Vivo X50 Pro : Spesifikasi, Harga dan Review

vivo x50 pro

Seperti yang telah diketahui, bahwa teknologi yang ada pada smartphone kini semakin meningkat. Bahkan, beberapa waktu lalu muncul sebuah perangkat yang bernama gimbal. Perangkat satu ini memiliki fungsi utama untuk membuat rekaman video lebih stabil. Jika dulunya gimbal adalah perangkat yang terpisah dengan smartphone, maka kini Vivo X50 Pro sudah menggunakan teknologi tersebut di dalamnya.

Dengan adanya fitur gimbal ini, maka Anda tidak perlu kerepotan untuk membawa sebuah perangkat terpisah dari smartphone. Dapat dikatakan bahwa X50 Pro bukan varian terabuk dalam penggunaan chipset. Akan tetapi, smartphone ini lebih mengutamakan dalam hal pengambilan gambar, baik itu foto dan video yang berkualitas. Untuk lebih lengkapnya lagi, simak informasi yang ada di bawah ini.

Spesifikasi Vivo X50 Pro

DetailSpesifikasi Vivo X50 Pro
OSAndroid
OS verAndroid 10, Funtouch 10.5
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm)
Octa-core Kryo 475
Kecepatan CPU1×2.4 GHz Kryo 475 Prime & 1×2.2 GHz Kryo 475 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 475 Silver
Memori Internal256GB
RAM8GB
Memori EksternalNo
BateraiNon-removable Li-Po 4.315 mAh battery
Fast charging 33W, 57% in 30 menit (adverised)
Ukuran Layar6.56 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2376 pixels
Kamera Belakang48MP + 8MP + 13MP + 8MP
Kamera Depan32MP
Dimensi158.46 x 72,80 x 8.04 mm
Berat181.5 gram

Harga Vivo X50 Pro

Menurut para pengguna yang telah mencoba Vivo X50 Pro ini, teknologi gimbal yang dibawanya tersebut bukanlah satu-satunya hal yang membuat mereka merasa terkesima. Namun jika dilihat secara keselurhan, ponsel pintar yang satu ini turut menghadirkan paket lengkap dengan spesifikasi menengah dan dijual dengan harga premium.

Di pasar Indonesia sendiri, X50 Pro ini hadir dengan membawa dua varian. Untuk varian RAM 8 GB dengan memori internal sebesar 128 GB, dibanderol dengan harga Rp 6.999.000. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan memori internal 256 GB, memiliki banderol harga sebesar Rp 9.000.000. Anda bisa memilih salah satu varian yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

Kelebihan Vivo X50 Pro

1. Penggunaan Layar AMOLED

Bagi Anda yang saat ini sedang menggunakan smartphone dengan layar berjenis IPS LCD, mungkin kehadiran X50 Pro ini dapat menjadi angin segar. Hal ini dikarenakan smartphone besutan Vivo yang satu ini mampu menghadirkan layar dengan panel AMOLED. Seperti yang diketahui, bahwa layar tersebut mampu memberikan tampilan layar berkualitas lebih baik dan tentunya lebih hemat daya.

Ukuran layar yang dimiliki oleh X50 Pro ini cukup besar, yakni 6,56 inci. Layar yang digunakan tersebut juga telah didukung dengan teknologi HDR10+, yang membuat maa terasa tetap nyaman menatapnya walaupun dalam waktu yang cukup lama. Pastinya jenis layar sangat cocok digunakan untuk melakukan aktivitas bermain game atau menonton film.

Kegiatan bermain game dan juga menonton video aau film juga menghadirkan pengalaman yang jauh lebih menarik lagi. Tidak hanya sampai disitu saja, desain layar yang mengusung konsep punch-hole dengan fungsi empat untuk kamera, membuat tampilannya tampak lega. Bezel yang digunakan sangatlah tipis, sampai mencapai perbandingan antara layar ke bodi mencapai angka 92,6%.

2. Menggunakan Refresh Rate 90 Hz

Kelebihan dari Vivo X50 Pro ini mungkin perlu Anda perhatikan. Jika kebanyakan ponsel di kelasnya hanya menggunakan refresh rate 60 Hz saja, berbeda dengan smartphone yang satu ini. X50 Pro hadir dengan kemampuan refresh rate sebesar 90 Hz. Dengan refresh rate tersebut, maka pergerakan pada layar ponsel akan terlihat lebih halus dan lembut.

Tidak hanya itu, ponsel pintar yang hadir dengan layar super keren ini, juga mampu meraih samping touch rate mencapai 180 Hz. Jadi pada saat Anda sedang bermain game secara kompetitif, maka akan lebih lancar karena respon layarnya yang cepat. Kegiatan harian yang bergerak pada layar juga akan terasa lebih nyaman dan enak dipandang.

3. Varian RAM dan Memori Internal yang Besar

Kelebihan selanjutnya yang membuat smartphone ini semakin terkesan berkelas adalah kapasitas RAM dan memori yang dibawa olehnya. Untuk varian kapasitas memori internal, Anda bisa memilih antara opsi 128 GB aau 256GB. Walaupun memiliki kapasitas yang sangat besar, namun sayang kecepatan transfer datanya masih tergolong biasa saja karena penggunaan tkenologi UFS 2.1.

Sedangkan untuk RAM-nya, Vivo hanya menyediakan satu buah pilihan pada seri X50 Pro ini. Smartphone tersebut hanya tersedia dengan pilihan RAM 8 GB saja. Dengan ukuran RAM sebesar itu tentunya Anda dapat menginstal berbagai macam aplikasi tanpa takut akan kendala yang kerap terjaid seperti halnya lag atau patah-patah.

4. Hadir Membawa Teknologi Gimbal OIS

Bagi Anda yang menyukai seni videografi, dijamin akan tergiur dengan salah satu fitur yang dibawa oleh X50 Pro ini. Ponsel pintar besutan Vivo satu ini, mampu membantu Anda dalam proses perekaman video dengan hasil yang sangat stabil. Jika kebanyakan HP lain menggunakan EIS untuk membuat proses perekaman video dan pemotretan gambar lebih sabil, maka X50 Pro ini lebih dari itu.

Di dalam ponsel ini, Anda akan menemukan teknologi gimbal yang sudah terintegrasi pada kameranya. Bahkan keberadaan dari gimbal ini telah diklaim memiliki kemampuan 3 kali lipat lebih baik jika dibandingkan dengan fitur OIS (Optical Image Stabilizer) biasa. Tentunya, getaran-getaran yang terjadi pada saat proses perekaman dapat ditangani dengan fitur gimbal ini.

Tapi perlu untuk Anda ingat, bahwa fitur yang satu ini akan benar-benar terasa pada saat Anda merekam sambil berlari secara cepat. Menurut percobaan yang pernah dilakukan, kamera dari X50 Pro ini mampu menstabilkan gambar lebih baik daripada iPhone 11. Seperti yang telah diketahui, bahwa iPhone 11 terkenal dengan kameranya yang stabil.

5. Penggunaan Teknologi Fast Charging 33W

Berbicara tentang ponsel, tentunya ketahanan baterai menjadi salah satu faktor penting yang kerap menjadi bahan pertimbangan sebelum membelinya. Nah, Vivo X50 Pro ini menggunakan baterai tipe Li-Po yang memiliki kapasitas daya sebesar 4315 mAh. Dengan menggunakan kapasitas daya baterai sebesar itu, tentunya Anda tetap bisa menikmati penggunaan smartphone selama seharian penuh.

Tidak hanya membawa baterai dengan kapasitas yang besar saja, namun Vivo juga membekali produknya ini dengan teknologi fast charging 33W. Saat ini, teknologi fast charging ini sudah menjadi salah satu fitur yang wajib ada pada sebuah smartphone. Dengan teknologi ini, maka daya baterai ponsel akan terisi hingga angka 57% hanya dapat waktu 30 menit saja.

6. Terdapat Fitur NFC

NFC merupakan fitur baru yang sangat membantu kehidupan manusia modern, terutama bagi Anda yang tinggal atau hidup di perkotaan besar serta sering melakukan perjalanan dengan menggunakan jalan tol. Dengan menggunakan fitur NFC yang dimiliki oleh X50 Pro ini, maka Anda dapat dengan lebih mudah untuk melakukan transaksi digital dan juga mengecek saldo eToll yang dimiliki.

Memang fitur yang satu ini kurang diminati, terutama bagi masyarakat di Indonesia. Hal ini yang menyebabkan model smartphone yang dihadirkan di pasar tanah Air masih jarang yang menggunakan fitur NFC ini. Akan tetapi, tentunya ponsel-ponsel yang tetap menghadirkan NFC seperti X50 Pro ini tetap harus diapresiasi.

Kekurangan Vivo X50 Pro

Walaupun memiliki beberapa kelebihan yang sangat menggiurkan, namun yang namanya smartphone buatan amnusia tetap tidak ada yang sempurna. Tentunya hal ini juga berlaku untuk seri X50 Pro, dimana masih ada beberapa kekurangan yang perlu untuk Anda perimbangkan sebelum membelinya. Nah, berikut penjelasan yang perlu untuk Anda ketahui.

1. Chipset yang Masih Kalah Bersaing

Jika dilihat dari sektor dapur pacu, X50 Pro ini sudah mampu untuk diandalkan untuk melakukan berbagai macam kegiatan yang berat seperti bermain game, mengedit foto dan video, serta yang lainnya. Perangkat yang satu ini telah dibekali dengan chipset Snapdragon 765G yang telah mendukung koneksi jaringan 5G serta dibantu oleh Adreno 620 sebagai kartu pengolah grafis.

Walaupun begitu, ternyata senjata yang dibawa oleh X50 Pro tersebut bukanlah yang terbaik di kelas menengah ke atas. Bahkan beberapa ponsel kompetitor seperti Realme X2 Pro, Black Shark 2 Pro, dan Realme 3 SuperZoom telah dibekali dengan chipset Snapdragon seri ke-8 yang tentunya memiliki kekuatan lebih tinggi. Wajar saja Vivo tidak memfokuskan X50 Pro ini untuk keperluan gaming.

2. Hilangnya 3,5 mm Jack Audio Port

Apakah Anda termasuk dalam bagian penggna smartphone yang masih sering menggunakan headset berkabel? Jika iya, maka harus bersiap-siap untuk membeli adapter apabila memilih ponsel yang satu ini. Hal ini karena Vivo X50 Pro sudah tidak lagi menyediakan lubang jack audio 3,5 mm yang biasanya terdapat di bagian bodi bawah.

Namun, sebenarnya hilangnya jack audio port ini merupakan hal yang masih wajar. Biasanya ponsel kelas menengah ke atas hingga flagship, tidak menghadirkan fitur yang satu ini lagi. Hal ini juga didukung dengan banyaknya perangkat yang kini konektivitasnya menggunakan bluetooth. Jadi jika Anda tidak ingin menggunakan koneksi bluetooth, maka perlu membeli adapter tambahan.

3. Tidak Ada Dukungan Memori Eksternal

Kapasitas pada memori internal sangatlah penting bagi penggunaan sebuah smartphone. Namun terlepas dari itu, kehadiran slot untuk microSD juga merupakan salah satu hal yang sering dicari oleh para pengguna. Mungkin terasa sedikit mengecewakan karena X50 Pro tidak menghadirkan slot untuk microSD pada bodinya.

Padahal fungsi dari microSD pada sebuah smartphone ini cukup banyak, salah satu yang paling jelas adalah sebagai media penyimpanan data yang lebih aman. Contohnya saja, apabila ponsel terjauh di genangan air dan Anda tidak bisa menggunakan layarnya, maka data yang berada di dalam microSD kemungkinan masih bisa diselamatkan.

Review Vivo X50 Pro

Walaupun sudah mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Vivo X50 Pro di atas, Anda tidak bisa langsung memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa saja yang dimiliki oleh ponsel pintar satu ini. Oleh sebab itu, berikut ini review singkat dari Vivo X50 Pro.

1. Desain Vivo X50 Pro

Vivo X50 Pro hadir dengan membawa desain tampilan yang sangat menawan, sangat cocok dengan segmen kelas menengah ke atas yang akan dimasukinya. Warna Alpha Grey yang ditampilkan pada perangkat ini, mampu menghadirkan kesan mewah dan ekslusif. Kedua permukaan bodi perangkat yang mengadopsi desain lengkung pada kedua bagian bodinya membuat nyaman untuk digenggam.

Ternyata Vivo juga memberikan kesederhaan terhadap tampilan perangkat yang dimilikinya. Hal ini dibuktikan dengan penyediaan dua tombol pada sisi kanan genggaman penggunanya. Satu tombol berfungsi untuk power, sedangkan yang satunya lagi untuk volume. Untuk sisi kiri dan atas, hanya berupa polosan. Anda tidak akan menemukan tombol atau lubang apapun pada kedua sisi tersebut.

2. Hardware & Software Vivo X50 Pro

Untuk mendukung performa dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, Vivo membekali seri X50 Pro ini dengan mengandalkan prosesor Snapdragon 765G yang didampingi oleh RAM berkapasitas 8 GB. Sedangkan untuk penyimpanan internal, smartphone ini memiliki kapasitas ROM sebesar 256 GB. Sepertinya Vivo merasa bahwa penyimpanan ini sudah luas, dengan menghilangkan slot kartu SD.

Kembali lagi untuk urusan prosesor yang digunakan, mungkin banyak pengguna yang merasa kecewa. Pasalnya chipset Snapdragon seri 700 biasanya digunakan oleh ponsel di bawah kelas flagship. Walaupun begitu, prosesor ini masih mampu memberikan tenaga untuk memainkan berbagai macam aplkasi dan juga game.

3. Kamera Vivo X50 Pro

Vivo hanya menyematkan quad camera dengan kamera yang memiliki resolusi sebesar 48 MP saja pada ponsel barunya ini. Sedangkan untuk tiga kamera yang lain, adalah 8 MP lensa periskop yang mampu melakukan optical zoom hingga 5x, 8MP super wide angle, serta 13 MP kamera potrait. Perpaduan Kamera tadi, juga dapat menghasilkan 60 kali hyper zoom.

Untuk melengkapi fitur pada kameranya, X50 Pro juga telah didukung dengan fitur yang bernama Extreme Night Vision. Selain itu, teknologi gimbal stabilization pada smartphone yang satu ini juga benar-benar bisa diandalkan untuk mengambil dengan fokus tinggi. Vivo juga telah menyediakan fitur kalibrasi untuk melakukan penyesuaian pada gimbal yang diabwanya.

4. Konektivitas Vivo X50 Pro

Konektivitas yang dibawa oleh Vivo X50 Pro ini ternyata cukup lengkap, hampir sama seperti smartphone lain di kelasnya. Beberapa konektivitas tersebut seperti USB Type-C, Bluetooth 5.1, dan Wifi 802.11. Bahkan salah satu fitur unggulan yang dimiliki oleh ponsel ini adalah NFC. Dimana fitur tersebut bisa digunakan untuk melakukan pembayaran dan juga pengisian saldo eMoney.

5. Baterai Vivo X50 Pro

Semua kapasitas yang ekstra bisa membantu para penggunanya dalam meraih hari yang lebih produktif. Nah, Vivo X50 Pro ini telah dilengkapi dengan baterai berdaya 4.315 mAh. Tentunya kapasitas baterai tersebut sudah termasuk besar. Dengan menggunakan kapasitas daya baterai yang besar, maka Anda bisa menikmati penggunaan smartphone dalam waktu yang lebih lama.

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa hal mengenai Vivo X50 Pro di atas, apakah sudah siap untuk segera memilikinya? Tidak perlu tergesa-gesa, karena berhati-hati pada saat memilih smartphone ini sangat diperlukan. Jangan sampai Anda telah menghabiskan uang, namun ternyata tidak cocok dengan ponsel pintar yang dibeli. Hal tersebut akan terasa sangat merugikan.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here