Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

18 Tempat Wisata di Purworejo Terbaru dan Terhits

7 min read

tempat wisata di purworejo

Tempat Wisata di Purworejo – Purworejo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang bisa jadi pilihan berlibur. Disana ada banyak tempat wisata alam ataupun buatan, sangat cocok untuk kamu yang sedang bingung mencari destinasi liburan.

Walaupun bukan sebagai kota yang besar, jangan salah kalau di Purworejo mempunyai banyak spot-spot keren yang wajib kamu datangi. Kota ini mempunyai beragam lokasi wisata, seperti hutan, pantai, goa, hingga air terjun. Berikut ini kami sajikan rekomendasi tujuan berwisata di Purworejo yang tak boleh dilewatkan.

Dari daftar yang kami berikan berikut, mungkin sebagian sudah pernah kamu kunjungi. Namun tentu saja ada tempat-tempat yang masih asing dan lebih kekinian, simak saja artikel sampai habis. Yuk, baca sampai selesai Tempat Wisata di Purworejo Paling Rekomended dan Kekinian dibawah ini.

1. Pantai Jatimalang

Pantai Jatimalang

Buat kamu yang suka dengan suasana pantai maka tak boleh melewatkan destinasi satu ini, yaitu Pantai Jatimalang. Jika kamu kesini, maka akan menemukan kondisi pantai yang indah dengan pemandangan yang mempesona.

Apalagi ombak di pantai Jatimalang termasuk besar sehingga sangat seru namun tetap harus berhati-hati ketika bermain air disana. Untuk kamu yang membawa keluarga ada kolam renang air tawar yang berada di samping pantai, sehingga bisa lebih seru bermain air.

Kolam renang yang berada disamping pantai sangat unik, karena dibuat dengan hanya memakai terpal warna-warni sehingga menarik mata pengunjung.

Fasilitas lain yang bisa dilakukan adalah berjalan-jalan di pinggiran pantai dengan menyewa ATV. Ada pula tempat pelelangan ikan yang tak jauh dari lokasi pantai Jatimalang. Ikan yang dijual merupakan hasil tangkapan para nelayan setempat, jadi dipastikan segar dan harganya lebih murah.

Lokasi pantai Jatimalang terletak di Desa Jatimalang, Kec. Purwodadi berjarak sekitar 18km dari pusat kota Purworejo. Untuk harga tiket masuk yang dikenakan hanya Rp. 5.000 per orang.

2. Pantai Ketawang

Pantai Ketawang

Ingin berwisata di pantai namun agak sepi pengunjung? Maka tempat wisata di Purworejo ini bisa jadi pilihan. Pantai Ketawang merupakan pantai yang tergolong sepi, berbeda jauh dengan pantai Jatimalang yang sudah terkenal.

Karena masih sepi, pantai ini masih bersih dan alami bahkan fasilitasnya juga masih minim. Jadi jika kamu ingin pergi kesana, sebaiknya membawa bekal dan fasilitas pendukung berlibur sendiri.

Pantai ini juga sering dijadikan tempat balap kuda yang diadakan oleh masyarakat sekitar. Untuk menuju kesana, kamu bisa ke Desa Ketawang, Kec. Grabag, Purworejo. Harga tiket masuk lokasi hanya Rp. 5.000 per orang.

3. Pantai Pasir Puncu

Pantai Pasir Puncu

Berikutnya, tempat wisata di Purworejo ada pantai Pasir Puncu. Pantai ini tak kalah indah dari pantai Jatimalang. Perpaduan antara angin semilir dan ombak yang bergemuruh membuat pantai ini ramai dikunjungi wisatawan meskipun lokasinya sulit dijangkau karena jalan yang belum bagus.

Sebagai tujuan wisata, Destinasi di Purworejo ini tergolong masih sangat alami dengan ombak dan air lautnya yang biru. Untuk kamu yang ingin berwisata kesana tentu sangat cocok karena tempatnya yang tenang. Apalagi dipinggiran pantai ada pohon cemara yang rindang bisa menambah suasana sejuk.

Lokasi pantai Pasir Puncu berada di Desa Keburuhan, Kec. Ngombol, Kab. Purworejo. Untuk harga tiket masuk tidak dikenakan alias gratis.

4. Curug Muncar

Curug Muncar

Salah satu air terjun yang terkenal di Purworejo adalah Curug Muncar. Curug ini berada di ketinggian 900 Mdpl. Dengan lokasi dataran tinggi, membuat air terjun ini masih alami dan nyaman untuk dijadikan tempat wisata.

Akses menuju ke Curug Muncar membutuhkan perjuangan yang sulit. Namun semua akan terbayar ketika kamu sudah tiba di air terjun. Airnya yang bersih dan jernih dengan pemandangan alam yang indah menjadikan rasa capek tidak akan berarti.

Disana kamu bisa mandi ataupun bermain air terjun bersama keluarga. Destinasi wisata di Purworejo ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar kota karena masih alami.

Alamatnya berada di Desa Kalibalang, Kaliwungu, Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Curug Muncar sebesar Rp. 5.000 per orang.

5. Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo

Ingin berwisata di kawasan hutan? Hutan Pinus Kalilo bisa jadi jawabannya. Destinasi wisata di Purworejo ini termasuk masih hits di kalangan anak muda karena pemandangannya yang keren dangan spot foto yang alami.

Adapun yang ditawarkan obyek wisata ini adalah berfoto di hutan pinus dengan suasana yang sejuk dan menawan. Disana kamu bisa berfoto selfie di spot-spot yang sudah disediakan oleh pengelola.

Untuk menuju kesana kamu bisa ke Desa Kalilo, Tlogoguwo, Kaligesing, Purworejo, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi wisata kamu tidak dipungut biasa alias gratis.

6. Hutan Kusumo Ari

Hutan Kusumo Ari

Tak kalah menarik, berikutnya hutan pinus yang ada di Purworejo dan sedang hits adalah hutan Pinus Kusumo Ari. Ada banyak pohon pinus yang hijau dan rindang cocok untuk berlibur dengan suasana alam bebas.

Berada di ketinggian, hutan ini mempunyai suhu yang lumayan dingin. Biasanya banyak anak muda yang datang kesini karena tempatnya cocok untuk refresing dan bisa untuk camping.

Fasilitas pendukung yang bisa kamu lakukan jika disana antara lain memancing, camping, berkunjung ke kebun binatang mini dan yang lainnya. Terkadang pihak pengelola juga mengadakan kegiatan seperti panggung musik, lomba memancing, dan aktivitas outdoor lainnya yang seru.

Lokasi destinasi wisata di Purworejo ini berada di Desa Mayungsari, Kec. Bener. Untuk harga tiket masuknya hanya sebesar Rp. 3.000 per orang.

7. Goa Seplawan

Tempat wisata di Purworejo yang berbeda dan pastinya seru adalah Goa Seplawan. Sebuah goa yang terletak di kawasan pegunungan menjadikan tempatnya masih alami dengan udara yang sejuk.

Disana, kamu akan menemukan pemandangan Patung besar replika dari arca emas Dewi Siwa dan juga Dewi Parwati. Patung besar tersebut mengindikasikan bahwa tempat ini memiliki nilai sejarah.

Kamu bisa melakukan aktivitas seperti selusur goa bersama teman atau komunitas sehingga lebih menyenangkan. Di dalam goa juga sudah ada lampu penerangan sehingga tak membutuhkan peralatan apapun.

Pemandangan goa yang menakjubkan membuat orang yang datang kesana pasti betah berlama-lama.

Lokasi Goa Seplawan berada di Dusun Katerban, Desa Donorejo, Kec. Kaligesing, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk tiket masuk sebesar Rp.3.000 per orang.

8. Puncak Geger Menjangan

Puncak Geger Menjangan

Melihat pemandangan yang mempesona dari ketinggian memang sangatlah menarik, seperti yang ditawarkan dari wisata Puncak Geger Menjangan ini. Disini kamu bisa melihat hamparan bukit dari kejauhan yang menyerupai punggung hewan Menjangan.

Tempat wiisata di Purworejo ini terletak pada ketinggian 125-200 Mdpl, sehingga suasana udaranya sejuk dan alami.

Tak hanya melihat kawasan perbukitan, disana kamu juga bisa melihat landscap kota Purworejo yang indah. Puncak Geger Menjangan merupakan bagian dari kawasan pegunungan dan bukit barisan Menoreh.

Jika membawa keluarga, kamu juga bisa bermain di taman bermain dan kolam yang sudah dibangun oleh pihak pengelola.

Tempat wisata Geger Menjagan berada di Trirejo, Loano, Kedung Dowu Kulon, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi, kamu harus membayar tiket sebesar Rp.3.000 per orang.

9. Sungai Kedung Lesung

Berlibur ke sungai yang masih asri dan alami tentu saja membuat mood menjadi lebih baik, termasuk ke Sungai Kedung Lesung yang ada di Purworejo. Tempat wisata di Purworejo ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin berlibur namun dengan suasana alami.

Di akhir pekan atau musim libur Sungai Kedung Lesung selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan dan masyarakat sekitar. Disana kamu akan menjumpai sungai yang mempunyai view alam yang masih alami. Apalagi ada pepohonan yang rindang sehingga menambah udara disana masuk jauh dari populasi.

Kesana baiknya mengajak keluarga ataupun pasangan sehingga rasa berlibur akan lebih terasa dan terbebas dari stress karena pekerjaan.

Fasilitas yang bisa kamu gunakan disana antara lain ada kamar mandi, mushola, area parkir yang luas. Selain itu jika ingin menginap juga sudah ada penginapan yang disediakan oleh pengelola.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Purworejo, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk yang dikenakan sangat terjangkau.

10. Alun-Alun Purworejo

Alun-Alun Purworejo

Terasa ada yang kurang jika kamu ke Purworejo tidak mampir ke Alun-alunnya. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sengaja mampir atau masyarakat sekitar untuk refreshing.

Alun-alun yang memiliki luas sekitar 4 hektar ini diarea tengah terdapat pohon beringin yang didatangkan secara langsung dari Keraton Yogyakarta.

Biasanya oleh masyarakat alun-alun Purworejo digunakan untuk tempat bersantai atau berwisata kuliner khas Purworejo. Untuk kamu yang ingin pergi kesana maka pasti banyak bertemu dengan wisatawan yang mengajak keluarganya.

Tempat wisata di Purworejo ini terletak di Jl. Proklamasi, Purworejo, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk gratis.

11. Gunung Kunir

Gunung Kunir

Obyek wisata di Purworejo dengan pemandanagan pegunungan yang mempesona dan wisata alam yang masih sejuk adalah Gunung Kunir. Destinasi yang ramai dikunjungi untuk wisata tracking ini patut masuk daftar liburanmu.

Kamu bisa mendaki gunung ini yang sudah terkenal dikalangan traveler dan para pendaki. Pemandangan yang akan kamu temui di puncaknya sangatlah mempesona bagi siapapun yang datang kesana.

Selain itu ada moment sunrise yang cantik jika kamu menginap di area puncak. Sehingga cocok untuk yang gemar hunting lokasi foto keren dan natural.

Lokasi terletak di Desa Benowo, Kec. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk hanya sebesar Rp.5.000 per orang.

12. Puncak Sigendol

Merupakan obyek wisata di Purworejo yang tengah hits karena terletak di ketinggian dengan spot foto yang kece. Destinasi ini mempunyai ketinggian sekitar 1060 Mdpl menawarkan panorama perbukitan, persawahan, hingga perkotaan yang semua bisa dilihat dari tempat ini.

Disana kamu bisa berfoto selfie di beberapa spot seperti semacam gazebo yang dibuat mirip payung. Ada pula perahu bambu dengan latar belakang perbukitan yang hijau cocok untuk mengambil gambar.

Ada pula spot matahari yang bisa dipakai untuk berfoto selfie ataupun swafoto. Spot ini yang menjadi ikon dari Puncak Sigendol.

Lokasi Puncak Sigendol terletak di Desa Giyombong, Kec. Bruno, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi sangat terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang Rp. 5.000 per orang sudah bisa menikmati keindahannya.

13. Hutan Pinus Sikepel

Hutan Pinus Sikepel

Selanjutnya tempat wisata di Purworejo yang tak kalah hits ada Hutan Pinus Sikepel. Destinasi yang menyuguhkan keindahan alam yang mempesona dengan pepohonan pinus yang tinggi.

Obyek wisata ini dikeloka oleh warga setempat dan berkolaborasi dengan Perhutani, menawarkan tempat berlibur dengan sejumlah spot foto yang menarik.

Disana kamu bisa berfoto di beberapa spot sekitar hutan, berfoto di tulisan “Sikepel” yang berukuran besar sampai ada juga rumah pohon yang ikonik.

Adapun fasilitas lain yang bisa digunakan adalah berkendara di area hutan dengan ATV yang bisa disewa bagi pengunjung.

Atau untuk kamu yang hobi kemah maka disana sudah disediakan camping ground. Kamu bisa bermalam sambil menikmati dinginnya udara malam disekitar hutan. Ada juga fasilitas pendukung seperti mushola dan toilet, beberapa warung makan.

Untuk datang kesana kamu bisa mencari di Dusun Kembangan Kidul, Desa Jati, Kec. Bener, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Harta tiket masuk puncak Pinus Sikepel dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang.

14. Museum Tosan Aji

Museum Tosan Aji

Berwisata di peninggalan zaman bersejarah tentu saja akan menambah pengetahuan tentang sejarah di masa lalu. Termasuk museum Tosan Aji, di sana kamu akan menemukan berbagai pusaka yang terbuat dari logam besi.

Tosan Aji sendiri adalah jenis pusaka yang dibuat dari bahan logam besi. Jenis-jenisnya antara lain pedang, menit, tombak, keris, dan kudi. Selain menyimpan banyak benda pusaka, tempat ini juga menyimpan benda cagar budaya.

Lokasinya terletak di Purworejo, Kec. Purworejo, Kab. Purworejo. Harga tiket masuk lokasi sebesar Rp. 3.000 per orang.

15. Wisata Benteng Pendem

Wisata Benteng Pendem

Tempat wisata di Purworejo berikutnya yang memiliki nilai sejarah tinggi adalah Benteng Pendem. Berada di Desa Dadirejo, Bagelen, Purworejo benteng ini adalah bangunan yang didirikan ketika masa penjajahan Jepang.

Arsitektur benteng yang unik dan pemandangan yang asri menjadikan museum ini bisa jadi pilihan berkunjung ketika di Purworejo.

Banyaknya pohon disekitar museum juga menambah suasana sejuk, namun perlu diketahui bahwa benteng ini termasuk sepi pengunjung karena kurangnya pengelolaan oleh pemerintah.

Jika kamu tertarik pergi kesana maka tak perlu khawatir membayar tiket masuk, karena tidak dipungut biaya.

16. Kedung Gulo

Kedung Gulo

Kedung Gulo bisa disebut dengan tempat wisata di Purworejo yang wajib di datangi ketika pergi kesana. Pemandangan yang masih segar dan alami membuat tempat ini sangat eksotis.

Disana kamu bisa bermain air ataupun berenang karena airnya jernih dan bersih. Selain itu bisa memanfaatkan kedung untuk latar belakang fotografi yang keren.

Jika ingin pergi kesana, kamu bisa datang di Desa Kapitalis, Kec. Bener, Kab. Purworejo. Untuk harga tiket masuk kamu akan dipungut biaya sebesar Rp. 4.000 per orang.

17. Curug Purbayan

Curug Purbayan

Wisata alam di Purworejo memang sangat banyak, daya tarik tempat wisata tersebut tak ada habisnya jika dibahas. Salah satunya adalah Curug Purbayan. Namun perlu diketahui akses menuju air terjun ini membutuhkan kesabaran karena medan berbatu dan licin.

Perjalanan yang melelahkan seolah bisa terbayarkan ketika kamu sudah tiba di lokasi. Pemandangan air terjun yang indah dengan perpaduan air yang segar dan masih jernih.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin berlibur bersama pasangan atau teman. Lokasi wisata ini terletak di Krajan 1, Kaliurip, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Biaya masuk lokasi curug tidak dikenakan alias gratis.

18. Curug Abang

Curug Abang

Di Purworejo memang tak sulit mencari air terjun apalagi yang memacu adrenalin untuk sampai tempatnya, seperti Curug Abang. Curug abang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini memiliki pesona keindahan yang tak kalah dengan air terjun lainnya.

Disana kamu bisa bermain air yang masih sejuk dan jernih dengan dikelilingi pepohonan sekitarnya. Tempat yang masih alami dan sejuk membuat orang yang datang kesana akan betah berlama-lama.

Lokasinya berada di Desa Wonosuko, Kec. Kemiri, Kab. Purworejo, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya sangat murah, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 per orang.

Dari semua rekomendasi yang Sudut Nusantara tawarkan tentang tempat wisata di Purworejo diatas tentu saja akan memberikan referensi liburanmu. Pastikan sebelum berlibur kamu harus menyiapkan uang yang cukup dan kesehatan yang baik.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.