tempat wisata di tegal
Wisata

16 Tempat Wisata di Tegal Terpopuler

Tempat Wisata di Tegal Jika kamu sedang berkunjung ke Tegal Jawa Tengah maka tak ada salahnya mampir ke tempat wisata yang ada disana. Daerah yang masih kental menggunakan bahasa daerah “ngapak” ini mempunyai destinasi menarik untuk dieksplor.

Keindahan alam Tegal yang mempesona menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tempat wisata di Tegal banyak di dominasi oleh wisata alam dan buatan. Jadi bagi kamu yang akan kesana tak perlu bingung memilihnya.

Nah, apa saja daftar tujuan wisata yang harus masuk dalam list liburanmu? Yuk simak penjelasan dibawah ini sebagai referensi wisatamu.

Tempat Wisata di Tegal Terbaru yang Keren dan His


Sebagai daerah yang diapit oleh beberapa daerah lain, Tegal memiliki wisata yang patut diperhitungkan. Berikut ini kami sajikan rekomendasi wisata untuk kamu yang ingin pergi kesana.

Wana Wisata Prabanlintang Danasari

Salah satu tempat wisata di Tegal yang sedang hits saat ini adalah Wana Wisata Prabanlintang Danasari. Wisata ini sering dibicarakan oleh banyak orang di sosial media karena kekinian dan trending.

Desa Danasari merupakan desa yang banyak ditumbuhi hutan pinus rindang. Alamnya yang masih alami dan suasana yang sejuk oleh pengelola dijadikan kawasan wisata yang keren.

Jika kamu berkunjung ke Prabanlintang Danasari tidak hanya menemukan hutan pinus, namun ada berbagai spot foto yang jadi tempat favorit berselfie ria. Spot foto di Wisata Prabanlintang antara lain Rumah Pohon, Hammcok, Ayunan, jembatan kayu, meja dan kursi dan spot lainnya.

Lokasi destinasi keren ini terletak di Desa Danasari, Kec. Bojong, Kab. Tegal, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi kamu bisa menggunakan peta google ataupun bertanya dengan warga sekitar kota Tegal.

Hal yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung adalah tempat wisata ini tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis. Jadi kamu cukup membayar parkir kendaraan saja jika datang kesana.

Bukit Baper

Source : Youtube.com

Berikutnya, tempat wisata di Tegal yang juga kekinian adalah Bukit Baper. Wisata yang berada diantara perbatasan kota Brebes dan Tegal ini tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Bukit ini berada di ketinggian 1200 Mdpl dengan pemandangan Kabupaten Tegal yang mempesona. Hamparan dataran rendah yang didominasi oleh hijau persawahan dan hutan pinus menjadikan wisata ini tak boleh ketinggalan untuk kamu datangi.

Kata Baper dari bukit ini artinya bukan “bawa perasaan”, namun singkatan dari Batusari Perkemahan. Jadi tempat ini bisa dijadikan destinasi berkemah bersama keluarga atau teman. Ada Gardu Pandang di bukit baper yang dibuat menjorok ke tepi jurang, sehingga ketika kamu berada disana bisa menikmati semilir angin yang sejuk.

Selain itu jika hobi fotografi latar belakang pegunungan yang mempesona cocok sebagai obyek foto selfie.

Alamat wisata Bukit Baper berada di Sirapong (Brebes) dan Bumijawa (Tegal). Dari pusat kota Tegal kamu bisa menempuh jarak sekitar 60 km untuk sampai tempat ini.

Untuk menikmati wisata pemandangan disana, kamu cukup membayar Rp. 6.000 per orang dan biaya parkir Rp. 2.000 untuk motor.

Pemandian Air Panas Guci

Pemandian Air Panas Guci
Source : Youtube.com

Destinasi wisata berikut ini mungkin sebagian dari kamu sudah tahu. Pemandian Air Panas Guci merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang sudah banyak diketahui orang. Liburan ke wisata ini kamu akan menikmati udara pegunungan. Sebab terletak di kaki Gunung Slamet.

Obyek wisata ini menawarkan kolam air hangat dengan pilihan harga sesuai keinginan. Pemandian ini juga disebut dengan “Guci Indah”. Fasilitas lain yang bisa kamu temui seperti kolam air hangat, penginapan, sewa kuda, air terjun Jedor dan yang lainnya.

Dengan fasilitas yang lengkap diatas, kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Berada di area dengan hutan dengan hijau pepohonan, maka tempat ini sangat tepat dijadikan wisata keluarga. Selain membuat pikiran tenang juga membuat suasana romantis bersama pasangan.

Untuk kamu yang akan kesana bisa mencari di Desa Guci, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Lebih tepatnya di kaki Gunung Slamet.

Sedangkan harga tiket masuk lokasi dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang di hari biasa, dan menjadi Rp. 7.000 per orang untuk akhir pekan.

Pantai Alam Indah

Pantai Alam Indah
Source : Instagram.com/siskaamera

Beberapa tempat wisata di Tegal juga ada Pantai yang memiliki pesona tersendiri, salah satunya Pantai Alam Indah. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang luas dan ombak yang cukup besar.

Walaupun ombak yang dimiliki besar, untuk kamu yang ingin berenang tetap diperbolehkan asal mematuhi peraturan dari pihak pengelola. Selain bisa berenang, kamu juga dapat menyewa perahu secara beramai-ramai jika ingin menikmati pemandangan yang lebih seru.

Ada wahana lain yang tak kalah seru dimainkan ketika berada di pantai ini seperti waterboom, kereta kuda, sepeda, dan taman bermain anak.

Lebih dari itu kamu tak perlu membawa bekal jika ke Pantai Alam Indah. Ada banyak penjual makanan khas Tegal yang sudah menyediakan menu makanan dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentu saja menjadikan liburan lebih romantis dan menyenangkan.

Lokasi wisata berada di Mintaragen, Kec. Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah. Rute untuk menuju lokasi kamu bisa memanfaatkan google maps.

Harga tiket masuk lokasi pantai cukup murah dan terjangkau. Kamu cukup mengeluarkan uang parkir dan biaya masuk tak lebih dari Rp. 5.000 per orang.

Curug Putri Tegal

Curug Putri Tegal
Source : Youtube.com

Air terjun atau curug putri tegal merupakan tempat wisata di Tegal yang tak pernah sepi pengunjung. Air terjun ini mempunyai ketinggian 25 meter dengan deburan air yang deras hingga membuat suasana sekitar menjadi dingin.

Pemandangan di sekitar curug ini sangat keren untuk dinikmati. Kamu bisa menjadikan obyek fotografi pancuran air dari ketinggian yang ada disana untuk jadi latar belakang foto.

Lokasi wisata alam ini berada di Dukuh Benda, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah. Rute perjalanan kesana bisa diakses dari Desa Benda menuju Desa Mendala, lalu menyusuri pematang sawah hingga bertemu dengan lokasi curug.

Curug Cantel Bumijawa

tempat wisata di tegal
Source : Instagram.com/lovebrebes

Tak jauh dari curug tegal, kamu bisa mengunjungi Curug Cantel. Destinasi wisata di Tegal yang satu ini mempunyai ketinggian sekitar 60 meter. Sejuknya air terjun dan deburan yang deras menjadikan tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal dan luar daaerah.

Untuk sampai ke air terjun ini membutuhkan tenaga ekstra, kamu diharuskan melakukan tracking lumayan lama. Ada bebatuan yang besar ketika menyusuri sungai, dan jauhnya jarak yang harus ditempuh sekitar 400 meter.

Meskipun begitu keindahan alam yang akan kamu temui ketika sampai di curug akan membuat mata terpesona. Karena tinggi air terjun yang menjulang, maka diharuskan kamu membawa pakaian ganti. Namun tidak disarankan mandi disini, karena air yang terjun begitu kuat.

Lokasi wisata satu ini terletak di Dukuh Kalipedes, Desa Sigedong, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Curug Jejeg

Curug Jejeg
Source : Instagram.com/jateng.keren

Curug jejeg merupakan wisata air terjun yang berada di Desa Jejeg. Masih berada di satu daerah dengan curug cantel yaitu di Bumijawa. Tak jauh berbeda dengan air terjun lainya, untuk menuju ke curug jejeg kamu diharuskan melakukan tracking, namun bisa menggunakan motor.

Perjalanan yang melelahkan karena jalan yang jelek akan terbayar oleh keindahan dari air terjun yang tingginya 22meter ini. Jika di musim kemarau kamu bisa berenang atau mandi di lokasi air terjun karena alirannya tidak deras.

Fasilitas yang disediakan di lokasi tidaklah banyak, namun untuk yang ingin mandi disekitar lokasi sudah ada kolam yang tidak dalam. Selain itu juga bisa menjadikan latar belakang air terjun sebagai obyek foto.

Lokasi tepat air terjun berada di Desa Jejeg, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal. Untuk sampai ke tempat ini kamu bisa menggunakan 2 jalur, yaitu via Batuagung (Banjaranyar) dan Bumijawa.

Curug Luhur

Curug Luhur
Source : Instagram.com/putri.fidillah

Kawasan Bumijawa memang dikenal area tempat air terjun di Tegal. Ada Curug Luhur yang mempunyai ketinggian 25 meter yang bisa jadi pilihan berlibur selain yang sudah disebutkan di atas.

Pemandangan air terjun yang masih alami dan segar serta lokasi yang masih banyak ditumbungi dengan lumut menjadikan suasana lebih eksotis. Suguhan alam yang masih terjaga ini akan lebih indah dalam bidikan kamera untuk kamu yang hobi fotografi.

Lokasi tempat wisata di Tegal ini terletak di Desa Sokasari, Kec. Bumijawa dan Desa Tuwel, Kec. Bojong, Tegal, Jawa Tengah.

Kebun Melati Maribaya

By Sudut Nusantara

Sebagai daerah yang menghasilkan teh, Tegal juga mempunyai daerah penghasil bunga melati yang sudah dikenal hingga mancanegara. Tempat wisata di Tegal berikut terletak di Desa Maribaya, Kec. Kramat, Kab. Tegal.

Disini kamu bisa menikmati pemandangan petani yang sedang memetik bunga melati. Bunga melati yang dihasilkan dari kebun ini merupakan bunga yang berkualitas tinggi. Sehingga banyak yang sudah di eksport ke luar negeri.

Selain bisa melihat petani yang memetik bunga melati, kamu juga bisa belajar bercocok tanam dengan pengelola yang menunggu tempat ini.

Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri)

Pokanjari (Pondok Makan Jalan Teri)
Source : Instagram.com/dolantegal

Salah satu pusat kuliner di Tegal yang terkenal adalah Pondok Makan Jalan Teri. Ada berbagai makanan khas Tegal yang bisa kamu nikmati antara lain soto tegal, nasi grombyang, kupat glabed, kupat blengong, dan tentu saja banyak makanan modern di tempat ini.

Di wisata kuliner Tegal ini juga kamu bisa menikmati sarapan pagi khas Tegal. Ada sego kuning (nasi kuning), ponggol dan juga kupat bongkok yang jadi andalan pedagang dipagi hari. Untuk tiap menu makan yang dijual harganya sangat terjangkau, namun tetap mengutamakan rasa yang enak.

Lokasi Pokanjari berada di di Jl. Teri – Jl. Gadjah Mada dan Jl. Veteran Kota Tegal. Selain bisa menikmati santapan khas Tegal, kamu juga bisa menemukan bangunan tua di kota ini yang masih berdiri kokoh.

Gerbang Mas Bahari Waterpark

Gerbang Mas Bahari Waterpark
Source : Instagram.com/infotegal

Tempat wisata di Tegal yang juga terkenal untuk rekreasi keluarga adalah Gerbang Mas Bahari Waterpark. Lokasinya yang tak jauh dari terminal Kota Tegal menjadikannya lebih mudah ditemukan.

Wisata air ini masuk dalam 4 waterpark di Indonesia yang mempunyai wahana kolam ombak setelah Jakarta, Solo dan Surabaya. Ada pula kolam Arus yang memberikan sensasi terkena ombak setinggi 2 meter.

Wahana yang tak kalah seru untuk kamu coba ada Kiddy Pool, Raft Slide, Racer Slide, Olimpic dan yang lainnya. Wahana-wahana tersebut mempunyai tarif yang berbeda-beda jika ingin menikmatinya.

Jika kamu kelaparan, maka tak perlu khawatir berada di Bahari Waterpark. Sudah ada para penjual makanan baik yang ringan ataupun yang berat. Selain itu ada warung makan dengan banyak menu yang bisa kamu pilih.

Untuk tiket masuk dikenakan dari Rp. 15.000 per orang di hari biasa, dan Rp. 25.000 per orang untuk akhir pekan (sabtu-minggu dan hari libur).

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung

Wisata Kesehatan Jamu (WKJ) Kalibakung
Source : Youtube.com

Berkunjung ke wisata kesehatan tentu kedengaran asing ditelinga kita. Namun kamu bisa menemukan itu di Tegal. Destinasi wisata di Tegal ini akan memberikan pengalaman berbeda dari tempat lainnya.

Disini kamu akan tahu jenis-jenis jamu, dengan aneka tanaman yang ditanam. Ada juga elatase jamu, klinik jamu, apoteker bahkan ada dokter. Jadi selain berwisata dengan tanaman yang dapat dijadikan jamu, kamu juga bisa membeli jamu yang dijual.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Kalibakung, Tegal, Jawa Tengah.

Jembatan Gantung Danawarih

Jembatan Gantung Danawarih
Source : Instagram.com/exploretegal

Tak ketinggalan dengan trend yang ada di sosial media, ada tempat wisata di Tegal yang menjadikan obyek jembatan sebagai magnet wisatawan. Yaitu Jembatan Gantung Danawarih yang berada di Desa Danawarih, Kec. Balapulang, Tegal, Jawa Tengah.

Lokasi jembatan berada di atas bendungan kali gung yang menjadi saluran irigasi bagi masyarakat sekitar. Juga sebagai penghubung antar desa Danawarih dan desa Sangkajaya.

Panjang jembatan ini 273 m dan lebar 1 m, sangat cocok untuk kamu yang suka berfoto selfie. Pemandangan yang keren dan suasana yang masih pedesaan menjadikan jembatan Gantung Danawarih jadi spot fotografi dikalangan remaja.

Bukit Goa Lawa / Bukit Batu Agung

Bukit Goa Lawa / Bukit Batu Agung
Source : Instagram.com/vianarlisa

Dari namanya, konon di bukit ini banyak terdapat lawa (kelelawar) yang hidup di goa-goa sekitarnya. Bukit ini juga merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang sedang viral karena sangat instagramabel.

Di lokasi perbukitan, kamu akan menemukan batuan besar yang menjulang tinggi. Di puncak inilah banyak anak remaja yang mengabadikan momen dengan berfoto selfie dan memajangnya di feed instagram.

Sejauh mata memandang yang akan kamu liat adalah pemandangan hijau. Suasana perbukitan yang sejuk dan pemandangan hijau menjadikan tempat ini banyak didatangi wisatawan untuk berfoto.

Untuk masuk lokasi wisata bukit goa kamu diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan lokasinya berada di 3 desa yaitu Desa Batu Agung, Desa Harjawinangun dan Desa Bukateja, Tegal, Jawa Tengah.

Agro Wisata Kebun Teh Tegal

Agro Wisata Kebun Teh Tegal
Source : Instagram.com/atikahlaelani

Kota Tegal merupakan daerah penghasil teh terbesar di Indonesia. Tak perlu diulik lebih dalam lagi di Tegal kamu bisa mengunjungi Agro Wisata Kebun Teh. Agro Wisata di Tegal ini beralamat di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Kec. Bumijawa, Kab. Tegal, Jawa Tengah.

Kamu bisa berwisata memetik teh dari kebun langsung dan bisa melihat proses pembuatan hingga menjadi teh yang siap diminum. Selain di Dukuh Aren di Bumijawa masih tersebar banyak kebun teh lainnya.

Taman Rakyat Slawi Ayu

Taman Rakyat Slawi Ayu
Source : Instagram.com/infotegal

Tempat kuliner di Tegal berikutnya selain Pokanjari adalah Taman Rakyat Slawi. Disini kamu bisa menikmati sajian khas Tegal. Kamu bisa menemukan makanan enak-enak dengan harga terjangkau disini.

Lokasi wisata di Tegal ini berada di depan terminal Bus Slawi, jadi akan lebih mudah menemukannya. Selain sebagai tempat kuliner, Taman Rakyat Slawi Ayu (Trasa) didirikan untuk kegiatan sosial, pentas seni, lapangan olahraga dan tujuan lainnya.

Kesimpulan

Dari banyaknya tempat wisata di Tegal yang telah kami rangkum diatas paling banyak adalah air terjun atau curug. Namun kamu bisa mengunjungi destinasi lain yang tak kalah menarik.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *