19 Tempat Wisata di Boyolali Kekinian dan Populer

tempat wisata di boyolali

Tempat Wisata di Boyolali – Pernahkah kamu pergi ke Boyolali? Sebagai salah satu kabupaten yang ada di Jawa Tengah, Boyolali merupakan daerah yang mempunyai tempat wisata keren dan menarik untuk dikunjungi.

Daerah yang terkenal dengan tempat-tempat bersejarah ini patut menjadi destinasi liburan kamu yang ingin menghabiskan waktu bersama pasangan ataupun keluarga. Disana kamu bisa menemukan banyak lokasi wisata dengan segala fasilitasnya.

Keindahan kota Boyolali tak boleh terlewatkan, ada banyak spot keren untuk dijadikan koleksi feed instagram ataupun spot foto kekinian lainnya yang tak kalah menarik. Nah kali ini simak rekomendasi kami yang bisa jadi referensi wisatamu.

Ada banyak list yang bisa kamu kunjungi jika berada di Boyolali. Baik wisata alam ataupun wisata rekreasi buatan yang keren di kota ini. Pasti tak sabar apa saja daftar tempat wisata di Boyolali terbaru dan terhits, yuk ikuti ulasan hingga selesai.

Candi Lawang

Candi Lawang
Source : Instagram.com/annalestari__

Destinasi wisata di Boyolali yang dengan pesona sejarah salah satunya Candi Lawang. Peninggalan di masa lampau ini merupakan situs wisata peninggalan para wali. Candi Lawang dibangun di abad ke-9.

Jika kamu kesana, maka akan menemukan bebatuan yang tidak disusun, memang seperti itu adanya. Karena wisata di Boyolali ini tidak ditemukan arca atau relief seperti di beberapa candi lainnya di Jawa Tengah.

Disana kamu bisa memanfaatkan candi sebagai obyek foto selfie atau mempelajarinya dari segi sejarah berdirinya. Selain itu juga karena terbilang kecil, kamu bisa menaiki dengan mudah tangga yang ada di Candi Lawang.

Untuk menuju kesana lokasinya berada di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Dari pusat kota Yogyakarta jarak tempuh ke lokasi hanya sekitar 1,5 jam saja. Harga tiket masuk area candi lawang cukup murah yaitu sebesar Rp. 5.000.

Candi Sari

Candi Sari
Source : Instagram.com/kurniawanjalanjalan

Seperti yang disinggung di awal, bahwa Boyolali terkenal dengan tempat bersejarahnya, maka berikutnya ada Candi Sari. Terletak di Desa Gedangan, Kec. Cepogo, Boyolali candi ini ditemukan sekitar tahun 1967.

Candi Sari oleh masyarakat sekitar dianggap keramat, sehingga bukit tempat candi berada juga dipercaya memberikan peranan penting untuk mereka.

Disana pemandangan yang tersaji sangat sejuk dengan pepohonan dan bukit yang tinggi menjadikan tempat ini bisa digunakan untuk spot melihat alam sekitarnya. Kamu bisa belajar sejarah tentang candi atau hanya ingin sekedar menikmati pesonannya.

Untuk harga tiket masuk candi Sari sangat terjangkau, yaitu Rp. 5.000 per orang.

Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar
Source : Instagram.com/yohanrineko

Berikutnya ada Taman Air Tlatar, salah satu destinasi wisata di Boyolali yang juga terkenal di Jawa Tengah. Obyek wisata Boyolali ini bisa jadi pilihan berlibur bersama keluarga karena memang tempatnya memiliki banyak wahana permaiann.

Disana kamu bisa berenang di kolam renang yang sudah dipisahkan antara orang dewasa dan anak-anak. Selain itu juga ada fasilitas seperti taman wisata air, lapangan woodball, pemancingan, rumah makan lesehan yang siap menemani berlibur.

Nah, untuk kamu yang ingin terapi ikan di Taman Air Tlatar juga ada Kolam Keceh, yaitu kolam berisikan ikan-ikan untuk terapi.

Lokasi wisata Taman Air Tlatar berada di Desa Kebonbimo, Kec. Boyolali, Jawa Tengah. Harga tiket masuk wisata hanya sebesar Rp. 10.000 per orang.

Gunung Merbabu

Gunung Merbabu
Source : Instagram.com/tryanha

Bagi kamu yang suka mendaki gunung, maka Gunung Merbabu mungkin sudah tidak asing ditelinga. Sebagai salah satu obyek pendakian, Gunung Merbabu adalah pilihan tepat untuk berlibur di Boyolali.

Terdapat dua jalur pendakian ke puncak gunung, yaitu dari Jalur Selo, Cunthel dan Wekas. Jalur yang keren dengan pemandangan yang bisa dilihat adalah jalur Selo.

Disana kamu bisa menikmati view keren padang sabana yang luas, apalagi jika musim berbunga maka akan lebih indah. Selain itu ada spot foto keren di Watu Gajah yang fotonya sudah viral di jagat sosmed.

Lembah Gunung Madu

Lembah Gunung Madu
Source : Instagram.com/luthfisahra_n

Tempat wisata di Boyolali yang paling keren dengan pemandangan menakjubkan mata adalah Lembah Gunung Madu. Disana tempatnya sangat sejuk dan udara yang menyegarkan otak membuat rasanya tak mau pulang.

Lembah Gunung Madu adalah lokasi yang bersejarah karena dahulu tempat ini adalah persembunyian masyarakat sekitar dari penjajah Jepang. Disana selain berlibur, kamu juga mengenang para pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan ketika Jepang menjajah Indonesia.

Lokasi destinasi wisata terletak di Jl. Raya Simo – Klego KM. 5, Gunung Madu, Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk berlibur ke Lembah ini hanya sebesar Rp. 2.000 per orang.

Bukit Lempuyang Selo

Bukit Lempuyang Selo
Source : Instagram.com/trias_aquast

Adalah salah satu tempat wisata di Boyolali yang dibuat oleh para pemuda dan masyarakat sekitar Desa Lencoh dengan desain kreatif sehingga bisa memajukan pariwisata setempat khususnya di Boyolali dan Selo.

Destinasi wisata di Boyolali satu ini dibuat sebagai wahana yang memenuhi selera anak muda yaitu tempat yang kekinian dan instagramable. Ada wahana keren seperti Jembatan yang panjang, pos pandang, wahana bentuk love dan juga wahana yang berbentuk kapal.

Kamu yang datang kesana bisa memanfaatkan spot-spot diatas untuk berburu foto keren sebagai koleksi feed mu. Selain itu harga tiket yang murah yaitu sebesar Rp. 5.000 per orang menjadikan tempat ini selalu ramai dikunjungi baik di hari biasa atau hari libur.

Alamat lengkap Bukit Lempuyang terletak di Jalan Selo – Magelang, Desa Lencoh, Kec. Selo, Boyolali, Jawa Tengah.

Air Terjun Semuncar

Air Terjun Semuncar
Source : Youtube.com

Obyek wisata yang tak kalah mempesona di Boyolali dan wajib kamu datangi adalah Air Terjun Semuncar. Pemandangan air terjun yang menakjubkan ini berada di Desa Candisari, Kec. Ampel, Boyolali, Jawa Tengah.

Air Terjun Semuncar mempunyai tinggi sekitar 30 meter ini selalu ramai oleh wisatawan. Selain itu pemandangan alam disekitar juga masih terjaga dengan baik, cocok untuk rekreasi yang menenangkan pikiran.

Namun harus diketahui jika ingin pergi kesana, kamu harus mempersiapkan fisik yang baik. Sebab perjalanan ke air terjun akan menemui jalan terjal dan agak sulit. Jalur yang bisa kamu pilih untuk mencapai ada dua, pertama dari area perkebunan warga, dan jalur sungai Cipendok. Harga tiket masuk destinasi Boyolali ini cukup membayar Rp. 5.000 per orang.

Waduk Cengklik

Waduk Cengklik
Source : Instagram.com/lifiadpertiwi

Ingin berlibur dengan pemandangan sunset yang indah? Maka Waduk Cengklik adalah jawabananya. Tempat wisata di Boyolali satu ini adalah tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin berburu foto matahari tenggelam.

Tempat yang nyaman, tenang dan pemandangan yang keren sangat tepat untuk menyegarkan pikiran setelah lelah bekerja. Waduk Cengklik adalah salah satu waduk tertua karena sudah ada sejak penjajahan Belanda.

Dahulu waduk ini dibuat untuk tujuan mengairi sawah, sekarang juga dimanfaatkan untuk tujuan wisata warga Boyolali. Disana kamu bisa hunting foto dengan latar belakang sunset yang mempesona sehingga waktu yang tepat datang adalah di sore hari.

Lokasi waduk terletak di Jl. Raya Waduk Cengklik, Kec. Ngemplak, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Harga tiket masuk lokasi sangat terjangkau, cukup membayar Rp. 3.000 per orang sudah bisa menikmati keindahannya.

Kampoeng Air Kragilan

Kampoeng Air Kragilan
Source : ksmtour.com

Tak kalah unik dan populer, tujuan wisata di Boyolali berikutnya yang harus kamu datangi adalah Kampoeng Air Kragilan. Tempat wisata dengan konsep alam dan air ini sangat ramai dikunjungi baik di hari biasa ataupun musim liburan.

Ada banyak fasilitas yang bisa jadi tempat bermain seperti adanya kolam arus, rumah batu, dan jika ingin berteduh bisa ke gazebo. Untuk kamu yang tidak membawa bekal ada restoran yang siap mengisi perut.

Selain itu, tempat yang dikelilingi oleh pepohonan hijau ini sangat cocok untuk pengambilan foto yang keren dan kekinian.

Lokasinya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk cukup murah, hanya membayar Rp. 5.000 per orang.

Replika Candi Borobudur

Replika Candi Borobudur
Source : merahputih.com

Mungkin buat kamu yang sudah pernah ke Candi Borobudur akan terkaget karena di Boyolali juga ada replikanya. Di replika candi Borobudur kamu bisa melakukan kegiatan foto selfie atau pengambilan foto prawedding.

Selain itu juga kamu bisa berfoto di miniatur Sphinx dan Taj Mahal, jadi moment berlibur seolah jalan-jalan ke negara di luar negeri.

Tempat wisata di Boyolali juga tidak hanya menyedikan pemandangan miniatur namun disekitar area juga ada orang yang berjualan kuliner khas Boyolali. Lokasinya berada di alun-alun Boyolali dan untuk masuknya kamu tidak perlu membayar tiket alias gratis.

Monumen Dunia

Monumen Dunia
Source : jateng.tribunnews.com

Nah setelah berjalan-jalan dari replika candi Borobudur kamu bisa pindah ke Monumen Dunia. Terletak di daerah Asrikanto tempat ini menawarkan konsep berfoto di miniatur beberapa monumen terkenal dari Benua Eropa.

Disana kamu bisa menemukan miniatur Menara Eifel di Paris, Menara Pisa di Italia dan juga Landmark Patung Liberty di Amerika Serikat. Waktu yang tepat untuk kesini adalah dimalam hari, pancaran sinar dari masing-masing menara sangat epik dalam jepretan kamera smartphone.

Kamu bersama pasangan ataupun keluarga akan lebih romantis jika berfoto di depan monumen dunia. Dan yang perlu diperhatikan adalah untuk masuk lokasi wisata di Boyolali satu ini tidak dipungut biaya alias gratis.

New Selo

New Selo
Source : Instagram.com/herlindayuliawati

Selain mendaki ke Gunung Merbabu, bagi kamu yang akan berlibur ke Boyolali juga bisa mampir ke New Selo. Obyek wisata yang tengah viral dikalangan pendaki dan traveler. Dari tempat wisata di Boyolali ini kamu bisa melihat pemandangan keindahan Gunung Merbabu dan bisa melihat lereng Gunung Merapi di kejauhan.

Spot foto yang instagramable juga dibuat sedemikian rupa agar menarik pengunjung untuk kesana. Ada “Omah Bambu” yang bisa jadi pilihan berfoto bersama teman-teman selain menikmati suasana alam dan udara yang sejuk. Tidak akan menyesal jika sudah ada di New Selo, apalagi datang bersama pasangan tenu akan menambah rasa cinta.

Lokasinya berada di Samiran, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau yaitu Rp. 10.000 per orang.

Rumah Terbalik

Rumah Terbalik
Source : Instagram.com/fhii_sofhii

Berada di Jalan Merdeka Barat, Kemiri, Mojosongo, Boyolali, Jawa Tengah. Obyek wisata di Boyolali satu ini ramai di jagat sosial media. Pada awalnya adalah sebuah café atau tempat nongkrong untuk anak muda. Nama nya adalah “Cafee The Milk” yang terletak tak jauh dari alun-alun Boyolali.
Di area yang tadinya dijadikan tempat parkir ini oleh pemilik café disulap menjadi wahana yang hits yaitu rumah terbalik dengan konsep yang unik.

Ada sekitar 8 spot ruangan terbalik yang bisa kamu eksplor untuk dishare ke sosial media. Ruangan tersebut dapat dijadikan spot foto-foto kekinian dan pasti membuat yang melihatnya penasaran ingin datang kesana.

Untuk menikmati wahana rumah terbalik kamu diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp. 20.000 yang sudah bisa menikmati seluruh spot ruangan.

Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo Merapi
Source : Instagram.com/rizaputriarv__

Destinasi wisata di Boyolali berikutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Oemah Bamboo Merapi. Sebuah wisata yang ramai dikunjungi penduduk lokal dan luar kota ini menawarkan keindahan alam perbukitan dan pegunungan yang mempesona.

Disana kamu bisa melihat pemandangan alam yang hijau dan sejuk. Sangat cocok untuk kamu yang ingin berlibur jauh dari kesan modern dan bisingnya perkotaan. Apalagi jika mengajak keluarga akan menambah rasa tenang dan romantis.

Lokasinya berada di Plalangan, Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Untuk harga tiket masuk cukup terjangkau hanya perlu membayar Rp. 5.000 per motor.

Pemandian Kedung Goro

Pemandian Kedung Goro
Source : Youtube.com

Pemandian air alam Kedung Goro merupakan destinasi wisata alami di Boyolali yang indah. Banyak wisatawan baik lokal dan luar kota yang datang kesini untuk berlibur bersama keluarga.

Tempat yang sejuk ditambah air segar cocok untuk kamu yang hobi berenang atau menyelam. Selain itu tempatnya yang masih alami dengan pohon-pohon hijau disekelilingnya menjadikan udaranya sejuk.

Kamu bisa mencari lokasinya di Desa Bolo, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk masuk lokasi pemandian Kedung Goro tidak dikenakan biaya alias gratis.

Bukit Gancik

Bukit Gancik
Source : datawisata.com

Bagi kamu yang di Jawa Tengah mungkin pernah mendegar Bukit Gancik, yaitu salah satu tujuan wisata di Boyolali yang terkenal. Bukit ini menawarkan pesona alam yang masih hijau dan menyegarkan.

Di hari-hari tertentu kamu bisa menikmati kabut tipis di area perbukitan sehingga masih terasa kealamiannya. Bukit Gancik juga sudah dilengkapi gardu pandang yang bisa dijadikan spot berfoto bagi kamu yang ingin mengabadikan moment liburan.

Lokasi bukit terletak di Dukuh Selo Nduwur, Desa Selo, Kec. Seko, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk wisata ini sangat murah yaitu hanya Rp. 5.000 per orang.

Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang
Source : Instagram.com/siskayulita_

Tak boleh ketinggalan dikunjungi, berikutnya tempat wisata di Boyolali yang populer ada Air Terjun Kedung Kayang. Disana kamu akan disuguhkan pemandangan air terjun yang mempesona, adapula bebatuan besar, pohon yang hijau dan spot berfoto yang keren.

Fasilitas lain juga disediakan seperti penginapan, perkemahan, homestay dan warung untuk kamu yang datang dari luar kota jika ingin bermalam di lokasi air terjun. Tempat wisata ini sangat ramai biasanya ketika weekend ataupun musim libur sekolah.

Ingin berlibur kesana? Kamu bisa ke Jl. Ketep Pass Wonolelo, Magelang dan Desa Klakah Boyolali. Sehingga secara administrasi wisata ini terletak di 2 kabupaten. Untuk harga tiket masuknya kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp. 6.000 per orang.

Kedung Cinta

Kedung Cinta
Source : Youtube.com

Sebelum menjadi kedung cinta, namanya adalah Waduk Kedung Ombo. Sebuah obyek wisata Boyolali yang menampilkan keindahan bendungan raksasa yang ada di Desa Wonoharjo, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali.

Waduk atau kedung ini selain digunakan untuk wisata juga berfungsi sebagai sarana irigasi persawahan di daerah sekitarnya. Walaupun begitu banyak warga yang datang kesini karena tempatnya yang keren dan adapula fasilitas peratur motor yang bisa disewa untuk berkeliling di sekitar kedung.

Disana kamu bisa berfoto di area kedung dan juga dapat membeli kuliner yang dijual oleh masyarakat. Untuk menikmati wahana dan fasilitas di Kedung Cinta, kamu bisa membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang.

Alun-alun Boyolali

Alun-alun Boyolali
Source : Youtube.com

Sudah tak asing lagi jika ke Boyolali kamu akan menemukan alun-alun yang menjadi ikon kota ini. Alun-alun Boyolali adalah tempat berkumpulnya anak muda kota ini serta dibanyak aktivitas sering jadi titik temu untuk mengikuti acara tertentu.

Di alun-alun kamu bisa menemukan 5 tempat ibadah yang saling berdampingan satu dan lainnya, itulah tanda kerukunan beragama serta toleransi masyarakat Boyolali. Tak hanya itu disekitar alun-alun kamu bisa menikmati kuliner khas Boyolali, atau sekedar nongkrong bersama pasangan.

Jika membawa keluarga, maka tempat ini cocok untuk arena bermain, ada permainan anak dan mobil ontel yang bisa disewa mengelilingi alun-alun. Dan untuk masuk lokasi ini tidak dipungut biaya.

Dari banyaknya destinasi wisata di Boyolali yang kami rekomendasikan untuk kamu tentu ada yang membuat penasaran banget untuk berkunjung kesana. Satu hal yang harus diperhatikan adalah tetap jaga kesehatan dan siapkan fisik jika ingin bepergian.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 4]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here