tempat wisata di tuban
Wisata

Top 14 Tempat Wisata di Tuban Terbaik

Tempat Wisata di Tuban – Tuban adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak sekitar 101 km dari arah barat laut Kota Surabaya, Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Tuban yang beribukota di Kota Tuban terdiri dari 20 kecamatan.

Tuban daratan didominasi oleh batuan kapur yang merupakan bahan baku pembuatan semen. Oleh karena itu pemerintah membangun pabrik semen di kawasan ini yaitu PT Semen Indonesia, Tbk. Sungai Bengawan Solo yang terkenal juga mengalir melalui Tuban.

Saat ini Tuban hanya bisa diakses dengan bus atau mobil. Karena berada di jalur Pantura, Tuban kerap dilintasi kendaraan rute Surabaya – Jakarta atau sebaliknya. Bus dari kota besar seperti Bandung, Semarang, dan Yogyakarta juga melayani rute tujuan Tuban.

Kebanyakan orang mengenal Tuban karena keterkaitannya dengan Wali Songo. Selain itu, Tuban juga memiliki keindahan pantai dan goa yang menantang untuk dijelajahi. Jadi teman-temanku yuk cari tahu hal-hal terbaik yang dapat dilakukan di Tuban Jawa Timur Indonesia.

Berikut adalah rekomendasi Tempat Wisata di Tuban terbaik pilihan kami!

Baca juga : Tempat Wisata di Mojokerto

Tempat Wisata di Tuban yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Boom

Hal terbaik pertama yang dapat dilakukan di Tuban Jawa Timur Indonesia adalah mengunjungi Pantai Boom. Sebagai catatan, Tempat wisata di Tuban ini memiliki semenanjung buatan yang panjangnya sekitar 1000 meter. Semenanjung buatan ini digunakan sebagai dermaga oleh nelayan tradisional.

Ada juga jalan yang menjorok ke laut yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati pemandangan laut yang menakjubkan. Pengunjung juga bisa beristirahat di gazebo-gazebo yang ada di sekitar pantai, sambil menikmati indahnya matahari terbit maupun terbenam.

Pantai Boom dilengkapi dengan jogging track dan arena bermain. Ada ayunan, perosotan, jungkat-jungkit, kereta api, dll. Pengunjung bisa juga memancing di sini.

Pantai Boom terletak di sisi utara Alun-alun Tuban, Kota Tuban. Karena letaknya yang strategis bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Harga tiket masuknya Rp 2.500 dan buka jam 6 pagi – 10 malam.

Pantai Cemara

Hal berikutnya yang harus dilakukan di Tuban Jawa Timur Indonesia adalah menikmati Pantai Cemara. Ini menawarkan pesona pepohonan pinus yang rindang dengan berjejer di bibir pantai. Tidak hanya jalan-jalan, pengunjung juga bisa berolahraga seperti jogging, bermain bulu tangkis, bermain voli atua bermain futsal di pantai yang luas.

Pantai Cemara memiliki banyak warung makan yang berjejer di sepanjang pantai. Ada juga penjual rujak khas Tuban. Ada juga penjual rujak khas Tuban. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir kelaparan saat berwisata di pantai.

Temapt wisata di Tuban ini terletak di Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban. Jaraknya sekitar 6,3 km dari pusat kota Tuban atau sekitar 15 menit dengan mobil. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir Rp 5.000 dan buka 24 jam.

Pantai Kelapa

Pantai Kelapa atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Panyuran memiliki panorama yang indah dengan deretan pohon kelapa. Oleh karena itu banyak dikunjungi wisatawan pada hari baisa dan hari libur, bahkan ada yang berkemah di pinggir pantai.

Tempat wisata di Tuban ini didekorasi dengan bebatuan berukuran sedang. Banyak cangkang bersembunyi di bebatuan. Kerang tersebut banyak dicari oleh warga sekitar untuk lauk pauk.

Jika pengunjung datang bersamaan dengan kepulangan nelayan, pengunjung bisa membeli kepiting segar dan ikan dari mereka. Pantai Kelapa terletak di Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 5 km dair pusat kota Tuban atau sekitar 15 menit dengan mobil. Harga tiket masuknya Rp 3.000 dan buka jam 7 pagi – 5 sore.

Pantai Sowan

Pantai Sowan memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Pantai ini dulunya adalah tempat penyimpanan kayu. Karenanya kawasan pantai dikelilingi pepohonan yang rindang.

Deretan pohon kelampis di pinggir pantai membuat suasana semakin sejuk. Hamparan bebatuan di pinggir pantai memberikan pemandangan khas yang sanagt indah. Selain mengagumi pemandangan panorama, pengunjung juga bisa melihat aktivitas nelayan di laut sembari menikmati ikan bakar.

Tempat Wisata di Tuban ini telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti parkir, rest room, restaurant dan mushola. Pantai ini terletak di Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 40 km dari pusat kota Tuban. Harga tiket masuk Rp 5.000 dan buka jam 7 pagi hingga 5 sore.

Air Terjun Nglirip

Air Terjun Nglirip sebenarnya adalah bendungan irigasi yang airnya mengalir ke daerah yang lebih rendah. Air terjun ini memiliki ketinggian 35 meter dan lebar 28 meter. Ada jembatan kecil yang terbuat dari besi di bagian atas air terjun.

Dengan berdiri di atas jembatan, pengunjung dapat melihat aliran air terjun dan pemandangan alam sekitar yang menakjubkan. Tempat wisata di Tuban ini terletak di Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 37 km dari barat daya Tuban. Harga tiket masuknya Rp 2.000 dan buka dari jam 8 pagi hingga 5 sore.

Goa Ngerong

Goa Ngerong adalah goa air yang hanya bisa dijelajahi dengan menggunakan perahu karet. Tempat wisata di Tuban ini memiliki banyak ikan seperti tawes, bader dan nila. Namun pengunjung dilarang menangkap ikan tersebut.

Jika larangan tersebut dilanggar, diyakini pengunjung akan mendapat sial. Ada juga kelelawar yang hidup di kedalaman 700 meter. Ketika mereka keluar di sore hari, itu menjadi pemandangan yang spektakuler.

Goa Ngerong memiliki air yang bersih dan jerni dimana digunakan oleh penduduk setempat untuk mandi, mencuci, dan irigasi. Goa tersebut terletak di Desa Rengel, Kabupaten Tuban. Sekitar 30 menit dari pusat kota Tuban dengan mobil. Harga tiket masuknya Rp 3.000 dan buka jam 8 pagi sampai 5 sore.

Baca juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Goa Akbar

Goa Akbar berada tepat di bawah pasar tradisional. Goa itu penuh dengan cerita religius. Diyakini Sunan Kalijaga dan Sunan Bonang pernah bersemedi di sini. Tempat wisata di Tuban ini memiliki sumber air alami bernama Kedung Tirta Agung. Airnya dipercaya berkhasiat untuk kesehatan dan kekuatan.

Jalan setapak di dalam goa telah dipasangi paving block dan dilengkapi pagar pembatas besi agar pengunjung tidak tersesat di dalam goa.

Lampu berwarna juga telah dipasang di dalam goa untuk menunjukkan tekstur. Goa Akbar terletak di Jalan Gajah Mada, Kota Tuban yang jaraknya sekitar 1.4 km dari alun-alun uban aau 5 menit berkendara. Harga tiket masuknya Rp 5.000 dan buka jam 8 pagi – 5 sore.

Goa Putri Asih

Goa Putri Asih kaya akan ornamen batu seperti stalakit, stalagmit, tiang, dan gorden. Goa ini memiliki 9 kamar,namun hanya kamar 1 hingga kamar 3 yang terbuka untuk umum. Kamar 1 merupakan ruang pertemuan.

Keindahan stalakit dan stalakmit bisa dilihat di sini. Kamar 2 merupakan ruang pertamaan. Sementara untuk kamar 3 diyakini sebagai dapur dan kamar mandi.

Tempat wisata di Tuban ini pernah menjadi tempat pertemuan Wali Songo untuk berdiskusi tentang penyebaran dan perkembangan Islam. Goa tersebut terletak di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 30 km selatan pusat kota Tuba. Harga tiket masuknya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Buka jam 8 pagi hingga 5 sore.

Pemandian Bektiharjo

Pemandian Bektiharjo memiliki mata air alami yang keluar dari rongga tanah, bebatuan dan akar pohon. Airnya begitu jerni sehingga pengunjung bisa melihat ke dasar pemandian. Selain untuk tempat wisata di Tuban, mata air Bektiharjo juga dimanfaatkan oleh PDAM Tuban sebagai salah satu sumber air untuk konsumsi masyarakat Tuban.

Pemandian Bektiharjo punya penghuninya yang unik. Mereka merupakan monyek yang hidup di sekitar pemandian. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan monyet ini karena mereka jinak dan ramah.

Fasilitas juga telah dibangun di tempat ini seperti tempat parkir, warung, arena bermain, restoran, dan kolam renang anak. Pemandian Bektiharjo terletak di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 5 km dair pusat kota Tuban atau sekitar 15 menit dengan mobil. Harga tiket masuk Rp 4.500 dan buka pukul 09.00 – 17.00.

Pemandian Air Panas Prataan

Sumber air panas Prataan di kawasan ini berasal dari Gunung Kendeng. Sebab, sumber air panas tersebut masih sangat alami dengan suhu air yang mencapai 56 derajat Celcius.

Dengan kandungan belerang yang tinggi, Pemandian Air Panas Prataan dipercaya oleh penduduk setempat dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit, stroke, gatal-gatal, asam urat dan rematik.

Tempat Wisata di Tuban ini telah dilengkapi dengan kamar kecil dan ruang sholat. Selain berendam, pengunjung juga bisa menikmati aktivitas bermainseperti flying fox dan game perang. Pemandian Air PPanas Prataan terletak di Desa Wukiharjo, Kecamatan parengan, Kabupaten Tuban.

Jaraknya sekitar 45 km barat daya pusat kota Tuba. Harga tiket masuk Rp 10.000 di hari biasa dan Rp 12.500 di akhir pekan. Buka 9 pagi – 5 sore.

Makam Sunan Bonan

Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menggunakan seni untuk menyebarkan agama Islam. Sunan Bonang wafat pada tahun 1525. Makamnya terletak di belakang Masjid Agung Kota Tuban. Hal mistis sering terjadi di Makam Sunan Bonang, sehingga banyak pengunjung yang menganggap makam tersebut sebagai tempat persembahyangan.

Sejak renovasi pada 2012, kompleks makam terlihat rapi dan mampu menampung banyak jemaah tanpa takut panas dan hujan. Makam Sunan Bonang terletak di Jalan Gajah Mada, pusat kota Tuban. Ini masuk gratis dan buka 24 jam untuk peziarah.

Masjid Agung Tuban

Masjid Agung Tuban memiliki bentuk yang megah dengan keindahan bangunan dongeng dalam 1001 malam. Arsitektur masjid memadukan keragaman budaya dari berbagai negara seperti Arab, Turki, dan India. Penggunaan warna-warna cerah sangat menonjolkan bangunan yang berada di tengah Kota Tuban.

Tempat wisata di Tuban ini dibangun pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam, Adipati Raden Ario Tedjo. Masjid tersebut telah mengalami beberapa kali pemugaran yaitu pada tahun 1894, 1985, dan terakhir pada tahun 2005.

Masjid Agung Tuban terletak di Jalan Bonang, pusat kota Tuban. Ini masuk gratis dan dibuka sesuai dengan jadwal ibadah.

Kelenteng Kwan Sing Bio

Kwan Sing Bio dibangun pada abad ke-18. Kwan Sing Bio berarti kuil orang suci. Pura ini menghadap ke laut dan ada patung kepiting di atas gerbangnya, buka naga seperti putra lainnya. Asal muasal lambang kepiting itu diawali dengan mimpi seorang pejabat candi.

Dia memimpikan seeokor kepiting raksasa memasuki pagoda. Usai berdiskusi, akhirnya petugas memilih kepiting sebagai lambang Kelenteng Kwan Sing Bio. Hingga saat ini Tempat wisata di Tuban ini dikenal juga dengan sebutan Candi Kepiting.

Kelenteng Kwan Sing Bio adalah kelenteng terbesar di Asia Tenggara. Banyak pengunjung datang dari Surabaya, Jakarta, Malaysia, Singapura, dan Hongkong. Kelenteng Kwan Sing Bio terletak di Jalan RE Martadinata, Desa Karangsar, Kabupaten Tuban.

Ini masuk gratis dan buka 6 pagi – 9 malam pada hari kerja dan 6 pagi – 10 malam. pada hari pekan.

Museum Kambang Putih

Museum Kembang Putih adalah satu-satunya museum yang ada di Kabupaten Tuban. Museum ini memiliki koleksi benda bersejarah yang menarik. Salah satunya adalah Koes Plus Bersaudara yang menjadi band legendaris Indonesia yang berasal dari Tuban.

Tempat wisata di Tubak ini lokasinya di Jalan Kartini, pusat Kota Tuban. Ini masuk gratis dan buka 9am – 5 pm pada hari Selasa – Minggu.

Akhir Kata

Itulah diatas yang bisa saya ulas mengenai Tempat wisata Terbaik yang ada di Tuban. Kamu juga bisa melihat tempat wisata di Jawa Timur pilihan terbaik dari kami lho!

SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *