tempat wisata di pati
Wisata

20 Tempat Wisata di Pati Paling Hits

Tempat Wisata di Pati – Jika Anda ingin berlibur ke Pati, tidak ada salahnya menyimak artikel berikut ini. Salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini mempunyai tempat wisata yang tak kalah menarik untuk dijadikan tujuan liburan.

Tempat wisata di Pati memang belum populer seperti daerah lainnya. Namun jangan berkecil hati dulu, wilayah ini juga mempunyai kawasan pantai, waduk, taman hingga wisata hits lain yang tak kalah menarik.

Menjadikan Pati sebagai tempat menghabiskan akhir pekan tentu saja bukan pilihan yang mengecewakan. Daerah yang berbatasan dengan Kudus, Jepara, Blora dan Grobogan ini menyimpan potensi alam yang mempesona. Yuk simak apa saja yang ada disana.

Tempat Wisata di Pati Paling Hits

Untuk Anda yang ingin berlibur ke Jawa Tengah, berikut ini rekomendasi Tempat Wisata di Pati yang harus ada di list liburan Anda.

Puncak Arga Pesona

Puncak Arga Pesona

Berada di pegunungan Kendeng Anda bisa melihat keindahan alam dari Kabupaten Pati, Blora, Rembang, Grobogan dan Kudus. Tempat wisata di Pati ini sangat eksotis apalagi jika dipadukan dengan jepretan kamera fotografi.

Untuk menuju ke puncak Arga Pesona membutuhkan waktu yang cukup karena berada diketinggian gunung. Lokasi berada di Desa Beketel, Kec. Kayen, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Pantai Banyutowo

Pantai Banyutowo

Berikutnya, tempat wisata di Pati yang wajib dikunjungi adalah Pantai Banyutowo. Pantai ini terletak di perbatasan antara Pati dan Kabupaten Jepara. Menawarkan keindahan dan pesona air laut yang biru dengan hamparan pasir yang luas.

Di pantai Anda juga bisa menemukan kapal nelayan yang berlalu-lalang mencari ikan. Jika di sore hari bisa melihat sunset yang keren. Banyak pula masyarakat yang menyebut pantai Banyutowo sebagai pantai Soimah sebab di wilayah pantai ini artis Soimah dibesarkan.

Untuk lokasinya berada di Desa Banyutowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Waduk Gunung Rowo

Waduk Gunung Rowo

Destinasi wisata berikutnya adalah wisata waduk peninggalan Belanda, yaitu Waduk Gunung Rowo Pati.

Waduk yang fungsi utamanya adalah tempat penampungan air untuk mengairi sawah-sawah disekitarnya ini patut dijadikan pilihan berlibur di akhir pekan. Karena terus dirawat hingga saat ini kondisinya tetap baik, maka banyak yang menjadikannya sebagai tujuan tempat wisata di Pati.

Ketika Anda berada di Waduk, maka bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Muria yang ada di sebelah timur. Untuk menuju kesana silakan cari Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Waduk Seloromo

Waduk Seloromo

Berikutnya tak jauh dari Waduk Gunung Rowo Jati juga ada waduk Seloromo. Waduk ini juga sebagai sarana mengairi persawahan di Pati, namun menarik masyarakat untuk mengunjunginya.

Pemandangan yang juga mirip dengan Waduk Gunung Rowo, sehingga banyak masyarakat datang kesana. Anda bisa berfoto dengan latar belakang waduk atau sekedar melepas capek.

Lokasi di Desa Gembong, Kec. Gembong, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Bukit Pandang Kayen

Bukit Pandang Kayen

Untuk Anda yang senang dengan ketinggian, maka Bukit Pandang Kayen juga bisa dijadikan destinasi ketika di Pati.

Tempat wisata di Pati ini dilengkapi dengan banyak spot fotografi seperti gardu pandang, rumah pohon, spot I Love You, kupu-kupu serta latar belakang perbukitan yang indah. Jadi tidak heran banyak wisatawan remaja yang datang ke tempat ini untuk memuaskan hasrat fotografi mereka.

Jika Anda ingin berkunjung kesana, silakan menuju ke Desa Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Air Terjun Tadah Hujan

Air Terjun Tadah Hujan

Sangat jauh dengan namanya, air terjun ini tidak bergantung dari curah hujan yang ada, karena di musim kemarau pun tempat wisata di Pati ini alirannya tetap deras.

Bahkan oleh masyarakat sekitarnya, air terjun ini dimanfaatkan untuk kebutuhan air sehari-hari karena masih alami.

Anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang masih asri, mendengarkan deburan air yang jatuh dari ketinggian sembari berfoto bersama keluarga.

Air terjun Tadah Hujan terletak di Desa Sukolilo, Kec. Sukolilo, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Goa Pancur Pati

Goa Pancur Pati

Untuk tempat wisata di Pati yang satu ini berbeda dari lainnya, yaitu Goa dengan pesona keindahan yang ada didalamnya. Anda bisa melihat pemandangan dalam goa dengan menggunakan ban sembari berenang.

Selain itu goa yang masih asri dan teduh ini ada air mancur alami di depan goa yang sangat ikonik bagi masyarakat Pati. Pengelola juga sudah menyiapkan taman bermain untuk anak-anak dan spot selfie.

Goa Pancur berada di Desa Jimbaran, Kec. Kayen, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Bendungan Kletek

Bendungan Kletek

Mengunjungi tempat wisata di Pati ternyata butuh waktu yang lama. Karena selain beberapa yang sudah disebutkan diatas, masih banyak tempat hits lainnya termasuk Bendungan Kletek.

Objek wisata yang masih tergolong baru ini langsung menarik perhatian wisatawan untuk mengunjunginya ketika dibuka tahun 2018.

Bendungan yang dibuat dengan konsep kekinian ini tidak pernah sepi pengunjung. Disini Anda bisa menghabiskan waktu untuk selfie di spot yang sudah disediakan atau bersantai bersama keluarga.

Bendungan besar ini berada di Desa Kletek, Kec. Puncakwangi, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Hutan Pinus Pangonan

Hutan Pinus Pangonan

Untuk tempat wisata di Pati yang satu ini pasti kalian tidak asing dengan namanya. Ya Hutan Pinus Pangonan merupakan destinasi wisata di pati yang lagi hits.

Konsep wisata yang berada di puncak dengan keindahan alam yang sejuk, asri menjadi daya tarik hutan pinus Pangonan. Anda bisa mencoba berfoto beberapa spot yang sudah disediakan oleh pengelola.

Walaupun akses jalan ke puncak hutan sangat membutuhkan tenaga, namun lelah Anda akan terbayar ketika sudah di atas. Seluas mata memandang yang terlihat adalah keindahan.

Lokasinya berada di Gunungsari, Kec. Telogowungu, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Bukit Naga Jolong

Bukit Naga Jolong

Menikmati keindahan kota Pati bisa dilihat dari atas Bukit Naga Jolong. Kawasan ini merupakan perkebunan buah naga yang saat ini jadi tempat wisata di Pati yang viral. Dari atas bukit Anda akan melihat Waduk Seloromo dan Waduk Gunung Rowo yang ada dibawahnya.

Jika musim panen, selain bisa menikmati pemandangan, Anda juga bisa membeli buah naga sebagai oleh-oleh. Atau bisa berkeliling kebun sambil melampiaskan foto selfie di antara tanaman buah naga.

Bukit naga jolong berada di Desa Sitiluhur, Kec. Gembong, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Bukit Pandang Duren Sawit

Bukit Pandang Duren Sawit

Pemandangan landscape perbukitan memang sangat menggoda, seperti yang disuguhkan di Bukit Pandang Duren Sawit. Anda akan melihat pemandangan alam yang sejuk dimata.

Pihak pengelola juga sudah menyiapkan banyak spot selfie untuk Anda explore sebagai bahan posting di feed instagram. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik hari biasa atau ketika liburan tiba, jadi pastikan jangan melewatkan tempat wisata di Pati yang satu ini.

Untuk lokasi Bukit Pandang Duren Sawit bisa Anda temukan di Desa Jrambah Durensawit, Kec. Kayen, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Klating Pucakwangi

Klating Pucakwangi

Tempat wisata di Pati yang bisa membuat Anda refresing berikutnya adalah Klating Pucakwangi. Terletak di daerah dataran tinggi akan memberikan rasa sejuk dan damai setelah sibuk bekerja.

Lingkungan disekitar yang masih asri juga mendukung untuk bersantai menikmati pemandangan. Jika Anda membawa keluarga juga bisa bermain air disana, atau berfoto selfie untuk kenang-kenangan.

Wisata alam ini berlokasi di Dusun Mojoledok, Desa Mojoagung, Kec. Puncakwangi, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Sendang Sani Pati

Sendang Sani Pati

Dari namanya saja tempat wisata di Pati ini merupakan suatu tempat yang airnya berasal dari pegunungan atau kolam yang airnya berasal dari mata air di dalamnya. Jadi Sendang Sani adalah tempat wisata bermain air.

Didalamnya Anda akan bisa menikmati fasilitas kolam renang, pemancingan, outbound, dan juga ada rumah makan dengan menu khas ikan bakar yang menggugah nafsu makan.

Lokasinya terletak di Dukuh Sani, Desa Tamansari, Kec. Tlogowungu, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Kran Air Raksasa Melayang

Kran Air Raksasa Melayang

Jika Anda berkunjung ke tempat wisata di Pati yang ini, pasti akan kaget melihat kran air raksasa yang terlihat seolah melayang di udara. Kran ini adalah ikon baru dari kota Pati yang sering dijadikan objek foto saat ini.

Terletak di pinggir jalan raya dan sangat menarik perhatian pengguna jalan, sehingga masyarakat yang melewati tak jarang berhenti untuk sekedar foto didekatnya.

Wisata ini berlokasi di Jl. Pantura Pati-Kudus, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Juwana Water Fantasy

Juwana Water Fantasy

Untuk berikutnya ada tempat wisata favorit di pati yang memiliki banyak wahana permainan yang bisa Anda coba yaitu Juwana Water Fantasy.

Sebuah tempat wisata yang memiliki kolam renang dewasa dan anak-anak, taman rekreasi air dan banyak wahana permainan air lainnya yang seru. Ada sekitar 35 wahana permainan yang bisa Anda coba agar liburan lebih seru.

Juwana Water Fantasy beralamat di Jl. Juwana Rembang KM.7, Bumimulyo, Kec. Batangan, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Desa Wisata Jrahi

Desa Wisata Jrahi

Sering disebut juga dengan Desa Pancasila, tempat wisata di Pati yang ini merupakan wujud desa dengan kerukunan umat beragama yang baik. Di desa ini Anda akan menemukan Vihara terbesar di Pati, yaitu Vihara Saddhagiri.

Vihara ini banyak dikunjungi wisatawan baik untuk beribadah atau hanya berwisata. Bangunan vihara yang megah salah satunya menjadi daya tarik tersendiri selain Embung Mini Jrahi di bagian depannya.

Lokasinya di Desa Jrahi, Gunung Wungkal, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Depati Millenial Art

Depati Millenial Art

Untuk Anda yang suka berburu foto kekinian dan instagramable, maka tempat wisata di Pati ini cocok dikunjungi.

Wisata ini mempunyai konsep Infinity world dan Up-sided, artinya adalah wahana foto dengan hasil jepretan foto yang seolah-olah terbalik. Ada 18 spot foto yang bisa Anda explore untuk dijadikan koleksi feed Instagram.

Tempat ini berlokasi di Jl. Diponegoro No. 30 A, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Hutan Kota Kalidoro

Hutan Kota Kalidoro

Untuk Anda yang ingin joging atau menikmati udara sejuk di perkotaan, maka Hutan Kota Kalidoro adalah tempatnya. Destinasi Wisata di Pati yang berlokasi di Desa Kalidoro ini mempunyai banyak tanaman, pohon-pohonan dan taman bermain yang ramah anak.

Berolahraga di sekitar pohon-pohon yang rimbun sekitar taman bersama keluarga tentu saja akan memberikan rasa damai dan tentram. Hutan ini sering dijadikan tempat bersantai oleh masyarakat sekitar kota Pati.

Lokasi wisata beralamat di Jl. Kembang Joyo, Kutoharjo, Kec. Pati, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Agrowisata Jollong Dua

Agrowisata Jollong Dua

Agrowisata Jollong Dua adalah tempat wisata di Pati yang berada di ketinggian 700-900 mdpl. Di destinasi wisata ini, Anda bisa menikmati perkebunan kopi daerah pegunungan yang sejuk.

Pengelola sudah menyediakan fasilitas seperti taman payung, lampion yang dapat digunakan sebagai spot foto. Selain itu juga ada wahana flying fox sebagai tempat mengasah adrenalin, ada pula kereta wisata jika ingin berkeliling di sekitar area perkebunan yang luas.

Wisata pegunungan ini berlokasi di Desa Sitiluhur, Gembong, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Air Terjun Santi

Air Terjun Santi

Di Gunungsari tak jauh dari hutan pinus juga terdapat obyek wisata alam yaitu Air Terjun Santi. Namanya diambil dari dusun dimana air terjun ini berada yakni di Dusun Santi.

Air terjun ini menawarkan keunikan tersendiri yaitu adanya dua air terjun yang terpisah yaitu Air Terjun Jenar dan Air Terjun Tretes dengan karakter berbeda antara kedalaman dan debit air yang mengalir.

Air terjun Santi terletak di Desa Gunung Sari, Kec. Tlogowungu, Kab. Pati, Jawa Tengah.

Kesimpulan

Dari banyaknya tempat wisata di Pati diatas, tentu saja menawarkan banyak keindahan tersendiri setiap tempatnya. Jadi sebelum liburan sebaiknya Anda membuat jadwal mana dahulu yang akan dikunjungi. Selamat berlibur

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *