Vivo V20 SE : Spesifikasi, Harga, dan Review

vivo v20 se

Enam bulan semenjak Vivo V19 diluncurkan, kini brand besar asal Tiongkok yakni Vivo kembali meluncurkan generasi terbaru dari Vivo V-Series. Ini memang bukan hal baru bagi Vivo untuk mengeluarkan produk terbarunya enam bulan setelah generasi sebelumnya dirilis. Produk baru dari Vivo tersebut adalah Vivo V20 dan Vivo V20 SE.

Vivo menyebutkan bahwa kehadiran dari dua seri V terbarunya ini, merupakan upaya untuk terus menghadirkan inovasi serta teknologi pada smartphone sesuai kebutuhan para konsumen di Indonesia. Kedua smartphone tersebut datang untuk mengakomodasikan konsumen agar dapat mengabadikan momen sempurna dalam hidup. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah Vivo V20 SE.

Spesifikasi Vivo V20 SE

DetailSpesifikasi Vivo V20 SE
OSAndroid
OS verAndroid 10, Funtouch OS 11
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm) Octa-core Kryo 260
Kecepatan CPU4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver
Memori Internal128GB
RAM8GB
Memori EksternalmicroSDXC (dedicated slot)
BateraiLi-Po 4.100 mAh, non-removable
Fast charging 33W, 62% in 30 menit (advertised)
Ukuran Layar6.44 inci
Resolusi LayarFHD+ 2400 x 1080 pixels, AMOLED
Kamera Belakang48MP + 8MP + 2MP
Kamera Depan32MP
Dimensi161 x 74.1 x 7.8 mm
Berat171 gram

Harga Vivo V20 SE

Di Indonesia Vivo V20 SE ini dipasarkan dengan harga Rp 3.999.000. Hingga tanggal 6 Oktober, Vivo telah membuka pre-order untuk produk smartphone yang satu ini. Pada kanal online, para konsumen bisa memperolehnya lewat program pre-order di Vivo Official Store Tokopedia dengan benefit OVO Point 200 ribu rupiah. Selain itu, konsumen juga dapat memperoleh promo Trade-In hingga mencapai 500 ribu rupiah.

Selain itu, pelanggan yang ingin mendapatkan V20 SE ini langsung mengunjungi Vivo Official Store di Lazada dan dapat memperoleh Lazada Billing Voucher senilai 100 ribu rupiah. Sedangkan untuk kanal offline, pelanggan juga dapat membeli V20 SE di Vivo Official Store serta retail partner Vivo. Cukup mudah bukan untuk mendapatkan smartphone yang satu ini?

Kelebihan Vivo V20 SE

Nah, sebelum memutuskan untuk membeli Vivo V20 SE atau tidak, tentunya Anda perlu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari ponsel pintar tersebut. Dari soal harga memang seri V20 SE lebih murah dari V20 reguler. Meskipun begitu, kualitas dari V20 SE ini juga patut untuk dipertimbangkan. Untuk itu, berikut beberapa kelebihan dari Vivo V20 SE yang perlu Anda ketahui.

1. Baterai yang Lumayan Awet

Di kelas mid-end, Vivo V20 series menawarkan kapasitas baterai yang dapat dibilang standar. Untuk Vivo V20 SE sendiri, hadir dengan membawa baterai dengan kapasitas daya sebesar 4.100 mAh. Jika dibandingkan dengan versi regulernya, kapasitas baterai ini sedikit lebih besar dimana Vivo V20 hanya mengantongi baterai berkapasitas 4000 mAh saja.

Walaupun tidak membawa baterai berkapasitas sebesar 5000 mAh seperti yang dimiliki oleh para kompetitornya, baterai V20 SE ini terbilang cukup awet. Bahkan mampu bertahan dalam durasi yang cukup panjang hanya dengan satu kali pengisian daya. Jadi Anda tidak perlu bolak-balik melakukan pengisian daya baterai pada ponsel satu ini.

Terlebih lagi, hal tersebut juga dibantu dengan penggunaan panel layar yang dinilai mampu menghemat penggunaan daya baterai. Selain itu, Vivo juga menghadirkan dukungan mode power saving yang cukup handal untuk menjaga ketahanan daya baterai. Jadi soal keawetan baterai, Anda sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena ponsel ini siap menemani aktivitas Anda dalam waktu yang lama.

2. Layar OLED yang Memukau

Pada sektor layar, Vivo V20 SE menggunakan panel OLED seperti yang digunakan oleh versi regulernya. Jika dibandingkan dengan jenis layar IPS LCD, layar OLED ini cenderung lebih cerah. Selain itu jenis layar ini juga dinilai tidak begitu memakan banyak daya baterai, karena kemampuannya dalam menampilkan warna hitam yang sangat pekat.

Sedangkan untuk ukurannya, layar V20 SE ini memiliki ukuran seluas 6,64 inci dengan resolusi Full HD Plus. Dalam hal ini, V20 SE juga menggunakan rasio perbandingan antara bodi ke layar yang cukup lebar hingga mencapai angka 92%. Untuk tingkat akurasi warna pada layarnya pun juga sangat luas, bahkan mampu menampilkan rentang warna hingga 16 juta dengan tingkat saturasi mencapai 103%.

Sebagai smartphone yang menggunakan panel OLED pada umumnya, tentunya V20 SE ini mampu menerapkan fitur in-display fingerprint sensor atau sensor sidik jari yang ditanamkan pada layar. Hal ini tentunya akan memberikan pengalaman natural bagi para penggunanya pada saat membuka kunci secar aman dan juga cepat.

3. Teknologi Fast Charging 33W

Jika sebelumnya sudah dibahas bahwa Vivo V20 SE ini mempunyai daya baterai yang terbilang awet, namun tidak hanya sampai disitu saja. Hal yang lebih menggiurkan lagi, yakni kemampuan dalam mengisi daya baterai dengan waktu yang sangat singkat. Ini bisa terjadi berkat adanya teknologi fast charging 33W. Dengan ini, maka Anda bisa mengisi daya baterai dari nol hingga penuh hanya dalam waktu satu jam.

Untuk ukuran smartphone dengan harga yang berkisar antara 4 juta rupiah, rasanya teknologi fast charging 33W tersebut terbilang unggul. Pihak Vivo pun juga telah mengklaim, jika pengisian daya baterai selama 30 menit mampu mencapai angka 62%. Tentunya Anda tidak usah khawatir akan tingkat kesibukan yang padat karena perangkat yang digunakan selalu siap dipakai.

4. Desain Bodi yang Ramping

Jika dilihat dari kerampingan bodi, Vivo V20 SE ini tidak begitu berbeda jauh dari Vivo V20 versi reguler. Dengan desain seperti ini, maka para pengguna akan dipuaskan dengan adanya dimensi bodi yang terasa ergonomis. Desain tersebut juga akan membuat ponsel ini terasa nyaman digenggam dalam waktu yang lama, walaupun hanya menggunakan satu tangan saja.

Perangkat V20 SE ini mempunyai tingkat ketebalan bodi 7,83 mm dengan beratnya yang hanya 171 gram saja. Pastinya ini merupakan sebuah ukuran yang sangat ringan, terutama untuk smartphone di kelas mid-range. Meskipun ramping dan juga ringan, namun ponsel ini tetap membawa berbagai fitur keren. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan bodinya yang ramping dan ringan tersebut.

5. Menghadirkan Warna yang Lebih Keren

Jika versi reguler dari Vivo V20 mengusung desain dengan gradasi dua warna, maka berbeda dengan versi special edition atau SE-nya. Dapat dikatakan bahwa varian model V20 SE cenderung menggunakan aksen corak yang lebih simpel. Hal ini dibuktikan dengan tersedia V20 SE dalam dua pilihan warna, yakni biru dan juga hitam.

Bagi Anda yang ingin tampilan lebih elegan, maka dapat memanfaatkan kesan mewah yang dihasilkan dan warna Gravity Black pada ponsel ini. Pekatnya luar angkasa memang menjadi inspirasi dari terciptanya warna hitam pada ponsel ini. Sedangkan bagi Anda yang kurang menyukai warna gelap, bisa memilih warna Oxygen Blue yang menimbulkan kesan ceria bagi para penggunanya.

6. Funtouch OS 11 Berbasis Android 11

Seperti yang telah diketahui, bahwa Android 11 sudah rilis pada bulan September 2020. Oleh sebab itu, Vivo V20 SE ini juga turut menghadirkan sistem operasi terbaru yang dirilis. Tentunya ini merupakan kelebihan yang patut untuk diapresiasi, karena kini para konsumen bisa menikmati antarmuka terbaru dengan banyaknya fitur yang telah disediakan.

7. Fitur NFC yang Multifungsi

Tidak sempat untuk mengisi saldo eToll? Tidak usah bingung karena dengan Vivo V20 SE, Anda bisa menggunakan bantuan fitur yang bernama NFC atau Near Field Communication. Fitur tersebut akan membantu dalam mengisi saldo di mana saja dan kapan saja, hanya dengan menempelkan kartu pada bodi perangkat yang Anda genggam.

Adanya NFC multifungsi di V20 SE ini, juga memungkinkan para penganutnya untuk melakukan clone di kartu akses. Dengan ini, maka Anda tidak perlu repot-repot untuk mencari kartu pada saat memasuki kantor maupun kamar apartemen. Dengan gaya hidup yang serba cepat seperti saat ini, tentunya fitur NFC tersebut sangat dibutuhkan.

Kekurangan Vivo V20 SE

Sama seperti smartphone yang lain, tentunya Vivo V20 SE juga tidak luput dari kesalahan dan juga kekurangan. Tidak ada perangkat smartphone yang sempurna. Setidaknya, terdapat dua kekurangan yang dimiliki oleh ponsel satu ini untuk Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum membelinya. Nah, untuk penjelasan secara lebih lanjut lagi, berikut ini dua kekurangan yang dimiliki oleh V20 SE.

1. Chipset yang Kurang Powerful

Jika Vivo V20 reguler sangat unggul dalam hal menjalankan game berat, apakah hal tersebut berlaku juga untuk Vivo V20 SE? Sebenarnya ponsel yang satu ini bisa saja digunakan untuk memainkan game berat. Namun jika dibandingkan dengan para pesaing di kelasnya, V20 SE masih cukup tertinggal. Hal ini dikarenakan V20 hanya menggunakan chipset Snapdragon 665 saja.

Apabila Anda memperhatikan chipset Snapdragon seri 600 lebih kerap ditemui pada smartphone entry-level yang harganya berada di kisaran 2 hingga 3 juta saja. Padahal, generasi sebelumnya yakni Vivo V19 di Indonesia sudah menggunakan chipset Snapdragon 675. Jadi dapat disimpulkan jika perangkat ini adalah pilihan yang kurang tepat, jika mencari HP dengan performa maksimal pada kelasnya.

2. Penggunaan Desain Layar Waterdrop Notch

Salah satu tolok ukur untuk smartphone canggih terletak pada tampilannya. Walaupun memiliki performa yang sangat bagus, namun desain yang sudah kuno bisa saja menghancurkan nilai jual dari HP tersebut. Hal ini karena pada zaman sekarang HP juga mempunyai fungsi untuk meningkatkan status sosial para penggunanya.

Jika Anda menginginkan smartphone dengan tampilan yang up-to-date, maka Vivo V20 SE ini bukanlah pilihan yang terbaik. Pasalnya HP yang satu ini hanya menawarkan desain Waterdrop Notch yang sudah tidak populer lagi di tahun perilisannya yakni 2020. Padahal, smartphone kelas mid-end ini sudah tidak lazim lagi jika tidak menghadirkan desain Ultra O Screen atau yang sering disebut punch-hole.

Sebenarnya desain poni sendiri banyak ditemukan pada smartphone keluaran 2020. Akan tetapi desain tersebut biasanya digunakan pada smartphone dengan harga yang berkisar 2 jutaa, atau bahkan 1 jutaan rupiah. Artinya, beberapa orang akan berpikir bahwa V20 SE ini bukanlah smartphone kelas mid-end, melainkan kelas dibawahnya.

Review Vivo V20 SE

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Vivo V20 SE melalui penjelasan di atas, apakah sudah bisa memutuskan untuk menggunakannya atau tidak? Jangan tergesa-gesar karena sebelum membeli smartphone, Anda juga perlu tahu spesifikasi yang dimilikinya. Untuk itu, berikut review singkat mengenai V20 SE.

1. Desain Vivo V20 SE

Vivo V20 SE hadir dengan membawa desain Sleek Magical. Tingkat ketebalan dari ponsel ini hanya 7,83 mm dengan bobot seberat 171 gram saja. Smartphone yang satu ini memang sengaja dirancang agar dapat disimpan di dalam saku dengan mudah. Selain itu, desain tersebut juga akan memudahkan Anda ketika menggunakannya walaupun hanya dengan satu tangan saja.

Desain dari V20 SE ini menawarkan lekuk tubuh 3D yang dibuat dengan menggunakan material berkualitas tinggi. Untuk urusan warna, seperti yang tadi telah dikatakan bahwa V20 SE hadir dengan dua varian warna yakni Gravity Black dan juga Oxygen Blue. Dua varian warna tersebut masing-masing mampu memberikan kesan tersendiri bagi para penggunanya.

2. Hardware & Software Vivo V20 SE

Vivo V20 SE ini menghadirkan prosesor Qualcomm Snapdragon 665 untuk dapur pacunya. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 8 GB serta memori internal sebesar 128 GB. Untuk mendukung aktivitas multitasking para penggunanya, V20 telah menggunakan Funtouch OS 11 yang berbasis pada sistem operasi Android 10.

3. Kamera Vivo V20 SE

Lanjut pada sektor kamera, Vivo V20 SE ini membawa tiga buah kamera belakang dengan lensa bokeh 2 MP, kamera dual-mode (super wide-angle & super macro) 8 MP, serta lensa utama sebesar 48 MP. Vivo juga telah menyematkan fitur Super Night Mode untuk mendukung pengambilan gambar pada malam hari, sehingga kualitas dari gambar yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik.

Kamera belakang yang dimiliki V20 SE ini juga telah didukung dengan kemampuan perekaman video dengan kualitas 4K. Dengan ini, maka Anda bisa menghasilkan sebuah video yang lebih jernih dan berkualitas hanya dengan menggunakan satu buah perangkat. Sangat menggiurkan bukan, kamera yang dimiliki oleh ponsel satu ini?

4. Konektivitas Vivo V20 SE

Dapat dikatakan bahwa konektivitas yang dimiliki oleh V20 SE sangat lengkap. Pada smartphone yang satu ini, Anda bisa menemukan beberapa fitur seperti Wifi 802.11 a/b/n/ac, Wifi direct, dual-band, hotspot, bluetooth 5.0, LE, A2DP, FM Radio, USB Type-C, USB One-The-Go, dan juga NFC. Hampir semua fitur wajib pada smartphone jaman sekarang telah dimilikinya.

Dari beberapa konektivitas yang dimiliki oleh V20 SE tersebut, satu fitur yang sangat menarik adalah NFC. Dengan menggunakan fitur yang satu ini, maka Anda dapat dengan mudah untuk melakukan transfer data maupun mengecek uang elektronik. Jadi kalau Anda hendak membayar dengan uang elektronik, hanya perlu menempelkan bagian belakang HP pada mesin pengecek.

5. Baterai Vivo V20 SE

Seperti yang tadi sudah dikatakan, bahwa Vivo V20 SE ini membawa baterai dengan kapasitas daya sebesar 4.100 mAh. Dalam kelas mid-end, daya baterai sebesar itu sudah termasuk besar dan awet. Untuk mendukung pengisian daya, Vivo juga telah memberikan eknologi fast charging 33W pada smartphone yang satu ini.

Menurut percobaan yang telah dilakukan, V20 SE ini mampu mengisi daya baterai dari nol hingga penuh hanya dalam waktu sekitar satu jam saja. Pihak Vivo sendiri juga telah mengklaim, bahwa pengisian daya baterai pada perangkatnya ini mampu mencapai angka 62% hanya dalam waktu 30 menit saja. Dengan waktu pengisian daya baterai yang cepat, maka penggunaannya tidak akan terganggu.

Dengan beberapa informasi mengenai Vivo V20 SE seperti yang sudah dijelaskan di atas, tentunya Anda sudah bisa memutuskan untuk membeli perangkat tersebut atau tidak. Jika dilihat dari kelebihan dan juga kekurangannya, smartphone ini hanya memiliki dua kekurangan saja. Bahkan kekurangan tersebut masih bisa dimaklumi dan juga diatasi dengan mudah.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here