Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

10 Tempat Wisata di Bandung Terpopuler dan Kekinian

7 min read

tempat wisata di bandung

Tempat Wisata di Bandung – Membicarakan kota Bandung, maka ingatan yang langsung muncul adalah kota kembang. Bandung adalah salah satu kota paling besar dan menjadi kota tujuan yang ingin dikunjungi oleh wisatawan.

Sebagai kota yang maju, Bandung menawarkan daya tarik bukan saja dari kemajuannya namun juga dari aspek pariwisata. Tempat wisata di Bandung beragam macamnya dari wisata alam sampai ke tempat kekinian dan modern.

Kamu ingin berkunjung ke Bandung? Berikut ini ada rekomendasi destinasi wisata populer dan kekinian yang bisa jadi list liburanmu. Apa saja daftarnya? Yuk simak artikel ini sampai selesai.

Destinasi liburan di Bandung tersebar di kawasan Bandung Utara, Selatan dan Bandung Timur. Berikut ini beberapa Tempat Wisata di Bandung yang sudah Sudut Nusantara rangkum untuk kamu.

1. Cicalengka Dreamland

Cicalengka Dreamland
Source : Instagram.com/_ritara

Mungkin dari kamu masih asing mendengar wisata satu ini, Cicalengka Dreamland adalah destinasi wisata di Bandung yang tergolong masih baru. Tempat wisata ini berdiri di lahan seluas 47 hektar.

Karena sangat luas, lokasi yang sudah dikelola baru sekitar 22 hektar dan orang juga lebih mengenal dengan Wisata Bukit Teletubies, karena ada latar belakang bukit teletubies yang sudah terkenal di Cicalengka.

Dari atas perbukitan, kamu bisa menikmati pemandangan yang indah apalagi di pagi hari ketika matahari terbit.

Wahana di area wisata Cicalengka Dreamland saat ini masih dalam tahap pembangunan, namun beberapa wahana lain juga sudah bisa digunakan antara lain spot foto balon udara terbang, wahana sarang burung.

Dan ketika kamu masuk wahana ini akan melihat tulisan “kemana manusia setalah mati? Ada juga spot selfie yang harus menuruni turunan jalan yang curam tetapi aman dilalui. Disana kamu bisa berfoto yang kekinian atau instagramabel dengan latar belakang perbukitan hijau lengkap dengan suasana perkampungan.

Lokasi wisata yang tengah populer ini berada di Tanjungwangi, Kec. Cicalengka, Bandung, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuknya kamu diharuskan membayar Rp.15.000 per orang (dewasa), dan Rp.10.000 untuk anak-anak.

2. The Great Asia Afrika Lembang

The Great Asia Afrika Lembang
Source : Instagram.com/olivianoor26

Berlibur kesini kamu akan merasakan sensasi tour wisata di negara-negara Asia hingga Afrika namun dengan budget yang lebih murah. Destinasi wisata di Bandung ini populer karena tempatnya yang keren dan memberikan sensasi berbeda untuk pengunjung.

Disana kamu bisa melihat miniatur dari 10 negara di 2 benua yaitu Asia dan Afrika. Seluruh komplek miniatur ini dibuat semirip mungkin dengan kondisi di negara aslinya. Kamu bisa mengunjungi area seperti di perkampungan khas Jepang yaitu Jaipurs India’s Pink City.

Dan juga rumah Oshin, Taman Ninja dan lainnya. Agar suasana lebih hidup pihak pengelola membuat keadaannya semirip mungkin dengan negara-negara tersebut.

Bagi kamu yang senang dengan budaya Jepang juga bisa menyewa Kimono dan Kurti Salwar (pakaian tradisional khas India) untuk digunakan berfoto.

Tak hanya itu juga, kamu bisa mengisi perut dengan aneka kuliner khas dari negara-negara di Asia dan Afrika, sehingga nuansa liburan lebih terasa. Ada juga restoran Korea dan Thailand, restoran jepang dan rumah makan Sunda.

Berlibur kesini kamu akan menemukan sensasi berbeda karena memang tempatnya dibuat sedemikian rupa mirip dengan negara-negara aslinya. Tak akan menyesal apalagi jika berlibur ditemani oleh keluarga atau pasangan.

Lokasi wisata The Great Asia Afrika Lembang berada di Jl. Raya Lembang-Bandung No. 71, Gudangkahuripan, Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk wisata sebesar Rp.50.000 per orang.

3. Lembang Park And Zoo Bandung

Lembang Park And Zoo Bandung
Source : Instagram.com/ameliayusanaa

Tempat wisata di Bandung berikutnya adalah Lembang Park and Zoo. Kebun binatang ini dibangun oleh PT. Hotel Pohon dengan konsep modern dan berstandar internasional.

Disana kamu akan menemukan berbagai jenis satwa seperti unggas, reptil hingga binatang langka dari dalam dan luar negeri. Hewan dan satwa di kawasan kebun binatang Lembang ini diawasi oleh tenaga profesional dokter spesialis hewan setiap hari.

Sehingga kamu kebersihan dan kesehatan dari binatang peliharaan lebih terpantau. Setiap kandang juga ada yang dibatasi dengan kaca agar meminimalisir interaksi hewan dan pengunjung.

Ada banyak koleksi binatang seperti burung untang, rhea, kasuari, merkat, merak, otter, kakak tua, buaya, ular, rusa timor, soang, ikan koi, elang, burung hantu, kuda, beruang.

Selain bisa melihat koleksi binatang yang ada di kebun binatang, jika kamu datang bersama keluarga juga akan bisa melakukan edukasi yang baik untuk anak-anak. Disana kamu bisa berlibur sambil mengenal, melihat dan berinteraksi dengan berbagai jenis satwa. Ada beberapa binatang yang jinak dan aman jika diajak berinteraksi.

Lembang Park and Zoo beralamat di Cihideung, Kec. Parongpong, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk yang dikenakan sebesar Rp. 35.000 untuk hari biasa, dan Rp.50.000 untuk akhir pekan dan libur.

4. Farm House Susu Lembang

Farm House Susu Lembang
Source : Instagram.com/cristinaasa_

Salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal hingga ke Mancanegara yaitu Farm House Susu Lembang. Destinasi ini memberikan wisata terpadu dengan konsep perkebunan dan peternakan ala Eropa.

Farm house merupakan kawasan wisata yang dikelola dalam satu group dengan D’Ranch, Floating Market Lembang, dan Rumah Sosis. Sehingga penjualan tiketnya juga sama.

Wisata ini memberikan pengalaman berlibur dengan panorama wisata Indonesia dengan citarasa khas Eropa. Disana kamu bisa berpenampilan bak gadis Eropa di area Rumah Hobbit dengan menyewa pakaian ala Maid.

Ada juga wahana Gembok Cinta ala Farm House. Spot ini sangat cocok untuk kamu yang datang bersama pasangan sebagai simbol perasaan cinta dan kasih sayang dengan cara membeli gembok dan mereka pasang di tempat yang sudah disediakan. Suasana seperti ini tentu akan menambah romantis dan akan di ingat sepanajang waktu.

Di Farm House juga ada Kebun Binatang Mini yang bisa disaksikan. Kamu bisa melihat aneka binatang seperti iguana, kelinci, angsa, burung, kambing dan hewan lainnya.

Selain itu juga kamu dapat berfoto di beberapa spot menarik. Ada bangunan ala Eropa yang keren dan berwarna-warni yang pas dijadikan background foto. Ada spot lainnya yang tak kalah menarik untuk di eksplore ketika disana.

Jika kamu ingin ke Farm House Lembang maka bisa mencari alamatnya di Jalan Raya Lembang No. 108, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk harga tiket masuk dikenakan sebesar Rp.25.000 per orang belum termasuk parkir kendaraan.

5. Bukti Jamur Rancabolang

Bukti Jamur Rancabolang
Source : Instagram.com/nurnandayl

Ingin berlibur ke Bandung dengan suasana segar dan pepohonan hijau? Maka Bukit Jamur di Rancabolang bisa jadi pilihan kamu dan keluarga. Disana kamu bisa menikmati pemandian air panas, kawah putih, kawah rengganis dan situ patenggang.

Daerahnya yang terletak di ketinggian menjadikan bukit jamur banyak di datangi oleh wisatawan lokal, luar kota juga dari luar negeri.

Pemandangan dari tempat wisata ini memang dipenuhi dengan pohon cemara, namun bentuk pohonnya berbeda dari umumnya. Disana pohon cemara lebih pendek dan memiliki bentuk seperti jamur, sehingga disebut dengan Bukit Jamur.

Namun lebih dari itu, karena letak taman ini berada di ketinggian dan tanahnya yang subur diatas tanah yang berbentuk setengah bola. Banyak pengunjung datang ke Bukit Jamur untuk melepas lelah juga sering dijadikan sebagai spot foto baik pemotretan hingga foto pre wedding.

Pemandangan yang hijau dan udara yang masih alami sangat tepat untuk kamu yang ingin berlibur dengan pasangan agar tercipta rasa romantis dan tak terlupakan.

Lokasi Bukit ini terletak di Desa Rancabolang, Kec. Ciwidey, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk yang dikenakan gratis, kamu hanya membayar parkir kendaraan saja.

6. Dusun Bambu

Dusun Bambu
Source : Instagram.com/jeansoebagio

Salah satu destinasi favorit di Bandung yang kekinian adalah Dusun Bambu Lembang. Disana kamu sangat tepat jika mengajak keluarga sebab tempatnya memang lengkap dan wahana yang disediakan juga banyak.

Dusun Bambu terletak di bagian Utara kota Bandung merupakan kawasan wisata dengan taman keluarga yang asri dan suhu yang dingin. Disana bentuk taman nya sangat indah dan membuat betah pengunjung yang datang.

Ketika kamu di Dusun Bambu, maka akan merasakan tempat yang dibuat dengan memberikan rasa nyaman bagi siapa saja yang datang. Kamu bisa menikmati pemandangan menakjubkan, ada juga fasilitas seperti café, wisata kuliner dan lainnya yang menyajikan menu lezat tak kalah dengan restoran mahal.

Bentuk café di dusun bambu juga tak lazim karena perpaduan dari unsur kayu dan kaca membuat bangunannya sangat unik.

Selain berwisata kuliner dan café, kamu juga bisa berbelanja di kawasan Dusun Bambu. Disana ada pasar Khatulistiwa yang berkonsep pasar tradisional. Disana tersedia berbagai makanan dan minuman, dan souvenir khas Dusun Bambu. Ada juga penginapan jika kamu ingin menikmati suasana malam di destinasi ini.

Pergi ke Dusun Bambu sangatlah tepat jika dilakukan pada akhir pekan, selain bisa bersantai bersama keluarga juga tidak terbebani pekerjaan. Sehingga moment berlibur akan lebih terasa.

Jika kamu tertarik ke Dusun Bambu bisa mencarinya di Jalan Kolonel Masturi, KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk wisata Dusun Bambu sangat terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 per orang sudah bisa masuk.

7. Sendang Geulis Kahuripan

Sendang Geulis Kahuripan
Source : Instagram.com/nizaramrullah

Berlibur di wisata alam tentu memberikan rasa tersendiri berbeda jika berlibur di wisata buatan. Sendang Geulis Kahuripan bisa jadi salah satu tempat wisata di Bandung yang wajib kamu kunjungi.

Tempat yang masih alami dengan air yang jernih membuat siapapun yang kesana akan merasakan kedamaian dan bisa melepas penat dari sibuknya aktivitas berat.

Di sendang ini kamu bisa mengajak keluarga untuk berenang atau hanya sekedar bermain air di mata air tersebut. Air yang alami membuat badan menjadi lebih segar dan hilang penat. Tempat ini juga populer di kalangan wisatawan yang hobi berburut wisata kekinian di Bandung.

Ada juga orang yang mempercayai jika mata air di Sendang Geulis dapat mempercantik dan menjadikan kulit lebih halus. Terlebih dari itu bagi kamu yang hobi menyelam, air di sendang juga sangat jernih. Jadi bisa dijadikan spot pengambilan foto bawah air.

Untuk kamu yang ingin pergi kesana bisa mencari alamatnya di Desa Ganjarsari, Kec. Cikalong Wetang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Harga tiket masuk untuk setiap orang hanya sebesar Rp.10.000.

8. Ciwidey Valley Resort

Kota Bandung merupakan daerah yang mempunyai cuaca dingin, jika kamu pergi kesana tak ada salahnya mampir ke wisata pemandian air panas Ciwidey Valley. Kamu akan menjumpai fasilitas seperti kolam renang, taman unggas, taman bermain dan lainnya.

Ciwidey Valley Resort adalah sebuah hotel dan juga dilengkapi dengan waterpark. Destinasi wisata di Bandung ini sudah terkenal oleh wisatawan. Selain hotel, tempat ini juga tepat untuk untuk menjajal kuliner khas Bandung.

Konsep hotel disini juga unik, kamu bisa menemukan tiga tipe penginapan dari tipe glamping, cottage dan juga deluxe.

Kalau kamu ingin berlibur kesini bisa menemukannya di Jalan Raya Barutunggul KM17, Alamendah, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk yang dikenakan untuk masuk lokasi adalah sebesar Rp. 10.000 per orang, sedangkan tiket ke waterpark nya sebesar Rp.40.000.

9. Kawah Putih Ciwidey

Kawah Putih Ciwidey
Source : Instagram.com/nrzahara

Kawah ini merupakan tempat wisata yang sangat terkenal di Bandung. Berlokasi di Ciwidey, kawah putih adalah sebuah danau yang muncul karena letusan gunung Patuha. Tanah dari danau ini bercampur dengan belerang sehingga berwarna putih, air danaunya juga berwarna kehijauan.

Kawah Putih Ciwidey sudah ada sejak tahun 1987, ditemukan oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn dan oleh pemerintah dikembangkan hingga saat ini.

Tempat ini sangat cocok untuk berlibur atau berburu spot fotografi. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk melakukan kegiatan seperti pemotretan, foto pre wedding. Sehingga harga tiket juga termasuk mahal jika akan melakukan pemotretan.

Jika kamu akan masuk ke lokasi, maka harus membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000, sedangkan jika akan melakukan foto pre wedding harus membayar Rp.500.000. Namun harga tersebut tentu saja akan terbayar dengan keindahan dari tempat sebagai latar belakang foto.

Apakah kamu tertarik kesana? Lokasinya berada di Jl. Situ Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Rute menuju kesana bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat ataupun roda dua.

10. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu
Source : Instagram.com/heiidine_

Wisata di Bandung satu ini pasti sudah tidak asing ditelinga wisatawan Indonesia. Destinasi keren yang wajib kamu kunjungi ketika berada di kota Bandung. Nama Tangkuban Perahu artinya adalah perahu yang terbalik.

Gunung yang masih aktif ini apabila dilihat dari kejauhan maka akan tampak seperti perahu yang terbaik. Gunung ini sangat cocok untuk kamu yang hobi mendaki sebagai alternatif liburan sambil melihat keindahan alam.

Banyak wisatawan baik dari luar kota hingga luar negeri yang sering melakukan pendakian ke Gunung Tangkuban Perahu. Yang perlu diperhatikan adalah kamu harus menyiapkan fisik dan uang yang cukup sebelum mendaki.

Kegiatan yang bisa kamu lakukan selain mendaki adalah berfoto dengan latar belakang kawah yang dalam. Selain itu juga bisa mempelajari dari segi ilmu geologi. Jadi bisa berlibur sambil belajar.

Jika ingin berkunjung kesana kamu bisa ke Cikahuripan, Kec. Lembang, Kab. Bandung, Jawa Barat. Harga tiket masuk ke lokasi untuk wisatawan domestik sebesar Rp. 15.000 sedangkan untuk wisatawan asing Rp. 50.000.

Dari rekomendasi tempat wisata di Bandung yang populer diatas mana saja yang sudah pernah kamu kunjungi? Mungkin ada yang terlewat dan ingin dikunjungi dalam waktu dekat. Pastikan menaati peraturan yang ada dimanapun kamu berada.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 1 Average: 5]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Website Name. All rights reserved.

Mediumish Theme by WowThemesNet.