Samsung Galaxy Note 20: Spesifikasi, Harga dan Review

samsung galaxy note 20

Melalui ajang Galaxy Unpacked yang diadakan secara virtual pada bulan Agustus lalu, secara resmi Samsung telah merilis smartphone terbaru mereka yakni Galaxy Note 20. Samsung Galaxy Note 20 ini hadir sebagai ponsel pintar yang menghuni kelas high-end, dan tentunya siap memberikan persaingan yang ketat bagi para kompetitornya.

Samsung Galaxy Note 20 hadir dengan membawa tampilan yang modis dan memberikan kesan elegan bagi para penggunanya. Tidak hanya soal tampilan, smartphone yang satu ini juga menghadirkan spesifikasi terbaik dengan fitur-fitur unggulan. Nah, jika Anda penasaran dengan smartphone high-end terbaru Samsung ini, maka simak informasi yang ada di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 20

Berikut detail Spesifikasi dari Samsung Galaxy Note 20, reguler versi murah!

DetailSpesifikasi Samsung Galaxy Note 20
OSAndroid
OS verAndroid 10, One UI 2.5
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUSamsung Exynos 990 (7nm+) – Global
(2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.50 GHz Cortex-A76 & 4×2.0 GHz Cortex-A55)

Qualcomm SM8250 Snapdragon 865+ (7 nm+) – USA
Octa-core (1×3.0 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585)
Memori Internal256GB
RAM8GB
Memori EksternalNo
BateraiNon-removable Li-Ion 4.300 mAh
Fast charging 25W
USB Power Delivery 3.0
Fast Qi/PMA wireless charging
Reverse wireless charging 9W
Ukuran Layar6.7 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels, Super AMOLED Plus
HDR10+
Kamera Belakang64MP + 12MP + 12MP
Kamera Depan10MP
Dimensi161.6 x 75.2 x 8.3 mm
Berat192 gram

Harga Samsung Galaxy Note 20

Untuk fase pre-order Samsung Galaxy Note 20, telah dimulai pada tanggal 6 Agustus sampai 19 Agustus 2020 lalu melalui situs resmi Galaxy Launch Pack dan juga beberapa e-commerce seperti JD.id, Blibli, Lazada, Tokopedia, dan juga Shopee. Nah, karena saat ini Galaxy Note 20 telah resmi rilis, maka Anda tidak perlu kesusahan melakukan pre-order.

Samsung sendiri membanderol Galaxy Note 20 tersebut dengan harga Rp 14.499.000. Jika dibandingkan dengan beberapa smartphone produk dari vendor lain, tentunya angka tersebut masih lebih murah. Meskipun begitu, tapi kualitas dari HP yang satu ini tidak perlu untuk dipertanyakan lagi. Dapat dipastikan harga tersebut sanggup membayar semua hal yang diberikan oleh Galaxy Note 20.

Kelebihan Samsung Galaxy Note 20

Apabila Anda merupakan penggemar smartphone kelas flagship, tentunya tidak boleh kelewatan untuk mencoba ponsel yang satu ini. Samsung Galaxy Note 20 hadir dengan membawa segudang kelebihan yang diperuntunkan bagi para penggunanya. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy Note 20.

1. Layar Tajam dengan Teknologi HDR10+

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy Note 20 ini membawa layar dengan kualitas yang luar biasa, terutama smartphone dengan banderol harga yang ditawarkan. Layar dari smartphone ini menggunakan jenis panel Super AMOLED yang berukuran seluas 6,7 inci dan dibalut dengan teknologi Full HD+ (1080 x 2400 piksel).

Layar pada ponsel ini juga memiliki kerapatan piksel 393 ppi dengan aspek rasio 20:9. Untuk memberikan kontras rentang dinamis yang terlihat lebih luas, Samsung juga memberikan songkokan teknologi HDR10+ pada Galaxy Note 20 ini. Dengan ukurannya yang lebih kecil dari versi Ultranya, Galaxy Note 20 ini cocok bagi Anda yang menyukai ukuran layar tidak terlalu besar.

2. Daya Baterai yang Tahan Lama

Untuk menunjang penggunaan smartphone yang bisa bertahan dalam waktu lebih lama, pastinya Samsung tidak lupa untuk memberikan baterai dengan kapasitas daya yang mencukupi. Oleh sebab itu, Galaxy Note 20 ini hadir dengan bateria bertipe Lithium-Ion berkapasitas 4.300 mAh. Tentunya hal ini menjadi peningkatan drastis dair seri Galaxy Note 10 yang hanya membawa baterai berkapasitas 3.500 mAh.

Dengan menggunakan baterai yang memiliki kapasitas daya sebesar 4.300 mAh ini, tentunya Anda tidak perlu khawatir lagi akan bayang-bayang low batt pada saat menggunakan Galaxy Note 20. Di pasaran, HP flagship dengan baterai lebih dari 4.000 mAh sudah termasuk besar. Apaalgi Galaxy Note ini dilengkapi dengan opsi tampilan true black, yang membuat penggunaan baterai menjadi lebih hemat.

3. Tambahan S Pen

Samsung Galaxy Note 20 ini memang diperuntukkan bagi Anda yang mempunyai tingkat produktivitas tinggi agar lebih fleksibel. Maka dari itu, Samsung turut menyediakan Sylus yang penggunaannya terasa sangat nyaman. Adanya Stylus yang bernama S Pen ini mampu membuat penggunanya untuk lebih mudah ketika akan menggambar, mencatat, maupun melakukan navigasi di smartphone.

Pengembangan perangkat lunak pada smartphone yang satu ini, juga telah diklaim mampu mengoptimasi penggunaan S Pen daripada seri-seri yang sebelumnya. Untuk S Pen pada Galaxy Note 20 ini, Anda dapat menggunakannya dengan tambahan beberapa gesture baru. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan S Pen ini di aplikasi apa saja dan kapan saja ketika dibutuhkan.

Tidak hanya sampai disitus saja, namun S Pen ini juga digunakan sebagai remote control untuk monitor tambahan seperti hanya Smart TV dengan jarak maksimal hingga 10 meter. Menurut para pengguna yang telah mencoba, mereka mengaku bahwa penggunaan dari S Pen ini sangat terasa seperti asli karena latensi-nya yang sangat rendah yaitu hanya 26 milidetik.

4. Kamera Dengan Fitur yang Canggih

Seperti yang telah diketahui, bahwa smartphone sekelas Galaxy Note 20 ini tentunya hadir dengan membawa kamera yang memiliki kualitas sangat baik. Bukan hanya ada pada bagian kamera depannya saja, namun ponsel ini juga hadir dengan membawa berbagai macam fitur kamera yang cukup jarang ditemukan pada ponsel lain di kelas high-end.

Pada bagian belakang ponsel, Anda akan melihat konfigurasi tiga buah kamera yang disusun secara vertikal. Tiga kamera tersebut terdiri dari lensa ultra-wide 13 MP, lensa telefoto 64 MP, dan juga lensa utama sebesar 12 MP. Memang lensa tele yang dibawa oleh ponsel ini bukanlah periskop layaknya pada Galaxy Note 20 Ultra, namun kemampuan zoom yang dimiliki tampak tajam dan jernih.

Selain itu, fitur perekaman yang ditawarkan oleh Galaxy Note 20 ini sangat inovatif karena dukungan dari resolusi 8K, dibantu dengan fitur Pro Video Mode yang mampu mengatur suara pada saat proses perekaman berlangsung, menyesuaikan mic pada arah sumber suara, dan banyak lagi yang lain. Dengan ini, maka Galaxy Note 20 sangat cocok bagi Anda yang suka dengan kegiatan semacam vlogging.

5. Wireless Samsung DeX

Anda ingin memperoleh pengalaman desktop ketika sedang menggunakan ponsel? Maka Samsung akan memberikannya dengan menggunakan Wireless Samsung DeX. Dengan fitur yang satu ini, maka Anda dapat menghubungkan smartphone dengan smart TV sebagai extended monitor tanpa perlu menggunakan bantuan dari kabel HDMI. Alhasil, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan dalam satu waktu yang sama.

Contohnya saja pada saat Anda sedang melakukan presentasi menggunakan layar TV, maka ponsel dapat digunakan sebagai media controller atau sembari digunakan untuk membalas pesan singkat secara bersamaan. Dnegan ada fitur yang satu ini, maka dijamin tingkat produktivitas para penggunanya bisa lebih meningkat hingga 2 kali lipat.

Tidak hanya dalam urusan pekerjaan saja, namun dalam kegiatan hiburan pun juga bisa lebih ditingkatkan lagi dengan memanfaatkan HP sebagai alat navigasi, sedangkan film yang Anda sukai dapat diputar di Smart TV. Semua kegiatna yang dilakukan tersebut, hanya diotaki oleh satu perangkat saja, yakni Samsung Galaxy Note 20 tanpa perlu bantuan dari PC atau laptop.

6. Bobot Lebih Ringan dan Ukuran Bodi Lebih Kecil

Mungkin banyak orang yang kagum setelah melihat Galaxy Note 20 Ultra. Akan tetapi, versi Ultra tersebut memang memiliki ukuran yang tergolong besar dengan bobot yang tentunya tidak ringan. Nah, jika Anda menginginkan fitur-fitur canggih layaknya Galaxy 20 Ultra dengan bobot yang lebih ringan, maka Samsung Galaxy Note 20 ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Dengan bobotnya yang hanya seberat 192 gram saja, maka Anda tidak akan merasa pegal ketika menggunakannya meskipun hanya menggunakan satu tangan saja. Sementar auntuk ukurannya, smartphone ini memiliki dimensi berukuran 161.6 x 75.2 x 8.3 mm. Meskipun bukan ukuran yang paling kecil di kelasnya, namun ukuran ini masih wajar mengingat berbagai macam teknologi yang dibawanya.

Kekurangan Samsung Galaxy Note 20

Sebelum Anda membeli Samsung Galaxy Note 20 ini, jangan hanya melihatnya dari kelebihan yang dimilikinya saja. Namun Anda juga perlu mengetahui kekurangan yang dimilikinya. Setiap smartphone pasti memiliki kekurangan, dan hanya penggunanya sendiri yang dapat mengatasinya. Untuk itu, berikut beberapa kekurangan dari Galaxy Note 20.

1. Hanya Membawa Corning Gorilla Glass 5

Sebagai salah satu smartphone dengan harga di atas 10 juta, tentunya sangat disayangkan karena Samsung Galaxy Note 20 ini hanya membawa Corning Gorilla Glass 5 saja untuk proteksi layarnya. Hal ini dikarenakan seri Note 20 digadang-gadang akan menjadi HP flagship dengan berbagai inovasi terkini, sehingga rasanya cukup aneh karena belum menghadirka Corning Gorilla Glass 6.

Meskipun begitu, sebenarnya Corning Gorilla Glass 5 ini bukanlah versi paling buruk untuk proteksi layar, karena masih mampu memberikan pertahanan pada layar HP yang sangat baik, sekalipun HP sudah pernah terjatuh berulang kali. Akan tetapi, hanya disayangkan saja jika HP seharga lebih dari 10 juta belum mampu menghadirkan proteksi layar yang terbaik.

2. Hanya Menyediakan Refresh Rate 60 Hz

Terlepas dari layarnya yang telah menggunakan teknologi HDR10+ serta panel Super AMOLED, Galaxy Note 20 ini masih membawa refresh rate yang standar yakni 60 Hz saja. Jika dibandingkan dengan berbagai smartphone lain di kelas high-end, tentunya refresh rate tersebut masih tergolong kecil. Biasanya HP kelas high-end ini membawa refresh rate sebesar 90 Hz hingga 120 Hz.

Dapat dikatakan bahwa hal ini merupakan kekurangan yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum Anda membeli Galaxy Note 20 tersebut. Hanya dengan menggunakan refresh rate sebesar 60 Hz, maka Anda hanya bisa menikmati tampilan pergerakan layark yang biasa-biasa saja. Berbeda dengan smartphone dengan refresh rate 90 Hz atau 120 Hz.

3. Chipset yang Masih Kalah Saing

Sebagai salah satu smartphone canggih keluaran Samsung, tentunya Galaxy Note 20 ini telah dibekali dengan kemampuan hardware yang mampu mendukung kegiatan produktivitas serta gaming. Di pasar Indonesia sendiri, Samsung Galaxy Note 20 ini diotaki dengan chipset besutan dari Samsung, yaitu Exynos 990 yang memiliki fabrikasi 7nm+.

Chipset yang satu ini, merupakan generasi yang paling mutakhir dari seri Exynos pada saat Galaxy Note 20 dirilis. Namun, masalahnya yakni Exynos 990 tersebut masih tergolong biasa saja jika dilihat dari segi performa apabila dibandingkan dengan ponsel lain dengan kisaran harga yang sama. Bahkan kekurangan ini juga dialami oleh Galaxy Note 20 Ultra karena membawa chipset yang sama.

4. Teknologi Fast Charging 25 W yang Terasa Biasa Saja

Meskipun Samsung Galaxy Note 20 ini turut menghadirkan teknologi wireless charging, namun disayangkan ponsel tersebut belum memiliki kemampuan fast charging yang serta dengan ponsel-ponsel kompetitor. Biasanya ponsel dengan rentang harga yang sama, sudah dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat antara 40W hingga 65W.

Rasanya memang agak aneh ketika mendengar Galaxy Note 20 ini hanya membawa teknologi fast charging sebesar 25W saja. Dengan menggunakan fitur pengisian daya cepat yang cukup terbatas ini, Galaxy Note 20 akan terasa seperti smartphone dari kelas di bawahnya. Hal ini juga menjadi sebuah kekurangan, karena waktu pengisian daya akan berjalan lebih lambat.

Review Samsung Galaxy Note 20

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Samsung Galaxy Note 20 di atas, apakah sudah siap segera memiliki perangkat tersebut? Jangan tergesa-gesa dulu. Ada baiknya jika Anda mengetahui review singkat mengenai Galaxy Note 20. Langsung saja simak informasi yang ada di bawah ini.

1. Desain Samsung Galaxy Note 20

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy Note 20 ini memiliki desain yang terkesan modern tapi tetap minimalis. Ponsel ini membawa layar yang membentang seluas 6,7 inci, dengan resolusi sebesar 1080 x 2400 pikse. Ponsel ini juga menggunakan desain layar Infinity-O dengan adanya lubang kamera selfie di bagian atas layar.

2. Hardware & Software Samsung Galaxy Note 20

Dapur pacu yang digunakan oleh Samsung Galaxy Note 20, adalah SoC atau System on Chip Exynos 990 dengan fabrikasi mencapai 7nm+. Prosesor tersebut dibantu dengan menggunakan CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A55 & 2×2.73 GHz Mongoose M5 & 2×2.250 GHz Cortex-A76). Untuk urusan grafis, ponsel yang satu ini mengandalkan GPU Mail-G77 MP11.

Di beberapa negara Galaxy Note 20 sudah dibekali dengan teknologi jaringan 5G. Untuk urusan penyimpanan, smartphone ini dibekali dengan varian RAM 8 GB dan ROM 128 GB atau RAM 8 GB dan ROM 256 GB. Dengan besarnya kapasitas ROM yang dimilikinya, tentunya Anda bisa menyimpan berbagai macam data dan juga menginstal banyak aplikasi secara bersamaan.

3. Kamera Samsung Galaxy Note 20

Pada sisi fotografi, Samsung Galaxy Note 20 ini dibekali dengan tiga buah kamera belakang yang terdiri dari kamera ultra wide 12 MP, kamera wide angle 12 MP, dan juga kamera telefoto 64 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, ponsel yang satu ini mengandalkan kamera selfie dengan resolusi sebesar 10 MP. Ini kali kedua di mana Samsung menggunakan kamera depan 10 MP pada kamera depan produknya.

Dengan menggunakan kamera belakang tersebut, tentunya Anda bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Lensa tele yang dimilikinya, juga memungkinkan Anda untuk memperoleh fokus dan ketajaman tertinggi ketika melakukan zoom pada objek yang akan diambil. Sedangkan kamera selfie 10 MP ini, juga memungkinkan Anda untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.

4. Konektivitas Samsung Galaxy Note 20

Sebagai smartphone yang berada di kelas flagship, tentunya Anda akan menemukan fitur-fitur unggulan yang biasanya digunakan pada ponsel di kelas tersebut. Di mana Anda akan menemukan beberapa fitur wajib seperti Bluetooth, Wifi, Radio, Navigasi, NFC, dan juga USB Type-C.

5. Baterai Samsung Galaxy Note 20

Seperti yang tadi sudah disebutkan, jika Samsung Galaxy Note 20 ini membawa baterai dengan kapasitas daya sebesar 4.300 mAh. Dengan kapasitas daya baterai yang tergolong besar ini, maka Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya pada saat pengunaannya. Namun, sayangnya ponsel ini hanya membawa teknologi fast charging 25 W, sehingga Anda perlu sedikit bersabar ketika melakukan pengisian daya.

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa informasi mengenai Samsung Galaxy Note 20 di atas, tentunya sudah bisa menentukan apakah ponsel tersebut layak digunakan atau tidak. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun kekurangan-kekurangan tersebut masih bisa diatasi.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here