tempat wisata di cilacap
Wisata

14 Tempat Wisata di Cilacap Paling Top

Tempat Wisata di Cilacap – Berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah, Cilacap merupakan Kabupaten yang mempuyai destinasi wisata sangat keren untuk dikunjungi. Wilayahnya mempunyai garis pantai menjadikan banyak tempat wisata di Cilacap sangat bisa di eksplore.

Di Cilacap ada banyak lokasi keren yang bisa kamu datangi, mulai dari pantai, danau, air terjun, wisata rekreasi, hingga Museum. Tempat-tempat yang kekinian juga tak kalah populer untuk dijadikan spot foto.

Jika dalam waktu dekat kamu ingin bepergian ke daerah ini, maka tak ada salahnya membaca rekomendasi destinasi di Cilacap yang harus masuk list liburanmu. Tak perlu merogoh kocek yang dalam, tempat-tempat yang akan kita sajikan berikut sangat ramah dikantong.

Tempat Wisata di Cilacap Yang Keren dan Kekinian

Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Cilacap.

Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu
Source : Instagram.com/silfipedok

Destinasi wisata di Cilacap yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Teluk Penyu. Di tempat ini memang banyak penyu liar yang akan kamu jumpai. Namun semakin kesini keberadaannya jarang terlihat.

Pantai satu ini merupakan salah satu tempat wisata di Cilacap yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar kota. Pantai Teluk Penyu juga merupakan salah satu pantai pemecah ombak, kamu bisa menyusuri hingga ujungnya.

Fasilitas yang bisa kamu nikmati selain pemandangan pantai dan keindahannya juga dapat dengan menyewa speed boat. Selain itu jika lapar kamu bisa membeli makanan yang kebanyakan adalah makanan khas Cilacap.

Pantai ini berada di Kecamatan Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi hanya Rp. 5.000 per orang.

Pantai Permisan

Pantai Permisan
Source : Instagram.com/galeribyrir

Untuk kamu yang suka berselancar bisa mengunjungi tempat wisata di Cilacap yang satu ini, yaitu Pancai Permisan. Pantai ini masih sangat alami dengan pemandangan ombak besar dan pasir putih yang mempesona.

Ombak yang lumayan tinggi sangat menantang untuk ditaklukan. Banyak wisatawan yang berkunjung kesini untuk menyaksikan keindahan pulau-pulau disekitar dan batuan karang yang diterpa ombak di sekitar pantai.

Walaupun ombaknya tinggi, kamu tetap bisa bermain air laut dipinggiran pantai. Dan jika membawa keluarga sebaiknya tetap diawasi pada saat berada disekitar pantai agar tak terseret ombak.

Lokasinya berara di, Permisan, Tambakreja, Pulau Nusakambangan, Kab, Cilacap

Pantai Widara Payung

Pantai Widara Payung
Source : Instagram.com/tyasadeliaa_

Berikutnya ada pantai Widara Payung yang juga masih alami. Tempat wisata di Cilacap mempunyai ombak yang landai dan tidak berbahaya untuk bermain jika hanya disekitar pinggir pantai.

Fasilitas yang bisa kamu manfaatkan di pantai ini adalah bisa menyewa andong untuk menjelajah sekitar pantai. Ada juga penyewaan perahu untuk kamu yang ingin menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Di sebelah timur, kamu juga dapat melakukan kegiatan berenang di kolam renang yang sudah disedikan oleh pengelola.

Lokasi wisata ini berada di Desa Widarapayung, Kec. Binangun, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Kamu bisa mengakses dari 3 jalan yang sama-sama mengarah ke Desa Widarapayung. Tiket masuk untuk per orang hanya dikenakan Rp. 5.000 saja.

Waterpark Tirta Mas

Waterpark Tirta Mas
Source : Instagram.com/d3nywan

Untuk kamu yang ingin berlibur bersama keluarga namun tidak mau ke pantai, maka bisa mengunjungi waterpark Tirta Mas. Tempat wisata di Cilacap ini menjadi tempat yang ramai dikunjungi wisatawan di akhir pekan dan musim libur.

Disana kamu bisa memilih 3 kolam yang sudah disediakan untuk anak-anak, menengah dan untuk orang dewasa. Ada pula fasilitas lain yang tak kalah seru yaitu perosotan air yang melingkar-lingkar seperti ulat.

Untuk ke lokasi kamu bisa dari Jl. Rinjani, kemudian masuk ke Perumahan Pertamina, Sidanegara, Kec. Cilacap Tengah, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Tiket masuk Waterpark per orang yaitu Rp. 19.000.

Gunung Selok View

Gunung Selok View
Source : Instagram.com/rstugas_

Menikmati keindahan laut Cilacap sambil merasakan hembusan angin yang sejuk dari atas pegunungan merupakan momen yang tak akan terlupakan. Nah, di Cilacap ada Gunung Selok View yang menawarkan itu semua.

Panorama yang mempesona yang bisa kamu rasakan adalah berfoto selfie di Deck dengan latar belakang hamparan air laut pantai selatan. Selain itu sekitar tempat wisata di Cilacap ini ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Selain ada tempat foto, kamu juga dapat bersantai diatas hammock yang sudah terpasang di pepohonan. Dan ada fasilitas lain yang tak kalah seru untuk dicoba di Gunung Selok.

Lokasi wisata ini berada di Desa Karangbenda, Kec. Adipala, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Harga tiket masuk lokasi hanya Rp. 5.000 per orang. Tentu sangat murah untuk fasilitas yang diberikan.

Segara Anakan

Segara Anakan
Source : Instagram.com/rakhmalutfita

Segara Anakan merupakan destinasi wisata di Cilacap seperti laguna yang menjadi pemisah antara Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan. Wisata ini kamu akan banyak melihat jenis-jenis manggrove dan ikan yang hidup didalamnya.

Suasana sejuk dengan pemandangan hijau sangat tepat digunakan untuk merilekskan pikiran sehabis bekerja atau berlibur diakhir pekan. Lokasinya berada di antara Pulau Jawa dan Pulau Nusakambangan.

Untuk menuju kesana, kamu diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orang. Biaya yang masih terjangkau tersebut tentu sebanding dengan pengalaman yang akan kamu dapatkan.

Benteng Pendem

Benteng Pendem
Source : Instagram.com/dhewis339

Ingin mengunjungi tempat wisata di Cilacap yang mempunyai nilai sejarah tinggi? Maka kamu bisa datang ke Benteng Pendem Cilacap. Benteng ini merupakan suatu bangunan yang menjadi bekas markas pertahanan Belanda ketika jaman dahulu.

Benteng ini berdiri diatas tanah dengan luas 6,5 hektar dan dibangun selama hampir 18 tahun lamanya. Tahun pembangunan benteng ini dari 1861 hingga 1879. Sebagai salah satu benteng peninggalan Belanda yang ada di Jawa Tengah, benteng Pendem berada di area pantai Teluk Penyu.

Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang mencintai sejarah masa lalu dipadukan dengan skil fotografi, karena disana ada spot-spot tua yang eksotis seperti barak, benteng pertahanan, benteng pengintai, ruang rapat, gudang senjata, gudang mesui, dapur, ruang perwira, ruang peluru dan ruang penjara.

Untuk mencapai lokasi, kamu bisa datang ke Jl. Benteng, Cilacap Selatan, Kab. Cilacap, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk lokasi sebesar Rp. 5.000 per orang.

Benteng Karang Bolong

Benteng Karang Bolong
Source : YouTube.com

Tempat bersejarah berikutnya yang ada di Cilacap adalah Benteng Karang Bolong. Destinasi wisata di Cilacap ini berdiri sejak tahun 1873 yang juga bekas penjajahan Belanda. Tempat wisata ini sangat tepat untuk kamu yang menyukai dunia mistis.

Diarea benteng kamu bisa melihat peninggalan dan sisa-sisa kolonial Belanda yang masih tersedia seperti di ruang medis, ruang penjara, ruang dapur, dan juga ruang rapat. Setiap lorong lorong menjadi gambaran bahwa tempat ini dibangun untuk sistem pertahanan di masa penjajah Belanda.

Tempat benteng Karang Bolong berada di Pulau Nusakambangan, Cilacap.

Curug Mandala

Curug Mandala
Source :Instagram.com/erdtynta

Tempat wisata di Cilacap yang sangat ramai dikunjungi wisatawan berikutnya adalah Curug Mandala. Air terjun ini mempunyai keindahan yang alami. Air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 10 meter ini mempunyai bentuk yang berundak-undak.

Curug mandala sangat cocok untuk kamu yang ingin melihat keindahan alam yang masih segar dan tidak banyak dijamah orang. Disini kamu bisa bermain di pinggiran air terjun yang ada bebatuan kecil-kecil.

Selain itu jika kamu hobi dengan fotografi maka tempat ini juga sangat kami rekomendasikan untuk berburu foto. Latar belakang air terjun yang eksotis akan tampak lebih keren dalam bidikan kamera DSLR.

Suasana hijau dan hawa yang segar membuat siapa saja yang datang kesini maka akan terkenang selalu karena memang tempatnya mempesona.

Lokasi wisata air ini berada di Desa Mandala, Cilacap, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000.

Curug Cimandaway

Curug Cimandaway
Source : Instagram.com/_ieuinaaa

Jika kamu hobi dengan wisata air, maka tempat wisata di Cilacap satu ini harus masuk dalam list liburanmu. Curug Cimandaway adalah air terjun yang mempunyai fasilitas lengkap, disana kamu bisa menikmati wahana flying fox, ada juga toilet untuk tempat ganti.

Air terjun Cimandaway merupakan air terjun paling tinggi dan tercantik yang ada di Cilacap. Untuk tingginya mencapai sekitar 100 meter. Ada mitos yang ramai juga menyebut bahwa jika datang kesini membawa pasangan maka akan berjodoh. Nah apa kamu berani kesini bawa pasanganmu?

Lokasi air terjun ini berada di Desa Datar, Kecamatan Dayeuhluhur, Kab. Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Kalipat

Pantai Kalipat
Source : Instagram.com/tyapn_

Wisata pantai berikutnya yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Cilacap adalah Pantai Kalipat. Destinasi wisata di Cilacap ini masih masuk kawasan Pulau Nusakambangan.

Pantai dengan pasir putih yang terhampar luas ini mempunyai ombak biru yang mempesona. Ditambah lagi dengan pemandangan sekitarnya yang ditumbuhi pepohonan hijau di bukitnya menjadikan suasana lebih adem dan sejuk.

Tempat Wisata di Cilacap ini, kamu bisa berenang ataupun bermain air laut yang bening sambil menikmati ombak air laut.

Lokasi wisata di Cilacap Pantai Klipat berada di Pulau Nusakambangan, Tambakreja, Cilacap Selatan, Cilacap, Jawa Rengah.

Pantai Kali Kencana

Pantai Kali Kencana
Source : Instagram.com/pipihe_kpm

Tak jauh dari Pantai Kalipat, kamu bisa bergeser ke Pantai Kali Kencana. Pantai ini juga menawarkan pesona yang tak kalah keren dengan pantai lainnya. Meskipun begitu pantai ini masih tergolong alami, karena banyak wisatawan yang ingin berkunjung kesini harus melewati hutan dan beberapa sungai, jadi mereka mengurungkan untuk mengunjunginya.

Akses jalan yang belum bagus membuat kamu harus berjalan selama 3 jam. Dalam perjalanan kamu akan menemukan banyak sunyai yang dasarnya kebanyakan adalah bebatuan. Selain sungai kamu juga akan menemukan air terjun kecil.

Untuk dapat masuk ke pantai Kali Kencana, kamu diharuskan membayar retribusi kapal sebesar Rp. 25.000. Perahu akan mengantarkan kamu ke seberang Nusakambangan dan dari tempat tersebut akan memulai perjalanan ke hutan Nusakambangan.

Lokasi wisata ini terletak di Desa Sidanegara, Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pantai Karang Pandan

Pantai Karang Pandan
Source : Instagram.com/melindaov_

Berikutnya tempat wisata di Cilacap yang tak kalah populer di kalangan pecinta liburan adalah pantai Karang Pandan. Lokasi pantai karang pandan berada tak jauh dengan pantai karang bolong.

Dari pantai karang bolong kamu cukup berjalan sekitar 30 menit maka akan sampai. Setelah sampai tempat, maka kamu akan disambut pasir putih yang bersih dari pantai ini. Disana kamu bisa mandi ataupun berenang di pinggiran. Meskipun begitu, ombak di Pantai Karang Pandan ini tergolong besar, sehingga harus hati-hati jika bermain disekitarnya.

Hutan Pinus Karanggedang

Hutan Pinus Karanggedang
Source : Klikcilacap.com

Obyek wisata di Cilacap yang sering dijadikan berburu spot foto keren adalah Hutan Pinus Karanggedang. Tempat ini sangat cocok untuk kamu yang ingin foto prawedding ataupun foto kekinian.

Disana banyak pohon pinus yang ditanam di kanan dan kiri jalan, tempat ini sangat cocok untuk pengambilan gambar. Banyak remaja dan anak-anak yang datang kesini hanya untuk berfoto selfie.

Lokasinya terletak di Jl. Pisang, Karanggedang, Sidareja, Cilacap, Jawa Tengah.

Kesimpulan

Dari banyaknya tempat wisata di Cilacap yang sudah kami rekomendasikan diatas semoga dapat membantu kamu dalam menentukan destinasi wisata di Cilacap. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk menjaga kebersihkan.

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *