Samsung Galaxy A11: Spesifikasi, Harga dan Review

samsung galaxy a11

Setelah berhasil dengan beberapa smartphone kelas flagship dan mid range-nya, kini Samsung menyasar kalangan muda (Gen Z) dengan merilis A11. Samsung Galaxy A11 ini, hadir membawa segudang fitur unggulan yang diperuntukkan pada penggunanya. Ponsel pintar ini memang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan Gen Z.

Dengan adanya Galaxy A11, diharapkan para kalangan muda dapat tetap menjalani aktivitas digitalnya. Selain itu, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai macam fitur esensial agar tetap terhubung. Mulai dari prosesor super cepat yakni Snapdragon 450, hingga layar luas 6.4 inci dengan desain Infinity-O. Nah, untuk info lebih lengkapnya lagi, simak pembahasan berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A11

Sebelum mengulas harga Samsung Galaxy A11 murah terbaru, mari lihat fitur dan spesifikasi lengkap dibawah ini.

DetailSpesifikasi Samsung Galaxy A11
OSAndroid
OS verAndroid 10
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUOcta-core
Kecepatan CPU1.8 GHz
Memori Internal32GB
RAM2GB, 3GB
Memori EksternalmicroSD, up to 512GB
Baterai4.000 mAh
15W Fast Charging
Ukuran Layar6.4 inci
Resolusi LayarHD+ 720 x 1520 pixels
Kamera Belakang13MP + 5MP + 2MP
Kamera Depan8MP
Dimensi161.4 x 76.3 x 8.0 mm
Berat177 gram

Harga Samsung Galaxy A11

Sebagai smartphone yang menyasar pada kalangan muda, tentunya membuat harga dari Samsung Galaxy A11 ini termasuk terjangkau di kelasnya. Dengan spesifikasi mumpuni yang dimilikinya, ponsel pintar tersebut hanya dibanderol sekitar 1 jutaan rupiah saja. Bahkan di kelas entry-level, HP tersebut berada di jajaran atas soal spesifikasi.

Walaupun harganya hanya berada di angka 1 jutaan rupiah, namun Galaxy A11 mampu memberikan spesifikasi yang cukup menjanjikan. Salah satu yang menarik dari ponsel ini adalah kapasitas RAM 3 GB yang dimilikinya. Selain itu, ponsel ini juga menggunakan chipset Snapdragon 450 dan baterai 4000 mAh dengan dukungan teknologi fast charging.

Kelebihan Samsung Galaxy A11

Jika Anda termasuk dalam Gen Z ataupun berjiwa muda, tentunya sangat direkomendasikan untuk menggunakan Samsung Galaxy A11 ini. Namun sebelum itu, Anda perlu tahu kelebihan dan kekurangan dari smartphone yang satu ini. Nah, hal pertama yang perlu diketahui adalah kelebihan dari Galaxy A11, yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

1. Layar Lebar Menggunakan Panel PLS TFT

Dengan menggunakan layar yang memiliki desain Infinity-O Display, Samsung Galaxy A11 akan terlihat lebih luas dan lega dengan layar yang terlihat penuh hampir di seluruh bodi bagian depan. Ukuran dari layar tersebut seluas 6,4 inci dan memiliki resolusi HD+ sebesar 720 x 1560 piksel. Layar ini juga mempunyai kepadatan 268 ppi serta aspek rasio 19:5:9.

Jika biasanya Samsung menghadirkan panel OLED ataupun IPS LCD, melainkan PLS TFT yang berarti Plane to Line Switching Thin Film Transistor. PLS TFT ini adalah sebuah panel yang dibesut oleh Samsung dan digadang-gadang akan menyaingi IPS LCD. Jadi dari segi kualitas, PLS TFT tidak berbeda jauh dengan IPS LCD atau bahkan lebih unggul.

Jika dibandingkan dengan panel IPS LCD, PLS TFT ini mampu menyediakan tingkat kecerahan 10% lebih besar dengan sudut penglihatan yang sedikit lebih luas. Dengan menggunakan panel bestan Samsung sendiri, maka mereka bisa menghadirkan layar dengan biaya yang lebih murah tapi kualitasnya lebih unggul dari panel IPS LCD.

2. Baterai Lumayan Awet

Di kelas smartphone entry-level, kapasitas daya baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A11 ini termasuk awet. Ponsel ini membawa baterai dengan kapasitas sebesar 4000 mAh. Selain itu, baterai tersebut juga telah didukung dengan teknologi fast charging 15W untuk mempercepat proses pengisian daya baterai.

Berdasarkan percobaan pengetesan baterai Galaxy A11 yang pernah dilakukan, ponsel ini masih menyisakan daya 19% dari 100% setelah digunakan secara maksimal selama 19 jam 4 menit. Tentunya hal ini merupakan satu kelebihan yang patut untuk dipertimbangkan, terutama bagi Anda yang menginginkan smartphone dengan baterai awet.

3. Dibekali Dengan Port USB Type-C

Type-C merupakan port USB yang sering digunakan pada smartphone keluaran terbaru, termasuk juga dengan Galaxy A11 yang sedang kita bahas ini. Tidak hanya memiliki bentuk yang reversible, jenis USB ini juga mampu memberikan kecepatan transfer data yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis microUSB biasa.

Nah, biasanya jenis USB Type-C ini digunakan untuk smartphone kelas atas. Namun Samsung Galaxy A11 membuktikan bahwa jenis USB tersebut juga telah masuk ke dalam kelas menengah. Pastinya, penggunaan dari USB Type-C ini akan membuat value pada Galaxy A11 bertambah. Cukup menarik bukan kelebihan yang satu ini?

4. Dedicated Slot Mencapai 512 GB

Apakah Anda suka menyimpan film, TV Series di HP, ataupun berbagai macam file besar lainnya? Ketika Anda menyimpannya di memori internal dan kapasitasnya sudah mulai penuh, tentu akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri. Nah, dengan Galaxy A11 ini, Anda sudah tidak perlu khawatir dengan masalah yang akan terjadi tersebut.

Pasalnya HP spesial milik Samsung ini turut menyediakan triple slot, yang terdiri dari dua kartu SIM nano dan juga satu slot microSD hingga 512 GGB. Dengan besarnya kapasitas memori eksternal yang bisa dipasangkan, maka akan membuat HP ini layaknya harddisk yang mampu menyimpan banyak data. Anda juga tidak perlu khawatir data akan terhapus meskipun dilakukannya factory reset.

5. Desain Body yang Stylish

Untuk Galaxy A11 ini, Samsung memberikan desain bodi bagian belakang yang terlihat cukup trendy. Untuk bodi bagian belakang tersebut, terdapat empat buah varian warna, yakni biru, merah, hitam, dan juga putih. Warna soft yang dimiliki oleh ponsel ini mampu menghadirkan suatu kesan yang elok dna sedap dipandang mata.

Tidak hanya itu, desain ponsel ini juga terlihat sangat ramping dengan sisi melengkung yang membuat HP ini nyaman berada dalam genggaman. Walaupun Anda hanya menggenggam ponsel ini dengan satu tangan, dijamin tidak akan merasa pegal dalam waktu singkat.

Kekurangan Samsung Galaxy A11

Tidak ada barang ciptaan manusia yang sempurna. Meskipun Samsung Galaxy A11 ini hadir membawa banyak kelebihan yang sangat menarik, namun smartphone tersebut juga tidak luput dari kekurangan. Lalu apa saja kekurangan yang ada pada Galaxy A11? Berikut ini beberapa penjelasan yang perlu Anda ketahui.

1. Kapasitas RAM dan Memori Internal Sangat Terbatas

Untuk tahun 2020 ke atas, paling tidak Anda membutuhkan smartphone yang memiliki RAM berkapasitas 4 GB. Jika RAM yang dimiliki smartphone tersebut kurang dari 4 GB, maka aplikasi-aplikasi yang sudah ditutup akan kembali lagi dari awal ketika dibuka. Namun, sayangnya Galaxy A11 ini hanya membawa varian RAM antara 2 GB dan 3 GB saja.

Selain itu, masalah juga datang dari kapasitas memori internal yang hanya 32 GB saja. Tentunya ini akan terasa sangat menyulitkan pada saat Anda ingin menginstall berbagai macam aplikasi. Ditambah lagi ketika Anda membuka lebih dari satu aplikasi secara bersamaan, maka kinerja HP akan terasa lemot. Jika begini, maka pengoperasian sehari-hari HP akan terlambat.

2. Kamera yang Kurang Memuaskan

Sama seperti smartphone keluaran terbaru yang lain, seri Samsung yang satu ini juga membawa kamera depan dan kamera belakang. Pada kamera belakangnya, Anda akan menemukan konfigurasi tiga lensa dengan resolusi 2 MP, 5 MP, dan 13 MP. Sedangkan untuk kamera bagian depan ada lensa 8 MP.

Lensa 2 MP di bagian belakangnya, berfungsi sebagai mode Live Focus. Untuk lensa 5 MP-nya adalah sensor ultra wide dengan field of view sebesar 115 derajat. Sedangkan lensa 13 MP merupakan lensa utama yang dimiliki HP ini. Memang Samsung tidak membenamkan lensa makro pada Galaxy A11, namun Anda masih bisa melakukan pemotretan pada jarak yang cukup dapat.

3. Chipset yang Masih Kalah Saing

Galaxy A11 hadir dengan senjata berupa chipset Snapdragon 425 dengan bantuan pengolah grafis Adreno 506. Sebenarnya chipset ini masih mampu digunakan untuk memainkan game berat seperti PUBG, namun Anda hanya perlu menggunakan tingkat grafis rendah sampai ke sedang. untuk HP seharga 2 jutaan, tentunya chipset yang dibawa ini masih kalah saing dengan chipset para kompetitornya.

Chipset Snapdragon 425 hanya mampu meraih skor 127 di benchmark GeekBench 5 (single core). Lalu untuk versi multi core, chipset yang satu ini mencapai skor 410. Skor dari Galaxy A11 ini, masih belum seberapa bila dibandingkan dengan jenis SD 665 yang mampu meraih skor 315 untuk single core, dan 1371 untuk versi multi core.

4. Tidak Dilapisi Corning Gorilla lass

Mungkin kekurangan yang satu ini cukup fatal untuk HP seharga 1 jutaan rupiah. Sangat disayangkan karena Galaxy A11 belum menggunakan lapisan Corning Gorilla Glass untuk perlindungan pad alayarnya. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa kebanyakan HP 2 jutaan sudah memiliki lapisan pelindung tersebut agar layarnya bisa lebih tahan banting.

Tentunya, tidak adanya lapisan pelindung Corning Gorilla Glass ini akan membuat para penggunanya merasa khawatir apabila HP tersebut terjatuh. Padahal jika Galaxy A11 menggunakan Gorilla Glass, maka layarnya akan terjaga dari berbagai macam goresan dan juga benturan. Jadi jika Anda menggunakan HP ini, tentu perlu menggunakan pelindung layar tambahan.

5. Konektivitas yang Kurang Lengkap

Selain performa chipset dan kamera yang menjadi spesifikasi mendasar, tentunya konektivitas menjadi salah satu faktor yang cukup menentukan. Namun, sayangnya Samsung Galaxy A11 ini tidak membawa fitur berupa NFC serta IR blaster. Walaupun sensor infrared sering diremehkan, namun sensor ini kerap dibutuhkan seperti menjadi HP sebagai remote AC dan TV.

Tidak hanya sampai disitu saja, tidak adanya fitur NFC ini juga menjadi ketidak tertarikan bagi beberapa terutama mereka yang hidup di area perkotaan metropolitan. Pada umumnya fitur NFC ini digunakan untuk melakukan transfer data antar perangkat tanpa perlu menyalakan konektivitas bluetooth. Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk transaksi pada mesin pembayaran digital.

Review Samsung Galaxy A11

Mungkin setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Samsung Galaxy A11 di atas, sudah bisa menentukan apakah HP tersebut layak digunakan atau tidak. Namun sebelum Anda bergegas membelinya, alangkah baiknya jika mengetahui review singkat yang akan dijelaskan seabgai berikut ini.

1. Desain Samsung Galaxy A11

Galaxy A11 dibuat dengan membawa beberapa varian warna, yakni merah, biru, putih, dan hitam. Smartphone yang satu ini menggunakan finishing berbahan glossy dan sedikit aksen berupa kilauan holografik yang membuatnya terkesan penuh gaya. Jika dilihat secara fisik, ponsel ini mempunyai sisi yang lengkung terbuat dari Polycarbonat.

Bodi belakang dari ponsel ini nampak sederhana tanpa ornamen. Anda hanya akan menemukan konfigurasi berupa iga buah kamera yang berjajar secara vertikal beserta lampu LED Flash dna juga pemindai sidik jari. Pada bagian kanan, terdapat tombol pengatur volume dan tombol daya. Sedangkan pada bagian kiri, ada SIM Tray. Audio jack 3.5 mm di atas port USD dan speaker di bawah.

2. Hardware & Software Samsung Galaxy A11

Smartphone yang satu ini menggunakan prosesor berjenis Qualcomm Snapdragon 425 yang lumayan populer di kelas entry-level. Chipset tersebut membawa dengan CPU octa-core Cortex A53 yang mampu memberikan kecepatan akses mencapai 1.8 GHz berkat bantuan Adreno 506. Performa dari Galaxy A11 ini juga didukung dengan RAM 2 atau 3 GB dan memori internal 32 GB.

Walaupun dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, namun Galaxy A11 dijalankan dengan menggunakan Android 10 yang dibalut dengan tampilan antarmuka One UI 2.0. Antarmuka besutan Samsung tersebut mampu menampilkan ikon simpel yang penuh warna khas Samsung. Ada juga fitur dark mode yang dinilai mampu lebih menghemat penggunaan daya baterai.

3. Kamera Samsung Galaxy A11

Untuk mendukung pengalaman dalam hal fotografi bagi para penggunanya, Galaxy A11 membawa tiga buah lensa pada bagian belakangnya. Kamera yang disusun secara vertikal tersebut, terdiri dari 2 MP depth sensor, 5 MP ultra wide, dan juga 13 MP sebagai kamera utama. Sedangkan untuk kebutuhan foto selfie, Samsung Galaxy A11 ini menyediakan kamera dengan lensa 8 MP di bagian depan.

Dengan menggunakan perpaduan tiga lensa yang ada di belakang ini, maka Anda bisa menghasilkan foto bokeh dan juga foto yang lebih luas. Bahkan Anda juga bisa menggunakan mode pro yang dapat diatur sesuai dengan keinginan sendiri. Untuk kamera bagian depan, lensa sebesar 8 MP tersebut sudah cukup untuk menghasilkan selfie yang berkualitas.

Hal lain yang menari dari kamera Galaxy A11 ini, adalah kemapuannya dalam merekam video. Samsung telah mengklaim bahwa produknya ini, mampu digunakan untuk merekam video dengan resolusi hingga mencapai Full HD. Bisa dibayangkan kan? Sebuah smartphone kelas entry-level mampu menghasilkan video berkualitas Full HD.

4. Konektivitas Samsung Galaxy A11

Meskipun Anda tidak akan menjumpai fitur konektivitas seperti NFC, namun fitur yang dibawa oleh Samsung Galaxy A11 ini ternyata cukup lengkap. Pada ponsel yang satu ini, Anda akan menemui fitur-fitur seperti hotspot, Wifi, GPS, bluetooth, dan juga USB Type-C yang terkenal dengan kecepatannya dalam melakukan transfer data.

Tidak hanya itu, kelengkapan sensor juga merupakan satu hal yang perlu untuk Anda lihat. Pada seri Galaxy A11 ini, Anda akan menemukan sensor fingerprint, dimana sensor tersebut tidak memiliki oleh generasi sebelumnya yakni Samsung Galaxy A10. Bahkan, ponsel yang satu ini juga hadir dengan membawa dual sim.

5. Baterai Samsung Galaxy A11

Untuk bagian baterai, Samsung seri Galaxy A11 ini hadir dengan membawa kapasitas baterai yang cukup yakni 400 mAh. Dengan menggunakan kapasitas daya baterai tersebut, maka Anda akan memperoleh waktu on time yang lebih lama. bagi Anda yang gemar bermain smartphone dalam waktu lama, tentunya akan sangat nyaman dengan baterai bawaaan A11.

Jika Anda sudah mengetahui beberapa hal tentang Samsung Galaxy A11 melalui informasi di atas, apakah sudah siap untuk menggunakan smartphone satu ini? Semua smartphone pasti ada kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dan Anda sendiri yang bisa menentukan keputusan tersebut.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here