tempat wisata di mojokerto
Wisata

Top 20 Tempat Wisata di Mojokerto Terbaik

5 /5 (1 ulasan)

Tempat Wisata di Mojokerto – Kota Mojokerto terletak di Provinsi Jawa Timur, sekitar 50 km barat daya Surabaya. Kota Mojokerto yang merupakan daerah penyangga Kota Surabaya terdiri dari Kota Mojokerto dan Kabupaten Mojokerto. Selain orang Jawa yang dominan, orang Mojokerto juga orang Madura, Cina dan Arab.

Tidak sulit untuk pergi ke Mojokerto. Kamu harus datang dulu ke Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda atau Pelabuhan Tanjung Perak. Kemudian dari Surabaya naik bus atau mobil untuk sampai ke Mojokerto, waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Mojokerto pernah menjadi pusat Kerajaan Majapahit yang menjadi cikal bakal Indonesia. Banyak peninggalan Majapahit yang sudah ditemukan. Selain itu alam Mojokerto juga memiliki keindahan yang mempesona. Oleh karena itu Mojokerto layak menjadi tujuan wisata kamu. Mari cari tahu hal terbaik yang dalam dilakukan di tempat-tempat wisata Mojokerto Jawa Timur, Indonesia.

Baca juga : Tempat Wisata di Ponorogo

Tempat Wisata Di Mojokerto Terbaik Wajib Dikunjungi

Candi Tikus

Daftar pertama hal terbaik yang dapat dilakukan di Mojokerto Jawa Timur Indonesia adalah mengunjungi Candi Tikus. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad 13 dan 14 Masehi. Candi Tikus yang ditemukan pada tahun 1914 terbuat dari batu bata merah dan batu andesit.

Candi ini berbentuk bujur sangkar dan berada sekitar 3,5 meter di bawah tanah. Diduga candi ini pernah menjadi tempat pemandian putri Kerajaan Majapahit.

Candi Tikus terletak di Desa Temon, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar secara sukarela. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore. Ini salah satu tempat wisata di Mojokerto yang cukup populer lho!

Candi Brahu

Tempat wisata di Mojokerto berikutnya adalah Candi Brahu. Candi tersebut diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Candi Brahu yang merupakan canti tertinggi di Jawa Timur pernah mengalami pemugaran dari tahun 1990 hingga 1995.

Candi ini terbut dari bahan bata merah dengan posisi menghadap ke barat. Para arkeolog menduga candi ini merupakan tempat pemujaan bagi umat Buddha.

Candi Brahu terletak di Desa Bejijong, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar biaya parkir. Jam buka adlaah 9 pagi – 5 sore.

Candi Bajangratu

Candi Bajangratu terletak tidak jauh dari Candi Tikus, sekitar 600 meter. Para ahli masih belum mengetahui fungsi candi ini. Ada yang berpendapat bahwa Candi Bajangratu merupakan pintu gerbang Kerajaan Majapahi. Ada pula pendapat lain yang mengatakan bahwa ini dibangun untuk menghormati Raja Jayanegara, Raja Majapahit yang memerihtah masa itu.

Tempat wisata ketiga ini terletak di Desa Temon, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 3.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Candi Jolotundo

Candi Jolotundo secara simbolis menggambarkan penghormatan terhadap Gunung Semeru. Masyarakat saat itu percaya bahwa Gunung Semeru adalah tempat tinggal para Dewa. Tempat wisata di Mojokerto ini dibangun pada tahun 997 Masehi oleh Raja Udayana, seorang raja Bali yang menikah dengan seorang putri Jawa, sebagai tempat mandi untuk putranya.

Candi Jolotundo terletak di Desa Seloliman, Trawas, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 6.000. Buka 24 jam.

Candi Wringin Lawang

Candi Wringin Lawang diperkirakan dibangun pada abad ke-14. Diduga candi ini merupakan pintu gerbang menuju alun-alun Kerajaan Majapahit. Tempat wisata di Mojokerto ini terbuat dari batu bata merah dengan ketinggian sekitar 15,5 meter. Tidak ada hiasan, relief arca di candi ini. Bentuk candi yang sekarang adalah hasil pemugaran.

Candi Wringin Lawang terletak di Desa Jati Pasar, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar secara sukarela. Jam buka adalah 9 pagi – 5 sore.

Situs Kedaton

Kedaton memiliki banyak peninggalan Kerajaan Majapahit yang masih misteri. Kamu bisa melihat ada bangunan bata merah berbentuk persegi yang menyerupai panggung. Menurut masyarakat skeitar bangunan ini dulunya merupakan kediaman putri kerajaan.

Tak jauh dari bangunan tersebut kamu bisa melihat sebuah ruangan yang berada di bawah permukaan tanah. Diduga bahwa ruangan ini dulunya adalah temapt persembunyian seorang raja. Ini tempat wisata di Mojokerto yang sangat cocok kamu untuk mempelajari peninggalan bersejarah ini.

Situs Kedaton terletak di Desa Sentonorejo, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar sukarela. Jam buka adalah 9 pagi – 5 sore.

Museum Majapahit

Majapahit dibangun pada tahun 1924 atas kerjasama arkeolog Belanda dengan penguasa Mojokerto. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai peninggalan Kerajaan Majapahit seperti prasasti, arca, artefak, keris, tombak, koin dan lambang kerajaan. Seiring berjalannya waktu, tempat wisata di Mojokerto ini juga mendokumentasikan berbagai peninggalan Kerajaan Kediri dan Kerajaan Singosari.

Museum Majapahit terletak di Jalan Pendopo Agung, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 5.000. Jam buka adalah 8 pagi – 3 sore. Nah kalau begitu, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di Mojokerto Jawa Timur, Indonesia.

Museum Pelestarian Purbakala

Museum Pelestarian Purbakala didirikan pada tahun 1962. Benda-benda yang didokumentasikan di museum ini diperkirakan berasal dari peradaban yang dibangun oleh Kerajaan Majapahit, sekitar tahun 1293-1500 Masehi. Koleksi yang ada di tempat wisata Mojokerto ini antara lain kendi tanah liat, replika kapal Majapahit, patung Dewa Wisnu dan patung sapi keramat yang merupakan tunggangan Dewa Siwa.

Museum Pelestarian Purbakala terletak di Jalan Majapahit, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar biaya parkir. Jam buka adalah 8 pagi – 3 sore.

Patung Buddha Tidur

Patung Buddha Tidur terletak di Mahavihara Majapahit di Desa Beijong, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Tempat wisata di Mojokerto yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 1989 ini merupakan Patung Buddha Tidur terbesar di Indonesia dan juga terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Nepal.

Patung berlapis emas ini memiliki panjang 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4,5 meter. Di bawah Patung Buddha Tidur terdapat relief yang menggambarkan kehidupan Buddha. Harga tiket masuknya Rp 2.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Watu Ondo

Air Terjun Watu Ondo terletak di Taman Hutan Raya Raden Soerjo yang terletak di lereng Gunung Welirang. Tempat wisata di Mojokerto tersebut bernama Watu Ondo yang artinya untuk menuju lokasi air terjun kamu harus menuruni anak tangga yang terbuat dari batu. Air terjun kembar ini membentuk kolam kecil yang indah dibawahnya. Hindari mengunjungi Air Terjun Watu Ondo saat hujan karena ada bahaya longsor.

Air Terjun Watu Ondo terletak di Desa Pacet, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik Rp 10.000 sedangkan untuk wisatawan macanegara Rp 25.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Diundung

Air terjun diundung juga terletak di lereng Gunung Welirang. Air terjun ini menjadi favorit warga Mojokerto. Kamu akan dengan mudah menemukan lokasi Air Terjun Diundung, cukup ikuti penunjuk arahnya. Ada tiga air terjun yang bisa kamu lihat di sini, jarak antara ketiganya tidak terlalu jauh.

Tempat wisata di Mojokerto ini juga menyediakan fasilitas untuk kenyamanan pengunjung mulai dari rest room, warung makan, camping ground hingga outbond.

Air Terjun Diundung terletak di Desa Kemloko, Trawas, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 10.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Watu Lumpang

Air Terjun Watu Lumpang yang juga merupakan bagian dari Taman Hutan Raya Raden Soerjo merupakan tempat wisata di Mojokerto yang murah meriah. Air terjun ini mudah dijangkau karena berada di dekat jalan Pacet – Cangar.

Lokasi Air Terjun Watu Lumpang tidak jauh dari tempat parkir, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 100 meter. Air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya memiliki ketinggian sekitar 15 meter saja.

Air Terjun Watu Lumpang terletak di Desa Pacet, Kabupaten Mojokerto. Tidak ada tiket masuk. Kamu hanya membayar biaya parkir. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Coban Canggu

Air Terjun Coban Canggu terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, di lereng Gunung Welirang. Untuk menuju lokasi air terjun, dari tempat parkir kamu harus berjalan kaki sekitar 30 menit menuruni puluhan anak tangga.

Air Terjun Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 70 meter sehingga alirannya cukup deras. Setelah lelah naik turun tangga, kamu bisa beristirahat di warung-warung sekitar sambil menikmati bakso, mie instan, pisang goreng, kopi atau teh.

Air Terjun Coban Canggu terletak di Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 7.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo yang terletak di lereng Gunung Welirang merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Mojokerto. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di Kawasan Wisata Tretes.

Kamu tinggal mengikuti penunjuk arah untuk menuju lokasi Air Terjun Kakek Bodo. Fasilitasi disini sudah lengkap, mulai dari camping ground, outbond area, kolam renang, arena bermain hingga warung makan.

Dari tempat parkir kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 500 meter untuk mencapai air terjun. Air Terjun Kakek Bodo terletak di Tretes, Prigen, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 12.500. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Air Terjun Grenjengan

Terletak di Kawasan Wisata Pacet, tidak terlalu sulit untuk sampai ke Air Terjun Grenjengan. Jalan menuju lokasi air terjun sudah bagus, tinggal ikuti plang penunjuk jalan. Untuk menuju air terjun Grenjengan, dari tempat parkir kamu perlu berjalan kaki sekitar 1 km.

Sepanjang perjalanan kamu akan terpesona dengan hijaunya pepohonan, taman rusa, kicauan burung, dan udara segar. Ada juga warung makan tempat kamu bisa beristirahat sambil mengenyangkan perut. Ini adalah tempat wisata di Ponorogo yang wajib kamu kunjungi, guys.

Air Terjun Grenjengan terletak di Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto. harga tiket masuknya Rp 5.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Kola Segaran

Segaran ditemukan pada tahun 1926 oleh seorang Belanda, Maclant Pont. Kolam yang diperkirakan dibangun pada abad ke-14 ini memiliki panjang 375 meter, lebar 175 meter dan kedalaman sekitar 3 meter. Kolam Segaran dulunya dibangun sebagai waduk untuk mencegah banjir dan juga untuk pengairan sawah. Konon, kolam ini juga merupakan tempat Raja Majapahit menjamu tamunya.

Tambak tersebut kini difungsikan sebagai waduk irigasi oleh pemerintah Mojokerto. Kola Segaran terletak di Segaran, Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Ini masuk gratis.

Pemandian Ubalan

Pemandian Ubalan adalah tempat yang tepat untuk keluarga. Air di Pemandian Ubalan ini berasal dari mata air alami yang berasal dari Gunung Welirang, sehingga air yang ada di pemandian tersebut terasa segar dan tanpa kaporit.

Pemandangan di pemandian ini sangat indah. Selain pepohonan hijau dan udara segar, Pemandian Ubalan juga dilengkapi arena bermain dan kolam ikan. Tempat sempurna untuk bersantai.

Pemandian Ubalan terletak di Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 8.000 plus tiket mandi di kolam seharga Rp 6.000. Jam buka adalah 8 pagi – 5 sore.

Pemandian Air Panas Padusan

Padusan terletak tidak jauh dari Pemandian Ubalan. Pemandian yang memiliki mata air panas alami ini memiliki beberapa kolam dengan suhu yang berbeda-beda. Kamu lebih baik mencoba mandi dari suhu rendah.

Selain kolam air panas, terdapat juga kolam renang dewasa dan kolam renang anak. Sesampainya di rumah, untuk oleh-oleh bisa dibeli sayur dan buah-buahan yang dijual di gerbang masuk.

Pemandian Air Panas Padusan berada di Desa Padusan, Pacet, Kabupaten Mojokerto. Harga tiket masuknya Rp 12.500 ditambah tiket mandi di kolam seharga Rp 10.000. Buka 24 jam.

Wisata Arung Jeram

Daerah Rafting Pacet dan Trawas memiliki sungai yang bersih dan berarus deras. Oleh karena itu kamu bisa mencoba arung jeram di sungai-sungai tersebut. Ada beberapa operator wisata petualangan yang menawarkan arung jeram kepada wisatawan, di antaranya Obech, Tos, Riangtour dan Songa.

Jangan khawatir, operator tur sangat memperhatikan keselamatan peserta. Kamu akan dilengkapi dengan helm dan jaket pelampung, dipandu oleh pemandu berpengalaman, dan dilindungi oleh asuransi. Harga paket wisata arung jeram bervariasi mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 200.000 per orang.

Api Abadi

Diyakini bahwa api abadi ini sudah sejak zaman Kerajaan Majapahit. Kono api ini digunakan oleh pandai besi untuk membuat keris, pedang dan tombak. Hal yang menakjubkan adalah api tidak akan pada meski hujan turun.

Pada hari-hari tertentu api abadi banyak dikunjungi jemaah haji dari Mojokerto dan sekitarnya, api abadi berada di Desa Tempuran, Sooko, Kabupaten Mojokerto. Ini masuk gratis. Tentunya lebih baik kamu datang pada malam hari.

Akhir Kata

Oke guys, sekarang kamu sudah tahu hal terbaik yang dapat dilakukan di Mojokerto Jawa Timur Indonesia. Tidak diragukan lagi Mojokerto memiliki tempat wisata terbaik untuk dikunjungi dengan peninggalan sejarah dan alamnya yang indah. Ayo kunjungi Mojokerto Jawa Timur Indonesia!

SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

You might also like

One Reply to Tempat Wisata di Mojokerto

  1. Wah, selain terkenal dengan kesenian budaya nya yaitu Reog ternyata Mojokerto memiliki tempat wisata yang begitu keren dan tidak kalah dengan luar negeri karena adanya patung buddha. Nice artikel!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *