tempat wisata di dieng
Wisata

12 Tempat Wisata di Dieng Terpopuler

Tempat Wisata di Dieng – Jika Anda pergi ke Jawa Tengah, sebaiknya mengunjungi wisata dataran tingginya. Provinsi Jawa Tengah merupakan destinasi yang cocok jika mencari dataran tinggi yang keren dan sudah terkenal se Indonesia bahkan ke mancanegara. Nama daerahnya adalah Dieng.

Kawasan yang menjadi andalan ini terletak di dua kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Daerah Dieng sendiri terdiri dari kawasan vulkanik aktif dan merupakan tempat gunung api raksasa dengan beberapa puncak dan kepunden kawah.

Fenomena alam tersebut menjadikan Dieng sangat menarik untuk kunjungi ketika berlibur.

Tempat Wisata di Dieng Paling Populer

Dibawah ini ada tempat wisata di Dieng yang bisa jadi panduan ketika Anda akan kesana. Banyak tempat keren disana, namun kami sajikan yang menurut kami populer secara umum. Yuk simak selengkapnya dibawah.

Bukit Scooter Dieng

Bukit Scooter Dieng

Keindahan alam diatas bukit merupakan pemandangan yang banyak diburu oleh kaum milenial, seperti tempat wisata di Dieng yang satu ini. Bukit Scooter adalah obyek wisata yang memiliki ketinggian sekitar 2.200 Mdpl.

Di atas bukit merupakan spot terbaik untuk menikmati lanscape Dieng dan beberapa gunung di sekelilingnya. Disini bisa melampiaskan hobi fotografi dengan latar belakang yang eksotis.

Adapun fasilitas di Bukit Scooter juga sudah disiapkan oleh pengelola, seperti gazebo yang bisa Anda pakai untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam dan sejuknya area pegunungan.

Datang ke tempat wisata ini sebaiknya menunggu malam, karena biasanya pada saat cuaca cerah Anda bisa menikmati keindahan bintang bertaburan dilangit dan lampu-lampu yang bisa menambah suasana romatis.

Lokasi bukit terletak di Desa Wisata Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Tempat wisata di Dieng berikutnya yang tak kalah populer adalah Telaga Pengilon, tempat wisata yang mempunyai arti cermin. Karena air yang ada di telaga ini bening seperti cermin. Berada tidak jauh dari Telaga Warna yang keduanya juga sering disebut dengan Telaga Kembar.

Di kawasan ini mempunyai kandungan sulfur yang rendah, berbeda dengan di Telaga Warna, meskipun letaknya berdampingan.

Jika Anda ingin pergi kesana bisa menikmati pemandangan keduanya dengan menaiki Batu Ratapan Angin yaitu dua batu yang bertumpuk terletak di sebelah timur Telaga Warna.

Pemandangan yang mempesona akan terlihat ketika sudah berada di atas. Anda bisa melakukan foto dengan latar belakang Telaga dan pegunungan yang seolah mengelilinya. Apalagi jika datang bersama pasangan, tentu saja akan lebih seru.

Lokasi Telaga Pengilon berada di Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Warna

Telaga Warna

Berikutnya yang berdampingan dengan Telaga Pengilon yaitu Telaga Warna. Tempat wisata di Dieng ini sangat populer di Jawa Tengah. Obyek wisata ini memberikan pesona alam yang tak kalah keren dengan kembarannya.

Untuk letaknya berada di ketinggian 2.000 Mdpl. Anda yang berlibur ke Jawa Tengah wajib meng agendakan datang kesini.

Di telaga ini airnya mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan Telaga Pengilon, yaitu bisa berubah-ubah sesuai dengan cuaca dan sudut pandang orang yang melihatnya.

Kadang berwarna merah, biru, putih, lembayung dan juga hijau airnya. Perubahan warna ini disebabkan oleh adanya bias cahaya oleh endapan sulfur yang ada di dasar telaga. Menjadikan kondisi tersebut membuat warna-warna yang berada di permukaan airnya.

Jika Anda hobi fotografi tentu saja akan sangat menarik mengambil sudut pandang yang keren warna airnya di telaga ini.

Lokasinya masih di Desa Dieng Wetan, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Kawah Sikidang

Selanjutnya ada Kawah Sikidang yang masih menjadi obyek wisata di Dieng yang diunggulkan dan saat ini masih populer.

Kawah ini berasal dari letusan gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Disana Anda bisa melihat lumpur vulkanik yang meletup-letup dengan asap putih yang merupakan gas beracun dan berbahaya.

Maka ketika Anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya menggunakan masker agar asap tidak terhirup. Selain itu disana juga dilarang untuk menyalakan api atau membuang putung rokok agar terhindar dari adanya ledakan gas.

Satu hal yang jarang ditemui di tempat wisata lain adalah disekitar kawah Anda bisa menemui banyak penjual telur mentah, yang mana disini ada titik kawah bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk merebus telur hanya dalam waktu sebentar.

Untuk Anda yang ingin berfoto juga ada beberapa yang menyewakan burung hantu jinak. Lokasi kawah terletak di Desa Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah.

Bukit Pandang Ratapan Angin

Bukit Pandang Ratapan Angin

Destinasi dataran tinggi berikutnya di Dieng adalah Bukit Ratapan Angin. Tempat wisata di Dieng ini juga terkenal dengan nama Batu Pandang Dieng. Di atas bukit terdapat tumpukan batu yang bisa Anda gunakan untuk menikmati pemandangan sekitar.

Dari puncak bukit Anda akan merasakan hembusan angin dedaunan yang menimbulkan gemerisik unik seperti sebuah ratapan. Gemerisik tersebut yang menjadi sejarah mengapa dijuluki dengan Bukit Ratapan Angin.

Berada di puncak bukit dengan udara yang sejuk dan alam yang tenang akan mendamaikan hati dan pikiran. Selain bisa bersantai, Anda juga dapat berfoto selfie dengan adanya spot cantik. Sangat cocok untuk koleksi di feed instagram atau bisa juga untuk acara foto prewedding.

Di bukit pandang juga bisa melihat keindahan Telaga Warna dari atas ketinggian. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi tempat yang tidak begitu luas, membuat Anda yang ingin kesana sebaiknya bersabar karena ramai pengunjung dan tetap menjaga keselamatan.

Lokasinya berada di Jl. Dieng Theater KM 2, Desa Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Bukit Sidengkeng

Bukit Sidengkeng

Tak jauh dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon ada pula bukit yang bisa Anda kunjungi yaitu Bukit Sidengkeng. Salah satu tempat terbaik menikmati keindahan Telaga Kembar dari atas ketinggian.

Di area Bukit Sidengkeng, Anda bisa bersantai menikmati pemandangan yang eksotis. Sangat cocok juga untuk yang hobi fotografi karena alamnya yang keren.

Untuk mencapai tempat wisata di Dieng yang satu ini bisa mengambil jalur jalan setapak dari pintu masuk Wana Wisata Petak 9. Perjalanan kesana membutuhkan waktu kurang lebih 20-30 menit.

Perjalanan yang melelahkan akan terbayar oleh pesona alam yang ditawarkan oleh bukit ini. Selain itu Anda bisa mendirikan tenda atau camping bersama keluarga di kawasan bukit. Pengelola sudah menyiapkan setidaknya area yang dapat menampung 100 tenda, jadi sangat tepat sekali berlibur kesini sambil berkemah.

Jika cuaca sedang cerah, maka dimalam hari akan nampak bintang bertaburan di langit yang indah, sehingga liburan akan terasa lebih spesial dan jadi pengalaman berkesan.

Lokasi bukit terletak di Desa Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Merdada

Telaga Merdada

Jika Anda ingin menikmati air telaga sambil mendayung perahu bisa datang ke tempat wisata di Dieng yang ini. Di Telaga Merdada pengunjung bisa menikmati suasana perbukitan dan pepohonan yang rimbun.

Telaga Merdada merupakan telaga paling luas di Dieng yang memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter. Sumber air dari telaga berasal dari air hujan, kadang jika musim kemarau akan surut hingga terlihat dasarnya.

Selain bisa bersantai diatas perahu Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing di area telaga. Atau jika ingin berkemah disini, pengelola sudah menyediakan tenda yang bisa disewa.

Lokasi telaga terletak di Desa Karangtengah, Kec. Batur, Dieng, Jawa Tengah.

Dieng Plateu Theater

Dieng Plateu Theater

Merupakan tempat wisata di Dieng yang mengusung konsep bioskop pada umumnya. Hanya saja film yang ditayangkan adalah film dokumenter tentang Dieng yang berjudul Bumi Kahyangan Dieng Plateu dengan durasi 20 menit.

Menyaksikan pemutaran film dengan tempat duduk yang sudah disediakan akan lebih menambah romantis jika ditemani oleh pasangan. Sehingga selain berlibur juga mendapat pengetahuan sejarah Dieng.

Teater berlokasi di Desa Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Air Terjun Sirawe

Air Terjun Sirawe

Air terjun Sirawe adalah wisata air terjun dengan tinggi sekitar 80 meter. Curug ini dikelilingi oleh pepohonan dan tebing tinggi disekitarnya. Wisata satu ini mempunyai suasana alam yang masih alami dan tentu saja hawa sejuk sehingga banyak wisatawan datang berkunjung.

Uniknya, destinasi wisata di Dieng ini mempunyai daya tarik yang tidak ditemukan di tempat lain, yaitu adanya perpaduan aliran air dingin dan air panas alami dalam satu lokasi.

Tempatnya bisa Anda temukan di Dusun Bitingan, Desa Kepakisan, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara.

Curug Winong

Curug Winong

Berikutnya Tempat Wisata di Dieng ada air terjun Curug Winong, air terjun dengan ketinggian 70 meter dan dengan kemiringan 70 derajat ini tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Suasana alam dengan kawasan perbukitan menambah pesona air terjun Winong semakin sejuk. Aliran air yang cukup deras dan jernih adalah daya tarik wisatawan yang datang kesini. Untuk Anda yang ingin kesini akan lebih baik membawa kamera digital agar bisa berfoto di sekitar air terjun.

Lokasi berada di Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kec. Kaliwiro, Kab. Wonosobo, Jawa Tengah.

Telaga Menjer

Telaga Menjer

Bagi Anda yang ingin berburu foto keren di Telaga, maka tempat wisata di Dieng ini sangat tepat jadi pilihan. Telaga Menjer mempunyai pemandangan yang keren dengan latar belakang perbukitan disekitarnya.

Sumber air dari telaga ini bukan saja dari air hujan, melainkan juga dari mata air sekitar. Selain itu juga karena keberadaanya ditengah pedesaan menjadikan telaga ini dimanfaatkan sebagai PLTA dan bisa mencukupi kebutuhan listrik untuk masyarakat sekitarnya.

Perbukitan yang terbentuk oleh alam menjadikan spot epik jika melakukan foto prewedding atau kebutuhan fotografi lainnya disini.

Lokasi berada di Jalan Raya Dieng No. 88, Desa Kuripan, Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar

Tempat Wisata di Dieng yang satu ini merupakan sumber air yang bersumber dari Gunung Prabu dan juga sebagai hulu dari Sungai Srayu. Banyak berkembang cerita bahwa konon lokasi sumber air ini adalah tempat tokoh pewayangan Bimo melepas (melukar) pakaiananya untuk disucikan.

Banyak cerita juga yang menyebar bahwa konon air dari Tuk Bimo Lukar bisa membuat awet mudah apabila cuci muka di mata air ini.

Tuk Bimo Lukar terletak di Desa Dieng, Kec. Kejajar, Kab. Wonosobo, Prov. Jawa Tengah.

Kesimpulan

Seru bukan destinasi wisata Dieng yang kami sajikan di ulasan ini. Semoga menambah list daftar liburan Anda. Pastikan Anda sudah memilih dari daftar yang kami berikan mana dahulu yang akan dikunjungi. Bawa pasangan atau keluarga agar lebih seru dan tentu saja liburan akan lebih berkesan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *