12 Tempat Wisata di Klaten Terpopuler

tempat wisata di klaten

Tempat Wisata di Klaten – Berbicara Kabupaten Klaten, maka kurang lengkap jika tidak membahas tempat wisatanya yang mempesona. Sebagai salah satu destinasi berlibur di Jawa Tengah, Kabupaten Klaten masih menyimpan pesona yang belum di optimalkan dari segi obyek wisatanya.

Sebenarnya, membahas Tempat Wisata di Klaten tak terlepas dari berbagai obyek wisata alam seperti air terjun, waduk, hingga destinasi kekinian yang sering memenuhi beranda di sosial media. Selain itu juga perlu di ingat bahwa Klaten merupakan daerah yang banyak berdiri candi-candi prasejarah.

Nah, jika kamu dalam waktu dekat ingin berkunjung ke Klaten maka berikut ini rekomendasi beberapa tempat wisata yang harus kamu kunjungi.

Tempat Wisata di Klaten Populer dan Paling Rekomended Dikunjungi


Ada banyak destinasi di Klaten yang setidaknya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Mulai Candi Prambanan yang terkenal sampai obyek wisata baru yang kekinian. Berikut daftarnya.

Candi Prambahan

tempat wisata di klaten
Source : Instagram.com/_nbillaa

Sudah tidak perlu diragukan lagi bahwa Candi Prambahan adalah ikon yang terkenal sampai luar negeri. Arsitektur bangunan candi yang sangat mempesona bagi yang melihat menjadikan tempat wisata di Klaten ini tak pernah sepi pengunjung.

Candi Prambahan berada di area Prambanan tak jauh dari pusat kota Yogyakarta. Dan jika diakses dari Surakarta hanya berjarak 50 kilometer. Lokasinya berada tepat di perbatasan antara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Komplek candi terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman. Sedangkan pintu masuk komplek candi berada di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambahan, Klaten.

Destinasi ini sudah diakui oleh dunia dengan masuk dalam situs Warisan Dunia UNESCO sehingga harus dilestarikan dan dijaga. Setiap harinya banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara ke Candi Prambahan hanya untuk menikmati pesona bangunannya.

Disana kamu bisa berfoto selfie ataupun menyewa jasa fotografi yang tentu saja hasilnya sangat keren. Tempat yang menakjubkan ini juga sering dijadikan latar belakang foto prawedding ataupun tujuan wisata untuk sekolah di dalam negeri.

Untuk kesana kamu harus menyiapkan biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000-Rp.40.000 per orang.

Candi Merak

Candi Merak
Source : Instagram.com/klaten_cekrek

Masih berada di Klaten, Candi Merak tidaklah sepopuler dari Candi Prambahan. Meskipun begitu kamu tidak akan kecewa jika datang kesana. Namun karena bentuknya kecil dan disekitarnya ada sarang burung merak, jadi candi ini dinamakan Candi Merak.

Di lokasi candi kamu bisa berfoto dengan latar belakang atau sekedar menikmati suasana alam lingkungan sekitar. Lokasi wisata di Klaten ini di Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko.

Candi Lumbung

Candi Lumbung
Source : Instagram.com/klatenkita

Tempat wisata di Klaten berikutnya yang masih kental dengan nilai sejarah adalah Candi Lumbung. Candi yang mempunyai tinggi sekitar 8m adalah tempat bersejarah yang tak jauh dari kawasan Candi Prambahan.

Candi Lumbung adalah candi Budha yang berada di dusun Tlogo, Prambahan. Walaupun lebih kecil dari candi Prambahan, destinasi satu ini tetap ramai dikunjungi oleh wisatawan. Selain itu tempat yang masih terawat dengan baik membuat banyak pengunjung berfoto di wisata ini.

Jika kamu mau masuk ke Candi Lumbung maka tiketnya jadi satu dengan tiket masuk Candi Prambahan yaitu sebesar Rp. 30.000-Rp.40.000 per orang.

Candi Sewu

Candi Sewu
Source : Instagram.com/putrypangestyka

Selanjutnya masih berada di Kecamatan Prambahan, Klaten ada pula Candi Sewu yang melegenda. Sebagai legenda, candi sewu juga merupakan tempat wisata di Klaten yang tak boleh dilewatkan untuk dikunjungi.

Taukah kamu bahwa Candi Sewu mempunyai usia lebih tua dari Candi Prambahan bahkan Candi Borobudur. Candi Budha ini dibangun pada abad ke 8 Masehi dengan bangunan yang unik karena hasil perpaduan candi Hindu dan candi Budha.

Lokasinya berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kec. Prambahan, Kab. Klaten. Dari Candi Prambahan hanya berjarak kurang lebih 800 meter, jadi cukup mudah dikunjungi.

Candi Plaosan

tempat wisata di klaten
Source : Instagram.com/masmeya

Candi Plaosan adalah candi Budha dengan bentuk puncak yang berbentuk stupa dengan arca Budha nya. Candi Plaosan sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur dengan suasana keindahan semburat matahari tenggelam karena sunset disana sangat mempesona.

Latar belakang candi juga sangat cocok untuk kamu yang jago fotografi sebagai koleksi kenang-kenangan ketika berwisata disana. Ada pula hamparan rumput hijau yang menyejukkan mata sehingga menambah berlibur jadi semakin nyaman.

Lokasi candi berada di Jl. Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kec. Prambahan, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk hanya sebesar Rp. 5.000 per orang.

Mata Air Cokro Tulung

Mata Air Cokro Tulung
Source : Instagram.com/nugraha_wisnupp

Ingin berlibur ke Klaten dengan suasana air yang masih alami? Maka kamu wajib datang ke Mata Air Cokro. Destinasi wisata di Klaten ini menyuguhkan kesegaran alami dari mata air yang jernih sehingga banyak wisatawan berkunjung kesana.

Kamu bisa menghabiskan waktu sambil berendam di siang hari yang terik di mata air ini. Selain segarnya mata air, kamu juga bisa bermain di area waterboom yang sudah dibangun oleh pihak pengelola wisata. Mengajak keluarga berlibur kesini adalah pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan sekolah ataupun di akhir pekan.

Lokasinya berada di Jl. Cokro – Tulung, Karanglo, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Harga tiket masuk yang dikenakan untuk tiap pengunjung hanya sebesar Rp. Rp. 10.500.

Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler
Source : Instagram.com/solonyaman

Tempat wisata di Klaten berikutnya yang seru untuk dikunjungi adalah Umbul Kapilaler. Sebuah wisata air yang jernih dan segar ini dipercaya oleh masyarakat dahulunya adalah pemandian putri raja.

Hingga saat ini oleh masyarakat sekitar juga dipakai untuk mandi karena airnya yang segar. Banyak pula keluarga yang berlibut kesini setiap harinya. Apalagi akhir pekan, biasanya kunjungan wisatawan meningkat.

Untuk kamu yang akan kesana bisa mencarinya di Dukuh Umbulsari, Ponggok, Kec. Polanharjo, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Tiket masuk wisata umbul kapilaler sangat murah, hanya Rp. 3.000 per orang.

Umbul Jolotundo

Umbul Jolotundo
Source : Youtube.com

Tempat pemandian Jolotundo atau umbul Jolotundo merupakan pemandian yang mempunyai luas 220meter persegi. Destinasi wisata di Klaten ini sudah dilengkapi dengan 3 kolam renang yang kedalamannya berbeda-beda.

Disana kamu bisa memilih kolam renang yang sesuai dengan keinginan dan tentu saja yang aman buatmu. Tempatnya yang indah dan airnya segar membuat banyak masyarakat sekitar sering ke umbul Jolotundo untuk berlibur.

Lokasi umbul Jolotundo berada di Jl. Klaten – Jatinom. No. 7, Dusun I. Gedaren, Jatinom, Kab. Klaten, Jawa Tengah. Harga tiket masuk wisata untuk tiap orang hanya Rp. 5.000 saja.

Galuh Tirtonirmolo

Galuh Tirtonirmolo
Source : Youtube.com

Selanjutnya ada taman rekreasi Tirtonirmolo, sebuah tempat wisata di Klaten yang masih dalam bagian dari Hotel Galuh Tirtonirmolo. Lokasinya terletak diantara Candi Prambanan dan Candi Plaosan, sehingga jika kamu kecapekan bisa menginap di hotelnya.

Disana kamu bisa memanfaatkan permainan dan kolam renang dengan ukuran yang berbeda-beda untuk berlibur. Kamu bisa mengajak keluarga menginap di hotelnya, kemudian bermain di wahana air Galuh Tirtonirmolo.

Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro
Source : Instagram.com/z_kazuki

Tak hanya wisata bersejarah dan mata air yang menjadi andalan Klaten. Ada pula tempat wisata yang patut dikunjungi untuk kamu yang suka dengan destinasi kekinian dan instagramabel yaitu Bukit Sidoguro.

Sebuah destinasi wisata dengan bentuk ala gardens by The Bay Singapura yang ikonik menjadi daya tarik wisatawan. Disana kamu bisa berfoto di spot dengan latar belakang panorama alam Sabuk Perbukitan di ketinggian.

Ada area khusus untuk foto, panggung hiburan, area kuliner, tempat istirahat dan juga taman bermain untuk yang membawa keluarga.

Lokasinya berada di Sendang Ngeblak, Krakitan, Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya cukup murah, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 5.000 saja sudah bisa menikmati fasilitas yang disediakan.

Taman Lampion

Taman Lampion
Source : Instagram.com/mawarins

Nah, berikutnya tempat yang tak pasti disukai bagi kamu yang hobi hunting spot foto keren adalah Taman Lampion. Salah satu tempat wisata di Klaten yang sedang hits ini wajib kamu kunjungi karena memang sudah viral di sosial media.

Disana kamu bisa menikmati pemandangan taman dengan bentuk yang unik, cocok untuk datang bersama keluarga ataupun pasangan. Kamu juga bisa memanfaatkan lokasi wisata sebagai latar belakang foto selfie yang instagramabel.

Jika kamu ingin pergi ke taman lampion bisa ke Gang Tidar, Bareng Lor, Klaten Utara, Kab. Klaten. Yang paling menarik adalah tempat wisata ini masih gratis alias tidak dipungut biaya masuknya.

Umbul Manten

Umbul Manten
Source : Instagram.com/nizaramrullah

Tak habis rasanya jika mencari tempat wisata di Klaten yang bertemakan air alami, dari beberapa yang sudah disebutkan diatas ada satu yang wajib kamu datangi yaitu Umbul Manten.

Walaupun bentuknya yang kecil tidak seperti umbul lainnya, kamu bisa memanfaatkan air jernih dan segar untuk berenang dan juga bisa dipakai sebagai spot foto dibawah air. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal atau luar kota.

Untuk datang kesana bisa mencari alamatnya di Jalan Janti Boto, Wunut, Kec. Tulung, Kab. Klaten. Harga tiket masuknya sangat terjangkau yaitu hanya sebesar Rp. 6.000 per orangnya.

Mungkin sebagian dari kamu sudah atau bahkan sering datang ke tempat wisata di Klaten yang kami sebutkan diatas. Rekomendasi kami diatas adalah destinasi yang populer dan kekinian di Klaten yang wajib kamu kunjungi, semoga bisa menjadi referensi.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here