Terbukti! Inilah Cara Mengatasi Suara Speaker Laptop Pecah

suara speaker laptop pecah

Suara Speaker Laptop Pecah – Salah satu komponen yang penting pada sebuah perangkat laptop adalah speaker. Speaker memiliki peran yang cukup penting karena memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara jika Anda sedang memutarkan sebuah musik atau video. Jika suara speaker laptop pecah tentunya menjadi masalah yang cukup serius.

Tentunya dengan suara speaker laptop yang pecah, Anda akan menjadi tidak nyaman ketika mendengarkan suara yang keluar dari laptop. Speaker yang pecah biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adlaah penjelasan singkat mengenai Suara Speaker Laptop Pecah.

Kenapa Suara Speaker Laptop Pecah?

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi suara speaker laptop pecah sebelah, Anda tentunya harus mengetahui beberapa penyebabnya terlebih dahulu. Mengetahui penyebabnya tentunya akan membuat Anda lebih mudah untuk menggunakan cara yang tepat memperbaiki speaker yang pecah.

Berikut ini adalah beberapa penyebab suara speaker laptop biasa menjadi pecah.

1. Sering Menggunakan Volume yang Berlebihan

Walaupun memang Anda diberikan kebebasan dalam mengatur volume suara dari speaker, namun terlalu sering menggunakan volume maksimal akan membuat suara speaker laptop menjadi pecah.

Walaupun akibatnya tidak akan langsung terlihat, lama kelamaan speaker laptop yang Anda gunakan suaranya akan pecah. Maka dari itu, lebih baik menggunakan volume yang wajar saja atau dapat menggunakan speaker eksternal.

2. Terdapat Kotoran di Speaker

Suara speaker laptop pecah juga dapat disebabkan oleh terlalu banyaknya kotoran yang menyumbat di speaker. Kotoran yang menyumbat tersebut tentunya akan membuat suara yang keluar dari speaker menjadi tidak jelas dan terdengar pecah.

Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini Anda dapat membersihkan debu yang menyumbat speaker tersebut. Anda dapat menggunakan kain halus untuk membersihkan speaker hingga benar-benar bersih.

Selain dapat membuat komponen speaker suaranya terdengar lebih jelas dan tentunya menjadi lebih awet, membersihkan speaker secara rutin juga akan membuat laptop menjadi lebih bersih dan lebih nyaman untuk dilihat.

3. Terbentur dengan Keras

Komponen speaker pada laptop yang terbentur cukup keras tentunya akan membuat fungsi dari speaker tersebut menjadi berkurang. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu berhati-hati jika membawa atau memindahkan laptop, usahakan jangan sampai terbanting dengan keras.

Cara Mengatasi Suara Speaker Pecah

Setelah mengetahui beberapa penyebab speaker laptop yang suaranya menjadi pecah, saat ini tentunya Anda harus memahami beberapa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi suara speaker laptop yang pecah.

1. Menggunakan Tools Bawaan yang Disediakan OS

  • Langkah pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan klik kanan pada ikon speaker yang terdapat di bagian kanan bawah layar.
  • Setelah itu pilih menu Open Volume mixer.
Setelah itu pilih menu Open Volume mixer.
  • Jika halaman volume mixer sudah muncul, pilih opsi Speakers.
Jika halaman volume mixer sudah muncul, pilih opsi Speakers.
  • Setelah itu akan muncul jendela Speakers Properties, Anda dapat menuju ke tab Levels lalu pilih tombol Balance.
Setelah itu akan muncul jendela Speakers Properties, Anda dapat menuju ke tab Levels lalu pilih tombol Balance.
  • Kemudian Anda dapat menghilangkan atau menurunkan volume hingga 0 pada speaker yang pecah. Lalu klik tombol OK.
Kemudian Anda dapat menghilangkan atau menurunkan volume hingga 0 pada speaker yang pecah. Lalu klik tombol OK.
  • Selesai, nantinya suara yang akan keluar menjadi lebih bersih jika dibandingkan suara sebelumnya.

2. Menggunakan Speaker Eksternal

Cara memperbaiki suara speaker laptop yang pecah selanjutnya adalah dengan menggunakan bantuan speaker eksternal. Jika cara sebelumnya tidak efektif dan speaker masih mengeluarkan suara yang pecah, cara ini dapat Anda coba gunakan.

Tentunya dengan menggunakan speaker eksternal, suara yang dihasilkan menjadi lebih bagus dibandingkan suara yang keluar dari speaker laptop. Tidak hanya itu saja, speaker eksternal pun dapat menghasilkan volume suara yang lebih besar.

3. Mengganti Speaker Laptop

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki suara speaker laptop yang pecah adalah dengan mengganti komponen speaker tersebut.

Cara ini memang efektif akan membuat suara speaker menjadi normal, namun tentunya Anda harus mengeluarkan biaya untuk mengganti komponen speaker tersebut. Disarankan untuk mengganti komponen speaker dengan speaker originalnya agar lebih awet.

Cara memperbaiki suara speaker laptop pecah di atas tentunya sangat berguna, tentunya bagi orang awam yang tidak terlalu memahami masalah laptop. Cara ini pun dapat digunakan untuk segala jenis laptop, mulai dari Asus, Toshiba, hingga Axioo.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]