tempat wisata di purwokerto
Wisata

12 Tempat Wisata di Purwokerto Terhits

Tempat Wisata di Purwokerto Pernah mendengar “Kota Keripik? Atau “Kota Transit”? Jika pernah maka pasti kamu pernah ke daerah ini, yaitu Purwokerto. Sebagai daerah yang terkenal dengan bahasa ngapak nya, kota ini juga memiliki tempat wisata di Purwokerto yang keren dan tidak kalah dengan tempat lain.

Sebagai destinasi berlibur, ada banyak tempat wisata di Purwokerto yang menarik dan indah untuk kamu kunjungi. Lokasi wisata dari mulai taman, air terjun, telaga dan kebun bisa ditemukan di kabupaten ini.

Berikut ini kami akan memberikan rekomendasi apa saja tempat wisata di Purwokerto yang terbaru, menarik dan tentu saja tidak merogoh kantong terlalu dalam.

Tempat Wisata di Purwokerto

Beberapa tempat wisata di Purwokerto berikut ini kami rangkum dan wajib ada di list berliburmu. Mungkin ada yang sudah pernah kamu datangi, ada juga tempat baru. Simak selengkapnya.

Baturraden

Baturraden
Source : Youtube.com

Tak perlu panjang lebar, tempat wisata yang satu ini memang sudah terkenal di Purwokerto. Baturraden merupakan kawasan wisata, karena disini kamu bisa menemukan banyak destinasi wisata yang seru, keren dan menarik.

Disana merupakan obyek wisata yang sangat tepat dikunjungi bersama keluarga ataupun pasangan. Pemandangan seperti Gunung Slamet bisa dilihat dengan indah dari wisata ini. Selain itu ada spot menarik yang menjadikan salah satu destinasi wisata di Purwokerto ini ramai dikunjungi wisatawan.

Kamu bisa menikmati fasilitas dari kolam renang anak, permainan anak, sepeda air, terapi ikan, pesawat terbang yang dirubah menjadi teater film, air mancur yang cukup tinggi pancarananya, ada pula pemandian air panas dan wahana lainnya.

Ada tempat yang tak kalah menarik dikawasan Baturraden, yaitu kamu bisa menikmati penampilan seni seperti kenthongan, calung, ebeg atau kuda lumping, musik tradisional dan kesenian lainnya.

Untuk kamu yang hobi berpetualang ada arena outbond yang seru. Kamu bisa mencoba wahana Flying Fox yang menantang adrenalin.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas. Tidak jauh dari pusat kota Purwokerto, jadi tak perlu lama mencarinya.

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan adalah Rp. 14.000 per orang. Dengan harga yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang disediakan.

Taman Miniatur Small World

Taman Miniatur Small World
Source : Youtube.com

Tak jauh dari Baturraden, destinasi di Purwokerto berikutnya adalah Taman Miniatur Small World. Taman ini menawarkan konsep wisata ke berbagai tempat ikonik dari belahan dunia dalam satu tempat.

Kamu bisa menemukan miniatur seperti taman bunga sakura ala Jepang, taman bunga tulip lengkap dengan kincir angin ala Belanda, menara Efffel ala Perancis, menara Pisa dari Italia, dan ikon miniatur dari negara lainya.

Selain sebagai obyek wisata, Small World juga dijadikan tempat untuk menambah edukasi bagi anak-anak sekolah. Jadi bisa mengenalkan mereka dunia luar dengan ikon-ikon khas tiap negaranya.

Alamat Small World ada di Jl. Raya Baturraden Barat No. 270, Dusun Ketenger, Desa Karangmangu, Purwokerto. Jika kamu ingin berkunjung kesana bisa mencarinya via peta ataupun bertanya kepada penduduk sekitar.

Untuk harga tiket masuk yang dikenakan cukup murah, yaitu cukup mengeluarkan Rp. 15.000 per orang, dan jika weekend akan naik menjadi Rp. 20.000.

Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden
Source : Instagram.com/instapurwokerto

Ingin menikmati alam bebas namun sambil berlibur? Maka ke Kebun Raya Baturraden adalah jawabannya. Salah satu yang bakal menjadi tujuan tempat wisata di Purwokerto ini mempunyai konsep area wisata dengan wahana konservasi tanaman, dan edukasi untuk pengunjung yang datang.

Disana kamu akan disuguhkan tanaman bunga yang indah dengan banyak warna dan perpaduan hutan pinus yang mengelilinginya. Adapun beberapa tanaman yang ada di Kebun Raya Baturraden adalah Tanaman Liana, Taman Tumbuhan Paku, Hamparan bunga berbagai jenis, Medical Garden dan masih banyak lainnya.

Selain tanaman ada pula Rumah Kaca, Rumah Kompos, Rumah Anggrek, Rumah Pohon dan disediakan pula Gazebo untuk berteduh sembari menikmati pemandangan alam yang sejuk

Lokasinya berada di Jl. Pancuran Tujuh, Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Jawa Tengah. Untuk rute perjalanan menuju kesana ada beberapa jalur yang bisa kamu pilih. Namun masih berada di komplek wisata Baturraden.

Untuk harga tiket per orang dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000, dan tiket terusan Rp. 25.000. Harga yang masih terjangkau namun kamu akan mendapatkan fasilitas yang keren.

Telaga Sunyi

Telaga Sunyi
Source : Instagram/novi_sasmita_fc

Menikmati wisata bagi sebagian orang ingin di tempat yang sunyi. Maka sangat tepat jika kamu datang ke tempat wisata di Purwokerto berikut ini. Telaga Sunyi, sebuah tempat wisata yang terletak di hutan pinus dengan air mata yang alami.

Asal nama Telaga Sunyi juga karena tempatnya tenang. Jika berada di sini, suasana yang akan kamu rasakan adalah sunyi jauh dari keramaian dan bisingnya perkotaan. Pesona alam yang ditawarkan dan udara sejuk sekitar menjadikan tempat ini sangat pas untuk kamu yang ingin liburan namun tetap tenang dan damai.

Air mata yang menjadi sumber telaga ini dapat digunakan untuk berenang, bermain air. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin mandi disini. Selain itu juga bisa dijadikan sebagai latar belakang berfoto.

Lokasi Telaga Sunyi berada di Sawah dan Hutan, Limpakuwus, Sumbang, Kab. Banyumas, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk cukup membayar Rp. 10.000 per orang.

Curug Telu

Curug Telu
Source : instagram/purwokertoku_

Tak jauh dari telaga, kamu bisa geser ke Curug Telu. Salah satu wisata di yang masih bertemakan air. Air terjun atau Curug Telu merupakan wisata air yang juga berada di alam sehingga masih asri.

Banyak wisatawan yang datang kesini karena tempatnya yang keren dan selalu ramai karena harga tiket masuknya yang murah. Selain karena murah, air terjun ini juga digunakan oleh masyarakat sekitar untuk kebutuhan sehari-hari.

Untuk mencari lokasi air terjun ini kamu bisa ke Karangsalam, Baturraden, Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah. Tiket masuk tempat wisata di Purwokerto ini hanya Rp. 5.000.

Museum Bank Rakyat Indonesia

Museum Bank Rakyat Indonesia
Source : Youtube.com

Ingin berkunjung ke Museum BRI? Di Banyumas tempatnya. BRI sebagai salah satu bank tertua di Indonesia membuat museum BRI yang banyak sejarahnya. Dan mengunjungi tempat wisata di Purwokerto satu ini pengetahuanmu tentang perbankan akan bertambah banyak.

Di tempat ini kamu akan bisa melihat uang di jaman dahulu dari berbagai jenis baik koin atau kertas yang dikoleksi oleh Museum BRI. Lebih dari itu juga, kamu akan melihat alat perbankan ketika jaman dulu seperti mesin ketik, alat penghitung dan lainnya.

Mengajak keluarga tentu saja sangat tepat karena bisa menambah pengetahuan bagi anak-anak agar lebih tahu tentang sejarah uang dan sejenisnya.

Lokasi museum BRI berada di Jl. Jendral Sudirman No. 57, Kedungwuluh, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk biaya tiket masuk yang dikenakan adalah gratis.

Curug Song Kalisak

Curug Song Kalisak
Source : Youtube.com

Berikutnya ada salah satu wisata di Purwokerto yang sedang hits, yaitu Curug Song Kalisalak. Tempat wisata yang masih terbilang baru ini mempunyai area spot foto yang kekinian dengan perpaduan air terjun alami.

Ada banyak wahana yang bisa kamu coba seperti jembatan warna wari, ayunan, sepeda terbang, jembatan bambu, foto di spot I LoveYou, dan masih banyak spot keren lainnya.

Untuk mencari lokasi wisata ini tidaklah sulit, cukup ke Desa Kalisalak, Kec. Kebasen, Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah.

Harga tiket masuk wisata ini cukup terjangkau. Kamu hanya mengeluarkan Rp. 10.000 sudah bisa menikmati keindahan alam Curug Song Kalisalak.

Bukit Tranggulasi Kebon Djati

Bukit Tranggulasi Kebon Djati
Source : Youtube.com

Tempat Wisata di Purwokerto berikutnya yang tak kalah populer adalah Bukit Tranggulasi Kebon Djati yang berada di Banyumas. Lokasi yang berada di bawah kaki Gunung Slamet ini menjadi destinasi yang sering dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar kota.

Di kawasan bukit ini kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam perbukitan dengan fasilitas spot foto dan juga camping. Dari atas bukit juga kamu akan bisa melihat landskap kota Purwokerto yang indah.

Banyak wisatawan yang datang kesini juga ingin berburu sunset dan sunrise yang eksotis. Di malam hari juga tempat wisata ini terlihat mempesona dengan gemerlap lampu yang dipasang oleh pengelola.

Ada beberapa spot foto yang bisa kamu explore seperti jembatan bambu dengan berbagai hiasan lampu, spot bunga, dan beberapa meja lengkap dengan kursi di puncak yang bisa digunakan menikmati pemandangan sekitar bukit.

Untuk kamu yang datang bersama teman juga bisa mendirikan tenda yang sudah disiapkan oleh pengelola.

Tiket masuk lokasi wisata ini cukup murah, hanya dengan mengeluarkan uang Rp. 5.000 saja. Selain itu jika ingin menyewa tenda bisa membayar Rp. 50.000 per malam. Tenda bisa dipakai untuk 3-4 orang.

Lokasi di Desa Keniten, Kedung Banteng, Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah.

Batur Agung Mount of Fun

Batur Agung Mount of Fun
Source : Instagram.com/batur_agung

Salah satu wisata keluarga yang tak kalah ramai adalah Batur Agung Mount of Fun. Tempat yang banyak dikunjungi oleh keluarga ini menawarkan fasilitas yang patut dicoba.

Disana kamu bisa menikmati kolam renang, area outbond flying fox, arung jeram, pemancingan dan lainya. Selain itu juga karena berada di kaki Gunung Slamet, menjadikan tempat wisata di Purwokerto ini mempunyai suasana sejuk dan udaranya segar.

Harga tiket masuk wisata Batur Agunug Mount of Fun hanya Rp. 10.000, namun untuk memasuki area wahana lain akan dikenakan biaya tambahan.

Lokasinya berada di Dusun II, Baseh, Kedung Banteng, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah.

Curug Cidadap Semaya

Curug Cidadap Semaya
Source : Youtube.com

Mencari air terjun di Purwokerto tidaklah sulit. Ada banyak curug yang bisa jadi destinasi wisata contohnya Curug Cidadap Semaya ini. Suasana sejuk dan masih alami akan kamu temui jika berkunjung kesini.

Walaupun tingginya hanya sekitar 30 meter tak menjadikan tempat wisata di Purwokerto ini sepi pengunjung. Airnya yang segar membuat suasana hati menjadi lebih tenang dan adem jika mandi atau bermain didalamnya.

Didalam curug juga ada ruangan tersembunyi seperti mulut goa dengan dalam 5 meter yang menembus ke dalam, sungguh sangat luar biasa air terjun ini.

Untuk kamu yang ingin kesana bisa menuju ke Dusun III, Sunyalangu, Karanglewas, Kab. Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah. Di dekat curug juga ada penginapan untuk kamu yang ingin bermalam, tentu saja harus membawa budget ekstra untuk menyewanya.

Harga tiket masuk air terjun ini cukup murah yaitu hanya Rp. 3.000 per orang dan parkir motor hanya Rp. 2.000.

Curug Lawang

Curug Lawang
Source : Instagram.com/mak_ubed

Keberadaannya yang ada di dalam gua menjadikan air terjun ini memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi. Curug lawang memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan sering pula disebut dengan “Sendang Bidadari”.

Sendang artinya kolam yang berada di gunung. Air dari curug ini sumbernya dari curug Telu. Karena berada di pegunungan, seringkali air terjun lawang ini digunakan untuk ritual oleh masyarakat sekitar.

Disana yang akan kamu rasakan adalah suasana tenang dan nyaman, sehingga sangat tepat jika destinasi wisata di Purwokerto ini untuk berlibur di akhir pekan melepas lelah.

Lokasi curug berada di Desa Karangsalam, Kec. Baturraden, Banyumas, Purwokerto, Jawa Tengah. Harga tiket masuk yang dikenakan hanya Rp. 5.000.

Crossworld Paintball

Crossworld Paintball
Source : Instagram.com/valentfun

Jika kamu menyukai petualangan dan jiwa perang-perangan. Maka wajib mencoba Crossworld Paintball, yaitu sebuah tempat wisata di Purwokerto dengan konsep bermain perang-perangan dengan peluru warna.

Disana tempatnya sudah didesain sedemikian rupa seperti wahana perang, Kamu bisa bermain perang-perangan bersama keluarga ataupun satu perusahaan ditempat ini. Sehingga akan tercipta liburan yang seru dan menambah kekompakan antar teman.

Selain fasilitas lapangan paintball dan perlengkapannya, pengelola sudah menyediakan tempat bermain seperti billyard, foodcourt, Pro shop paintball dan lainnya yang dapat disewa dengan harga terjangkau. Tempat ini sangat cocok dikunjungi jika di akhir pekan atau hari libur.

Lokasi Crossworld Paintball terletak di Jalan Ringin Tirto No. 69, Belakang Perumahan Permata Hijau, Purwokerto.

Kesimpulan

Tempat Wisata di Purwokerto menawarkan banyak pesona yang menarik untuk dikunjungi. Selain banyak tempat wisata bertemakan air seperti curug dan taman rekreasi, Purwokerto juga ada tempat keren yang kekinian. Semua tempat yang kami sebutkan diatas memiliki harga tiket masuk yang terjangkau, ini menjadi poin positif agar ketika berlibur kantong tidak jebol. Selamat berlibur dan jagalah kebersihan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *