Samsung Galaxy A42 5G : Spesifikasi, Harga, dan Review

Samsung Galaxy A42 5G

Pada awal bulan September 2020 lalu, Samsung mengadakan konferensi virtual yang bertajuk “Life Unstoppable” untuk menunjukkan produk-produk terbaru yang dimilikinya. Mulai dari perangkat dapur, hingga perangkat portable seperti table dan smartphone. Nah, salah satu produk terbaru yang mencuri perhatian adalah Samsung Galaxy A42 5G, yang diklaim sebagai smartphone Android 5G terjangkau.

Pada saat peluncurannya, Samsung tidak secara lengkap menyebutkan harga ataupun spesifikasi yang dimiliki oleh Galaxy A42 5G ini. Namun, jika dilihat dari nama serinya, banyak yang menduga bahwa ini akan menjadi smartphone dengan koneksi 5G paling murah yang dirilis oleh Samsung. Nah, kini Anda sudah bisa mengetahui harga dan juga spesifikasi dari smartphone tersebut melalui artikel berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A42 5G

DetailSpesifikasi Samsung Galaxy A42 5G
OSAndroid 10
OS verAndroid 10, One UI 2.5
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm SM7225 Snapdragon 690
Octa core 2.0 GHz
Kecepatan CPUDual 2.2 GHz + hexa 1.8 GHz
Memori Internal64GB/128GB
RAM4GB/6GB
Memori EksternalSupport MicroSD
BateraiNon-removable Li-Ion 5000 mAh
Fast charging
Ukuran Layar6.6 inci
Resolusi Layar1080 x 2400 pixels
Kamera Belakang48 MP wide 1/2.0″ 0.8µm, PDAF + 8 MP ultrawide + 5 MP makro + 5 Mp depth
Kamera Depan20 MP wide
Dimensi75.9 x 164.4 x 8,6 mm
Berat190 gram

Harga Samsung Galaxy A42 5G

Dapat dikatakan bahwa Samsung Galaxy A42 5G ini, adalah sebuah smartphone dengan teknologi jaringan 5G yang terjangkau. Untuk memiliki ponsel pintar tersebut beserta segala spesifikasi dan fitur yang dihadirkan, Anda hanya perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 6,7 juta rupiah saja.

Jika dibandingkan dengan smartphone 5G lain, tentunya harga tersebut jauh lebih murah. Tidak hanya soal teknologi jaringan 5G saja, namun Samsung juga tidak lupa memberikan spesifikasi yang mumpuni pada Galaxy A42 ini.

Seperti halnya kapasitas memori dan RAM yang tergolong besar di kelasnya, kualitas kamera terbaik, kapasitas daya baterai besar, dan berbagai macam fitur pendukung yang lainnya.

Kelebihan Samsung Galaxy A42 5G

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan Samsung Galaxy A42 ini, alangkah baiknya jika mengetahui kelebihan serta kekurangannya terlebih dahulu. Jangan sampai merasa kecewa setelah mengeluarkan uang untuk membeli ponsel yang satu ini.

Untuk itu, langsung saja, berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A42 5G yang perlu untuk Anda ketahui:

1. Performa yang Mumpuni

Salah satu kelebihan yang perlu untuk Anda pertimbangkan, yakni penggunaan chipset SM7225 yang digunakan untuk mendukung teknologi jaringan 5G. Sebenarnya chipset tersebut merupakan SoC (System on Chip) kelas menengah-premium besutan Qualcomm.

Jika Anda belum tau, kode SM7225 secara langsung merujuk pada nomor bagian Snapdragon 750G. Untuk Snapdragon 750G sendiri, adalah sebuah chip yang mempunyai sistem modem Snapdragon X52 5G dan memiliki susunan atas CPU Kryo 570, dengan kecepatan mencapai 2,2 GHz serta Adreno 619.

Pada intinya, smartphone yang menggunakan chip tersebut, mampu memberikan kinerja yang mumpuni untuk mendukung berbagai macam kegiatan dan juga kontektivitas jaringan super cepat.

2. Kapasitas Memori Besar

Samsung Galaxy seri A42 5G ini hadir dengan membawa kapasitas memori internal sebesar 128 GB. Tentunya kapasitas memori sebesar itu, bisa Anda gunakan untuk menginstal banyak aplikasi dan juga menyimpan berbagai macam file secara bersamaan.

Jika dirasa kapasitas memorinya masih kurang, Anda masih bisa menambahkan memori eksternal dengan opsi mencapai 512 GB. Kapasitas memori internal pada Samsung Galaxy A42 tersebut, juga didukung dengan pengaturan RAM sampai 8 GB.

Adanya RAM sebesar 8 GB, pastinya akan membuat Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi tanpa takut akan masalah seperti lag atau patah-patah. Bahkan, RAM 8 GB ini sangat membantu dalam aktivitas multitasking pada smartphone.

3. Kualitas Kamera Terbaik di Kelasnya

Hampir sama seperti jajaran smartphone pada lini Galaxy A, sektor fotografi yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A42 5G ini juga menarik untuk dipertimbangkan oleh para pengguna, terutama pecinta seni fotografi. Bahkan, ponsel ini menawarkan pengalaman terbaik dalam melakukan aktivitas fotografi.

Kamera utama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A42 ini berjumlah 4 buah, yakni 5 MP kedalaman, 5 MP makro, 8 MP sudut lebar, dan 48 MP lensa utama. Dengan kamera tersebut, tentunya Anda bisa menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi.

Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan kamera depan beresolusi 20 MP, yang sangat mendukung kegiatan selfie Anda.

4. Kapasitas Daya Baterai Besar

Kelebihan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A42 selanjutnya adalah kapasitas daya baterai besar. Bahkan jika dilihat secara teori, kapasitas baterai 5000 mAh yang ditanamkan di dalamnya tersebut mampu bertahan lebih lama dari smartphone lain dengan daya baterai sama. Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan Snapdragon 750G yang telah memiliki teknologi fabrikasi lebih efisien.

5. Layar Lebar dan Nyaman

Galaxy A42 5G ini menawarkan layar Super AMOLED dengan ukuran seluas 6,6 inci. Ukuran tersebut tentunya terbilang luas dan mampu membuat para penggunanya bisa menonton film atau bermain game, dengan lebih nyaman pada tampilan lebih besar.

Teknologi Super AMOLED sendiri, terkenal dengan kemampuannya dalam menghadirkan tampilan layar luas yang tajam. Untuk desain layar pada smartphone ini, Samsung juga menghadirkan desain Infinity-U Display dan juga dukungan fitur pemindai sidik jari optik yang tertanam di bagian dalamnya.

Nah, dengan desain layar seperti itu, maka akan membuat layar terasa lebih luas lagi karena hampir seluruh bagian depan smartphone ini dipenuhi oleh layar.

6. Berat yang Terasa Ideal

Walaupun dari fisiknya Samsung Galaxy A42 ini terlihat bongsor dan memiliki baterai yang besar, namun bobotnya hanya 190 gram. Dibandingkan dengan smartphone lain di kelasnya, bobot tersebut sedikit lebih ringan karena biasanya beratnya lebih dari 200 gram. Dengan berat tersebut, maka smartphone ini akan tetap terasa nyaman dalam genggaman, meskipun hanya menggunakan satu tangan.

7. Isi Paket Penjualan yang Lengkap

Seperti biasanya, Samsung selalu memberikan isi paket penjualan yang lengkap. Selain unit ponsel Samsung Galaxy A42 5G, Anda akan menemukan buku panduan, charger, dan tidak ketinggalan earphone khas Samsung di dalam box-nya. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot untuk membeli perlengkapan pendukung yang bisa digunakan.

8. Harga Terjangkau untuk Teknologi 5G

Seperti yang telah diketahui, bahwa 5G merupakan konektivitas jaringan baru yang dinilai memiliki kecepatan super tinggi. Walaupun di Indonesia sendiri belum ada kepastian kapan jaringan tersebut akan dikembangkan, namun tidak sedikit negara yang telah berhasil mengaktifkan jaringan 5G tersebut. Maka dari itu, Anda bisa mempersiapkan diri dengan Galaxy A42 ini ketika Indonesia menyediakan konektivitas yang lebih cepat.

Nah, dengan adanya teknologi 5G yang sedang dikembangkan hampir di seluruh dunia ini, membuat para produsen smartphone berlomba-lomba membuat produk yang mendukung konektivitas jaringan 5G.

Akan tetapi, biasanya smartphone berteknologi 5G ini memiliki banderol yang mahal. Berbeda dengan Samsung Galaxy A42 5G, yang dibanderol dengan harga sekitar 6,7 juta rupiah saja.

Kekurangan Samsung Galaxy A42 5G

Walaupun memiliki beberapa kelebihan seperti yang telah disebutkan di atas, namun Samsung Galaxy A42 5G ini juga mempunyai beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum membelinya. Jika Anda penasaran dengan kekurangan dari Samsung Galaxy seri A42 5G, maka simak informasi dibawah ini:

1. Penggunaan Layar HD+

Hal yang sangat terasa mengecewakan dari smartphone ini adalah penggunaan layar yang hanya beresolusi HD+. Mungkin hal ini dilakukan oleh Samsung untuk menekan biaya pengembangan.

Namun, untuk smartphone dengan harga lebih dari 5 juta rupiah, bukankah penggunaan layar HD+ ini terasa sangat mengecewakan?

Daripada harus menurunkan resolusi layarnya, mungkin akan lebih baik jika Samsung mempertimbangkan untuk melakukan pemangkasan pada sektor lain yang dinilai tidak terlalu penting.

Contohnya saja seperti mengganti fitur sensor sidik jari yang ditanamkan di dalam layar, dengan versi sensor sidik jari kapasitif. Tentunya hal tersebut akan membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

Padahal Samsung Galaxy A42 ini memiliki layar yang sangat luas. Tentunya pengguna akan merasa lebih nyaman menatap layarnya, jika saja Samsung memberikan resolusi Full HD+ atau di atasnya.

Meskipun hanya memberikan resolusi HD+, namun layar Galaxy A42 ini sudah terasa cukup dan mampu menghasilkan gambar yang lumayan tajam.

2. Pengisian Daya Baterai Kecil

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa Samsung Galaxy A42 5G ini membawa baterai dengan kapasitas daya yang besar, yakni 5000 mAh. Akan tetapi, Anda perlu untuk mempertimbangkan sektor kapasitas daya yang hanya berkisar pada angka 15 Watt saja.

Hal tersebut dikarenakan teknologi fast charging tersebut masih tergolong kecil untuk ukuran baterai hingga 5000 mAh. Karena itulah, maka dapat disimpulkan bahwa Anda memerlukan waktu yang lebih lama untuk melakukan pengisian daya baterai hingga penuh.

Sebenarnya hal ini bisa diakali dengan penggnaan powerbank pada saat berpergian. Namun, tentunya hal ini akan terasa cukup merepotkan, bukan? Mengingat para kompetitornya lebih unggul dari segi pengisian daya.

Review Samsung Galaxy A42 5G

Teknologi 5G memang membuat Samsung Galaxy A42 5G mampu untuk mengakses internet seara lebih cepat, bahkan jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan teknologi 4G pada umumnya. Namun, sayangnya teknologi 5G tersebut belum bisa diakses di Indonesia.

Meskipun begitu, Anda tetapi bisa memanfaatkan spesifikasi dan juga fitur dari Samsung Galaxy A42. Berikut ini review dari ponsel pintar tersebut.

1. Desain Samsung Galaxy A42 5G

Jika dilihat dari segi desain, Samsung Galaxy seri A42 5G ini memiliki tampilan notch Infinity-O. Notch atau poni jenis ini, memang telah menjadi ciri khas dari Samsung Galaxy A series.

Sedangkan dari segi layar, smartphone ini mempunyai layar bertipe Super AMOLED dengan lebar 6,6 inci. Layar tersebut mampu menampilkan grafis yang terkesan tajam, dengan detail yang membuat Anda betah menggunakannya.

Selain itu, jika dilihat pada tampilan warnanya, akan muncul kesan sederhana namun tetap elegan dan sedap dipandang. Warna dari ponsel pintar ini, mengusung perpaduan antara warna abu-abu, biru, dan hitam yang dipisahkan dengan sebuah garis horisontal.

Perpaduan desain warna satu ini memang terasa berbeda, apalagi biasanya Samsung menggunakan pemisahan dengan gradasi warna.

2. Hardware & Software Samsung Galaxy A42 5G

Untuk dapur pacu, Samsung telah membekali Galaxy A42 ini dengan menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 690. Di dalam chipset tersebut, tertanam sebuah prosesor Octa Core 2 GHz yang sangat menarik.

Chipset yang digunakan ini, tergolong masih baru dan sepenuhnya sudah mendukung jaringan 5G. Selain itu, Anda juga akan menemukan pengolah grafis dengan tipe Adreno 691L.

Apabila menggunakan kombinasi semua hardware yang dibawa oleh smartphone tersebut, tentunya mampu menjalankan berbagai macam aplikasi. Bahkan Anda bisa menginstal game berat tanpa perlu takut akan kendala seperti lag atau frame yang patah-patah.

Sedangkan untuk software, Samsung Galaxy A42 ini menggunakan sistem operasi Android 10 yang telah dipercantik dengan tampilan antarmuka One UI 2.5 besutan Samsung sendiri.

Seperti yang telah diketahui, bahwa One UI 2.5 merupakan salah satu antarmuka terbaik karena tampilannya yang terkesan modern serta kaya akan fitur. Pada bagian memori, Samsung memberikan tiga varian RAM untuk Galaxy A42 ini yakni 4 GB, 6 GB, dan 8 GB bertipe LPDDR4X.

Selain itu, Anda juga bisa memilih salah satu varian memori internal antara 64 GB atau 128 GB bertipe USF 2.1 Plus. Kedua varian tersebut, telah dilengkapi dengan slot untuk microSD yang berfungsi untuk menambah kapasitas penyimpanan.

3. Kamera Samsung Galaxy A42 5G

Tidak lupa, Samsung menanamkan fitur In-Display Fingerprint Sensor pada Galaxy A42 ini. Tidak hanya itu, ada juga fitur Face Unlock yang menggunakan kamera depan dengan resolusi sebesar 20 MP.

Besarnya resolusi pada kamera depan tersebut, tentunya bisa Anda andalkan untuk melakukan foto selfie ataupun meeting online, dengan menggunakan berbagai macam aplikasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa Samsung Galaxy A42 ini memiliki empat buah kamera belakang.

Untuk kamera utama, Samsung menggunakan resolusi 48 MP dengan lensa wide serta sensor berukuran ½.0″ dan telah didukung PDAF. Tidak hanya itu, ada juga lensa ultrawide 8 MP dengan dukungan tambahan lensa macro 5 MP dan juga depth sensor 5 MP.

Apabila menggunakan kamera yang dimilikinya, maka Anda bisa menghasilkan sebuah foto keren dan berkualitas tinggi. Lensa wide pada kamera utama, juga akan membuat Anda tidak takut lagi akan hasil foto yang terpotong ketika mengambil gambar luas.

Nah, untuk pengambilan video, Anda juga bisa menghasilkan sebuah video dengan resolusi yang cukup tinggi dan memuaskan.

4. Konektivitas Samsung Galaxy A42 5G

Rasanya sangat disayangkan, karena Samsung Galaxy A42 ini tidak memiliki fitur OIS pada kameranya. Tapi untungnya, terdapat fitur Gyro-EIS yang mampu membantu Anda untuk membuat proses perekaman video menjadi lebih stabil. Bahkan fitur ini telah mendukung stabilitas perekaman video hingga resolusi 4K engan 30 fps.

Sementara pada segi konektivitas, Samsung Galaxy A42 ini telah mendukung Wifi 802.11 a/b/g/n/ac dual-band, USB Type-C, NFC, Bluetooth v5.0, serta port GPS dengan teknologi Gonass, A-GPS, BDS, dan Galileo. Beberapa fitur konektivitas yang dimilikinya tersebut tentu akan membuat penggunaan dari smartphone ini lebih mudah dan multifungsi.

5. Baterai Samsung Galaxy A42 5G

Samsung Galaxy A42 5G hadir dengan membawa daya baterai berkapasitas 5000 mAh. Untuk smartphone sekelas mid-end atau di bawahnya, pastinya kapasitas daya baterai tersebut tergolong besar.

Jadi, Anda tidak perlu melakukan pengisian daya baterai berulang kali, ketika daya baterai tersebut sudha dalam keadaan penuh. Akan tetapi, satu masalah yang akan Anda temui adalah pengisian dayanya.

Samsung hanya membekali pengisian daya sebesar 15 Watt pada Galaxy A42. Dengan pengisian daya 15 Watt, maka sudah jelas proses pengisian daya hingga baterai penuh membutuhkan waktu yang cukup lama. Jadi, Anda perlu sedikit bersabar ketika sedang mengisi daya baterai Samsung Galaxy A42.

Nah, dengan mengetahui beberapa informasi mengenai Samsung Galaxy A42 5G di atas, tentunya Anda sudah tahu apakah smartphone tersebut layak digunakan atau tidak. Namun, jika dilihat dari kelebihan dan kekurangannya, sebenarnya kekurangan dari Galaxy A42 ini masih bisa diakali dengan cara-cara tertentu.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here