17 Tempat Wisata di Demak Terpopuler dan Terhits

tempat wisata di demak

Tempat Wisata di Demak – Demak merupakan sebuah Kabupaten yang terletak di pesisir utara dari provinsi Jawa Tengah. Daerah yang memiliki banyak obyek wisata dari udara, wisata alam, wisata religi dan lainnya sangat cocok untuk berlibur di akhir pekan atau libur panjang.

Tempat wisata di Demak tak jauh berbeda dengan destinasi lainnya yang ada di Jawa Tengah. Perlu kamu tahu Demak mempunyai julukan sebagai “Kota Wali”, karenanya banyak wisata religi yang wajib dikunjungi bagi kamu yang bertandang kesana.

Adapun ciri khas dari Demak adalah Tugu Blimbing, sebuah ikon penting yang populer disana. Nah, untuk kamu yang ingin bepergian ke Demak dalam waktu dekat, berikut ini beberapa rekomendasi destinasi yang ada disana.

Penasaran apa saja rekomendasi tempat wisata di Demak yang akan kami berikan? Maka kamu wajib membacanya sampai selesai, dari tempat kekinian dan sudah populer terlebih dahulu wajib kamu kunjungi.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak
Source : Instagram.com/indahhdevy

Secara fungsi, Masjid Agung Demak bukan sebuah tempat wisata di Demak. Namun karena bernilai sejarah dan bentuknya unik menjadikan masjid ini seringkali dikunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar daerah.

Masjid Agung Demak adalah masjid peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang hingga saat ini masih berdiri kokoh dan terawat. Usia masjid diperkirakan sudah beberapa abad, dan gaya arsitekturnya masih dipertahankan hingga sekarang.

Ciri khas Masjid Agung Demak adalah adanya kubah masjid yang berbentuk piramid tiga tingkat khas masyarakat Jawa. Adanya tiga tingkat merupakan simbol dari Islam, Iman dan Ihsan.

Hal yang juga menarik untuk dilihat jika kamu kesana adalah adanya gambar bulus. Yang konon ceritanya sebagai penanda tahun berdirinya masjid ini. Yang mana kepala bulus diibaratkan angka 1, kaki bulus diibaratkan angka 4, badan bulus sebagai angka 0, dan ekor bulus sebagai angka 1. Jika digabungkan akan menjadi tahun 1401 Saka, yakni tahun berdirinya masjid Agung Demak.

Kamu akan kesana? Maka bisa menuju lokasinya di Desa Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga
Source : Instagram.com/kabardemak

Masih di lokasi Masjid Agung Demak, kamu bisa jalan-jalan ke Makam Sunan Kalijaga. Makam ini berlokasi sama persis dengan lokasi Masjid Agung Demak. Tempat wisata di Demak ini bisa kamu jadikan sebagai wisata religi.

Kamu yang datang kesana bisa melakukan Ziarah ke makam Sunan Kalijaga yaitu salah satu tokoh yang menyebarkan Agama Islam di Pulau Jawa. Jasanya yang besar menjadikan Sunan Kalijaga dihormati oleh masyarakat Jawa.

Lokasinya yang masih berada satu komplek dengan Masjid Agung Demak menjadikan masuk ke Makam Sunan Kalijaga tidak perlu membayar tiket. Namun perlu di ingat, ketika disana tidak diperbolehkan membawa benda pusaka apapun, jika terlanjur membawa maka harus menitipkan ke Pos Satpam yang ada di Gerbang Masuk Masjid. Lokasinya di Kadilangu, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Makam Raja Demak

Makam Raja Demak
Source : Instagram.com/wisatajateng

Destinasi wisata sejarah dan religi di Demak berikutnya adalah Makam Raja Demak. Tak jauh berbeda dengan daerah Yogyakarta dan Surakarta, di Demak juga mempunyai daerah khusus yang dipakai sebagai lokasi makam untuk para raja dan anggota keluarga.

Jika kamu masuk lokasi makam, maka akan menemukan banyak makam orang penting yang ada di Kerajaan Demak. Kamu bisa ziarah di Makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syekh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang dan lainnya.

Tempat ini selalu terawat dengan baik dan selalu dijaga ketat oleh para juru kunci. Selain bisa berziarah kamu juga bisa beristirahat di area pendopo atau berkunjung ke makam Kasepuhan dan Kanoman.

Lokasinya terletak di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Untuk biaya masuk lokasi wisata makam tidak dikenakan biaya alias gratis.

Pantai Morosari

Pantai Morosari
Source : Instagram.com/melynastr

Selain banyak tempat wisata sejarah dan regili, Demak juga mempunyai desinasi alam yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Salah satunya adalah pantai Morosari yang terletak di Sayung.

Berada di kawasan pantai Morosari kamu bisa menikmati pesona hutan manggrove yang tumbuh rapi dan sudah ada jembatan yang menjorok ke arah laut. Ketika kamu disana, maka bisa menikmati wisata unggulan pantai, berkeliling hutan manggrove dan bisa melihat sunset pada sore hari.

Selain itu juga, kamu bisa hunting foto keren di Pantai Morosari, berenang, bermain air dan memancing. Di pantai Morosari juga sudah disediakan banyak fasilitas yang mendukung wisatawan ketika berkunjung kesana.

Kamu bisa makan di sekitar pantai, tempat parkir yang luas, mushola untuk beribadah, tempat berteduh, toilet dan fasilitas lain yang memadai.

Pantai ini terbuka untuk umum dan buka sampai 24 jam non stop. Sehingga jika kamu datang pada sore hari tidak perlu khawatir tutup tempatnya.

Lokasi Pantai Morosari terletak di Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak. Untuk harga tiket masuk sangat terjangkau, hanya dengan membayar Rp. 5.000 sudah bisa masuk.

Pantai Tirangan

Pantai Tirangan
Source : Instagram.com/sinyo_izza

Tempat wisata di Demak berikutnya yang juga bertemakan dengan air adalah Pantai Tirangan. Terletak di Desan Babalan, kabupaten Demak menjadikan pantai ini mudah ditemukan.

Pantai Tirangan merupakan destinasi yang terbentuk oleh hutan bakau dengan jembatan buatan yang menjorok ke laut. Berbeda dengan pantai Morosari, pantai ini mempunyai wilayah pantai dengan pasir putih yang luas. Sangat cocok untuk kamu yang gemar berjemur atau bermain pasir bersama keluarga.

Tak hanya itu, di Pantai Tirangan kamu juga bisa menemui jenis-jenis ikan laut segar yang baru saja dibawa oleh nelayan penangkap ikan laut. Disana kamu bisa membeli secara langsung dengan harga yang jauh lebih murah dari pasaran.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke wisata ini adalah pada sore hari. Karena sunset disana tak kalah menarik untuk dinikmati. Yang perlu diketahui adalah jika ingin pergi ke lokasi pantai, maka harus menyewa perahu dengan harga sewa yang masih terjangkau.

Brown Canyon Demak

Brown Canyon Demak
Source : Instagram.com/exploretoindonesia

Ingin berfoto seolah kamu sedang berada di canyon Amerika? Maka tempat wisata di Demak satu ini wajib di datangi. Brown Canyon Demak merupakan destinasi wisata yang terletak di Desa Kebon Batur, Kecamatan Mranggen, Kab. Demak.

Disana kamu bisa memanfaatkan keindahan tebing untuk berfoto selfie atau kegiatan fotografi lainnya. Tebing yang tinggi inilah yang menjadikannya mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika.

Tebing brown canyon terbentuk karena adanya aktifivitas penambangan batu padas yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Untuk kesana kamu sebaiknya membawa kamera digital yang mumpuni agar dihasilkan foto yang indah dan keren. Tiket masuk tempat wisata ini cukup murah, kamu hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 per orang sudah bisa menikmati keindahannya.

Hutan Manggrove Morosari

Hutan Manggrove Morosari
Source : Instagram.com/fidhi_dwi

Salah satu wisata hutan yang terkenal di Demak adalah Hutan Manggrove. Destinasi wisata di Demak yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena tempatnya menarik dan sangat indah.

Disana kamu akan disuguhkan pemandangan hutan manggrove yang sangat keren untuk dijadikan spot foto selfie ataupun pengambilan foto prawedding. Tak hanya itu juga, kamu bisa datang kesana jika ingin sekedar menikmati momen sunset sembari berjalan dipinggiran hutan.

Selain itu adanya bangau putih yang merupakan hewan penghuni hutan menciptakan rasa nyaman.

Jika ingin pergi kesana kamu bisa mencari lokasinya di Desa Bedono, Kec. Sayung, Demak, Jawa Tengah. Harga tiket masuknya hanya Rp. 5.000 per orang.

Pusat Kerajinan Batik

Pusat Kerajinan Batik
Source : demakkublog.wordpress.com

Jika kamu pergi ke Demak, maka akan menemukan tempat pembuatan batik yang tak kalah populer seperti yang ada di Solo, yaitu Sentra Kerajinan Batik Demak. Batik yang ada di Demak merupakan batik khas yang memadukan dengan budaya lokal.

Banyak motif batik yang dibuat oleh perajin di kota demak, salah satunya yang paling terkenal adalah motif elemen masjid Agung Demak. Disana kamu bisa melihat langsung proses pembuatan batik demak sampai bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh khas Demak.

Lokasi perajin batik di Demak sangat mudah untuk ditemukan, karena biasanya mereka bisa ditemui di sekitar jalan menuju masjid Agung Demak. Harga tiap kain batik tentu saja masih terjangkau.

Pusat Kerajinan Kaligrafi

Pusat Kerajinan Kaligrafi
Source : Mytrip.com

Tak hanya batik, di Demak kamu juga bisa berkunjung ke sentra kerajinan Kaligrafi. Kerajinan ini tak kalah dengan tempat lain yang membuat kaligrafi. Sebagaimana kota ini yang mendapatkan julukan “Kota Wali”. Di Demak banyak dijumpai pengrajin Kaligrafi disekitar Masjid Demak.

Banyak ditemukan toko-toko yang menjual hasil pengrajin kaligrafi setempat. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat proses pembuatan kaligrafi dari awal hingga menjadi tulisan Arab yang sangat indah.

Lokasinya yang sering dijumpai pengrajin kaligrafi adalah di Kampung Tembiring, Bintoro, Demak. Untuk harga kaligrafi biasanya menyesuaikan dengan motif dan tingkat kesulitan pembuatan.

Taman Ria Demak

Taman Ria Demak
Source : dinkominfo.demakkab.go.id

Tak kalah menarik, tempat wisata di Demak berikutnya adalah Taman Ria. Taman yang dibuat dengan gaya Jawa ini berbeda dengan taman pada umumnya yang penuh dengan desain modern.

Desain taman yang indah dan unik layak diabadikan untuk pengambilan foto jika kamu hobi dengan fotografi. Selain itu ada juga wahana permainan biasa sampai yang ekstrem. Bagi kamu yang membawa buah hati tentu saja harus diperhatikan jika sedang berkeliling disana.

Lokasi taman ria terletak di Desan Katonsari, kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Kolam Renang Polaris

Kolam Renang Polaris
Source : Instagram.com/trialupitasari

Di kabupaten Demak, selain pantai dan wisata religi juga ada kolam renang, salah satunya Kolam Renang Polaris. Wisata ini sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga ataupun traveling. Apalagi jika kamu memang hobi berenang, maka tempat ini tak boleh terlewatkan dikunjungi.

Tempat wisata di Demak ini sudah dilengkapi dengan berbagai wahana air. Seperti seluncuran lurus, seluncuran putar, kolam renang anak dan dewasa dan fasilitas lain yang sangat mendukung.

Ada tempat duduk, toilet, tempat berteduh dan tempat ibadah bagi umat Islam juga sudah tersedia disana. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin berlibur di kolam renang Polaris.

Letak kolam renang Polaris berada di Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya pada hari biasa Rp. 15.000, sedangkan untuk weekend naik menjadi Rp. 17.000 per orang. Harga tersebut sangat terjangkau dengan banyaknya wahana dan fasilitas yang diberikan.

Niagara Waterboom

Niagara Waterboom
Source : Instagram.com/zenchester7786

Selain Polaris, di Demak juga ada waterboom yang terkenal, yaitu Niagara Waterboom. Kolam renang ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap. Ada kolam renang dewasa dan anak-anak.

Adapun fasilitas pendukung yang diberikan antara lain area untuk mengawasi anak di pinggir kolam, tempat makan, tempat sholat, toilet dan area parkir yang luas. Adapula hiburan yang disuguhkan untuik pengunjung agar betah disana.

Tempat wisata di Demak ini sangat tepat untuk dijadikan tujuan berlibur di akhir pekan atau musim liburan. Karena sangat ramah anak dan tentu saja tak menguras kantong, karena harga tiket masuknya cukup Rp. 10.000 per orang.

Lokasi yang nyaman dengan rimbunan pohon sangat sejuk dijadikan tempat berteduh bersama keluarga. Jika musim liburan tempat ini sangat ramai di kunjungi oleh wisatawan lokal ataupun luar kota.

Kolam Renang Amala

Kolam Renang Amala
Source : tripjalanjalan.com

Selain dua kolam renang diatas, wisata di Demak yang ramah anak dan ramah kantong ada Kolam Renang Amala. Berlokasi di Botorejo kolam renang Amala sering dijadikan tempat berlibur oleh warga demak untuk refresing.

Disana kamu bisa berenang dengan aman di kolam dewasa. Tak hanya itu bagi anak-anak juga sudah disediakan kolam renang tersendiri. Ada pula wahana permainan air yang seru dan menyenangkan yang bisa dicoba. Harga tiket masuk kolam renang Amala juga masih terjangkau.

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Source : festivaljalanjalan.com

Ingin berlibur di Demak dengan suasana berbeda dari yang lainya? Maka kamu wajib datang ke Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima. Demak juga merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil buah Belimbing dan Jambu merah Delima.

Bahkan hasil kebun belimbing dan jambu merah ini sudah dipasarkan ke penjuru Indonesia. Disana kamu bisa melihat perawatan dan memanen belimbing langsung dari kebunnya. Kamu bisa juga bisa langsung memetik buah sendiri.

Selain bisa ikut memetik, kamu juga dapat membeli buah belimbing dan jambu merah delima untuk dijadikan buah tangan dari Demak. Atau ingin membeli bibit belimbing dan jambu merah, maka disana juga ada penjual yang sudah menyediakan.

Jika tertarik kesana bisa berkunjung ke Desa Wonosari, Desa Tempuran, Desa Mranak, Desa Sidomulyo dan Desa Betotan.

Ekowisata Reduksi

Source : Youtube

Destinasi wisata di Demak berikutnya adalah Ekowisata Reduksi (Rumah Edukasi Silvofishery). Yaitu tempat wisata alam dan edukasi dalam bentuk hutan manggrove mini. Pada mulanya, wisata ini adalah area pembibitan tanaman manggrove. Seiring berjalan waktu dilakukan pengembangan menjadi ekowisata agar menarik wisatawan.

Kamu bisa melakukan tracking dijalan yang sudah dibuat oleh pihak pengelola. Ada beberapa jalur yang sangat cocok untuk spot selfie seperti di area background love, kupu-kupu, ada pula papan tulisan dengan kata-kata unik.

Lokasi ekowisata reduksi terletak di Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kab. Demak. Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau, hanya sebesar Rp. 2.000. Uang tersebut sebagai kontribusi untuk pengembangan tempat wisata.

Desa Wisata Banyumeneng

Source : id.pinterest.com

Berikutnya tujuan wisata di Demak yang tak boleh ketinggalan dikunjungi adalah Desa Wisata Banyumeneng. Sebuah tempat wisata yang ada di wilayah perbukitan. Disana kamu bisa menikmati pesona alam Demak dari ketinggian.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melakukan olahraga uji adrenalis seperti paralayang yang akan didampingi oleh instruktur jika masih pemula.

Ada pula pasar tumpah yang digelar biasanya di hari Sabtu dan Minggu. Jadi sembari berlibur kamu juga bisa berbelanja makanan khas Demak.

Jika ingin berlibur kesana kamu bisa ke Desa Banyumeneng, Kec. Mranggen, Demak, Jawa Tengah.

Taman Love

Taman Love
Source : Instagram.com/adil_sawabi

Di Demak tak perlu jauh-jauh jika ingin berlibur dengan tema kekinian, ada Taman Love. Sebuah taman yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif dengan memanfaatkan lahan kosong sehingga menghasilan pemasukan secara ekonomi.

Disana kamu bisa melakukan selfie di spot-spot kece tentu saja kekinian seperti di area ayunan, area gardu pandang, gazebo dan juga ada kolam.

Wisata ini terletak di Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kab. Demak.

Dari beberapa tempat wisata di Demak yang kami disebutkan diatas mana saja yang pernah kamu kunjungi? Mungkin ada tempat baru yang menarik hati untuk di explore, yuk datangi.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 2 Average: 4.5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here