Samsung Galaxy S20 Ultra : Spesifikasi, Harga dan Review

samsung galaxy s20 ultra

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan model yang paling tinggi pada seri Galaxy S20. Banyak yang mengatakan bahwa smartphone ini memiliki keunggulan dari berbagai sisi. Jika dilihat dari segi tampilan, fitur, performa, hingga baterai, Galaxy S20 Ultra jauh lebih unggul dari varian Galaxy S20 yang lain. Jadi, tidak heran jika smartphone ini menjadi pilihan para pengguna.

Hal paling mengagumkan yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra ini, yakni pengaturan kameranya yang sangat profesional. Bahkan ini berhasil membuatnya masuk ke dalam “Top 10 Performers” pada bulan Mei 2020 lalu, yang ditulis di situs DxOMark. Jika Anda penasaran dengan ponsel yang satu ini, simak informasi lengkap sebagai berikut.

Spesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra

DetailSpesifikasi Samsung Galaxy S20 Ultra
OSAndroid
OS verAndroid 10.0, One UI 2
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUSamsung Xynos 990 (7 nm_) – Global
Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 (7 nm_) – USA
Octa-core
Kecepatan CPU2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.60 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55 (Global), 1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585 (USA)
Memori Internal128GB, 256GB, 512GB
RAM12GB, 16GB
Memori EksternalmicroSD, up to 1TB
BateraiNon-removable, Li-Po 5.000 mAh Fast battery charging 45W
Ukuran Layar6.9 inci
Resolusi LayarQHD+ 3200 x 1440 pixels
Kamera Belakang108MP + 48MP + 12MP + 0.3MP
Kamera Depan40MP
Dimensi166.9 x 76.0 x 8.8 mm
Berat220 gram

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti yang telah diketahui, bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra masuk dalam jajaran smartphone flagship atau kelas atas. Untuk harganya sendiri, ponsel yang satu ini memiliki banderol harga sebesar 18 jutaan rupiah.

Walaupun harganya terbilang tinggi, namun Anda akan memperoleh banyak keuntungan dan kemudahan dari spesifikasi yang dibawahnya. Mulai dari tampilan yang terkesan sangat berkelas, fitur-fitur yang sangat lengkap, performa mumpuni, dan daya baterai besar yang mampu mendukung penggunaannya.

Jika dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya, Galaxy S20 Ultra ini memiliki banyak keunggulan yang patut untuk Anda perhitungkan.

Kelebihan Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti yang sebelumnya telah dijelaskan, bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra jelas memberikan banyak sekali kelebihan bagi para penggunanya. Terlepas dari kelasnya, smartphone ini siap untuk menjadi pendamping Anda dalam melakukan berbagai macam aktivitas sehari-hari.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut beberapa kelebihan dari Galaxy S20 Ultra:

1. Layar dengan Kualitas Tinggi

Samsung seri ini hadir dengan membawa layar berdimensi sangat besar. Smartphone ini menawarkan layar berukuran 6,9 inci. Layar tersebut memiliki resolusi sebesar 1440 x 3200 piksel. Tentunya pengaturan layarnya bisa diubah menjadi resolusi Full HD.

Nah, pada bagian panel, Samsung memberikan panel layar bernama Dynamic AMOLED 2X capacitive touchscreen. Layar ponsel satu ini, telah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 6, sehingga tahan terhadap berbagai goresan. Selain itu, Anda juga akan menemukan fitur Always-on display dan HDR 10+.

Tidak ketinggalan, Samsung juga memberikan refresh rate 120Hz FHD pada layar Galaxy S20 Ultra. Sedangkan untuk mode normal, memiliki refresh rate sebesar 60Hz QHD.

2. Kualitas dan Fleksibilitas Kamera yang Sangat Baik

Galaxy S20 Ultra datang dengan membawa kombinasi empat buah kamera di bagian belakang. Tentunya hal ini lebih spesial jika dibandingkan dengan Galaxy S20 Plus atau Galaxy S20, karena hanya memiliki tiga kamera belakang.

Kombinasi tersebut, berupa kamera depth 0,3 MP, kamera ultrawide 12 MP, kamera periscope 48 MP, dan kamera ultrawide 108 MP. Untuk pemotretan di mode alam, sudah tergolong bagus. Namun, justru yang lebih mengesankan dari kamera Galaxy S20 Ultra ini adalah kamera ultra wide 12 MP-nya.

Kamera ini mampu menghasilkan gambar yang cocok dengan sensor utama untuk segi warna dan pencahayaan. Bahkan kamera ultrawide 12 MP ini, lebih baik jika dibandingkan dengan kamera ultra wide 12 MP milik ponsel pesaing.

3. Kamera Periscope Telefoto yang Berkualitas

Salah satu kamera yang dibenamkan di bagian belakang ponsel ini, adalah kamera Periscope 48 MP. Kamera ini mempunyai fitur OIS, PDAF, serta kemampuan hingga 10x hybrid optical zoom.

Samsung sendiri telah mengklaim, jika kemampuan zoom dari kameranya dapat mencapai 100x untuk kebutuhan Space Zoom. Namun, kemampuan zoom 10x di ponsel ini sudah termasuk fantastis. Jika menggunakan fitur zoom 10x pada ponsel ini, tentunya akan menghasilkan foto yang luar biasa dengan detail yang sangat baik.

Bahkan kemampuan ini tidak bisa dicapai oleh Pixel 4 atau iPhone 11 Pro. pastinya hal ini sangat berkesan, ketika kamera periscope pada Galaxy S20 Ultra tersebut menjadi salah satu peringkat nilai jualnya.

4. Performa Terbaik di Kelasnya

Samsung Galaxy S20 Ultra ini menggunakan chipset Exynos 990. Chipset tersebut dibangun dengan menggunakan proses vibrasi 7 nm+, dan merupakan chipset kelas atas besutan Samsung. Dengan chipset yang satu ini, maka Galaxy S20 Ultra mampu menjalankan aplikasi dan juga game dengan baik tanpa takut akan kendala lag atau patah-patah.

Sebenarnya chipset Exynos 990 ini juga tersemat pada Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus. Jadi, jika dilihat dari secara perfomanya, ketiga ponsel tersebut memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Terlebih lagi, ketiganya juga telah menggunakan RAM bertipe LPDDR5 serta storage UFS 3.0 yang membuat kinerja smartphone semakin meningkat.

5. Pengisian Daya yang Cepat

Samsung memberikan Galaxy S20 Ultra ini charger dengan kekuatan 25W. Tentunya, dengan charger tersebut pengisian daya pada smartphone akan berjalan sangat cepat.

Menurut beberapa percobaan yang telah dilakukan, pengisian daya selama setengah jam mampu mencapai angka 64%. Sedangkan untuk mencapai daya penuh, hanya diperlukan waktu selama 58 menit saja.

Namun hal yang lebih menarik lagi, yakni Galaxy S20 Ultra juga telah mendukung pengisian daya menggunakan charger 45W. Tentu saja, penggunaan charger dengan daya sebesar 4W tersebut, akan membuat pengisian daya yang dilakukan bisa lebih cepat lagi. Padahal pengisian daya menggunakan charger 25W saja sudah tergolong cepat.

6. Kualitas Speaker Terbaik

Salah satu hal yang jarang diperhatikan oleh para produsen smartphone adalah kualitas audionya. Namun sebagai smartphone kelas flagship, tentunya Samsung Galaxy seri S20 Ultra ini menghadirkan kualitas audio yang terbaik.

Kualitas speaker stereo yang dimiliki oleh ponsel ini, benar-benar bagus dan dapat mengeluarkan suara yang keras.

Kekurangan Samsung Galaxy S20 Ultra

Meskipun mempunyai banyak kelebihan, namun smartphone ini juga memiliki kekuranga. Ya, Galaxy S20 Ultra memang tergolong dalam smartphone flagship. Namun, hal itu bukan berarti smartphone ini tidak mempunyai kekurangan sama sekali, seperi halnya smartphone flagship yang lain.

Untuk itu, berikut ini beberapa kekurangan dari Galaxy S20 Ultra:

1. Baterai Boros pada Mode Layar 120Hz

Baterai yang dibawa oleh Samsung Galaxy S20 Ultra ini memiliki kapasitas daya sebesar 5000 mAh. Jika dilihat untuk ponsel lain yang di bawah kelasnya, tentunya kapasitas baterai tersebut sudah tergolong besar.

Namun, mengingat ukuran layar dan fitur yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra ini, kapasitas baterai 5000 mAh terkesan pas-pasan. Hal yang menjadi masalah, yakni dimensi layar sebesar 6,9 inci dan dukungan refresh rate 120Hz.

Jadi, ketika Anda menggunakan mode refresh rate 120 Hz atau maksimal, maka akan membuat daya tahan pada baterai menjadi lebih boros. Jadi, jika tidak benar-benar diperlukan, alangkah baiknya Anda tetap menggunakan mode 60 Hz saja.

2. Kemampuan Sidik Jari Masih Kalah dari Kompetitor

Ternyata Galaxy S20 Ultra memiliki satu kekurangan yang terasa sangat mengecewakan, yaitu respon pada sidik jari pada layar yang terkesan lambat.

Menurut beberapa pengguna, mereka mengatakan bahwa masalah sidik jari tersebut sudah terjadi pada Samsung Galaxy S10. Jadi dapat dikatakan, bahwa tidka ada peningkatan dari Samsung terkain sidik jari.

3. Desain Membosankan pada Build Quality yang Bagus

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki desain besar yang cukup menarik. Desain bodi pada smartphone ini terbuat dari frame aluminium yang membuatnya terlihat berkelas.

Terlebih lagi, Galaxy S20 Ultra juga memiliki sertifikasi tahan air. Namun, desain bodi pada smartphone ini terlihat membosankan, dan tidak ada yang berbeda dengan seri Galaxy S20 yang lain.

4. Tidak Memiliki Audio Jack

Sepertinya, masalah yang ada pada Samsung Galaxy S20 dan Galaxy S20 Plus juga terjadi pada Galaxy S20 Ulra. Ketiga smartphone tersebut sama-sama tidak memiliki port jack audio 3,5 mm.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan speaker atau headset, hanya bisa melalui koneksi bluetooth. Tentunya hal ini bisa menjadi bukti, jika kedepannya port audio jack akan benar-benar hilang dan tidak terpasang lagi pada smartphone.

5. Harga yang Terlalu Mahal

Spesifikasi dan juga fitur yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra ini, membuatnya memiliki banderol harga sebesar 18,9 juta rupiah. Bagi beberapa pengguna, tentunya harga tersebut terasa cukup mahal.

Namun, mengingat bahwa smartphone ini berada di jajaran kelas flagship, jadi wajar saja jika Samsung membanderolnya dengan harga yang mahal.

Review Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti yang telah diketahui, bahwa Samsung Galaxy S20 Ultra merupakan varian tertinggi dari seri Samsung Galaxy S20. Selain masuk ke dalam kategori smartphone flagship, kata “Ultra” pada namanya ini menunjukkan, bahwa smarpthone tersebut memiliki spesifikasi dan juga fitur yang lebih unggul dari varian S20 lainnya. Untuk lebih jelasnya lagi, simak informasi sebagai berikut:

1. Desain Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra hadir dengan membawa layar berdimensi 6,9 inci. Layar tersebut dibalut dengan panel super dynamic amoled serta memiliki resolusi sebesar 3200 x 1440, yang lebih dilengkapi refresh rate paling tinggi mencapai 120 Hz.

Pada refresh rate yang terbilang besar itu, akan membei pengalaman baru bagi Anda dalam menggunakan smartphone. Namun dengan refresh rate 120 Hz, smartphone ini akan mengonsumsi lebih banyak daya baterai.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan refresh rate 60 Hz, tentunya membuat penggunaan daya baterai menjadi lebih hemat. Layar pada Galaxy S20 Ultra ini telah mengusung super amoled. Jadi, gambar yang ditampilkan akan terasa nyaman di mata dan tentunya lebih berwarna.

Untuk bodinya, ponsel ini memiliki tampilan yang terlihat bohay. Walaupun jauh dari kata compact, namun S20 Ultra tetap terasa nyaman digenggam menggunakan satu atau dua tangan.

Cover pada bodi Galaxy S20 Ultra ini terbuat dari material kaca, baik itu pada bagian depan maupun belakang. Kedua bagian tersebut juga sudah dilindungi dengan menggunakan proteksi corning gorilla glass 6, sehingga tahan terhadap goresan.

2. Hardware & Software Samsung Galaxy S20 Ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra menggunakan chipset Exynos 990 untuk daya pacunya, dengan fabrikasi 7nm. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa Exynos 990 adalah chipset besutan Samsung terbaru yang membawa banyak sekali improvement.

Selain itu, chipset ini juga didampingi GPU Mali G77 MP11 serta LPDDR5 Memory yang mampu memperkuat performa ponsel ini.

Galaxy S20 Ultra mempunyai konfigrasi penyimpanan internal sebesar 128 GB dengan RAM 12 GB. Dengan memori tersebut, Anda bisa menginstal dan memainkan berbagai macam aplikasi tanpa perlu takut akan kendala, layaknya lag atau patah-patah.

Untuk tampilan antarmuka, Galaxy S20 Ultra menggunakan Samsung One UI. Samsung One UI sendiri, memang terkenal dengan tampilannya yang terlihat bersih, rapi, kaya akan fitur, dan yang paling pasti stabil.

Anda juga bisa menemukan fitur dark mode yang sudah support untuk berbagai macam aplikasi ketiga, seperti Instagram dan WhatsApp.

3. Kamera Samsung Galaxy S20 Ultra

Pada sektor kamera, Samsung Galaxy S20 Ultra membawa 4 kamera belakang dengan 0,3 MP depth, 12 MP ultra wide, 48 MP telefoto, dan 108 MP wide angle yang tersusun di dalam satu kotak menonjol pada bagian belakang.

Kamera tersebut sudah didukung dengan fitur OIS (Optical Image Stabilizer), yang mampu memudahkan Anda untuk mengambil gambar dengan stabil. Kamera pada smartphone ini juga telah dilengkapi dengan 4x optical zoom serta 10x hybrid zoom, sehingga gambar yang dihasilkan bisa menjadi lebih baik.

Tentunya kemampuan zoom pada ponsel ini sangat berguna untuk mengambil objek-objek yang susah dijangkau. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur 100x zoom pada kamera ini ketika melakukan kegiatan fotografi. Dijamin hasilnya tidak akan mengecewakan Anda.

Tidak hanya fotografi saja, namun Galaxy S20 Ultra juga menyediakan berbagai fitur yang sangat mendukung segala kebutuhan dalam proses pembuatan sebuah video. Dengan sensor kamera yang mumpuni, maka Galaxy S20 siap untuk Anda jadikan sebagai perangkat perekam video.

Untuk hasil perekaman video 4K, Anda dapat memperoleh fram rate sebesar 60 fps dengan tingkat stabilitas yang tinggi dan saturasi yang akurat.

Anda juga bisa mencoba untuk merekam video 8K, namun gambar yang dihasilkan masih terpotong. Jadi, untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal, maka posisi Anda harus lebih mundur.

4. Konektivitas Samsung Galaxy S20 Ultra

Untuk konektivitasnya, Galaxy S20 Ultra memiliki konektivitas Wifi 802. 11 a/b/g/n/ac/6, Wifi Direct, dual-band, dan hotspot. Smartphone ini juga membawa fitur bluetooth 5.0, LE, dan ADP.

Selain itu, Anda juga akan menemukan beberapa GPS, seperti A-GPS, BS, GLONASS, dan GALILEO. Untuk port USB, ponsel ini menggunakan USB Type-C 3.2.

5. Baterai Samsung Galaxy S20 Ultra

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa Samsung membekali Galaxy S20 Ultra ini dengan kapasitas daya baterai sebesar 5000 mAh.

Mungkin untuk smartphone lain, kapasitas baterai tersebut sudah tergolong besar dan mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Namun, berbeda dengan varian Galaxy S20 yang satu ini.

Apabila Anda menggunakan refresh rate 120 Hz, maka daya baterai akan lebih cepat terkuras. Menurut uji coba yang pernah dilakukan, penggunaan frame rate 120 Hz pada Galaxy S20 Ultra hanya akan bertahan kurang lebih selama 2 jam saja untuk penggunaan maksimal.

Namun, jika Anda menggunakan frame rate 60 Hz, maka daya ponsel ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Jadi, untuk masalah baterai Anda bisa mengatur pemakaian ponsel agar tidak cepat habis.

Jika Anda sudah mengeahui beberapa informasi mengenai Samsung Galaxy S20 Ultra di atas, apakah siap untuk segera memilikinya? Nah, Anda pertimbangkan saja terlebih dahulu tentang kelebihan, kekurangan, spesifikasi, dan juga segala fitur yang dimiliki oleh Galaxy S20 Ultra tersebut.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here