tempat wisata di sragen
Wisata

Top 12 Tempat Wisata di Sragen Terbaik

Tempat Wisata di Sragen – Jika berkunjung ke Sragen maka tidak lengkap jika belum mengunjungi tempat wisata yang ada disana. Sragen sebagai salah satu kota yang terkenal dengan Wisata Gunung Kemukusnya ternyata menyimpan banyak keindahan lain. Selain wisata itu masih banyak tempat keren yang wajib dikunjungi untuk anda.

Meskipun sebagai Kabupaten, bukan berarti daerah ini tidak ramai dikunjungi wisatawan. Banyak orang pergi ke Sragen untuk berlibur karena memang tempatnya berbeda dari kabupaten lainnya.

Tak hanya menyuguhkan keindahan alam, di Sragen juga ada wisata untuk edukasi yang dibuat oleh pebisnis lokal. Wisata edukasi dipandu oleh pemilik yang akan mengenalkan pengetahuan dan memberikan pengalaman untuk pengunjung.

Tempat Wisata Di Sragen Yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda yang ingin berkunjung ke Sragen ataupun masih daerah sekitarnya. Berikut ini ada beberapa tempat wisata di Sragen yang kami rekomendasikan.

Museum Prasejarah Sangiran

Museum Prasejarah Sangiran

Berlokasi di desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, museum ini mempunyai sekitar 12 ribuan fosil prasejarah. Dan oleh UNESCO sudah ditetapkan menjadi wisata warisan budaya di dunia. Sragen dalam sejarah Indonesia mempunyai banyak peradaban manusia purba di zamannya.

Jika berkunjung ke museum Sangiran anda akan mendapatkan edukasi dan pemahaman sejarah tentang fosil-fosil yang ada disana. Biasanya tempat wisata di Sragen ini banyak dikunjungi wisatawan, para pelajar dan mahasiswa. Selain itu juga banyak warga yang penasaran terhadap apa yang di museum.

Gunung Kemukus

Gunung Kemukus

Untuk tempat wisata Sragen yang satu ini tentu sudah banyak beredar dikalangan masyarakat Jawa Tengah dan Indonesia pada umumnya. Destinasi wisata ini banyak dikunjungi baik di hari biasa ataupun ketika musim liburan.

Selain berwisata di pegunungan, banyak para wisatawan adalah para peziarah yang melakukan doa di Makam Pangeran Samudro dan para pengawalnya. Kabar yang beredar, Pangeran Samudro merupakan seorang pangeran dari Kerajaan Majapahit.

Daya tarik selain bisa berziarah ke Makam Pangeran Samurdro di Gunung Kemukus adalah wisata air disekitar makam. Oleh karena itu pemerintah kabupaten Sragen dan pemerintah pusat terus mengembangkan wisata Gunung Kemukus ini.

Dari atas bukit gunung ada sebuah bangunan kuil/ wihara tua yang sangat dihormati penduduk sekitarnya yang menganut agama Budha.

Membawa keluarga berkunjung ke Gunung Kemukus tentu saja sangat tepat karena alam pegunungan yang masih rimbun dan hawa yang sejuk akan memberikan kesan tersendiri.

Tempat ini juga dibuka selama 24 jam, sehingga anda tidak perlu khawatir tutup ketika berkunjung kesana.

Lokasinya berada di Dusun Soko, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Harga tiket masuk yang dipatok juga sangat murah, cukup membayar 10.000 saja anda sudah bisa menikmati wisata Gunung Kemukus.

Kedung Grujug

Kedung Grujug

Jika anda ingin berwisata air yang indah dan mempesona, maka wajib mengujungi Kedung Grujug. Salah satu tempat wisata di Sragen ini menawarkan keindahan air terjun kecil dan airnya yang jernih.

Aliran air alami cukup deras dan dingin membuat banyak wisatawan yang penasaran untuk mengunjunginya. Lokasi wisata ini dekat dengan Gunung Kemukus. Sehingga perjalanan kesana juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Bagi anda yang hobi fotografi cocok sekali menjadikan air terjun ini sebagai latar dalam pengambilan foto. Banyak juga wisatawan yang kesini untuk pengambilan foto.

Walaupun sebagai air terjun, banyak warga sekitar juga yang datang kesini untuk memancing ikan.

Lokasi berada di Dukuh Pungkruk, Desa Bulu Doyong, Kecamatan Miri, Kabupaten Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau, yaitu hanya 5.000 saja.

Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo

Tempat wisata di Sragen berikutnya adalah berupa bendungan besar yang mempunyai luas 6.576 Ha. Bendungan ini merupakan tempat untuk mengairi persawahan dan dikelola menjadi tempat wisata yang keren.

Banyak wisatawan berkunjung ke Waduk Kedung Ombo karena pemandangan alam yang indah dan ada spot unik yang terkenal yaitu Kedung Cinta. Spot ini mempunyai bentuk sebuah hati dengan warna merah yang berukuran besar. Jadi sangat cocok untuk anda yang hobi fotografi.

Ada juga fasilitas perahu motor yang sudah disiapkan pengelola untuk yang pengunjung. Dengan perahu ini anda bisa berkeliling waduk sambil berfoto ria. Selain perahu motor, juga ada perahu nelayan yang disewakan jika ingin mengunjungi pulai-pulau di tengah waduk.

Lokasi wisata Waduk Kedung Ombo berada di Desa Ombo, Kec. Geyer, Kab. Grobogan, Jawa Tengah. Dan harga tiket yang dikenakan adalah 5.000.

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian Air Panas Bayanan

Pemandian air panas Bayanan atau dulunya dikenal sebagai “Hyang Tirto Nirmolo” pada zaman dahulu adalah tempat tetirah orang Belanda. Tempat ini dibangun oleh Tan Praul pada tahun 1808. Selanjutnya di tahun 1978, Pemerintah Indonesia melakukan renovasi untuk dibuat tempat wisata.

Tempat Wisata di Sragen ini menawarkan pesona menarik untuk pengunjung. Di sana anda bisa merasakan mandi di air panas dan konon dipercaya dapat menembuhkan berbagai macam penyakit. Air di pemandian ini oleh masyarakat sekitar dianggap bisa menyembukan gatal-gatal, rematik, dan sakit lainnya.

Ada juga pengunjung yang menurut pengakuannya, air pemandian Bayanan bisa menurunkan kolestrol, membuat tubuh menjadi lebih bugar, meningkatkan vitalitas, dan menghilangkan capek karena bekerja serta bisa bikin awet muda.

Lokasi Pemandian Air Panas Bayanan berada di Desa Jambean, Kec. Sambirejo, Kab. Sragen, Jawa Tengah. Tiket masuk yang dikenakan 10.000

Wisata Batik Kliwonan

Wisata Batik Kliwonan

Bagi anda yang menyukai batik, sangat tepat sekali jika berkunjung ke Desa Wisata Batik Kliwonan. Destinasi desa batik ini berada di kawasan industri batik Girli (Pinggir Kali).

Disana anda dapat membeli batik dan juga bisa melihat proses pembatikan, penjemuran kain batik, mewarnai, memberikan motif dan pelapisan kain.

Jika anda ingin mencoba membatik, maka sudah disediakan juga canting (semacam pena untuk melukis batik diatas kain mori). Selain itu juga bisa melihat berbagai jenis batik dan motif yang dituangkan di kain.

Untuk motif batik Sragen lebih kental dengan ornamen flora dan fauna. Dan juga diwaktu tertentu dikombinasikan dengan motif baku seperti tumbuhan atau hewan.

Wisata Batik Kliwonan berada di Area Sawah, Desa Kliwonan, Kec. Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Tiket masuk gratis.

Taman Dayu Alam Sari

Taman Dayu Alam Sari

Selain bisa belajar membatik di desa Wisata Kliwonan, untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga bisa mengunjungi Taman Dayu Alam Asri. Disana anda bisa bermain bersama keluarga melihat satwa di kebun binatang mini (mini zoo).

Ada berbagai koleksi satwa yang ada di taman ini seperti elang, ular, kanguru, rusa, burung merak dan lainnya.

Disamping mini zoo terdapat taman lalu lintas yang sangat bermanfaat untuk mengenalkan anak tentang tata tertib dan edukasi berlalu lintas di jalan. Jadi tempat wisata di Sragen ini menawarkan konsep wisata yang edukatif dan fun atau belajar sambil bermain.

Taman Dayu Alam Sari berada di Desa Dayu, Kab. Sragen.

Makam Joko Tingkir

Makam Joko Tingkir

Wisata sejarah di Sragen bukan saja di Sangiran. Ada pula wisata sejarah makam Joko Tingkir yang terkenal. Makam ini mempunyai 20 pusara dan dikelilingi oleh tembok.

Pusara Joko Tingkir terletak di bagian tengah cungkup. Selain makam, anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang indah disekitarnya.

Makam Joko Tingkir terletak di Dusun Butuh, Sragen.

Ganesha Technopark

Ganesha Technopark

Tempat wisata di Sragen yang ini merupakan destinasi yang sering dikunjugi oleh siswa dan juga para peneliti untuk melakukan penelitian atau riset.

Pemerintah Sragen membuat tempat Wisata ini untuk memudahkan akses ke lembaga penelitian dan professor. Biasanya dipakai untuk riset dan pengambangan (R&D) dan proyek lainnya.

Anda bisa menemukan Ganesa Technopark di Jalan Dr. Sutomo 5 Sragen, Jawa Tengah.

Gunung Banyak

Gunung Banyak

Berburu foto di alam terbuka dan hijau adalah keseruan tersendiri bagi fotografer. Nah untuk anda yang memiliki hobi tersebut ada Gunung Banyak di Sragen yang sering dijadikan spot fotografi.

Di destinasi wisata Sragen ini, anda bisa mengambil berbagai macam foto dengan suasana area pegunungan dengan bebatuan karang dan pohon hijau disekitarnya.

Gunung banyak sendiri merupakan nama yang diberikan oleh masyarakat sekitar karena  berbentuk undak-undak seperti barisan gunung. Pemandangan sekitar gunung juga masih sangat terjaga keasriannya.

Lokasi Gunung Banyak terletak di Area Sawah, Desa Srawung, Kec. Gesi, Kab. Sragen, Jawa Tengah.

Kolam Renang Kartika

Kolam Renang Kartika

Berikutnya ada kolam renang Kartika, tempat wisata di Sragen untuk anda yang ingin berlibur bersama keluarga dengan wahana air. Kolam renang ini merupakan salah satu yang terlengkap disana.

Pihak pengelola sudah menyediakan wahana seperti kolam renang utama, tempat bermain anak, papan seluncur bergelombang, ember tumpah dan fasilitas lainnya.

Sembari menunggu anak dan istri bermain di kolam renang, anda juga bisa menyalurkan hobi memancing. Karena pengelola sudah menyediakan kolam pemancingan dengan konsep rumah joglo.

Jika ingin berkunjung kesini silakan menuju daerah Kroyo, di Jl. Veteran. Lokasi kolam berdampingan dengan Stadion Sepak Bola Kabupaten Sragen.

Wisata Alam Betisrejo

Wisata satu ini menawarkan konsep wisata terasering mirip dengan kawasan Ubud Bali. Disini anda diberikan pemandangan sawah organik dengan konsep terasering yang dikelola oleh kelompok tani disekitar. Anda pun bisa ikut membantu masyarakat sekitar dalam mengelola sawah.

Tempat wisata di Sragen ini juga menawarkan objek wisata petik buah di kawasan agrowisata produsen buah. Disekitarnya juga anda bisa menginap di homestay yang sudah disediakan.

Lokasi Wisata Alam Betisrejo terletak di Desa Jambean, Desa Jetis dan Desa Sukorejo yang disingkat dengan “Betisrejo” dengan predikti Desa Wisata Organik.

Kesimpulan

Tidak jauh-jauh jika ingin berlibur ke wisata edukasi, di Sragen sudah menawarkan semuanya. Dari belajar sejarah, wahana air dan pegunungan sudah tersedia. Maka tak perlu ragu lagi untuk mengunjungi Sragen.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *