Samsung Galaxy M51: Spesifikasi, Harga dan Review

samsung galaxy m51

Beberapa waktu lalu, Samsung secara resmi memboyong Galaxy M51 ke pasar Indonesia. Sepertinya Samsung lebih memprioritaskan kapasitas daya baterai untuk smartphone yang satu ini. Samsung Galaxy M51 ini menghuni segmen tengah dengan daya baterai jumbo, dan juga dukungan teknologi fast charging yang mendukung penggunaannya.

Walaupun lebih mengutamakan segi kapasitas daya baterai, namun tentunya Samsung juga tidak melupakan spesifikasi yang lain. Jika dilihat mulai dari segi prosesor, kapasitas RAM, kapasitas penyimpanan, layar, hingga kamera, Galaxy M51 ini membawa senjata yang perlu untuk Anda perhitungkan. Untuk info lebih lengkap mengenai Galaxy M51, simak artikel di bawah ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy M51

Penasaran ingin melihat spesifikasi lengkap dari Samsung Galaxy M51? Yuk, lihat dibawah ini.

DetailSpesifikasi Galaxy M51
OSAndroid
OS verAndroid 10, One UI 2.0
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SDM730 Snapdragon 730G (8 nm)
Octa-core Kryo 470
Kecepatan CPU2×2.2 GHz Kryo 470 Gold & 6×1.8 GHz Kryo 470 Silver
Memori Internal128GB
RAM6GB, 8GB
Memori EksternalmicroSD, up to 512GB
BateraiLi-Po 7.000 mAh, non-removable
Fast charging 25W
Reverse charging
Ukuran Layar6.7 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2340 pixels, Super AMOLED Plus
Kamera Belakang64MP + 12MP + 5MP + 5MP
Kamera Depan32MP
Dimensi163.9 x 76.3 x 9.5 mm
Berat213 gram

Harga Samsung Galaxy M51

Di pasar Indonesia, seri Galaxy M51 memiliki banderol harga Rp 5.499.000. Untuk smartphone kelas mid-end, tentunya harga tersebut termasuk dalam rata-rata. Namun jika melihat spesifikasi dan fitur yang dimilikinya terutama penggunaan daya baterai besar, tentunya mampu memberikan banyak keuntungan bagi para penggunanya.

Sekedar informasi, jika Anda ingin mendapatkan Samsung Galaxy M51 ini, maka hanya bisa membelinya secara online saja. Untuk sesi pre-order atau pemesanan awal, sudah mulai dibuka sejak tanggal 10 sampai 12 Oktober lalu. Sedangkan untuk varian warnanya sendiri, Anda bisa memilih antara warna hitam atau warna putih.

Kelebihan Samsung Galaxy M51

Perilisan Galaxy M51 ini, tentunya menjadi kabar baik bagi para penggemar smartphone kelas mid-end. Tentunya hal ini dikarenakan ponsel pintar tersebut memiliki beberapa kelebihan, yang mungkin tidak dimiliki oleh para pesaing di kelasnya. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Galaxy M51.

1. Baterai Berkapasitas Besar

Seperti yang telah diketahui, bahwa Samsung Galaxy M Series memiliki ciri khas berupa kapasitas daya baterai yang besar. Nah, tentunya kini Samsung kembali membuktikan bahwa ciri khas tersebut masih ada pada Galaxy M51. Mungkin Anda sudah tahu bahwa biasanya Galaxy M Series memiliki daya baterai 6000 mAh. Nah, kini kapasitas baterai pada Galaxy M51 ini malah lebih besar, yakni 7000 mAh.

Tentunya kapasitas sebesar itu sangat jarang untuk Anda temui pada vendor-vendor yang lain, kecuali beberapa merk tertentu yang memang mengutamakan kapasitas daya baterai seperti Blackview atau Ulefone. Jadi baterai berkapasitas 7000 mAh tersebut merupakan hal sangat spesial yang dibawa oleh Galaxy M51.

Dengan menggunakan baterai berkapasitas sebesar 7000 mAh, pastinya ponsel pintar ini mampu bertahan dalam waktu yang lama, bahkan bisa mencapai dua hari penuh dalam pemakaian secara normal. Menurut percobaan yang telah dilakukan, Baterai dari Galaxy M51 mampu bertahan hingga satu setengah hari untuk pemakaian intensif seperti bermain game, mengambil foto, menonton film, dan lain sebagainya.

Hasil dari percobaan tersebut, telah membuktikan bahwa baterai Galaxy M51 ini lebih unggul jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy M31s yang hanya menghadirkan waktu pemakaian selama 10 jam saja. Wajar karena Galaxy M31s juga hanya membawa baterai berkapasitas 6000 mAh. Jadi Anda tidak perlu repot membawa power bank setiap berpergian dengan Samsung Galaxy M51.

2. Performa yang Mumpuni

Pada ponsel keluarannya, biasanya Samsung turut menyematkan chipset Exynos dan hanya menyediakan versi Snapdragon untuk pasar ponsel di Amerika Serikat saja, seperti halnya pada Samsung Galaxy Note 20. Akan tetapi, kali ini semua model Galaxy M51 hanya tersedia dalam versi Snapdragon 730G untuk semua pasar di seluruh dunia.

Sebagai chipset yang banyak digunakan oleh smartphone di kelas harga menengah, Snapdragon 730G ini memang telah terbukti mampu untuk menghadirkan perofrma yang bagus. Penggunaan dari SoC ini juga merupakan sebuah bukti adanya peningkatan dari penyertaan Exynos 9611 yang sebelumnya digunakan oleh Samsung Galaxy M31.

Snapdragon 730G yang dibawa oleh Samsung Galaxy M51 ini, telah didukung oleh konfigurasi CPU octo core yang terdiri dari empat inti Kryo 370 berkecepatan 2.2GHz serta dua buah Kryo 470 Gold dengan kecepatan clock speed 1.8 GHz. Untuk pengolah grafis, ponsel pintar ini menggunakan model Adreno 618 yang dipadukan dengan pilihan RAM 6 GB atau 8 GB dan memori internal sebesar 128 GB.

3. Kemampuan Fast Charging Sebesar 25W

Biasa ponsel dengan kapasitas daya besar memiliki masalah berupa waktu pengisian daya yang membutuhkan waktu lama. Namun, Anda sudah tidak perlu khawatir dengan permasalahan tersebut, karena Samsung Galaxy M51 ini sudah dibekali dengan teknologi fast charging sebesar 25W yang siap membuat proses pengisian daya menjadi lebih cepat.

Dengan teknologi fast charging tersebut, maka daya baterai yang super jumbo ini tidak akan membutuhkan waktu lama untuk terisi hingga benar-benar penuh. Bahkan, dari pihak Samsung sendiri telah mengklaim bahwa ponsel pintar ini hanya memerlukan waktu selama kurang lebih 2 jam saja dari angka 0% hingga mencapai 100%.

Mungkin klaim tersebut terasa sangat mustahil. Namun, menurut beberapa pihak yang telah melakukan percobaan, mereka berhasil membuktikan bahwa Galaxy M51 hanya memerlukan waktu selama 1 jam 54 menit saja untuk mencapai daya penuh. Sedangkan untuk pengisian selama 1 jam, daya baterai sudah menunjukkan angka 63%. Sebuah hal menarik jika baterai jumbo dipadukan dengan super fast charging.

4. Menghadirkan Fitur NFC

Jika dibandingkan dengan vendor-vendor yang lain, dapat dikatakan bahwa Samsung merupakan salah satu vendor yang kerap menghadirkan fitur NFC di setiap produknya di pasaran Indonesia.

Dengan adanya fitur NFC yang dimiliki oleh Galaxy M51, maka Anda dapat menggunakan ponsel tersebut untuk mengisi ataupun mengecek saldo pada kartu eToll atau eMoney dengan mudah. Sebuah kepraktisan yang mungkin tidak bisa Anda temui pada ponsel pintar lainnya. Anda hanya perlu menempelkan kartu pada bodi HP, maka secara otomatis saldo bisa dicek atau diisi ulang.

5. Layar Super AMOLED Berkualitas

Selain memiliki kelebihan utama pada kapasitas daya baterainya, Samsung Galaxy M51 ini juga memiliki layar Super AMOLED yang berkualitas. Glaaxy M51 hadir dengan membawa panel dengan bentang ukuran layar 6,7 inci dengan resolusi 1080 x 2340 piksel atau Full HD+. Layar ini juga memiliki aspek rasio sebesar 20:9 dengan kerapatan piksel yang mencapai angka 385 ppi.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa layar yang dimiliki oleh Galaxy M51 ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya. Meskipun dengan pencahayaan yang sangat terah di bawah sinar matahari, layar pada ponsel ini masih bisa terlihat jelas. Belum lagi kemampuannya dalam reproduksi warna yang akurat mampu membuat mata terasa nyaman untuk melihatnya dalam waktu lama.

Tidak hanya itu, layar Super AMOLED ini juga mampu menghadirkan warna hitam yang cukup pekat supaya daya baterai pada HP bisa bertahan lebih lama dan menghadirkan kontras warna secara lebih maksimal. Jika Anda menyukai kegiatan menonton video dengan settingan HDR, HP ini juga telah menghadirkan fitur HDR agar video yang ditampilkan bisa lebih maksimal.

6. Bisa Digunakan Untuk Power Bank

Sebagai ponsel pintar yang memiliki kapasitas daya baterai super jumbo, ternyata Samsung Galaxy M51 juga bisa Anda gunakan untuk mengisi daya baterai HP ataupun perangkat yang lain dengan menggunakan OTG. Fitur yang satu ini dinamakan reverse charging. Sebenarnya fitur ini sudah ada pada generasi sebelumnya yakni Galaxy M31, dan kembali dihadirkan pada Galaxy M51.

Fitur reverse charging ini memang sangat cocok dihadirkan pada ponsel yang memiliki kapasitas daya baterai besar. FItur ini juga akan berguna bagi Anda yang hobi membawa earphone nirkabel pada saat berpergian keluar. Dan hal yang lebih bagus lagi, yakni tersedianya kabel USB Type-C serta kabel OTG Type-C di dalam box pembelian, sehingga Anda tidak perlu repot membelinya secara terpisah.

7. Quad Kamera Memuaskan

Selain karena kapasitas daya baterai super jumbo, Samsung Galaxy M51 ini juga turut menyita perhatian karena kamera yang dibawanya. Pada sektor kamera, Galaxy M51 memiliki empat buah lensa. Lensa utamanya memiliki resolusi sebsar 64 MP dengan sensor berukuran 1/1.73 inci. Anda juga akan menemukan lensa ultra-wide beresolusi 12 MP yang mampu mengambil foto hingga 123 derajat.

Selain itu, ada juga satu lensa depth serta satu lensa makro masing-masing beresolusi sebesar 5 MP. Untuk melakukan perekaman video, Anda bisa memiliki opsi UHD 4K dengan kualitas 30 fps serta fitur slow motion yang menggunakan frame rate hingga 240 fps. Jika dilihat dari kamera belakangnya, tentunya Galaxy M51 ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan para pendahulunya.

Untuk kamera bagian depan, terdapat lensa selfie dengan resolusi sebesar 32 MP yang menghiasi layar dengan bentuk punch hole. Kamera selfie yang satu ini, memiliki kinerja yang cukup bagus, baik itu untuk mengambil foto bokeh ataupun melakukan perekaman video dengan kualitas 1080p 30fps.

Kekurangan Samsung Galaxy M51

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy M51 seperti yang sudah dijelaskan di atas, mungkin membuat Anda langsung tertarik untuk segera memiliki ponsel pintar yang satu ini. Namun sebelum itu, Anda juga perlu tahu beberapa kekurangan Galaxy M51. Oleh sebab itu langsung saja, berikut kekurangan dari Galaxy M51.

1. Bobotnya yang Cukup Berat

Memiliki baterai yang besar, ternyata tidak sepenuhnya bagus. Hal ini karena baterai yang besar juga akan membuat bobot dari perangkat menjadi terasa lebih berat terutama untuk pemakaian sehari-hari. Untuk Samsung Galaxy M51 sendiri, mempunyai bobot seberat 213 gram dan juga ketebalan bodi mencapai 9,5 mm.

2. Tidak Memiliki Refresh Rate 90 Hz

Apabila Anda menginginkan scrolling HP yang halus, berapa ponsel kelas menengah turut menghadirkan refresh rate yang lebih tinggi. Penyegaran laju 90 Hz ini biasanya berfungsi agar pergerakan pada layar bisa terasa lebih licin dan smooth, baik itu ketika bermain game ataupun menonton video. Akan teapi, Galaxy M51 hanya menyediakan refresh rae 60 Hz yang membuat pergerakannya masih terasa kurang halus.

3. Desain Bodi Terasa Biasa Saja

Sebenarnya permasalahan yang satu ini tergantung dari preferensi penggunanya sendiri. Sejak dulu, Samsung memang jarang membuat bodi belakang produk smartphone-nya dengan desain tampilan yang mencolok atau bercorak. Jadi desain pada Samsung Galaxy M51 ini terkesan biasa saja. Mungkin bagi Anda yang menyukai tampilan sederhana, tidak akan masalah dengan body HP yang satu ini.

Review Samsung Galaxy M51

Setelah Anda melihat kelebihan dan juga kekurangan dari Samsung seri Galaxy M51, apakah sudah siap untuk memilikinya? Namun jangan tergesa-gesa dulu. Masih ada beberapa hal yang perlu Anda simak tentang ponsel pintar keluaran Samsung tersebut. Nah, berikut ini review mengenai spesifikasi yang dimiliki oleh Galaxy M51.

1. Desain Samsung Galaxy M51

Samsung Galaxy M51 membawa tampilan yang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya, yakni Samsung Galaxy M31. Untuk perbedaan yang signifikan, hanya terdapat pada desain poni, pemilihan warna, dan juga letak dari sensor sidik jarinya saja. Letak dari sensor sidik jari tersebut menyatu dengan tombol power, sehingga tampilan bodi belakang terlihat lebih bersih.

Sedangkan untuk pemilihan warna, mungkin Samsung galaxy M31 lebih unggul karena memiliki corak berupa gradasi warna. Sebenarnya, kedua smartphone ini memiliki desain bodi yang cukup atraktif. Hanya saja jika Anda ingin bodi yang terlihat lebih flashy dan tidak polosan, mungkin perlu menggunakan tambahan casing pada bodi.

2. Hardware & Software Samsung Galaxy M51

Smartphone ini menggunakan prosesor Snapdragon 730G 8nm. Seperti yang tadi sudah dijelaskan, Snapdragon 730G 8nm merupakan salah satu prosesor terbaik di keals menengah. Prosesor tersebut juga telah didukung dengan konfigurasi CPU octa core yang dibangun dengan Kryo 370 Silver 1.8 GHz dan juga Kryo 470 Gold 2.2 GHz.

Adreno 618 menjadi kartu grafis yang diandalkan oleh Galaxy M51 ini. Untuk RAM, Anda bisa memilih opsi antara penggunaan RAM 6 GB atau 8 GB. Sedangkan untuk memori internal, hanya tersedia versi 128 GB saja. Dengan spesifikasi yang dimilikinya, maka Anda bisa menginstal dan memainkan berbagai aplikasi dengan lancar.

3. Kamera Samsung Galaxy M51

Galaxy M51 memiliki empat buah kamera utama di bagian belakang bodinya. Untuk resolusi utama ponsel ini menghadirkan resolusi sebesar 64 MP dengan ukuran sensor sebesar 1/1.73 inci. Untuk mengambil foto ultra wide, Anda bisa mengandalkan resolusi sebesar 12 MP yang bisa memotret foto dengan sudut wide mencapai 123 derajat.

Terdapat juga lensa depth dan makro yang masing-masing memiliki resolusi sebesar 5 MP. Untuk kamera depan, Galaxy M51 mengandalkan lensa selfie yang memiliki resolusi 32 MP. Dengan kamera yang dimilikinya, tentunya Anda bisa menghasilkan foto dan video yang berkualitas. Bahkan kualitas dari foto dan video yang dibuat, bisa lebih ditingkatkan dengan fitur-fitur yang disediakan.

4. Konektivitas Samsung Galaxy M51

Dari konektivitas, Samsung Galaxy M51 ini telah mendukung konektivitas Wifi Direct, Wifi 802.11, Bluetooth 5.0, Hotspot, FM Radio, USB Type 2.0, dan yang paling keren adalah NFC. Seperti yang tadi sudah dijelaskan di atas. Hanya ada beberapa merk HP yang menyematkan fitur NFC di dalamnya, terutama untuk kelas menengah.

5. Baterai Samsung Galaxy M51

Ya, seperti yang telah diketahui, abhwa M51 ini membawa baterai dengan kapasitas daya sebesar 7000 mAh. Dengan besarnya kapasitas daya baterai tersebut, membuat penggunaan ponsel ini menjadi lebih lama. Besarnya baterai ini juga telah diimbangi dengan penggunaan fitur fast charging 25W.

Jika dilihat dari sedikit informasi di atas, Samsung Galaxy M51 ini memiliki lebih banyak keunggulan daripada kekurangan. Bahkan sebenarnya kekurangan dari ponsel tersebut masih bisa diakali. Nah, kini tinggal Anda sendiri yang memutuskan apakah ponsel ini layak untuk menjadi teman sehari-hari atau tidak.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here