14 Tempat Wisata di Kudus Terpopuler

tempat wisata di kudus

Tempat Wisata di Kudus – Hal pertama yang terlintas di pikiran ketika mendengar Kudus adalah Kota Kretek. Sebagaimana kita tahu, Kota Kudus adalah daerah penghasil rokok terbesar di Indonesia. Selain itu kota ini juga disebut dengan kota wisata religi.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke sana tentu bertanya-tanya apa saja tempat wisata di Kudus. Tenang saja, untuk yang akan berlibur ke Kudus ada banyak tempat wisata yang menarik dikunjungi.

Mungkin bagi sebagian orang Kudus tidak memiliki destinasi wisata yang keren dan kekinian. Namun jangan salah, kamu perlu menyimak artikel ini sampai selesai agar tahu wisata yang ada disana. Selengkapnya di bawah ini.

Tempat Wisata di Kudus Terbaru, Terhits, dan Terpopuler

Terkenal dengan peninggalan sejarah Islam, kota wisata religi ini patut jadi destinasi jika kamu di Jawa Tengah. Berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata di Kudus yang keren.

Menara Kudus

Menara Kudus
Source : Instagram.com/putri_fitrianan

Sebagai salah satu Kabupaten di Jawa Tengah, menjadikan Kudus banyak dilewati oleh wisatawan ataupun orang yang pergi ke daerah lain. Ikon wisata di Kudus yang sangat terkenal adalah Menara Kudus.

Salah satu obyek wisata yang seringkali dikunjungi karena memang mempesona dan indah. Bangunan menara yang terbuat dari batu bata yang tertumpuk dan dengan atap kayu yang berbentuk limas.

Dinding menara mempunyai piring logam yang berasal dari China langsung. Disana kamu bisa menjadikan menara kudus untuk spot foto ataupun hanya sekedar mengenalkan kepada keluarga.

Lokasi wisata di Kudus ini terletak di Jalan Menara, Pejaten, Kauman, Kec. Kudus, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Harga tiket yang dikenakan adalah gratis.

Wisata Colo Kudus

Wisata Colo Kudus
Source : Instagram.com/enymolly

Salah satu tempat wisata di Kudus yang berada di ketinggian dan banyak dikunjungi oleh wisatawan adalah Wisata Colo Kudus. Panorama pegunungan Muria menjadi destinasi yang satu ini tak pernah sepi.

Disana kamu bisa menikmati pemandangan yang indah dengan hembusan udara yang sejuk, sangat tepat untuk berlibur bersama pasangan atau keluarga. Tak hanya menawarkan pesona pegunungan Muria, disini juga bisa menjadi tempat wisata religi.

Untuk orang Muslim ada makam Sunan Muria yang dapat bisa dijadikan tempat ziaroh. Lokasi makam terletak di puncak pegunungan dan membutuhkan perjuangan untuk sampai di makam. Tak perlu khawatir untuk kamu yang tak mau berjalan, sudah ada tukang ojek yang akan mengantarmu sampai ke puncak.

Wisata Colo Kudus terletak di area pegunungan Muria, Desa Colo, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk masuk kesana kamu diharuskan membayar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang.

Air Terjun Montel

Air Terjun Montel
Source : Instagram.com/ulff_

Jika kamu ingin berwisata dengan tema air alami maka sangat tepat untuk datang ke Air Terjun Montel. Tempat wisata di Kudus satu ini tergolong sangat ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun luar kota karena keindahannya.

Air terjun Montel merupakan air terjun yang berada tidak jauh dengan Makam Sunan Muria, jadi kamu tak perlu jauh-jauh jika sudah berada di kawasan pegunungan Muria. Airnya yang jernih dan segar membuat banyak orang mandi ketika disana. Selain itu air terjun ini tergolong tinggi, karena mempunyai ketinggian sekitar 50 meter.

Selain itu, sudah ada beberapa fasilitas pendukung seperti mushola, tempat parkir luas, warung makan dan beberapa toko souvenir khas Kudus yang bisa kamu beli.

Untuk yang gemar foto, maka Air Terjun Montel sangat tepat dijadikan latar belakang fotomu. Bidikan kamera yang pas dengan sudut foto yang tepat akan menghasilkan jepretan foto keren.

Lokasi wisata ini berada di Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi dapat membayar tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Harga yang sangat terjangkau dengan wisata yang sangat keren.

Museum Kretek

Museum Kretek
Source : Instagram.com/lala.fadilaa

Sebagai kota kretek, Kudus juga mempunyai Museum yaitu Museum Kretek. Museum ini terkenal dan sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyak koleksi peralatan atau mesin untuk membuat roko dari zaman dulu.

Jika kamu datang ke destinasi wisata di Kudus ini, maka akan melihat aktivitas bagaimana proses penanaman tembakau sampai menjadi rokok.

Lokasi museum berada di Desa Getas Pajetan, Kec. Jadi, Kab. Kudus tak jauh dengan pusat kota. Untuk masuk wisata kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.000 per orang di hari biasa, sedangkan untuk weekend menjadi Rp. 4.000.

Gray Canyon

Gray Canyon
Source : Instagram.com/yspid.photography

Ingin berwisata seolah sedang berada di Amerika? Maka tak ada salahnya kamu datang ke Gray Canyon di Kudus. Tempat wisata yang terjadi karena adanya aktivitas penambangan bahan galian C. Lokasi wisata yang terletak di perbukitan ini mirip dengan Green Canyon di luar negeri.

Tempat wisata di Kudus ini sangat cocok untuk kamu yang hobi dengan fotografi. Karena pemandangan galian sangat keren sangat indah dijadikan obyek fotografi baik selfie ataupun foto profesional.

Untuk menikmati sensasi Gray Canyon Kudus kamu bisa datang ke Desa Tanjung Rejo, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi wisata kamu hanya dikenakan biaya Rp. 5.000 per orang.

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar

Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar
Source : Instagram.com/dyah.keraton_ayu

Untuk kamu yang ingin berlibur dengan suasana berbeda dari tempat wisata di Kudus yang sudah disebutkan diatas, maka wajib datang ke Bumi Perkemahan dan Wana Wisata Kajar.

Destinasi wisata yang terletak di kawasan hutan pinus dengan pemandangan yang indah dan sejuk sangat tepat untuk berlibur di akhir pekan. Lokasi wisata bumi perkemahan berada di ketinggian 600 Mdpl ini tak jauh dari makam Sunan Muria.

Disana kamu bisa mendirikan camp atau mengadakan pelatihan jika berasal dari kantor, instansi atau organisasi. Jadi berwisata ke wana wisata Kajar akan membuat berlibur sekaligus mengakrabkan antar teman.

Lokasi wisata terletak di Desoyo, Jl. Raya Kudus – Colo, Kajar, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Sedangkan harga tiket masuknya sebesar Rp. 7.000 per orang.

Air Terjun Pengantin

Air Terjun Pengantin
Source : Instagram.com/miyaraya

Berwisata air memang sangat menyenangkan apalagi airnya masih jernih dan alami seperti Air Terjun Pengantin. Destinasi wisata Kudus ini sangat banyak dikunjungi oleh wisatawan karena pesonanya yang eksotis.

Air terjun pengantin berasal dari adanya sebuah batu yang membelah air menjadi dua bagian. Banyak juga yang menyebutnya dengan Air Terjun Kembar.

Di tempat wisata Kudus kali ini kamu bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Selain itu juga bisa menjadikan air terjun sebagai obyek fotografi.

Lokasi Air Terjun Pengantin terletak di Dusun Bakaran, Desa Piji, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Tiket masuk ke wisata ini cukup murah, kamu hanya perlu membayar Rp. 2.500 per orang.

The Peak View Waterboom

The Peak View Waterboom
Source : Instagram.com/waterpark_mvr

Berikutnya tempat wisata di Kudus yang tak kalah terkenal adalah The Peak View Waterboom. Wisata ini merupakan destinasi unggulan di Kudus yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota Kretek.

Disana kamu bisa menikmati wahana yang lengkap seperti kolam renang, arena bermain, arena outbond, flying fox, dan mobil ATV. Selain itu ada juga restoran dan minimarket yang bisa dijadikan tempat untuk mengisi perut yang lapar.

Wisata The Peak View Waterboom berada di Jl. Lkr. Utara Umk, Kayuapu Kulon, Gondangmanis, Kec. Bae, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau, cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 25.000 per orang.

Air Terjun Kedung Gender

Air Terjun Kedung Gender
Source : Instagram.com/fariddc7

Tak kalah populer, tempat wisata di Kudus berikutnya adalah Air Terjun Kedung Gender. Pesona alam air terjun yang sangat elok ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar kota.

Disana kamu bisa menikmati keindahan air terjun sambil duduk di bebatuan sekitarnya. Atau jika ingin mandi bisa bisa berenang di pinggiran.

Lokasinya berada di Tengger, Dukuh Waringin, Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Air Terjun Kedung Gender sangat terjangkau, hanya dengan membayar Rp. 5.000 per orang sudah bisa menikmati keindahannya.

Desa Wisata Rahwatu

Desa Wisata Rahwatu
Source : Instagram.com/khaysan_d

Tempat wisata di Kudus yang menarik dan tak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Jawa Tengah adalah Desa Wisata Rahwatu. Terletak di lereng gunung Muria menjadikan wisata ini sangat sejuk dengan udara pegunungan yang masih alami.

Berada di ketinggian 1627 Mdpl membuat desa Wisata Rahwatu sangat cocok untuk menghilangkan stress karena jauh dari kebisingan kota dan kendaraan. Disana kamu bisa melihat pemandangan hijau pegunungan. Ada pula sungai yang bisa digunakan untuk mandi dan bermain air jika kamu datang bersama keluarga.

Lokasi wisata Rahwatu terletak di Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya tidak dipungut biaya alias gratis.

Air Terjun Rasa Rejenu

Air Terjun Rasa Rejenu
Source : Instagram.com/nonidasari6

Destinasi wisata di Kudus berikutnya yang bernilai sejarah adalah sendang atau sumber air Tiga Rasa Rejenu. Banyak orang mempercayai bahwa khasiat air sumber air rasa Rejenu banyak.

Ada beberapa manfaat dari air terjun Rasa Rejenu antara lain bisa mengobati berbagai penyakit, jika diminum dapat memberikan rasa percaya diri dalam menghadapi permasalahan hidup, selain itu jika dapat memperlancar rejeki dan manfaat lainya.

Alamat wisata sendang Air terjun Rasa Rejenu berada di Desa Japan, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau.

Situs Pati Ayam

Situs Pati Ayam
Source : Instagram.com/nlr_risdacochan

Untuk kamu yang akan berwisata dengan suasasana yang banyak ilmu sejarahnya maka wajib datang ke Situs Pati Ayam. Disana kamu bisa melihat dan mengenali berbagai macam fosil yang pernah ditemukan oleh warga Kudus.

Selain itu Pati merupakan kawasan yang ditengarai sebagai pusat peradaban manusia purba, sehingga banyak fosil seperti gading gajah purba, gigi geraham, ada pula replika manusia purba dan fosil lainnya yang berhasill ditemukan.

Destinasi wisata di Kudus ini berada di Desa Terban, Kec. Jekulo, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya Rp. 5.000.

Menara Pisang

Menara Pisang
Source : Instagram.com/agnezwhidya

Tempat wisata di Kudus yang tergolong baru berikut adalah Menara Pisang. Sebagai tempat yang banyak dikunjungi oleh anak muda, menjadikan menara pisang sangat populer di sosial media.

Menara pisang terletak di area wisata outbond dan perkemahan Taman Sardi. Disana kamu bisa menikmati pemandangan keren dari ketinggian, selain itu bisa mencoba wahana outbond yang seru bersama teman atau keluarga.

Alamat Menara Pisang berada di Dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kec. Dawe, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya gratis.

Wisata Alam Selam Semliro

Wisata Alam Selam Semliro
Source : Instagram.com/inola.ka

Tempat wisata di Kudus berikutnya adalah Selam Semliro, destinasi yang menawarkan spot foto yang instagramabel seperti Jembatan Prutul yang berwarna-warni, kelopak bunga, mawar, kursi dan sayap malaikat.

Untuk kamu yang hobi fotografi sangat cocok berfoto di wahana tersebut. Tentunya sangat kekinian dan seru.

Lokasi wisata alam Selam Semliro berada di Desa Semliro, Kec. Gebog, Kab. Kudus, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Dari beberapa tempat wisata di Kudus yang sudah kami sebutkan diatas, mana yang sudah pernah kamu kunjungi? Semoga rekomendasi diatas dapat bermanfaat untuk kamu yang dalam waktu dekat akan pergi ke Kudus.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here