tempat wisata di wonosobo
Wisata

10 Tempat Wisata di Wonosobo Terbaik

Tempat Wisata di Wonosobo – Jika Anda sedang berada di Wonosobo dan ingin mengunjungi tempat wisatanya maka menyimak artikel ini adalah pilihan tepat. Sebuah Kabupaten yang berada di Jawa Tengah ini memiliki destinasi yang tak kalah menarik dari tempat lainnya.

Banyak tempat wisata di Wonosobo dengan keindahan alam dan memiliki pesona eksotis yang menarik untuk didatangi. Dari mulai embung, telaga, pantai, gunung, dan masih banyak lainnya. Bagi kaum traveler tentu saja Wonosobo memiliki cerita indah tersendiri.

Salah satu tempat yang sedang viral di jagad sosmed juga ada di Kabupaten ini. Penasaran bukan apa nama tempatnya, yuk simak sampai selesai rekomendasi yang kami buat untuk Anda berikut ini.

Baca juga : Tempat Wisata di Dieng

Tempat Wisata di Wonosobo

Sebelum Anda pergi berlibur berikut ini kami rekomendasikan beberapa tempat wisata di Wonosobo yang keren, kekinian dan tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Batu Angkruk

Batu Angkruk
Source : Instagram.com/hanidhaiskatari

Bagi Anda pecinta selfie dan mencari tempat yang hits, tempat wisata di Wonosobo ini menyajikan pemandangan yang wajib di kunjungi. Batu Angkruk merupakan wisata yang tergolong baru di Wonosobo dengan spot foto yang viral yaitu teras kaca yang sangat instagramabel.

Teras kaca yang terletak di wisata ini merupakan ikon baru dengan pemandangan panorama pegunungan Dieng. Tak jauh dari gardu pandang Dieng, menjadikan tempat ini mudah dicari. Jadi sangat tepat jika datang bersama pasangan atau keluarga.

Anda bisa menikmati sunsire dengan indah dari ketinggian di Batu Angkruk, ataupun berburu foto keren dengan latar belakang pegunungan. Menciptakan momen romantis dan tak terlupakan.

Perlu diketahui bahwa kapasitas Teras Kaca di batu angkruk maksimal 10 orang. Jadi Anda harus bersabar mengantri pada saat banyak wisatawan yang datang.
Wisata ini terletak di Jl. Raya Wonosobo-Dieng, berada diatas Rest Area Gardu Pandang Dieng. Lokasinya masih berada di Desa Rejosari, Tambi, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan sangat murah. Anda cukup membayar 2.000 saja per orang untuk masuk. Selanjutnya jika ingin berfoto di spot selfie nya harus membayar sebesar 5.000-20.000. Sedangkan jika ingin berfoto di Teras Kaca Batu Angkruk dapat anda nikmati dengan harga tiket 20.000 per orang.

Agrowisata Kebun Teh Tambi

Agrowisata Kebun Teh Tambi

Ingin berlibur dengan sausana pegunungan hijau yang sejuk? Mungkin Agrowisata Tambi Tea / Kebun Teh Tambi ini jadi salah satu tempat wisata di Wonosobo untuk jadi pilihan tepat. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan dengan konsep alam pegunungan.

Disana Anda akan mendapatkan perlakuan yang istimewa dari adanya pemandu yang akan membawa berkeliling perkebunan teh, melihat karyawan yang tengah memetik teh dan masuk ke dalam pabrik melihat proses dari daun teh sampai jadi teh yang siap saja.

Ada kamar penginapan yang bisa disewa untuk yang ingin bermalam dan menikmati udara pegunungan yang sejuk.

Wisata satu ini sangat tepat jika Anda mengajak keluarga atau ada acara perusahaan. Karena tempatnya bisa menampung banyak orang dan ada paket wisata yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola.

Untuk menginap di wisata ini pengelola menawarkan dengan beberapa paket wisata. Dari mulai standar dengan minimal 10 orang dengan harga 27.500 per orang. Sementara ada paket Ekslusif yang ditawarkan mulai 55.000 per orang dan Paket Ekslusif Outbond Game yang dipatok harga 115.000 per orang.

Wisata ini terletak di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Rute ini bisa ditempuh sekitar 18 km dari pusat kota Wonosobo.

Baca juga : Tempat Wisata di Semarang

Telaga Menjer

Telaga Menjer
Source : Instagram.com/banjarnegarabersama

Telaga yang berfungsi sebagai pembangkit listrik ini merupakan tempat wisata di Wonosobo yang juga terkenal. Telaga Menjer berasal dari letusan Gunung Pakuwaja dulunya yang aktif. Karena letusan ini mengakibatkan adanya lubang berupa mata air yang luas.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin bersantai bersama keluarga di akhir pekan. Dengan pemandangan indah sekitar telaga menjadikan suasana hati lebih damai dan pikiran jadi fresh. Untuk yang hobi dengan fotografi, telaga menjer juga sangat keren jika dalam bidikan kamera.

Harga tiket yang dikenakan di wisata ini cukup murah, cukup dengan mengeluarkan uang 10.000 bisa menyewa perahu yang bisa digunakan untuk bermain di telaga atau menyalurkan hobi mancing.

Lokasinya berada di Maron, Kec. Garung, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Gunung Prau Wonosobo

Gunung Prau Wonosobo

Jika Anda gemar mendaki gunung, maka Gunung Prau tentu saja sudah tidak asing dikalangan backpaker. Gunung yang berada di ketinggian 2590 Mdpl ini merupakan tempat wisata di Wonosobo yang sudah terkenal dimana-mana.

Gunung Prau merupakan salah satu wisata yang masuk dalam hutan dilindungi oleh PT. Maka ada jadwal buka tutup rutin yang dilakukan agar mengembalikan ekosistem di kawasan tersebut. Pada 5 januari sampai 5 April setiap tahunnya gunung ini di lakukan jadwal tersebut.

Di kawasan pegunugan Prau, Anda akan menjumpai bunga Daisy yang berwarna-warni. Berbeda dengan bunga Edelweis yang sering ditemukan di gunung lainnya.
Keindahan alam yang disajikan oleh gunung ini sangat mempesona bagi siapapun yang datang kesana. Jalur tracking yang pendek juga menjadikan banyak wisatatawan yang penasaran ingin menaklukannya.

Selain itu, pesona sunsire di Gunung Prau juga sangat istimewa. Berburu momen ini sangat tepat jika Anda membawa kamera digital, bidikan yang pas akan menghasilkan foto paripurna. Banyak orang menyebutnya sebagai “golden sunrise” karena disini merupakan tempat terbaik mendapatkan hal tersebut.

Untuk mendaki ke Gunung Prau Anda akan dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 10 ribu saja per orang. Biaya tersebut sudah meliputi asuransi dan dapat Anda bayar ketika mendaftarkan diri sebagai pendaki di basecamp.

Gunung Prau ini tidak perlu diragunakan kepopulerannya di kalangan traveler, karena sudah menjadi salah satu destinasi favorit di komunitas pendaki gunung. Perlu diketahui juga bahwa gunung ini merupakan puncak tertinggi di kawasan dataran tinggi Dieng.

Lokasinya berada di tapal batas empat kabupaten, yaitu Kabupaten Batang, Kendal, Temanggung dan Kabupaten Wonosobo.

Baca juga : Tempat WIsata di Pati

Gunung Lanang Mergolangu

Gunung Lanang Mergolangu
Source : Instagram.com/ovii_ins

Salah satu wisata alam yang tak kalah populer di Wonosobo adalah Gunung Lanang Mergolangu. Anda bisa merasakan kesejukan dan udara segar di tempat ini. Tempat wisata di Wonosobo satu ini terletak di ketinggian 600 Mdpl.

Pemandangan alam yang menakjubkan menjadikan daya tarik bagi wisatawan yang datang kesana. Selain itu dari sini Anda bisa melihat keindahan Kecamatan Kalibawang dari atas ketinggian.

Untuk berkunjung kesana, pastikan kondisi fisik Anda sehat dan fit. Meskipun jalan menuju kesana juga sudah diaspal. Tempat ini sangat cocok untuk yang ingin menikmati waktu bersama keluarga dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Destinasi wisata ini berada di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk masuk ke tempatnya, Anda diharuskan membayar tiket masuk sebesar 5.000 per orang.

Kolam Renang Tirta Ria Wonosobo

Kolam Renang Tirta Ria Wonosobo
Source : Youtube.com

Tempat bermain air di Wonosobo yang paling lengkap dan banyak fasilitas berikut ini harus masuk dalam list liburan Anda. Yaitu Kolam Renang Tirta Ria yang menawarkan wahana permainan air dan cocok untuk berlibur bersama keluarga.

Selain ada kolam renang, ada cafe dan restoran yang siap melayani pengunjung, tempat gym, dan tentu saja wahana permainan air yang keren. Selain itu juga di tempat ini juga tepat jika Anda hobi fotografi, ada beberapa spot keren yang bisa jadi latar belakang mengambil foto.

Kolam renang Tirta Ria ada di Desa Tembelang, Rojoimo, Kec. Wonosobo, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah. Untuk menuju kesana bisa dengan mudah menemukan lokasinya, karena hanya berjarak sekitar 2 km saja dari pusat kota.

Untuk harga tiket masuk di tempat wisata di Wonosobo ini cukup membayar sebesar 10.000 per orang di hari biasa, dan 15.000 per orang jika weekend. Harga tiket yang terjangkau dengan fasilitas yang lengkap tentu saja menambah rasa bahagia ketika berlibur.

Curug Perawan Kembar

Curug Perawan Kembar

Wisata alam yang juga banyak di temukan di Wonosobo adalah air terjun atau curug. Salah satunya adalah curug perawan kembar. Dahulu air terjun ini dinamakan dengan “Curug Siaren” karena banyak pohon aren disekitarnya.

Ketinggian air terjun sekitar 12 meter dengan kolam yang lebar dan kedalaman hanya 50 cm menjadikan tempat wisata di Wonosobo ini banyak dipadati pengunjung di akhir pekan. Nuansa yang ada disekitar juga masih sangat sejuk dan asri.

Anda bisa membawa keluarga berkunjung kesini, selain lokasinya keren dan tentu saja aman jika bersama anak-anak. Lokasinya berada di Desa Bomerto, Wonosobo, Jawa Tengah. Tak jauh dari terminal Wonosobo, sehingga lebih mudah ditemukan.

Bukit Sikunir

Bukit Sikunir
Sumber : Instagram.com/explorejateng_

Salah satu tempat terbaik berburu momen golden sunrise di Wonosobo yaitu Bukit Sikunir. Anda bisa mendapatkan spot foto yang menakjubkan dengan deretan pegunungan yang hijau. Banyak wisatawan yang sering kesini hanya untuk mendapatkan momen melihat sunrise.

Ada dua tempat yang bisa Anda gunakan jika ingin mengabadikan sunrise di Bukit Sikunir. Yaitu dari Telaga Cebong dan dari puncak bukit.

Untuk melihat sunrise di Bukit Sikunir Anda harus membayar biaya retribusi cukup murah hanya sebesar 5.000 per orang. Dengan harga murah, Anda bisa meng eksplorasi pemandangan keren di bukit ini.

Rute perjalanan menuju puncak bisa dari jalan setapak disebelah Telaga Cebong yang mengitari bukit. Harus berhati-hati jika mengitari jalan ini karena di sisi kiri adalah jurang yang cukup dalam. Sangat disarankan membawa peralatan mendaki yang lengkap.

Lokasi bukit Sikunir berada di Desa Sembungan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Baca juga : Tempat Wisata di Sragen

Wisata Kawah di Dieng

Wisata Kawah di Dieng
Source : YouTube.com

Wisata di Wonosobo memang tidak jauh dari kawah. Salah satunya adalah Kawah Sikidang, Kawah Candradimuka, dan juga Kawah Sileri. Perpaduan bukit yang hijau dan tanah kapur menjadi pesona tersendiri bagi pengunjung yang datang kesana.

Kawah Sikidang adalah kawah andalan yang ada di Dieng, lokasinya berada di Dieng Timur. Nama Sikidang sendiri berasal dari bahasa jawa (kidang) untuk sebutan hewan Kijang, karena magma nya sering berpindah-pindah seperti kidang.

Sementara Kawah Candradimuka merupakan kawah yang populer dalam cerita legenda pewayangan. Dalam cerita legende, kawah in merupakan tempat Gatotkaca dijedi (“dimandikan” dalam bahasa Jawa) sehingga mempunyai kesaktian luar biasa.

Lalu ada Kawah Sileri, wisata kawah yang masih mengeluarkan asap putih. Nama sileri berasal dari warna air kawah yang beraroma seperti air bekas cuci beras (di bahasa jawa disebut leri).

Goa Jaran

Goa Jaran

Salah satu tempat wisata di Wonosobo dengan alamnya yang masih asli adalah Goa Jaran. Wisata ini artinya adalah gua kuda, yang masih dalam area dataran tinggi Dieng dengan keunikan goa yang mirip dengan kuda.

Goa Jaran merupakan tempat keren jika Anda hobi foto, ada lokasi yang bisa jadi spot menarik untuk latar belakang pengambilan gambar. Namun goa ini dipercaya mempunyai aura mistis yang kuat.

Sehingga sebaiknya tidak berfikiran dan berkata jorok di tempat ini. Ada pula larangan untuk tidak boleh memasuki Goa Jaran, khususnya untuk wanita perawan.

Lokasi Goa Jaran berada di Kawasan Telaga Warna. Jadi jika anda ke telaga Warna, maka bisa menemukan tempat ini. Untuk harga tiket masuknya adalah bersamaan ketika Anda masuk ke Telaga Warna yang hanya sebear 7000 per orang.

Kesimpulan

Dari tempat wisata di Wonosobo diatas semoga dapat membantu Anda dalam mencari mana saja yang harus dikunjungi. Sebaiknya persiapkan uang, fisik dan mental yang cukup.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *