tempat wisata di kediri
Wisata

26 Tempat Wisata di Kediri Paling Hits

Tempat Wisata di Kediri – Kota Kediri merupakan salah satu kota terbesar ketiga di Jawa Timur selain Surabaya dan Malang. Kota ini juga menyimpan banyak sejarah yang panjang. Salah satu sejarang panjangnya yaitu, berdirinya Kerajaan Kediri dimasa lampau.

Selain sejarahnya yang panjang Kediri juga menyimpan banyak tempat-tempat wisata. Yang paling terkenal adalah wisata gunung Kelud.

Kali ini tim sudutnusantara.com akan merekomendasikan tempat-temat wisata di Kediri yang wajib kalian kunjungi.

Tempat Wisata di Kediri Yang Wajib Kamu Kunjungi

Masih banyak tempat-tempat wisata di Kediri yang keren untuk dikunjungi. Serta berbagai spot berfoto yang epic. Jadi, kami disini akan menjabarkan tempat- tempat wisata di Kediri. Mulai dari alam pegunungannya, wisata airnya serta wisata tempat-tempat bersejarah. Menarik bukan!

Yuk, intip inilah rekomendasi tempat wisata di Kediri!

Objek Wisata Gunung Kelud

Objek Wisata Gunung Kelud

Gunung Kelud merupakan destinasi wisata di Kediri yang paling diminati oleh pengunjung. Karna keindahan pemandangan alamnya ini banyak traveler yang datang kesini setiap tahunnya.

Menariknya, tidak hanya pendaki saja yang dapat minikmatinya, tapi juga para wisatawan biasa pun dapat menikmatinya. Karna disekitaran area Gunung Kelud sudah ada beberapa jalan beraspal yang dapat dilalui kendaraan.

Selain menyajikan keindahan alamnya Gunung Kelud juga menyajikan kubah baru yang dapat dilahat jika benar-benar aman. The Dome adalah tampaknya anak Gunung Kelud. Tidak ada kawah-danau atau air hijau di Gunung Kelud, tapi masih menyajikan kubah baru. Gimana! Keren bukan!

Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island Kediri

Gumul Paradise Island menjadi dertinasi liburan keluarga di Kediri. Ada berbagai wahana permainan, mulai dari flying fox, kolam tumpah, menyenangkan bumerang, cetakan luar ruangan, slide tubuh, slide kecepata, dll.

Tidak hanya banyak wahana permainan, tetapi juga banyak fasilitas umumnya mulai dari Toilet, Food Court, manjid, loker, giftmart, dll.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul menjadi salah satu tempat wisata di Kediri yang sering di kunjungi. Lantaran keindahan bangunan yang hampir mirip dengan Arc de Triomphe di Paris.

Selain keindahan bangunannya, monumen Simpang Lima Gumul juga menyajikan sunset pada sore hari. Tak heran, banyak kalangan muda mudi yang datang ke sini untuk menyaksikannya. Monumennya sendiri, juga terdapat lukisan dan ukiran yang menggambarkan cerita rakyat yang pernah berkembang di Kediri.

Wisata Alam Ubalan di Kediri

Wisata Alam Ubalan di Kediri

Bagi kalian yang pencinta wisata alam, datang aja ke Wisata Alam Ubalan di Kediri. Wisata ini juga menjadi destinasi wisata di Kediri yang juga banyak pengunjunnya.

Lokasinya Urban Alam sendiri, terletak di hutan lindung. Jadi, suasanya masih sejuk dan segar. Objek utamanya di tempat ini adalah sebuah sumber air yang letaknya lebih masuk ke dalam. Ada berbagai fasilitas yang diberiakan mulai dari panggung hiburan, kolam renang dan taman bermain.

Tempat Wisata Alam Air Terjun Dolo di Kediri

Tempat Wisata Alam Air Terjun Dolo di Kediri

Salah satu destinasi wisata air terjun di Kediri ialah, Air Terjun Dolo. Keindahan dan kesegaran airnya menjadi daya tarik tersendiri bagu pengunjung. Serta sejuknya udara dan indahnya pemandangan menjadi pendukung lengkap wisata ini.

Lokasinya sendiri terletak di dusun Besuki, desa Jugo, kabupaten Kediri. Jaraknya kira kira 25 km dari pusat kota Kediri.

Hawa sejuk langsung manyambut anda begitu tiba di lokasi. Selain bisa mandi, disini juga dilengkapi beberapa wahan permainan, seperti track jogging, camping ground, play ground, mushola, warung, serta area trakking.

Tempat Wisata Menarik Goa Selomangleng di Kediri

Tempat Wisata Menarik Goa Selomangleng di Kediri

Goa Selomangleng salah satu wisata di Kediri yang memiliki cerita dan sejarah yang begitu melekat di masyarakat Kediri. Masyarakat Kediri percaya bahwa tempat ini menjadi tepat pengasingan dan pertapaan Dewi Kilisuci, putri Raja Erlangga yang menolak menerima tahta kerajaan yang diwariskan.

Di dalam Goa juga terdapat lukisan atau relief yang diukir cantik. Goa ini dibagi menjadi tiga bagian, mulai dari bagian tengah, bagian kiri dan kanan. Disekitar wisata Goa Selomangleng, juga terdapat wisata lainnya antara lain Museum Airlangga, Gunun Klothok dan Gunung Maskumambang.

Untuk lokasinya sendiri, Goa Selomangleng ini terletak di desa Waung, kecamatan Mojoroto, Kediri. Kalau dari pusak kota Kediri jaraknya sekitar 7 km.

Tempat Wisata Edukasi Kampung Inggris di Pare Kediri

Tempat Wisata Menarik Goa Selomangleng di Kediri

Nah, bagi anda yang ingin belajar sambil berwisata bersam keluarga tidak ada salahnya jika anda mampir ke tempat wisata Kampung Inggris di Pare Kediri.

Tidak hanya para pelajarnya yang menggunakan bahasa inggris ketika berbicara, tapi juga semua orang berbicara menggunakan bahasa inggris ketika berbicara. Di sini ada sekitar kurang lebih 146 lembaga kursus bahasa inggris.

Kampung Inggris akan semakin ramai jika waktu liburan sekolah. Karna, banyak pelajar dan mahasiswa yang ingin belajar di sini. Bukan hanya dari kota Kediri, tapi juga dari luar kota Kediri.

Tempat Wisata Candi Surawana di Kediri

Tempat Wisata Candi Surawana di Kediri

Wisata Candi Surawana di Kediri menjadi tempat wisata edukasi, yang letaknya masih berdekatan dengan Kampung Inggris, kecamatan Pare, Kediri.

Candi Surawana merupakan candi bercorak hindu. Seperti pada candi-candi yang lainnya, candi ini juga memiliki sejarahnya sendiri. Candi ini di bangun untuk memiliakan raja kerajaan Wengker berbama Bhre Wengker.

Untuk ukuran candinya tidak terlalu besar, hanya berdiameter 8 x 8. Dan lokasi pastinya candi ini terletak di desa Canggu, kecamatan Pare.

Wisata Tjoe Hwie Kiong di Kediri

Wisata Tjoe Hwie Kiong di Kediri

Wisata yang berbetuk bangunan kuil ini dibangun sejak zaman penjajahan. Kuil yang berada di Jl. Yos Sudarso No 148 ini, dibangun di tepi Sungai Brantas.

Tempat wisata ini juga menyajikan pertunjukan wayang, yang biasanya diadakan bapa bulan Mei dan Juni.

Wisata Bersejarah Candi Tegowangi di Kediri

Wisata Bersejarah Candi Tegowangi di Kediri

Selain Candi Surawarna ini, di Kediri masih ada Candi Tegowangi yang begitu menarik untuk kita kunjungi. Di candi ini ada beberapa relief di dinding candi yang menarik para wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Tempat Wisata Air Terjun Irenggolo di Kediri

Air Terjun Irenggolo, menjadi salah satu air terjun di Kediri yang dinikmati oleh wisatawan. Lantaran pemandangan pegunungan yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Selain pemandangan pegunungan yang indah, anda juga dapat menemukan hal-hal yang menarik, seperti hutan teduh alami pinus, taman bermain, camping ground, hiking dan jogging area, dan juga pemandangan dan kehijauan pohon yang menambah keindahan mata anda.

Objek Wisata Unik Gereja Puh Sarang di Kediri

Salah satu gereja yang cukup unik di Kediri, namanya Gereja Puh Sarang. Untuk lokasinya berada di desa Puhsarang, kecamatan Semen, Kediri. Untuk lokasinya sendiri terletak sekitar 10 km di arah barat kota Kediri.

Bagunan Gereja Puh Sarang ini dibangun oleh Ir. Heendricus Maclaine atas pelopor bernama Mr Yohanes Humbertus Wolters CM pada tahun 1931.

Untuk struktur gereja memiliki bentuk arsitektur yang unik antara perbaduan dua budaya antara, budaya eropa dengan budaya majapahit. Di Gereja Puh Sarang ini kita juga bisa melihat patung skala penuh dan jelas serta unik patung Tuhan Yesus dan orang-orang yang berada di jalan salib.

Tempat Wisata Menarik Gua Puhsarang di Kediri

Tempat Wisata Menarik Gua Puhsarang di Kediri

Selain gereja yang unik di atas tadi, ada juga patung Bunda Maria yang menarik bagi anda kunjungi. Lokasinya masih tidah jauh dari Gereja Puh Sarang Kediri. Tempat ini juga menjadi lokasi ziarah bagi masyarakat beragama Katolik yang berlokasi di sekitar kompleks Gereja Puh Sarang, desa Puhsarang, kecamatan Semen, Kediri, 10 km di arah barat Kota Kediri.

Di komleks gereja lama, terdapat miniatur Gua Maria Lourdes. Karene berbentuk kecil, maka pada tanggal 11 Oktober 1998 maka dibangun gua Lourdes yaitu replika Gua Maria Lourdes yang terdapat di Prancis. Disekitaran bangunan patung yang kecil terdapat kata-kata yang bertuliskan di atas kuningan yang menggunakan bahasa Jawa ejaan Belanda.

Objek Wisata Konto River Rafting di Kediri

Objek Wisata Konto River Rafting di Kediri

Jika anda memilki hobi yang ekstrim seperti arum jeram, anda dapat mencobanya adrenalinnya di sungai Konto. Berlokasi di desa Kediri Siman, kecamatan Kepung, Kediri, sekitar kurang lebih 40 km dari Simpang Lima Gumul arah ke Timur laut, atau 40 menit berkendara dari pusat kota Kediri.

Meskipun objek wisata di Kediri ini terbilang masih baru, tapi banyak pengunjung yang datang ke sini. Anda tertarik menguju mental dan fisik anda di sungai yang memilki pajang 13 Km ini? Tunggu apa lagi, datang dan coba sendiri ke sini.

Objek Wisata Keluarga Pagora di Kediri

Objek Wisata Keluarga Pagora di Kediri

Wisata Pagora merupakan salah satu objek wisata keluarga di Kediri. Taman Pagora Kediri sendiri merupakan objek wisata pertama di Kediri sebagai tempat wisata sekaligus tempat kolam renang di Kediri. Memiliki suasana yang sejuk, nyaman serta aman sangat cocok untuk bermain anak-anak kecil.

Objek wisata Pagaora juga menawarkan berbagai wahan bermain, mulai dari kolam renang, kolam pancing, mandi bola, perahu bebek, kereta kelinci, dan masih banyak lainnya.

Disini juga memilki fasilitas lainnya seperti kebun binatang mini (mini zoo). Berbagai jenis unggas berada disini, seperti burung enggang, kasuari, merak, ayam kate, kalkun, babi hutan, rusa dan masih banyak lagi.

Untuk area bermain anak wisata Pagora memiliki wahana, seperti sepur kelinci atau kemidi putar. Sedangkan untuk orang dewasa, tempat ini juga menawarkan sepeda air. Kita juga bisa berkeliling menggelilingi pulau buatan, dimana di pusat pulau membentang jempatan, dengan air yang penuh ikan.

Untuk tiket masuknya masih sangat terjangkau, serta lokasinya juga berhadapan dengan Stadion Brawijaya Kediri dan sangat mudah ditempuh dari arah mana saja.

Gimana? Lengkap bukan fasilitas yang diberikan oleh Wisata Pagora, serta cocok untuk liburan bersama keluarga kalian. Tertarik?

Tempat Wisata Kuliner Sate Bekicot di Kediri

Bagi kalian yang suka makan-makanan yang unik di Kediri, kalian bisa coba sate bekicot ini. Kalian bisa mendapatkannya jiak kalian datang ke desa Jarak, kecamatan Plosikaten, Kediri yang juga dekat dengan wisata Ubalan tadi.

Siapa bilang bekicot itu menjijikan serta tidak enak jika dimakan? Ternyata, bisa menjadi kuliner yang dapat menggoyang lidah serta menambah nafsu makan. Di desa jarak ini, kalian akan menjumpai berbagai warung-warung yang mengolah berbagai macam makanan yang berbahan bekicot. Mulai dari sate bekicot, oseng-oseng bekicot, keripik bekicot dan masih banyak lagi. Harganya juga terjangkau bagi para pengunjung.

Bekicot halal atau haram sih? Tenag saja, insyallah halal kok.

Karna Iman Malik perna ditanya tentang suatu hewan yang disebut halzun (bekicot) yang biasa terdapat di gurun dan bergantung di pohon, apakah boleh untuk dimakan?

Imam Malik menjawab, “Aku berpendapat bahwa bekicot itu semisal belalang. Jika semisal bekicot itu ditangkap dalam keadaan hidup, direbus atau dipanggang maka tidak apa untunk dimakan. Tetapi jika ditemukan dalam keadaan bangkai, tidak diperbolehkan untuk dimakan.” (Muntaqo Syarh Al Muwatho’, 3: 110).

Objek Wisata Waterpark Kediri

Objek Wisata Waterpark Kediri

Salah satu lagi wahana bermain keluarga yang tidak boleh untuk anda lewatkan, Waterpark Kediri, wahana ini jugan menjadi wahana terbesar se-Jawa Timur. Dilengkapi dengan waterslide (seluncur air) Terpanjang di Indonesia dan Asia.

Mengusung 2 jenis wahana yaitu, wahana air dan non air yang mempunyai konsep tradisional dan modern, menjadikan wahana Kediri Waterpark ini memeliki keunukannya sendiri. Juga dengan monarail yang dioperasikan pada malam hari untuk menikmati pemandangan dan kemegahan Kota Kediri di waktu malam. Serta terdapat gondola yang menghubungkan dua bukit untuk mencapai waterslide.

  • Lokasi Waterpark ini terledak di Desa Pagung, Keamatan Semen (lereng Gunung Wilis), Kediri.
  • Arah: Terminal Bus Tamanan Kediri terus ke arah barat Sumberpodang/Besuki.
  • Koordinat google earth: 7°49’22.08″S 111°56’11.05″E
  • Waterslide terpanjang se-Indonesia dan Asia, buka pukul 10:00 – 21:00
  • Harga masuk/Biaya masik wahana bermain Kediri Waterpark : 50.000 untuk hari biasa 75.000 untuk holiday

Bagainama? Anda tertarik untuk liburan seru besama keluarga, saudara kalian, teman dan sahabat kalian di Waterpark Kediri? Tunggu apa lagi?!

Objek Wisata Mistis Petilasan Sri Aji Jayabaya di Kediri

Objek Wisata Mistis Petilasan Sri Aji Jayabaya di Kediri

Nah, ini dia tempat wisata yang mistis di Kediri, apa lagi kalau bukan Pamuksan Sri Aji Joyoboyo atau Petilasan Sri Aji Joyoboyo. Jika anda masuk ke Petilasan Sri Aji Joyoboyo, kalian akan menjumpai gerbang/pintu masuk yang terdapat tulisan yang berbunyi “Mustika Pamenang, Petilasan Sang Prabu Sri Adji Djoyobojo”.

Dalam kisah Jawa dulu, Jayabaya dibaca “Joyoboyo”, adalah titisan sang Dewa Wisnu, penguasa negara Widarba. Ayah Joyoboyo bernama Gendrayana, yang adalah anak dari Yudayana, anak Perikesit, anak Abimanyu, anak Arjuna dari Pandawa.

Mendaki Gunung Klotok

Mendaki Gunung Klotok

Bagi kalaian yang suka mendaki gunung, tidak ada salahnya jika kalian mencoba ke Gunung Klotok di Kediri. Gunung ini berlokasi di dekat kaki Gunung Wilis. Untuk lokasi tepatnya Gunung Klotok ini, berada di kelurahan Pojok, kecamatan Mojoroto, Kediri, provinsi Jawa Timur.

Gunung ini merupakan gugusan pegunungan Wilis yang letaknya berada cukup jauh dari Gunung Wilis sendiri. Ketinggian Gunung Klotok sendiri kurang lebih sekitar 536 MPDL. Nama gunung ini diambil dari dua kata, kolo dan tok. Kolo yang berarti bahaya dan untuk kata tok berarti saja. Sehingga Gunung Klotok memiliki arti gunung yang berbahaya.

Keunikan dari gunung ini ialah, bentuknya yang hampir menyerupai sosok wanita yang sedang tidur. Olehnya, Gunung Klotok ini juga dijuluki sebagai Si Cantik Tidur.

Liburan ke Puncak Gunung Maskumambang

Liburan ke Puncak Gunung Maskumambang

Selain Gunung Klotok tadi, ada satu lagi tenpat wisata yang harus kalian kunjungi, apa lagi kalau bukan Gunung Maskumambang. Gunung ini terkenal sangat keindahan dan menawan, karna dikelilingi oleh bukit-bukit. Bukit ini merupakan terusan jajaran pegunungan Gunung Wilis, atau bisa dikatakan sebelah timur Gunung Wilis.

Gunung Maskumambang juga memilki udara yang sejuk dan segar, karna dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Disini juga sudah di sediakan anak tangga, agar mempermudah para wisatawan untuk melihat-lihat sekitaran Gunung Maskumambang. Ketinggian dari gunung ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 300 meter dibawah permukaan laut.

Jika anda berjalan di anak tangga, semakin jauh anda melangka maka semakin menarik suasana yang anda dapatkan di atas Gunung Maskumambang nanti. Anda juga dapat melihat keindahan Kota Kediri dari puncak Gunung Maskumambang. Dan di puncak nanti, terdapat sebuah makam milik Astana Boncolono.

Candi Setono Gedong Kediri

Candi Setono Gedong Kediri

Tempat wisata di Kediri selanjutnya, ialah Candi Astana Gedong yang merupakan makam dari Setonogedong. Candi ini sendir sudah cukup lama berdiri sejak zaman kerajaan Singosari. Pada masa kepemimpinan Mahesa Campaka di Daha (Kadhiri).

Daerah Setonogedong sendiri merpakan candi yang digunakan sebagai tempat ibadah/pemujaan kepada Dewa Wisnu. Nama candi Astana Gedong ini diambil dari dua kata, yaitu “Astana yang dapat diartikan sebagai Istana”, sedangkan untuk “Gedong sendiri memiliki arti besar”. Candi ini juga memiliki artefak berupa lapik arca bermotif/berelief garudeya (garuda) yang merupakan burung tunggagan atau wahana dari Dewa Wisnu, yang diatasnya ditambakan Padmasana relief bunga teratai ganda sebagai lambang kesucian dan kebangkitan setelah mati.

Liburan ke Taman Kilisuci Kediri

Liburan ke Taman Kilisuci Kediri

Tempat wisata di Kediri berikutnya ialah, Taman Kilisuci yang berada di desa Tulungrejo, kecamatan Pare, kabupaten Kediri, Jawa Timur atau sekitar 20 Km dari Monumen Simpang Lima Gumul. Di taman ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas, mulai dari parkir kendaraan, food court, jogging track, air mancur, area bermain anak-anak, area pijit refleksi serta fasilitas tambahan Wifi gratis bagi kalian yang hemat kuota dan untuk para remaja yang suka berselancar internet.

Monumen Kediri Syu

Tempat wisata di Kediri selanjuatnya adala Monumen Kediri Syu yang terletak di Jl. Jaksa Agung Soeprapto, Kediri, Jawa Timur. Monumen ini menjadi salah satu monumen yang dijadikan tempat nongkrong anak-anak muda.

Monumen Kediri Syu sendiri merupaka monumen berbentuk patung pria besar yang mengenakan seragam model tentara Jepang. Terdapat juga patung burung garuda yang bertengger tidak jauh diatas patung pria bersegam tesebut, dengan sayap terkembang.

Syu merupakan bentuk pemerintahan tertinggi di Jawa setingkat kepresidenan yang dipergunakan untuk semasa kependudukan tentara Jepang di Indonesia, serta selama berlangsungnya Perang Pasifik di Asia.

Museum Fotografi Kediri

Museum Fotografi Kediri

Bagi anda yang punya hobi jepret-jepret foto dengan kamera? Anda bisa datang ke Museum Fotografi di Kediri. Anda disini juga bisa belajar lebih jauh mengenai dunia fotografi. Museum ini juga mengoleksi berbagai jenis kamera, mulai dari kamera smartphone, kamera poket, DSLR hingga kamera zaman dulu. Tidak ketinggalan museum ini juga mengoleksi berbagai foto sekitar 300 foto.

Liburan ke Museum Airlangga Kediri

Liburan ke Museum Airlangga Kediri

Selain Museum Fotografi diatas dati, wisata di Kediri masih memilik satu lagi museum, yaitu Museum Airlangga. Museum ini terletak di Jl. Mastrip 1, kawasan wisata Selomangleng. Di museum ini para pengunjung dapat melihat berbagai koleksi benda-benda bersejarah berupa arca dan benda-benda purbakala lainnya dari zaman Kerajaan Mataram Hindu.

Nama museum ini diambil dari nama Raja Airlangga, yang lahir di Bali pada tahun 990 dan diduga meninggal di Belanda pada tahun 1049, pendiri Kerajaan Kahuripan yang memerintah/memimpin pada tahun 1009-1042 dan memiliki gelar Abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa.

Tempat Liburan Keluarga Tirtoyoso di Kediri

Tempat Liburan Keluarga Tirtoyoso di Kediri

Tempat wisata di Kediri yang terakhir kami sajikan adalah Taman Tirtoyoso yang metupakan waterpark tempat liburan keluarga di Kota Kediri, Jawa Timur. Lokasinya berada di Jl. Ahmad Yani atau lebih mudahnya berada di sebelah Lapangan Brawijaya Kota Kediri.

Wahana ini sendiri terletak di pusat Kota Kediri dengan luas lahan 7,8 ha. Taman ini juga memberikan suasana lingkungan yang teduh dan asri serta didukung dengan kebersihandan keamanan yang terjamin. Pengunjung juga damat merasakan kenyamanan serta kesejukan di pusat Kota Kediri.

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali tempat wisata di Kediri ya? Jadi tidak sabar untuk liburan ke Kediri.

Akhir Kata

Itulah tadi 26 Tempat Wisata di Kediri yang harus anda kunjungi dari kami, semoga bisa menjadi panduan dan reverensi liburan anda bersama orang-orang yang anda cintai. Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini ke teman-teman terdekat anda agar yang lain juga bisa tau tempat-tempat liburan keren di Kediri yang harus dikunjunggi.

SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *