tempat wisata di pemalang
Wisata

12 Tempat Wisata di Pemalang Kekinian

Tempat Wisata di Pemalang – Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi ketika berlibur yaitu Pemalang. Kota yang mempunyai slogan “Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman, dan Sehat” ini membuat Pemalang pas menjadi destinasi wisata di akhir pekan.

Disana kamu bisa mengelilingi tempat wisata seperti dataran tinggi, pantai hingga tempat rekreasi keren yang kekinian.

Penasaran bukan apa saja yang menjadi andalan wisata di daerah dengan julukan “Kota Grombyang” ini? Simak terus artikel sampai selesai.

Tempat Wisata di Pemalang

Secara geografis, Pemalang mempunyai banyak tempat wisata di ketinggian, dan ada beberapa wilayah di dataran rendah. Sebelum kesana, berikut rekomendasi kami yang bisa kamu coba kunjungi nanti ketika di Pemalang.

Pantai Widuri

Pantai Widuri
Source : Instagram.com/launamalikhaa

Destinasi wisata di Pemalang yang pertama adalah Pantai Widuri. Sebuah pantai yang juga menjadi ikon kota Pemalang. Pantai ini juga dikenal dengan nama Pantai Tlincing. Nama “Widuri” diambil dari legenda Nyi Widuri yang cantik jelita.

Jika dihubungkan dengan lokasi, pantai ini tersambung lurus dengan alun-alun Pemalang. Dari cerita yang beredar, jalan ini dibuat oleh Patih yang selalu berkata “sampun atau sudah” dan dikenal dengan julukan Patih Sampun.

Jika kamu berada di pantai ini, maka akan merasakan gemuruh ombak lautan yang besar. Ombak yang berkejaran menjadikan suasana kental dan banyak pula wisatawan yang bermain di air laut berlari kesana kemari.

Lebih dari itu, kamu bisa mengajak keluarga untuk bermain di pantai ini karena tempatnya yang landai aman jika bermain pasir pantai yang putih. Suasana tetap sejuk sebab ada banyak pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun yang berdiri disekitar pantai.

Ada jembatan panjang yang menjorok ke laut lepas yang bisa dijadikan tempat fotografi berburu sunset di sore hari. Jembatan itu juga yang menjadikan pantai widuri banyak dikunjungi remaja ataupun keluarga untuk sekedar menghabiskan waktu bersama pasangan.

Lokasi tempat wisata Pantai Widuri berada di Desa Widuri, Kec. Pemalang, Kab. Jawa Tengah. Rute jalan menuju kesana sangat mudah mengingat lokasinya hanya 10 menit dari alun-alun kota Pemalang.

Untuk harta tiket masuk tempat wisata ini adalah Rp. 3.000 per orang di hari biasa, untuk akhir pekan naik menjadi Rp. 5.000 per orang.

Purana Farmland

Purana Farmland
Source : Instagram.com/shahifadaas_

Ada tempat wisata di Pemalang yang populer akhir-akhir ini yaitu Purana Farmland. Destinasi wisata dengan konsep agrowisata edukatif pertanian dan peternakan ini masih tergolong baru, karena baru diresmikan pada 10 Juli 2020.

Di agrowisata ini kamu bisa melihat peternakan yang dilakukan dengan benar dan baik. Sekaligus bisa belajar bagaimana cara beternak hewan seperti sapi, kambing, burung, kelinci, rusa, kerbau dan hewan lainnya.

Akan sangat seru jika membawa anggota keluarga mengunjungi wisata Purana Farmland. Karena bisa menambah pengetahuan anak dan tentu saja akan menambah ilmu di bidang peternakan dan pertanian.

Lokasi wisata terbaru di Pemalang ini terletak di Desa Purana, Kec. Bantarbolang, Pemalang, Jawa Tengah. Jika kamu kesana maka diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

Pantai Kaliprau Ulujami

Pantai Kaliprau Ulujami
Source : Instagram.com/dindaaml18

Berlibur ke pantai memang menyenangkan, salah satu pantai di Pemalang yang juga terkenal adalah Pantai Kaliprau. Destinasi wisata Pemalang ini mempunyai keindahan pantai yang ombaknya lumayan tinggi.

Pantai kaliprau ditumbuhi pohon cemara di bagian pinggirnya, sehingga jika kamu capek bermain air laut bisa berteduh dibawahnya. Ada juga hutan manggrove yang tumbuh disekitarnya.

Tak hanya menikmati pantai, kamu bisa sambil melihat taman bunga melati yang indah jika pas musim bunga. Tentu saja hal ini tak ditemukan ditempat wisata lain di Pemalang.

Destinasi ini berada di Kecamatan Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk yang dikenakan cukup murah, kamu hanya membayar sebesar Rp. 5.000 sudah bisa menikmati keindahan pantai.

Taman Rancah

Taman Rancah
Source : Instagram.com/anisakharismatika

Tak perlu kesusahan mencari tempat wisata di Pemalang yang kekinian dan instagramabel. Ada Taman Rancah yang bisa kamu kunjungi untuk berburu foto keren dan kekinian. Di lokasi wisata kamu bisa melihat pemandangan menarik karena tempatnya berada di pegunungan.

Disana kamu bisa melakukan kegiatan outdor seperti panjang tebing, bermain flying fox, lari dari batu ke batu, dan aktivitas lain yang tak kalah seru. Tempat wisata ini tak pernah sepi dikunjungi baik wisatawan lokal atau luar kota.

Lokasi wisata yang berada di lereng Gunung Jimat membuat suasana menjadi sejuk dan udara yang masih segar. Alam yang masih jauh dari perkotaan ini cocok untuk dijadikan destinasi berlibur ketika akhir pekan atau libur sekolah.

Selain itu, tempat ini cocok untuk mengajark keluarga untuk bermain dan mengenalkan alam. Terbukti di hari libur mulai dari anak-anak, remaja, pasangan muda mudi dan juga orang tua datang ke Taman Rancah.

Alamat Taman Rancah terletak sebelah barat Desa Mendelem, Kec. Belik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah.

Curug Sidok

Curug Sidok
Source : Instagram.com/farmasismuda

Wisata alam yang juga banyak ditemukan di Pemalang yaitu air terjun atau curug, salah satunya adalah curug Sidok. Wisata ini banyak menyedot wisatawan di Pemalang karena tempatnya yang keren.

Curug ini tidak terlalu dalam untuk digunakan mandi atau berenang, sehingga kamu bisa bermain air dibawah air terjunnya. Banyak juga anak-anak dan orang dewasa yang berenang disini karena airnya yang segar bisa jadi penghilang penat sehabis kerja.

Untuk kamu yang hobi selfie, curug ini juga sangat cocok dijadikan latar belakang pengambilan gambar. Curug yang tidak begitu tinggi sehingga deburan air yang jatuh tidak kuat, aman untuk kamera digital atau smartphone.

Tempat wisata di Pemalang satu ini terletak di Desa Mandiraja, Kec. Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. Rute menuju kesana bisa kamu akses dengan mudah, cukup cari saja Desa Mandiraja, maka akan ketemu.

Untuk harga tiket masuk air terjun ini adalah gratis. Kamu hanya dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp. 2.000 per motor.

Pantai Joko Tingkir

Pantai Joko Tingkir
Source : Instagram.com/anggiralya_

Ingin mencari sunset keren dan eksotis? Di Pemalang ada pantai keren yang bisa memenuhi ekspektasimu, yaitu di Pantai Joko Tingkir. Pantai dengan luas 1,5 hektar ini banyak dikunjungi wisatawan karena tempatnya yang mempesona.

Dipinggiran pantai ada pepohonan cemara yang rimbun dan ada tempat duduk yang bisa kamu gunakan untuk bersandar menikmati pemandangan ombak bergulung. Ada pula penjual makanan dan minuman yang bisa mengisi perutmu jika lapar.

Jika datang di sore hari, kamu bisa melihat perahu nelayan yang bersandar setelah mencari udang di lautan.

Lokasi wisata ini berada di Desa Nyamplungsari, Kec. Petarukan, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi hanya Rp. 3.000

Telaga Silating

Telaga Silating
Source : Instagram.com/prameswarijf

Telaga ini juga disebut dengan nama Telaga Tapak Bumi. Mengapa demikian? Jadi di Pemalang ada legenda yang beredar bahwa air telaga ini bisa muncul karena injakan kaki tokoh pewayangan yakni Bima.

Pada jaman dahulu telaga merupakan mata air asli oleh masyarakat sekitar yang hanya dijadikan tempat beristirahat. Lalu pada tahun 1996 pemerintah daerah melakukan renovasi tempat ini, dan di tahun 2001 telaga diresmikan menjadi obyek wisata di Pemalang.

Disana kamu bisa menikmati berbagai fasilitas seperti perahu angsa yang bisa digunakan untuk mengelilingi telaga, ada pula wahana permainan anak yang juga seru.

Lokasi wisata ini berada di Desa Sikasur, Kec. Balik, Kab. Pemalang, Jawa Tengah. Rutenya bisa kamu cari di google maps.

Untuk harga tiket masuk tempat wisata di Pemalang ini cukup murah. Kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000 – Rp. 4.000 per orang sudah bisa menikmati tempat wisata alam ini.

Kebun Teh Semugih

Kebun Teh Semugih
Source : Instagram.com/dv.frdla

Pernahkah berfikir menikmati teh dari kebunnya langsung? Jika belum, maka kamu wajib ke tempat wisata di Pemalang yang satu ini. Kebun teh ini terletak di Dusun Simadu Barat, Desa Banyumudal, Kec. Moga, Kab. Pemalang, Jawa Tengah.

Jika kamu berkunjung kesana, bisa menikmati suasana perkebunan yang sejuk dengan udara yang masih alami jauh dari kebisingan kota. Bagi kamu yang hobi dengan fotografi, tempat ini juga sangat cocok sebagai latar belakang hijau yang mempesona.

Datang kesini sangat tepat mengajak keluarga ataupun pasangan. Karena akan menambah suasana lebih romantis. Selain itu untuk menambah keakraban keluarga, kamu bisa menginap di penginapan yang sudah disediakan oleh pengelola.

Tak hanya itu, kebun teh Semugih ini sering dijadikan destinasi wisata oleh perusahaan untuk acara camping ground, olahraga, dan kegiatan outbond. Pengelola kebun teh Semugih adalah PTPN IX area Jawa Tengah.

Untuk harga tiket masuk kebun kamu hanya diharuskan membayar sebesar Rp. 5.000 per orang. Namun untuk menginap tentu ada harga tambahan yang harus dikeluarkan.

Wanawisata Balegandrung

Wanawisata Balegandrung
Source : Youtube.com

Alternatif tempat wisata keluarga di Pemalang ada Wanawisata Balegandrung. Sebuah tempat wisata yang cocok untuk dijadikan peristirahatan.

Disana kamu bisa duduk bersantai di area wisata diatas tempat duduk dari ban bekas yang disusun sembari menikmati hutan pinus dengan latar belakang Gunung Slamet.

Ada juga fasilitas seperti hammock, gardu pandang, dan juga spot fotografi payung warna-warni untuk kamu yang hobi fotografi.

Alamat Wanawisata Balegandrung terletak di Desa Gambuhan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah.

Rainbow Rafting

Rainbow Rafting
Source : Instagram.com/rainbow_rafting

Wisata air yang memacu adrenalin dan seru di Pemalang yang terkenal adalah Rainbow Rafting. Wisata di Pemalang ini menawarkan keindahan sungai yang berarus deras dengan bebatuan yang cocok untuk kegiatan rafting.

Kamu bisa mengajark saudara dengan jumlah banyak dan melakukan rafting untuk meningkatkan kekompakan dan kebersamaan sembari menyusuri sungai.

Untuk pemula tak perlu khawatir, karena akan ada pemandu yang mendampingi dalam melakukan arung jeram. Jadi kamu tidak perlu takut mencoba di Rainbow Rafting ini.

Setiap pengunjung bisa menyewa perahu karet yang bisa di isi dengan 7 orang, 5 orang pengunjung dan 2 orang pemandu arung jeram. Tempat wisata di Pemalang satu ini sudah sering dijadikan destinasi liburan orang perusahaan agar menambah kehangatan dan menjalin kekompakan.

Lokasi wisatanya terletak di Kecamatan Randudongkal, Pemalang, Jawa Tengah. Untuk tiket rafting dikenakan biaya Rp. 135.000.

Bukit Melodi Cinta

Bukit Melodi Cinta
Source : Instagram.com/fikriiqbal1

Tempat wisata di Pemalang yang satu ini mungkin kamu sudah pernah mendengar, yaitu Bukit Melodi Cinta. Sebuah destinasi wisata di Pemalang yang kekinian serta instagramabel. Disana kamu bisa berfoto sepuasnya di spot foto yang sudah dibuat oleh pengelola.

Lokasi yang berada di kawasan Gunung Slamet menjadikan wisata ini sangat sejuk dengan udara pegunungan yang alami. Selain itu spot foto di rumah pohon, gardu cinta, tree sky dan lainnya akan melengkapi kebahagiaan berlibur di bukit ini.

Selain banyak spot foto yang keren, bukit ini juga dapat kamu jadikan tempat camping dan bersantai di dalam hammock yang terpasang di pepohonan.

Untuk datang ke Bukit Melodi Cinta, kamu bisa menemukannya di Desa Clekatan, Pulosari, Pemalang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk yang dikenakan cukup terjangkau, dengan hanya membayar sebesar Rp. 5.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alam perbukitan disini.

Bukit Issawa Watukumpul

Bukit Issawa Watukumpul
Source : YouTube.com

Berikutnya tempat wisata di Pemalang dengan tema hutan pinus ada Bukit Issawa Watukumpul. Nama Issawa sendiri mempunyai kepanjangan, yaitu Igir Sapi Watucandi Watukumpul yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Bukit Sapi di Watucandi Watukumpul.

Jika dilihat dari bentuknya, bukit ini mempunyai kemiripian dengan punggung sapi. Selain itu panorama yang ditawarkan sangat mempesona bagi siapa saja yang datang kesana.

Ada banyak tempat foto yang unik di lokasi bukit antara lain gardu cinta seperti galeri instagram, bingkai foto, jembatan bambu, gardu pandang dan lainnya. Banyaknya spot foto yang bisa dijadikan latar belakang, sehinnga wajar tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan luar kota.

Lokasi bukit Issawa berada di Desa Watucandi, Watukumpul, Pemalang, Jawa Tengah. Untuk tarif masuk lokasi hanya membayar Rp. 5.000 per orang.

Kesimpulan

Dari banyaknya tempat wisata di Pemalang yang sudah kami rekomendasikan diatas mana yang akan kamu datangi pertama kali? Tentunya jangan lupa untuk menyimpan momen berhargamu dengan kamera ya, agar menjadi hal yang tak terlupakan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *