bergegas membeli smartphone tersebut, ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan terlebih dahulu. Hal pertama yang dibahas pada artikel ini adalah kelebihan dari Vivo X50 ini. banyak yang mengatakan bahwa X50 ini siap membuat persaingan ketat di kelasnya. Oleh sebab itu, berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh seri X50.

1. Layar Luas yang Terlihat Bening

Salah satu aspek yang paling menonjol dari Vivo X50 ini, adalah layar yang digunakannya. Tidak hanya mampu menghadirkan layar yang luas dengan resolusi cukup tinggi, namun layar beritpe AMOLED yang dimilki oleh X50 ini juga tidak dibekali dengan HDR10+. Dengan layar luas beresolusi tinggi, maka akan membuat mata tetap nyaman menatapnya dalam waktu yang lama.

Selain itu, penggunaan teknologi HDR10+ juga perlu untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya teknologi HDR10+ tersebut biasanya hanya digunakan oleh jajaran smartphone kelas unggulan saja. Tentunya hal ini akan membuat layar menjadi lebih nikmat pada saat digunakan. Gambar yang ditampilkan akan terlihat sangat jelas, dengan kerapatan piksel yang sangat tinggi.

2. Refresh Rate Mencapai 90Hz

Belum puas dengan panel AMOLED dan juga teknologi HDR10+ yang dibawa olehnya, Vivo juga turut memperhatikan refresh rate yang digunakan. Pada X50 ini, Vivo memberikan fitur refresh rate 90 Hz di layarnya. Di smartphone kelas menengah, tentunya hal ini sangat ditemukan. Karena biasanya ponsel di kelas tersebut hanya menggunakan refresh rate sebesar 60 Hz saja.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa refresh rate 90 Hz ini pada umumnya hanya digunakan oleh smartphone di kelas flagship. Dengan penggunaan refresh rate sebesar 90 Hz ini, tentunya Anda akan memperoleh pengalaman dalam melakukan aktivitas multimedia dan juga bermain game yang jauh lebih maksimal. Gambar yang ditampilkan benar-benar berkualitas.

3. Chipset Powerful

Sebenarnya Vivo menggunakan chipset Snapdragon 765 untuk X50 ini di beberapa pasar yang ada di dunia. Namun di Tanah Air, X50 ini hanya dihadirkan dengan menggunakan chipset Snapdragon 730G. Walaupun tidak setangguh Snapdragon 765G, namun prosesor Snapdrgon 730G ini juga terbukti mampu memberikan performa maksimal pada sebuah smartphone.

Tentunya chipset Snapdrgon 730 ini mampu untuk andalkan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dan juga kebutuhan gaming. Chipset yang satu ini, juga dibangun dengan menggunakan fabrikasi yang cukup canggih, yaitu sebesar 8 nm. Selain itu, pada bagian intinya memiliki arsitektur Kryo 470 yang dikenal memiliki clock speed mencapai 2,2 GHz.

4. Kamera Canggih dan Lengkap

Sektor kamera memang merupakan satu hal yang sangat diperhatikan oleh Vivo pengembangan seri X50 ini. Walaupun kualitas kameranya tidak setangguh X50 versi Pro, namun versi reguler ini juga mampu memberikan kualitas fotografi yang sangat memuaskan. Dijamin Anda akan memperoleh pengalaman fotografi yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

Hal tersebut bisa Anda rasakan karena keberadaan dari kamera utama yang memiliki resolusi sebesar 48 MP dengan bukaan sangat lebar yakni f/1.6. Tidak hanya itu, ketangguhan kamera dari X50 juga didapatkan karena adanya dukungan dari fitur phase detection autofocus dan PDAF. Bahkan Anda juga akan menemukan fitur optical image stabilization (OIS) pada kamera X50.

Pada saat proses pengambilan foto dan juga video, tentunya fitur OIS ini sangatlah penting untuk menjaga kualitasnya. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa OIS termasuk dalam salah satu fitur yang wajib dimiliki oleh smartphone kelas flagship. Tidak hanya itu, X50 ini juga turut menghadirkan tiga buah kamera yakni satu tele atau zoom, lensa makro, dan juga lensa ultra lebar.

5. Lensa Khusus Telephoto

Salah satu hal yang sangat istimewa dari smartphone kelas menengah, adalah sebuah kamera dengan lensa tele. Nah, lensa tele merupakan satu dari empat kamera yang dimiliki oleh Vivo X50. Dengan menggunakan lensa tele sebesar 13 MP atau setara dengan 50 mm, maka Anda dapat dengan mudah mengambil gambar pada objek yang jaraknya jauh.

Selain itu, lensa tele tersebut juga turut dibantu dengan penggunaan fitur PDAF. Dengan adanya bantuan PDAF, maka akan membuat para penggunanya mampu untuk mengambil foto dengan zoom atau pembesaran gambar hingga dua kali tanpa adanya penurunan kualitas. Bagi Anda yang menyukai seni fotografi, tentunya hal ini sangat menarik bukan?

6. Desain yang Terkesan Premium

Akan terasa tidak seimbang jika sebuah smartphone memiliki performa dan fitur terbaik, namun tidak dibalut dengan desain menawan bermaterial premium. Untung saja, Vivo tidak lupa dengan kebutuhan yang satu ini. Oleh sebab itu, Vivo memberikan seri X50 dengan bodi yang telah dilengkapi oleh bingkai bermaterial alumunium.

Untuk bagian depan dan juga bagian belakang bodi ponsel, Vivo melapisinya dengan lapisan kaca yang diberi sentuhan matte sehingga membuatnya tampak premium dan elegan. Dengan ini, maka ketika Anda sedang menggenggam X50 akan terasa seperti menggenggam smartphone yang memiliki harga mahal. Sedangkan untuk pilihan warna, Anda bisa memilih antara Frost Blue dan Glaze Black.

7. Dukungan Fitur NFC

Pada zaman digital seperti saat ini, tentunya sektor konektivitas pada sebuah smartphone menjadi salah satu hal yang sangat perlu diperhatikan. Menanggapi hal tersebut, Vivo juga tidak lupa untuk melengkapi sektor konektivitas pada X50. Salah satu fitur unggulan yang ditanamkan adalah near field communication atau NFC. Seperti yang telah diketahui, bahwa NFC merupakan fitur yang biasa dihadirkan pada smartphone keluaran terbaru karena kegunaannya yang sangat penting. Dengan menggunakan fitur NFC ini, maka Anda tidak perlu repot pada saat hendak melakukan pembayaran cashless. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk melakukan pengecekan uang elektronik.

8. Teknologi Fast Charging Sebesar 30W

Soal sumber daya baterai, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Hal ini karena Vivo X50 telah dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas daya cukup besar, yakni 4.200 mAh. Dengan besarnya kapasitas daya baterai yang dimiliki, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya dalam waktu cepat pada saat menggunakan smartphone.

Selain itu, kapasitas baterai tersebut juga didampingi dengan dukungan teknologi fast charging 2.0 berdaya 33W. Dengan adanya pengisian daya super cepat ini, maka baterai perangkat dapat terisi dari nol hingga 50% hanya dalam waktu setengah jam saja. Sedangkan untuk pengisian hingga penuh, Anda hanya memerlukan waktu sekitar satu jam saja.

Kekurangan Vivo X50

Sebagai smartphone yang memasuki kelas menengah ke atas, wajar saja apabila ekspetasi dari para pengguna cukup tinggi. Sebenarnya Vivo X50 ini sudah memenuhi sebagian besar ekspetasi pada pengguna. Meskipun begitu, masih ada kekurangan yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membelinya. Nah, berikut beberapa kekurangan dari X50.

1. Tidak Ada Audio Jack 3,5 mm

Belakangan ini, hilangnya port audio jack 3,5 mm menjadi trend pada smartphone keluaran terbaru. Hal ini dikarenakan munculnya banyak perangkat audio yang mulai menggunakan teknologi bluetooth untuk konektivitasnya. Dan hingga saat ini trend tersebut masih menjadi perbebatan, apakah hilangnya port audio jack 3,5 mm ini menjadi sebuah kekurangan atau tidak.

Akan tetapi, hilangnya port audio jack 3,5 mm tentu menjadi sebuah kerugian kecil. Dengan hilangnya port tersebut, maka penggunaan earphone akan terasa kurang fleksibel lagi. Tetapi Vivo telah menutup celah permasalahan ini dengan memberikan adaptor yang turut dihadirkan di dalam paket penjualan smartphone tersebut.

2. Tidak ada Slot Memory Card

Selain tidak menyediakan port audio jack 3,5 mm, seri X50 ternyata juga tidak memiliki slot untuk kartu memori eksternal. Hal ini mungkin bukan menjadi masalah yang berarti, terutama untuk smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan internal hingga ratusan GB. Dengan kapasitas 128 GB, maka Anda masih bisa menyimpan banyak data dan file tanpa perlu menggunakan memori eksternal.

Namun hal itu bisa Anda lakukan dengan catatan tidak menginstall aplikasi berat dan juga data atau file yang disimpan ukurannya tidak terlalu besar. Oleh sebab itu, bagaimanapun juga penggunaan memori eksternal tetap dibutuhkan. Terlebih lagi jika terjadi sesuatu yang mengharuskan Anda untuk reset ulang smartphone yang digunakan, tentu data akan lebih aman jika disimpan di memori eksternal.

Review Vivo X50

Walaupun sudah mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan Vivo X50 di atas, namun Anda tidak bisa langsung membeli perangkat tersebut. Anda perlu mengetahui spesifikasi dari X50 terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Untuk itu, berikut ini review singkat dari X50 yang perlu untuk disimak.

1. Desain Vivo X50

Jika dilihat dari segi desain, Vivo seri X50 ini hadir dengan membawa tampilan yang terlihat sangat elegan dengan full-view display. Layar yang digunakan oleh smartphone ini berjenis AMOLED dengan ukuran seluas 6,56 inci, yang memiliki resolusi sebesar 1080 x 2376 piksel atau setara Full HD+. Tidak hanya itu, layar tersebut juga memiliki refresh rate 90 Hz, jadi terlihat sangat nyaman dan anti lag.

Layar dari X50 ini akan terasa semakin luas karena adanya desain kamera depan Vivo yang menggunakan desain punch hole, bukan notch. Kemudian pada bagian belakang bodi, Anda akan melihat empat buah kamera belakang yang disusun secara vertikal dengan modul persegi panjang. Tentunya desain pada bagian belakang ini akan membuat ponsel terlihat sangat premium.

2. Hardware & Software Vivo X50

Vivo X50 menggunakan prosesor Snapdragon 730G sebagai dapur pacu. Tentunya hal ini menjadi salah satu hal yang sangat menarik, mengingat kualitas dari chipset tersebut. Prosesor yang digunakan ini, akan dibantu dengan menggunakan RAM berkapasitas 8 GB dan juga memori internal 128 GB. Dijamin, ponsel ini bisa memberikan performa mumpuni untuk menjalankan berbagai macam aplikasi.

Sedangkan untuk sistem operasi, X50 menggunakan OS Android 10 dengan antarmuka Funtouch 10.5. Sejak dulu, Funtouch memang sudah terkenal dengan kemampuannya dalam memberikan kesenangan dan kemudahan pada sebuah antarmuka. Apalagi dengan versi 10.5 yang digunakan ini, maka Anda akan menemukan banyak fitur yang menarik di dalamnya.

3. Kamera Vivo X50

Di dalam bidang fotografi, dapat dikatakan bahwa Vivo X50 ini adalah inovator bagi smartphone lain. Hal ini dibuktikan dengan X50 yang menjadi ponsel pintar pertama di dunia yang telah menggunakan teknologi layaknya gimbal. Bagi Anda yang tidak tahu apa itu gimbal, gimbal merupakan sebuah perangkat yang mampu membantu pembuatan video agar menjadi lebih stabil dan smooth.

Cara kerja dari gimbal sendiri adalah dengan menggunakan beberapa macam axis. Jadi kamera tetap ada di posisi yang sama, walaupun Anda sudah menggoyangkannya atau berjalan. Bagi Anda yang menyukai aktivias pembuatan video dan foto di malam hari, tentunya fitur yang satu ini sangat berfungsi agar video dan foto yang dihasilkan bebas dari berbagai macam seperti blur.

Kamera utama dari X50 ini memiliki resolusi sebesar 48 MP dengan bukaan f/1.6. Kemudian ada lensa wide 4-axis OIS, lensa potret 7p beresolusi 13 MP, ultrawide 120 derajat beresolusi 8 MP dengan bukaan f/2.2, dan lensa makro 5 MP f/2.5. Dengan kamera yang dimiliki oleh smartphone tersebut, tentunya akan memberi Anda pengalaman terbaik pada saat pengambilan gambar, baik itu foto atau video.

4. Konektivitas Vivo X50

Untuk fitur-fitur konektivitas, X50 ini memiliki banyak konektivitas yang sama seperti smartphone di kelasnya. Namun satu fitur yang sangat menonjol adalah NFC. Adanya NFC ini, tentunya membuat smartphone sanggup untuk mengimbangi gaya hidup cepat seperti saat ini. Anda bisa melakukan pembayaran dan juga pengisian saldo eMoney.

5. Baterai Vivo X50

Dalam urusan baterai, Vivo telah membenamkan baterai dengan kapasitas daya sebesar 4.200 mAh. Tentunya ukuran dari kapasitas baterai tersebut termausk besar dalam kelasnya. Jadi dengan daya baterai yang besar ini, Anda hanya perlu melakukan satu kali pengisian dan penggunaan smartphone bisa bertahan hingga seharian penuh atau bahkan lebih.

Dengan kapasitas daya baterai yang besar, tentunya membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pengisian daya hingga penuh. Untungnya, X50 ini sudah dibekali dengan teknologi fast charging 2.0 yang memiliki daya sebesar 33W. Dengan teknologi tersebut, maka Anda hanya perlu waktu 1 jam saja untuk mengisi daya dari angka nol hingga baterai benar-benar penuh.

Beberapa informasi mengenai Vivo X50 di atas, mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan apakah ponsel pintar tersebut layak digunakan atau tidak. Untuk keputusan yang pasti hanya Anda sendiri yang bisa menentukannya.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here