17 Tempat Wisata di Magelang Terviral dan Terhits

tempat wisata di magelang

Salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang tengah viral dengan tempat wisatanya baru-baru ini adalah Magelang. Banyak tempat wisata di Magelang yang mempunyai sejuta keindahan alam.

Tak jarang keindahan alam menjadi destinasi wisata Magelang yang kekinian dan instagramabel. Banyak obyek wisata di Magelang yang bisa kamu kunjungi mulai dari situs budaya, situs bersejarah, air terjun yang kekinian.

Untuk kamu yang dalam waktu dekat ingin pergi ke Magelang, tak ada salahnya menyimak ulasan artikel dibawah ini biar liburan lebih berkesan. Dari banyaknya yang akan kami rekomendasikan berikut tentu saja sebagian sudah pernah kamu ketahui.

Mungkin banyak yang sudah tau destinasi wisata di Magelang yang terkenal dan kekinian. Tapi di rekomendasi berikut bisa saja ada yang belum kamu ketahui. Yuk selengkapnya tempat wisata di magelang yang hits dibawah ini.

Candi Borobudur

Candi Borobudur
Source : Instagram.com/yolandaeristhak

Sudah tak perlu diragukan lagi bahwa tempat wisata di Magelang satu ini sangat terkenal bahkan masuk dalam 7 keajaiban dunia. Candi Borobudur merupakan tempat yang wajib dikunjungi ketika berlibur ke Jogja, tepatnya ke Jawa Tengah.

Dari pusat kota Yogyakarta kamu bisa ke Candi Borobudur hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam saja. Di dalam lokasi candi kamu bisa menemukan 2672 panel relief yang tersusun rapi.

Relief tempat ini dibagi menjadi 4 kisah utama, yaitu Karmawibangga, Lalitawistara, Jataka/Awadana, dan Gandawyuha.

Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan lokal maupun internasional karena memang sangat menarik dan mempesona. Hampir setiap sudut candi sangat tepat untuk dijadikan spot foto.

Untuk masuk Candi Borobudur kamu diharuskan membayar Rp. 50.000 untuk dewasa, dan Rp. 25.000 untuk anak 3-10 tahun. Dan jika kamu membawa rombongan pelajar/mahasiswa paling sedikit 20 orang, maka akan mendapatkan diskon sebesar 50%.

Lokasi wisata ini berada di Jl. Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo
Source : Instagram.com/ranissaabeiilia

Daya tarik Gunung Telomoyo bisa membuat orang yang datang kesana akan merasakan ketagihan. Tempat wisata di Magelang yang satu ini menawarkan keindahan alam yang sangat mempesona. Apalagi jika dinikmati bersama keluarga di hari libur.

Di sana kamu bisa menikmati moment terbit dan terbenamnya matahari, hal tersebut yang sering dilakukan oleh wisatawan ketika ada di puncak Gunung Telomoyo. Jika kamu akan pergi ke Gunung Telomoyo, maka bisa berangkat menggunakan motor ataupun jalan kaki.

Keindahan sunrise dan sunset dari gunung Telomoyo sangat tepat untuk kamu yang hobi fotografi. Spot keren yang ditawarkan tak banyak ditemukan di tempat lain di Jawa Tengah.

Lokasi Gunung Telomoyo terletak di antara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Puthuk Kendil

Puthuk Kendil
Source : Instagram.com/maharani66

Berikutnya ada tempat wisata di Magelang yang hits dikunjungi wisatawan, yaitu Puthuk Kendil. Destinasi yang terbilang masih baru ini ramai dikunjungi wisatawan untuk menikmati kota Magelang dari ketinggian.

Disana kamu dapat menikmati sunrise yang eksotis, selain itu sudah ada beberapa fasilitas antara lain rumah pohon, gardu pandang, dan banyak tempat yang bisa dipakai beristirahat.

Lokasi wisata ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang fotografi, hasil foto yang instagramabel bisa kamu dapatkan disini.

Lokasi wisata di ketinggian Puthuk Kendil ada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Puthuk Mongkrong

Puthuk Mongkrong
Source : Instagram.com/yuliawan_sastra

Pesona wisata Puthuk Mongkrong juga tak kalah cantik dibandingkan tempat wisata di Magelang lainnnya. Bukit yang berada di ketinggian 624 Mdpl ini terletak berdekatan dengan Puthuk Kendil, dan Puthuk Setumbuk.

Ketika kamu sampai puncak maka akan disambut dengan pemandangan cantik Gunung Merbabu, Gunung Merapi dan juga Candi Borobudur. Dari puncak juga kamu bisa mencoba fasilitas jembatan yang berbentuk huruf V. Jembatan ini mengarah pada area curam dengan latar belakang alam sekitar.

Jembatan tersebut merupakan spot terbaik untuk kamu yang ingin mengambil gambar dengan pemandangan eksotis pada saat sunset ataupun sunrise.

Lokasinya berada di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk dikenakan sangat terjangkau.

Puthuk Sukmoyo

Puthuk Sukmoyo
Source : Instagram.com/anakhitssemarang

Tak jauh pula dari Puthuk Kendil, kamu akan menemukan tempat wisata di Magelang terbaru, yaitu Puthuk Sukmoyo. Destinasi wisata ini terletak di ketinggian 1000 Mdpl yang ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang indah.

Berada di bukit ini membuat mata semakin sejuk karena terkadang ada kabut tipis yang menyelimuti area wisata. Hal ini bisa dijadikan moment yang menyenangkan jika diabadikan dalam bidikan kamera.

Lokasi yang sejuk ditambah view pegunungan yang indah menjadikan bukit ini selali ramai dikunjungi oleh wisatawan ketika hari biasa dan hari libur tiba.

Untuk kamu yang ingin berfoto, pihak pengelola sudah menyiapkan rumah pohon, perahu dan ada jembatan yang menjorok ke jurang. Spot tersebut sangat pas untuk pengambilan foto selfie atau swafoto.

Daerah ini masih berlokasi di Desa Giritengah, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi sekitar Rp.10.000 per orang.

Hutan Pinus Kragilan

Hutan Pinus Kragilan
Source : Instagram.com/ludiaa_

Ingin mencari tempat paling keren buat selfie di Magelang? Maka kamu harus datang ke Hutan Pinus Kragilan yang sangat kekinian. Tempat wisata di Magelang ini juga terkenal dengan sebutan “Top Selfie Kragilan”.

Memang jika berada di lokasi, kamu akan disuguhkan pemandangan yang keren. Selain itu pihak pengelola sudah menyediakan beberapa spot foto dengan bentuk yang unik di beberapa sudut wisata.

Lokasi hutan yang masih alami dan sejuk sangat tepat bagi kamu yang gemar hunting foto instagramabel. Keindahan yang tersaji dijamin membuatmu akan betah berlama-lama disini.

Adapun fasilitas yang tersedia antara lain sepeda langit, rumah pohon, ayunan langit, gardu pandang, sangkar burung, meja nongkrong dan lainnya yang tak kalah keren.

Untuk mencari alamatnya silakan datang ke Desa Pogalan, Kec. Pakis, Magelang, Jawa Tengah. Harga tiket masuk ke hutan Pinus Kragilan sangat terjangkau.

Gardu Pandang Cepogo

Gardu Pandang Cepogo
Source : Instagram.com/magelang

Menikmati pemandangan di alam yang masih sejuk tentu saja memberikan kesan tersendiri. Tak terkecuali suasana yang akan kamu rasakan ketika di Gardu Pandang Cepogo, sebuah tempat wisata di Magelang yang sedang populer untuk kalangan milenial.

Tempat ini sangat mendukung untuk kamu yang suka berfoto ria di spot-spot yang sudah disediakan. Termasuk spot I Love You yang bisa dijadikan latar belakang swafoto. Tak jauh dari lokasi wisata ini juga ada air terjun Delimas yang dapat kamu kunjungi.

Lokasi Gardu Pandang Cepogo berada di Desa Girimulyo, Kec. Windusari, Magelang, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi kamu harus membayar tiket sebesar Rp. 5.000 saja.

Omah Pring

Omah Pring
Source : Instagram.com/mastith

Sesuai namanya, tempat wisata di Magelang yang tergolong baru ini dibuat dari bahan bambu. Dahulu lokasinya dijadikan tempat membatik dan rest area. Namun karena keren, sehingga dijadikan destinasi yang ternyata populer dikalangan remaja.

Di wisata Omah Pring, kamu bisa belajar membatik yang akan diajarkan oleh warga sekitar. Kemudian ada juga aktivitas outdorr yang bisa kamu lakukan seperti river tube. Ada pula spot foto yang tak kalah kekinian yaitu di Jembatan Cinta Omah Pring.

Lokasi wisata ini berada di Jl. Borobudur-Sendangsono Km.3, Desa Wisata Candirejo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Puthuk Mangir

Puthuk Mangir
Source : Instagram.com/punthukmangirgunungpayung

Tempat Wisata di Magelang kekinian saat ini menjadi destinasi yang selalu ramai dikunjungi. Tak terkecuali Puthuk Mangir yang mempunyai fasitilas seperti gardu pandang, latar belakang payung merah, dan ada juga hutan pinus yang bisa jadi spot fotografi.

Perpaduan hutan pinus yang rindang serta tempat yang belum banyak dijamah orang menjadikan Puthuk Mangir bisa jadi pilihan berlibur bersama keluarga di akhir pekan. Suasana sejuk dan angin sepoi-sepoi akan menambah ketenangan hati ketika berada disana.

Destinasi ini berlokasi di Dusun Bulusari, Desa Bawang, Kec. Tempuran, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Wringin Putih

Source : Instagram.com/dyassputrii

Tak jauh dari kawasan candi Borobudur kamu bisa merasakan kesejukan persawahan dengan desain yang unik karena ada gubuk / bale bambu sebagai ikon utama wisata ini.

Balkondes Wringin Putih berada di lokasi pedesaan yang masih asri dengan latar belakang perbukitan. Bale bambu klatakan wisata ini dikenal sebagai destinasi unggulan. Untuk kamu yang hobi foto maka tempat ini sangat cocok dijadikan spot selfie.

Tempat ini cocok untuk berlibur sambil bersepeda mengajak keluarga. Setelah lelah goes sepeda, kamu bisa bersantai sambil menikmati pemandangan disekitar yang masih alami.

Tempat wisata di Magelang ini berlokasi di Dusun Bojong, Desa Wringin putih, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Balkondes Ngadiharjo

Balkondes Ngadiharjo
Source : Instagram.com/clarita.ayu

Ingin menikmati panorama gunung Menoreh maka kamu wajib datang ke Balkondes Ngadiharjo. Disana kamu akan menikmati keindahan alam desa wisata Ngadiharjo sambil bersantai di area balkondes.

Bangunan di Balkondes Ngadiharjo yang keren dan unik bisa jadi spot foto menarik untuk dipajang di sosial media. Jejeran tiang disekitar lokasi balkondes dapat kamu eksplorasi untuk koleksi feed instagram.

Untuk menuju lokasi, pastikan kendaraanmu dalam kondisi sehat. Karena akses kesana akan melalui jalan yang berliku.

Destinasi wisata di Magelang ini berada Desa Ngadiharjo, Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Bukit Grenden

Bukit Grenden
Source : Instagram.com/biji_pinus_grahfi

Suka dengan spot foto yang bertemakan senja atau hutan pinus? Maka tak ada salahnya kamu datang ke Bukit Grenden. Tempat wisata di Magelang yang mempunyai spot hutan pinus yang terletak di lereng Gunung Merbabu.

Tempat ini merupakan pintu alternatif jika kamu akan mendaki Gunung Merbabu, namun selalu ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan musim libur.

Kamu bisa berfoto ataupun sekedar bersantai di destinasi alam Bukit Grenden. Untuk lokasinya berada di Desa Pakis, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Mendut

Candi Mendut
Source : Instagram.com/yuniisetyawatii

Candi mendut merupakan salah satu tempat wisata yang masih berada di kawasan Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata di Magelang ini selalu ramai dengan banyaknya wisatawan lokal dan juga internasional. Pesona keindahan candi sangat cocok untuk kamu yang hobi menjelajah sambil belajar peninggalan sejarah di masa lampau.

Disana selain bisa belajar tentang candi, kamu juga bisa menjadikan tempat ini spot fotografi. Sperti fotoshoot ataupun foto prawedding. Lokasi lengkapnya berada di Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Pawon

Candi Pawon
Source : Instagram.com/aimieenelnelan069

Di Magelang memang sangat tepat jika dijadikan destingasi wisata sejarah, ada banyak candi di beberapa lokasi salah satunya adalah Candi Pawon. Tempat wisata di Magelang ini sangat tepat dikunjungi baik untuk berlibur atau wisata menambah ilmu pengetahuan.

Candi ini berada di Desa Borobudur, sangat tepat dijadikan wisata edukasi rekreasi sekolah ataupun rombongan keluarga. Kamu akan lebih mengenal asal usul Candi Pawon, bagaimana terbentuknya dan pengetahuan lainnya.

Alamat candi berada di Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Air Terjun Sekar Langit

Air Terjun Sekar Langit
Source : YouTube.com

Selain candi dan puthuk, maka destinasi di Magelang yang juga populer adalah air terjun. Air terjun sekar langit merupakan tempat wisata di Magelang alam yang sangat melegenda. Menurut cerita air terjun ini berhubungan erat dengan sejarah Joko Tarub.

Disana kamu bisa berwisata di tempat yang masih alami dan sejuk. Kamu juga bisa menjadikan air terjun sebagai spot fotografi sebagai koleksi untuk update di sosial media.

Lokasi berada di Desa Telogorejo, Kec. Grabag, Kab. Magelang, Jawa Tengah.

Gunung Andong

Gunung Andong
Source : Instagram.com/sayyidatunnisa98

Mendaki adalah sebuah hobi yang banyak dilakukan oleh kalangan backpaker, mungkin sebagian dari kamu sudah tidak asing dengan Gunung Andong. Tempat favorit bagi pendaki yang ingin melihat keindahan kota Magelang dan sekitarnya.

Panorama Gunung Andong yang keren menjadikan banyak wisatawan yang berulang kali datang kesini. Pemandangan menakjubkan jika kamu sudah berada diatas gunung adalah bisa melihat tempat sekitar seperti gunung Merbabu, Gunung Merapi, Tidar, Telomoyo dan sebagainya.

Gunung ini sangat tepat untuk kamu yang belajar mendaki, karena trek yang dilalui masuk dalam kategori ringan dan hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam sampai dipuncak.

Lokasinya berada di wilayah Magelang, Jawa Tengah. Namun akan lebih dekat jika diakses dari Salagita via Kopeng.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Source : Instagram.com/tiia_indah ⁣

Pesona air terjun memang tak pernah hilang dari masa ke masa salah satunya Air Terjun Kedung Kayang yang berada di Magelang. Tempat Wisata di Magelang terletak di antara gunung Merapi dan gunung Merbabu.

Tinggi air terjun kedung kayang sekitar 40 meter, berada di ketinggian 950 meter diatas permukaan air laut. Keindahan yang ditawarkan sangat patut untuk kamu coba eksplorasi. Akses menuju kesana kamu tak sulit, karena bisa dijangkau dengan menggunakan roda 4.

Alamatnya di Jl. Ketep Pass Wonolelo, Nagrong, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah.

Dari beberapa tempat wisata di Magelang yang sudah kami rekomendasikan diatas, manakah yang akan kamu datangi lebih dulu? Pastikan tetap prioritaskan yang terdekat dari lokasimu dan patuhi peraturan yang berlaku.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here