Teks Diskusi : Pengertian, Struktur, Ciri, Jenis dan Contoh

10 min read

Teks Diskusi

Teks Diskusi berisi tentang pembahasan suatu permasalahan yang di dalamnya berisi dua argumen yaitu argumen pendukung (pro) dan argumen penentang (kontra).

Untuk lebih jelasnya lagi, silahkan simak artikel tentang Teks Diskusi ini hingga selesai yang sudah dirangkum oleh Sudut Nusantara.

Pengertian Teks Diskusi

teks deskripsi adalah

Dengan berdiskusi kita dapat memperluas pengatahuan, mendapatkan banyak pengalaman, dan mencoba untuk mencari jalan keluar terbaik dalam sebuah permasalahan.

Lalu apa pengertian diskusi itu sendiri? simak jawabannya di bawah ini:

1. Secara Umum

Diskusi sendiri memiliki arti sebagai pertemuan ilmiah yang bertujuan untuk bertukar pikiran terkait sebuah permasalahan antara dua orang atau lebih secara lisan.

Sementara pengertian teks diskusi adalah sebuah tulisan yang menerangkan suata masalah (isu) yang mana dilengkapi dengan adanya argumen pendukung (pro) maupun argumen penentang (kontra), yang kemudian diakhiri dengan adanya kesimpulan.

Selain itu terdapat juga pengertian lainnya yaitu “Sebuah teks yang menyajikan berbagai pendapat dari sudut pandang yang berbeda terhadap sebuah masalah yang sedang dibahas.

Pengertian tersebut juga senada dengan Tim Kemendikbud (2017. hlm. 116) yang menyebutkan jika teks diskusi adalah teks yang menyajikan sudut pandang, pendapat dan perspektif yang berbeda dalam menanggapi sebuah permasalahan.

2. Menurut Para Ahli

Diskusi merupakan cara terbaik untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang memicu adanya perbedaan pendapat di dalamnya.

Pernyataan di atas juga sesuai dengan beberapa pengertian teks diskusi menurut para ahli berikut ini:

a. KBBI

Menurut KBBI teks diskusi adalah sebuah naskah atau wacana tertulis yang dihasilkan dari pertukaran pikiran antar peserta diskusi pada pertemuan ilmiah yang membahas tentang sebuah masalah tertentu.

b. Mulyadi (2015, hlm. 130)

“Sebuah teks yang berisi paparan dari suatu permasalahan, perbedaan pendapat, dan juga penyelesaian yang berupa jalan keluar / solusi dari perbedaan pendapat tersebut”.

c. Priyatni, dkk. (2014:76)

“Merupakan sebuah teks yang membahas sebuah topik dengan beragam aspek guna untuk memberikan wawasan, sudut pandang, dan juga cakrawala yang berbeda dan lebih luas”.

Teks diskusi juga dapat memberikan sebuah pencerahan lebih dari sudut pandang yang berbeda, sebab bisa jadi sudut pandang kita selama ini kurang tepat atau belum sempurna.

Tujuan Teks Diskusi

tujuan teks diskusi

Diskusi sendiri memiliki tujuan untuk mencari kesepakatan atau kesepahaman dari sebuah gagasan, pendapat, atau masalah tertentu.

Diskusi sendiri biasanya melibatkan beberapa orang, dimana diskusi tersebut juga biasa disebut dengan diskusi kelompok.

Dimana diskusi kelompok memerlukan seseorang sebagai pemimpin yang biasa disebut dengan ketua diskusi.

Tugas umum dari ketua diskusi adalah untuk membuka diskusi, mengatur jalannya diskusi, membangkitkan minat anggota untuk menyampaikan pendapat mereka, menyimpulkan hasil diskusi dan menutup diskusi.

Fungsi Teks Diskusi

fungsi teks diskusi

Fungsi sosial dari teks diskusi yaitu untuk dimanfaatkan sebagai alat untuk melihat sebuah permasalahan dari berbagai sudut pandang sebelum akhirnya membuat sebuah keputusan atau kesepakatan.

Struktur Teks Diskusi

struktur diskusi text

Secara umum, teks diskusi terdiri dari tiga struktur yang membentuknya yaitu pendahuluan, isi, dan kesimpulan (Kemdikbud, 2017, hlm. 121).

Namun di dalam penerapannya, isi teks diskusi setidaknya terdiri dari dua gagasan utama yang berbeda yaitu argumen pendukung (pro) dan argumen penentang (kontra).

Oleh sebab itu, teks diskusi memiliki 4 struktur seperti di bawah ini:

1. Isu

Isu berisi tentang suatu masalah yang akan di diskusikan secara bersama-sama untuk mencapai sebuah kesepakatan.

2. Argumen Pendukung

Bagian ini berisi pendapat yang mendukung suatu hal yang menjadi pokok permasalahan dalam diskusi tersebut.

Dimana penulis dapat menyampaikan pendapat dari sudut pandang pendukung yang disertai alasan dan bukti untuk mendukung pendapat yang sudah disampaikan sebelumnya.

3. Argumen Penentang

Argumen penentang berisi pendapat yang menentang argumen pendukung.

Di bagian ini, penulis memaparkan pendapat penentang yang juga disertai dengan alasan da bukti dari sudut pandang penentang (kontra).

4. Kesimpulan

Kesimpulan merupakan hasil akhir yang berisi sebuah rekomendasi atau solusi mengenai masalah yang sudah dibahas dan berisi jalan tengah atau kesepakatan antara pendapat yang pro dan pendapat yang kontra.

Jenis-Jenis Teks Diskusi

jenis-jenis diskusi

Berikut ini beberapa jenis teks diskusi, antara lain yaitu:

1. Seminar

Seminar adalah sebuah pertemuan khusus yang digelar secara sistematis serta menjunjung tinggi nilai akademik yang bertujuan untuk mengerjakan sebuah studi secara menyeluruh terkait dengan sebuah topik tertentu.

Beragam penyelesaian masalah yang disajikan oleh pemateri dan pemakalah serta tetap melibatkan interaksi diskusi antar peserta seminar dan didampingi dengan guru besar / pemateri cedekiawan.

2. Konferensi

Konferensi merupakan pertemuan atau rapat besar yang diadakan untuk bertukar pikiran atau pendapat terkait dengan sebuah masalah yang akan dihadapi bersama-sama.

Pada umumnya, konferensi akan melibatkan beberapa kelompok atau instansi besar seperti Negara.

Contoh: Konferensi Asia Afrika.

3. Muktamar

Muktamar merupakan permusyawaratan tertinggi yang diadakan oleh pimpinan pusat dalam sebuah organisasi tertentu.

Pertemuan satu ini juga biasanya dihadiri oleh para wakil organisasi dari berbagai cabang untuk mengambil sebuah keputusan terkait dengan isu yang sedang dihadapi organisasi itu sendiri.

4. Kongres

Kongres adalah pertemuan besar para wakil organisasi, baik itu organisasi politik, organisasi sosial, hingga organisasi suatu profesi (dokter, seniman, dan yang lainnya) untuk mendiskusikan dan mengambul keputusan terhadap sebuah topik permasalahan yang harus dicari jalan keluarnya bersama.

5. Lokakarya

Lokakarya adalah sebuah pertemuan yang diselenggarakan dan dihadiri oleh para ahli dalam bidang tertentu untuk membahas sebuah isu permasalahan yang berhubungan dengan keahlian mereka.

6. Simposium

Simposium adalah serangkaian ceramah dan pidato pendek dari seorang pemimpin di depan para peserta (simposium) untuk mendiskusikan bersama-sama serta menarik sebuah kesimpulan terbaik dari hasil diskusi tersebut.

7. Diskusi Panel (Kelompok)

Diskusi panel atau diskusi kelompok adalah sebuah forum untuk bertukar pikiran yang dilakukan oleh sekelompok orang yang saling berhadapan.

Masing-masing kelompok tersebut akan mempersiapkan dan menyampaikan materi pendapat yang disertai dengan alasan dan bukti terkait dengan isu yang sedang mereka hadapi.

8. Brainstorming

Brainstorming adalah sebuah diskusi teknis yang berkaitan dengan kreativitas atau penciptaan.

Kegiatan diskusi ini biasanya digelar dengan tujuan untuk menemukan penyelesaian dari sebuah masalah yang harus diciptakan atau digelar dengan cara mengumpulkan berbagai gagasan secara spontan dari para anggota diskusi.

9. Sarasehan

Sarasehan merupakan sebuah pertemuan yang dilakukan untuk mendengarkan pendapat dari seorang ahli dalam bidang tertentu.

Dimana kegiatan ini akan dilaksanakan dengan cara menghadirkan sekelompok undangan tertentu.

Ciri-Ciri Teks Diskusi

ciri teks diskusi

Menurut Wiratno (2014) teks diskusi juga memiliki beberapa ciri khusus yang membedakannya dengan teks lain, berikut diantaranya:

  • Disusun dengan menggunakan struktur teks yaitu isu, argumen menentang, argumen pendukung, dan diakhiri dengan kesimpulan.
  • Mengandung verba material, verba relasional, dan verba mental secara proporsional.
  • Menggunakan modalitas untuk membangun opini dan rekomendasi.
  • Memanfaatkan konjungsi yang memberikan kontras. Contoh: namun, tetapi, namun demikian, sebaliknya, dan lainnya.

Selain itu, menurut Mulyadi (2014, hlm. 137) juga memberikan pernyataan tentang ciri atau karakterisitik dari teks diskusi, yaitu:

  • Bahasa yang digunakan menggunakan istilah umum, kata perbandingan dan kata pendukung atau kata penentang.
  • Struktur teksnya berupa argumen (pro dan kontra), isu, dan kesimpulan.

Kaidah Kebahasaan Teks Diskusi

kaidah kebahasaan diskusi

Selain struktur dan ciri, teks diskusi juga memiliki kaidah kebahasaan atau kaidah penulisan, yaitu sebagai berikut:

1. Mewakili Perasaan dan Pikiran

Kata mewakili pikiran dan perasaan ini akan mengekspresikan emosi dari si penulis.

Contoh: Pikir, yakin, kagum, terkejut, senang, ragu, suka, percaya, harap, dan lain sebagainya.

2. Menunjukkan Waktu Sekarang

Menggunakan kalimat yang menunjukkan waktu sekarang, karena pada umumnya topik bahasan teks diskusi adalah permasalahan aktuan yang sedang terjadi.

Contoh: Sedang, selamatkan, perlu, kini, perbaiki, hentikan, bertindak, dan lain sebagainya.

3. Kohesi Leksikal

Kohesi leksikal adalah sebuah efek kohesif yang melewati pemilihan kosa kata kohesi yang berbentuk pengulangan, sinonim, antonim, dan hiponim.

4. Bahasa Evaluatif

Menggunakan bahasa evaluatif yang bertujuan untuk mengkaji argumen dengan bukti pendukungnya.

Contoh: Menguntungkan masa depan, sangan jelas, berpikiran sangat terbuka, berpikiran sempit, tidap bisa diakui, sederhana, lebih mudah, dan lain sebagainya.

5. Konjungsi Perlawanan

Konjungsi adalah sebuah partikel yang dimanfaatkan untuk menghubungkan kata dengan klausa, klausa dengan klausa, frasa dengan frasa, dan kalimat dengan kalimat.

Sementara konjungsi perlawanan sendiri adalah kata hubung yang digunakan untuk menyatakan arti sebuah perlawanan atau saling berlawanan.

Konjungsi perlawanan menggunakan kata hubung seperti: Namun, akan tetapi, sedangkan, sebaliknya, dan tetapi.

6. Kohesi Gramatikal

Kohesi gramatikal adalah sebuah hubungan kohesif yang dicapai dengan cara pemakaian elemen serta aturan gramatikal yang mencakup substitusi, resonansi, dan eplipsis.

7. Modalitas

Modalitas adlah suatu karangan di dalam sebuah kalimat yang menyebutkan sikap pembicara pada hal yang sedang didiskusikan.

Contoh: Mengenai peristiwa, keadaan, perbuatan, dan sikap pada lawan bicaranya.

8. Kata Emotif

Menggunakan kata emotif yang bisa mempengaruhi pembaca seakan-akan dapat melihat dan merasakan emosi persoalan seperti yang ditulis atau dibicarakan.

Contoh: Menakjubkan, kumal, istimewa, liar, berharga, buas, ganas, unik, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Teks Diskusi

cara membuat teks diskusi

Secara umum berikut ini beberapa cara untuk menyusun teks diskusi:

  1. Menentukan topik permasalahan.
  2. Mencari tujuan (memberi penjelasan tentang argumen pro dan kontra).
  3. Mencari informasi atau data terkait permasalahan yang akan dibahas.
  4. Menyusun kerangka teks.
  5. Mengembangkan kerangka teks menjadi teks diskusi yang utuh dan sesuai struktur.
  6. Menyunting atau merevisi teks diskusi.

Sedangkan secara detail menurut Mulyadi (2015) terdapat beberapa langkah untuk membuat teks diskusi, yaitu:

1. Menentukan Topik

Langkah pertama yaitu menentukan topik yang mengandung pro dan kontra dalam masyarakat dan bersifat faktual serta kontekstual dan sedang hangat dibicarakan.

2. Mengumpulkan Data dan Bukti Pendukung

Data yang dikumpulkan merupakan data yang berhubungan dengan pro dan kontra pada isu yang sedang dibahas dan disertai alasan dan bukti pendukung.

Sumber data atau informasi tersebut juga harus faktual dan aktual yang bisa didapatkan dari wawancara dengan narasumber, pusat penelitian, lembaga survey, dan lain sebagainya.

3. Mencari Solusi

Solusi dapat ditentukan sesuai dengan pertimbangan dari data dan bukti pendukung yang didapatkan.

4. Memulai Penulisan

Selanjutnya yaitu memulai membuat teks diskusi yang diawali dengan kalimat isu, kemudian dilanjutkan dengan kalimat inti atau argumen pro dan kontra, yang kemudian diakhiri dengan kalimat penutup atau kesimpulan.

Contoh Teks Diskusi Beserta Strukturnya

Contoh Teks Diskusi Tentang Pendidikan

Pro Kontra Full Day School

1. Isu

Pendidikan tidak ada habisnya untuk dibicarakan, salah satunya yaitu tentang sistem full day school yang sudah mulai banyak diterapkan.

Sistem full day school ini memang memiliki sisi positifnya tersendiri dibanding sistem yang sudah lama diberlakukan. Akan tetapi, kalau terlalu lama di sekolah bukan tidak mungkin anak menjadi bosan dan kelelahan untuk belajar.

Sistem ini merupakan penerapan sistem pendidikan baru yang sedang diberlakukan di Indonesia.

Sistem full day scholl mengharuskan para siswa dan sisiwi untuk belajar di sekolah seharian mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 4 sore.

Jam tersebut dinilai terlalu panjang sehingga mengakibatkan banyak terjadinya pro dan kontra di kalangan masyarakat.

2. Argumen Pendukung (Pro)

Terdapat beberapa orang yang sangat mendukung dan menyetujui sistem ini untuk diberlakukan.

Oleh karena itu, sistem ini dianggap lebih membantu dan lebih baik dari sistem sebelumnya untuk bisa membuat murid lebih mudah dalam menghadapi era globalisasi.

Full day school dinilai dapat memberikan pelajaran, pendidikan, dan pelatihan yang cukup dan berkualitas bagi para murid.

3. Argumen Penentang (Kontra)

Namun banyak juga yang menentang dan tidak menyetujui sistem pendidikan ini. Mereka menganggap bahwa dengan panjangnya jam belajar dapat mengganggu konsentrasi anak.

Karena kadar konsentrasi setiap anak tentu berbeda-beda, dan ditakutkan dapat mengganggu konsentrasi mereka saat menerima pelajaran sehingga tidak maksimal.

Selain itu, dengan panjangnya jam belajar di sekolah juga membuat anak tidak bisa melakukan dan mengembangkan kegiatan di luar sekolah.

4. Kesimpulan

Sistem full day school sebenarnya bisa tepat sasaran. Namun, sekolah juga harus menyiapkan sarana dan prasarana yang mendukung.

Jika kegiatan di sekolah dibuat menarik, maka sistem ini justru akan membuat para siswa betah untuk belajar di sekolah.

Namun sebaliknya, jika sekolah kurang mendukung dalam hal sarana dan prasarana, maka murid pasti akan cepat bosan dengan sistem pembelajaran ini.

Contoh Teks Diskusi Tentang Sampah

Daur Ulang Sampah

Isu

Kehadiran sampah memang sangat meresahkan, terutama sampah plastik. Karena sampah plastik merupakah jenis sampah yang sangat susah untuk terurai di dalam tanah. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan daur ulang.

Argumentasi Pendukung (Pro)

Banyak penggiat lingkungan yang kemudian menyerukan dan melakukan daur ulang terhadap sampah plastik. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari proses daur ulang ini. Seperti untuk membuat pot bunga, dan barang lain dari plastik.

Daur ulang terbukti bagus untuk lingkungan, karena bisa mengurangi limbah yang mencemari lingkungan itu sendiri. Daur ulang juga terbukti bisa turut serta berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi kreatif masyarakat.

Argumen Penentang (Kontra)

Namun sayangnya, sebagian orang beranggapan bahwa daur ulang sampah bisa menimbulkan. Salah satunya yaitu menyebabkan polusi, khususnya untuk daur ulang sampah elektronik.

Kesimpulan

Daur ulang sampah merupakan salah satu solusi yang cukup baik untuk mengurangi sampah yang ada.

Namun proses daur ulang tentu harus memperhatikan berbagai aspek, salah satunya yaitu dengan menghindari atau mengurangi polusi dari proses tersebut.

Contoh Teks Diskusi Tentang Kesehatan

Minum Teh dari Sisi Kesehatan

Isu

Teh merupakan salah satu minuman favorit yang sudah ada sejak dulu, bahkan juga menjadi sebuah tradisi. Biasanya minuman teh akan disajikan ketika ada tamu, sebuah pertemuan, atau untuk teman sarapan pagi dan bersantai di malam hari.

Minuman ini diperkirakan sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu, dimana teh dipercaya sebagai minuman yang berkhasiat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tanaman teh sendiri berasal dari Asia Tenggara, dengan aroma dan rasanya yang khas menjadikan minuman ini disukai oleh banyak orang.

Meski bermanfaat, namun kebiasaan minum teh yang terlalu berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Argumen Pendukung

Di dalam teh terdapat berbagai kandungan aktif yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti vitamin C (150-250 mg%) dan vitamin E (25-70 mg%) yang bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh dan kesehatan jantung, polyphenols (10-25%) yang berguna sebagai antioksidan tubuh yang mampu mencegah kanker, kafein (45-50 mg%), B Carotene (13-20%), dan flour (0,1-4,2 mg/l) yang berfungsi untuk menguatkan gigi dan mencegah tumbuhnya karies pada gigi.

Argumen Penolak

Tapi dibalik manfaatnya tersebut, kebiasaan minum teh yang terlalu sering juga bisa berpengaruh buruk terhadap kesehatan.

Karena kandungan kafein yang ada di dalam teh bisa menyebabkan proses penyerapan makanan jadi terhambat.

Selain itu, kafein juga bersifat ketergantungan, sehingga tubuh akan terasa tidak fit juka belum mengkonsumsinya.

Sedangkan pada ibu hamil dan menyusui, kandungan kafein pada teh bisa mempengaruhi kelenjar ASI sehingga membuat kuantitas dan kualitas ASI menjadi kurang baik.

Zat kafein yang dikonsumsi bayi juga bisa mengakibatkan usus bayi menjadi kejang. Sementara kandungan mineral yang ada di teh juga bisa membantuk terbentuknya batu ginjal.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan manfaat teh bagi kesehatan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh lebih dari 1000 ml setiap harinya. Karena dalam jumlah tersebut kadar kafein masih bisa dikatakan normal dan aman dikonsumsi yaitu setara dengan 750 mg/hari.

Selain itu sebaiknya tidak terlalu banyak menambahkan air dan gula, karena bisa merusak kandungan baik yang ada di dalam daun teh itu sendiri.

Hindari juga meminum teh saat perut kosong, karena bisa meningkatkan produksi asam lambung sehingga bisa berpengaruh buruk pada sistem pencernaan.

Contoh Teks Diskusi Singkat

Bahaya Narkoba

Isu

Bahaya besar dari narkoba tentu sudah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Namun, hingga saat ini masih banyak ditemukan kasus penyalahgunaan narkoba.

Argumen Pendukung

Contoh bahaya dari penggunaan narkoba antara lain yaitu:

  • Kerusakan otak.
  • Mengganggu kinerja jantung.
  • Gangguan pada pembuluh darah.
  • AIDS.
  • Turunnya nafsu makan.
  • Gangguan pada paru-paru.
  • Gangguan pada fungsi reproduksi.
  • Kerusakan pada berbagai organ tubuh lainnya.

Argumen Penentang

Namun narkoba tidak sepenuhnya buruk, asalkan dipakai dengan benar dan sesuai dengan resep di dunia kesehatan.

Zat-zat psikotropika ini biasa digunakan di dunia medis untuk kebaikan. Salah satunya adalah untuk melakukan bius terhadap pasien. Tapi harus dengan dosis yang benar agar tidak menimbulkan bahaya.

Kesimpulan

Jika kamu sudah mengetahui berbagai bahaya dari narkoba. Sebaiknya hindari penyalahgunaan narkoba itu sendiri.

Contoh Teks Diskusi Tentang Corona

Bahaya Virus Corona

Isu

Hingga saat ini sudah cukup banyak korban yang terkena virus Corona. Angka kasus kematian juga terus meningkat di hampir semua negara.

Argumen Pendukung

Virus ini hadir karena kecerobohan manusia, dimana manusia tidak bisa menjaga kebersihan dengan baik, memakan makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi (extreme food), dan menyepelekan anjuran pemerintah untuk mencegah virus ini.

Argumen Kontra

Namun sebagian lainnya, menganggap bahwa datangnya virus ini disebabkan oleh teguran Allah SWT untuk menyadarkan umatnya.

Kesimpulan

Virus corona memang virus yang cukup mengerikan, virus tersebut memang berasal dari Yang Maha Esa, namun tentu juga karena ulah manusia itu sendiri.

Oleh karena itu, kita harus senantiasa ingat kepada Sang Pencipta. Selain itu kita juga harus mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah virus corona, yaitu dengan mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

Contoh Teks Diskusi Tentang Lingkungan

Pro Kontra Membakar Sampah

Isu

Sampah memang sudah menjadi salah satu masalah lingkungan yang mungkin tidak akan pernah terselesaikan.

Terlebih lagi sampah jenis plastik dan sampah anorganik lain yang susah untuk diurai di tanah.

Selain melakukan daur ulang, ada juga solusi lain yaitu dengan cara membakar sampah tersebut.

Argumen Pendukung

Membakar sampah terbukti mampu mengurangi jumlah sampah anorganik yang ada di lingkungan masyarakat.

Sebagian besar orang juga menyetujui dan melakukan hal ini, karena mereka menganggap bahwa tidak ada cara lain lagi selain melakukan daur ulang (bagi sampah yang masih bisa digunakan kembali) dan membakarnya (bagi sampah yang sudah tidak bisa digunakan lagi).

Argumen Kontra

Namun tidak sedikit juga yang tidak setuju dengan argumen tersebut, khususnya bagi para pecinta alam.

Mereka menganggap bahwa dengan membakar sampah itu hanya akan menimbulkan masalah baru, yaitu polusi udara.

Asap dari hasil pembakaran sampah tersebut justru akan mencemari udara dan bahkan merusak lapisan ozon.

Kesimpulan

Para penggiat lingkungan lebih memilih untuk melakukan proses daur ulang pada sampah.

Masalah penanggulangan sampah memang harus memilih jalan yang teat, maksudnya penyelesaian dari permasalahan tersebut harus disesuaikan dengan sampah itu sendiri.

Karena buktinya masih banyak sampah yang masih bisa dimanfaatkan, seperti sampah organik yang dijadikan sebagai kompos, dan berbagai sampah anorganik yang dijadikan sebuah kerajinan.

Solusi lainnya yaitu dengan mengurangi penggunaan sampah atau limbah plastik sekali pakai dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh Teks Diskusi Tentang Internet

Internet dan Penggunaannya

Isu

Internet terbukti dapat membawa keuntungan pada kehidupan masyarakat saat ini. Internet menawarkan berbagai kemudahan untuk mendapatkan informasi apapun.

Saat ini hampir semua kalangan dapat merasakan manfaat dari internet, termasuk juga para pelajar.

Argumen Pendukung

Dengan adanya internet, pelajar bisa dengan mudah mendapatkan berbagai informasi dan artikel mengenai kebutuhannya akan dunia pendidikan.

Kebanyakan tugas sekolah saat ini juga dapat dikerjakan dengan mudah melalui internet.

Argumen Kontra

Namun dibalik itu, internet juga memiliki dampak negatif bagi para pelajar. Karena di internet terdapat banyak sekali situs negatif yang bisa dengan mudah diakses oleh siapapun.

Isi konten dari beragam situs negatif itu juga bisa berdampak negatif terhadap pengunjungnya, khususya bagi pengunjung yang masih di bawah umur.

Kesimpulan

Oleh karena itu diperlukan himbauan bagi semua pihak untuk bijak dalam menggunakan internet. Khususnya bagi para orang tua dan guru untuk mengawasi dan mencegah anak-anak mengakses situs internet yang membawa dampak negatif.

Itulah materi Bahasa Indonesia mengenai teks diskusi, mulai dari pengertian, struktur, ciri khusus, jenis-jenis, kaidah kebahasaan, cara membuat, dan contohnya.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Website Name. All rights reserved.

Mediumish Theme by WowThemesNet.