Oppo Reno 4 : Spesifikasi, Harga dan Review

oppo reno 4

Tidak mau ketinggalan dari para pesaingnya, kini Oppo juga turut merilis smartphone keluaran terbarunya. Bahkan Oppo merilis satu tipe ponsel dengan 3 seri sekaligus. Smartphone tersebut adalah Oppo Reno 4, Oppo Reno 4F, dan Reno 4 Pro. Walaupun memiliki nama yang hampir sama, namun terdapat beberapa perbedaan yang ada pada ketiganya.

Smartphone yang dibesut oleh Oppo ini, dianggap mempunyai spesifikasi yang sudah cukup untuk memenuhi penggunaan dan juga kebutuhan para penggunanya sehari-hari. Tentunya ketiga seri tersebut memiliki keunggulan dan juga kekurangannya masing-masing. Nah, untuk kesempatan kali ini, seri yang akan dibahas adalah Oppo Reno 4. Untuk itu, simak informasi yang ada di bawah ini.

Spesifikasi Oppo Reno 4

DetailSpesifikasi Reno 4
OSAndroid
OS verAndroid 10, ColorOS 7.2
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUQualcomm Snapdragon 720G
Octa-core
Kecepatan CPUup to 2.3 GHz
Memori Internal128GB
RAM8GB
Memori eksternalNo
BateraiNon-removable, Li-Po 4.015 mAh
30W VOOC Flash Charge 4.0
Ukuran Layar6.43 inci
Resolusi LayarFHD+ 1080 x 2400 pixels, AMOLED
Kamera Belakang48MP + 8MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan32MP + AON Smart Sensor
Dimensi160.3 x 73.9 x 7.7 mm
Berat165 gram

Harga Oppo Reno 4

Sebagai smartphone yang hadir di kelas menengah, smartphone yang satu ini memiliki banderol standar. Untuk memperoleh Oppo Reno 4, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 4.999.000. Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa membawa pulang sebuah ponsel pintar lengkap dengan semua fitur yang telah disediakan olehnya.

Soal warna, Oppo menyediakan dua buah varian warna yang sangat menarik. Kedua warna tersebut adalah Galactic Blue dan Space Black. Banyak yang bilang jika smartphone yang satu ini mampu membantu dalam membangun style karena tampilannya. Jadi dengan harga tersebut, Anda sudah memperoleh sebuah smartphone berkualitas, baik itu performa maupun tampilan.

Kelebihan Oppo Reno 4

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa Oppo Reno 4 membawa banyak perubahan dari para pendahulunya. Berbagai perubahan yang dilakukan ini, tentunya menjadi bukti adanya peningkatan kualitas smartphone produk Oppo. Nah, kali ini yang akan dijelaskan adalah kelebihan dari Reno 4 terlebih dahulu. Simak informasi sebagai berikut ini.

1. Chipset Berkualitas dan Tangguh

Jika Oppo Reno 3 menggunakan prosesor MediaTek Helio P90, maka kali ini Oppo menggunakan dapur pacu yang lebih canggih dan cepat untuk Oppo Reno 4. Chipset tersebut adalah Snapdragon 720G besutan Qualcomm. Dengan menggunakan Snapdragon 720G, maka ponsel memiliki catatan skor hingga sekitar 280.000, sedangkan untuk Reno 4 hanya mencatat angka 200.000 dengan Helio P90.

Jadi, dapat dikatakan bahwa performa pada Reno 4 ini mengalami peningkatan yang signifikan. Tidak hanya performanya lebih tangguh, Snapdragon 720G ini juga dibuat menggunakan fabrikasi yang dianggap lebih efisien serta canggh, yakni 8 nm (nanometer). Sedangkan untuk Helio P90 berada di angka 12 nm. Bagi Anda yang mencari perangkat untuk game favorit, maka ponsel ini sangat tepat.

2. Desain Baru yang Karakterisasi

Dapat dikatakan bahwa perbedaan pada desain Oppo Reno 4 dengan para pendahulunya, merupakan hal yang terlihat sangat mencolok. Ponsel pintar yang satu ini memiliki ciri khas baru berupa kamera berbentuk vertikal pada bodi belakang yang dibentuk seperti bulatan tegas. Selain itu, Reno 4 juga terlihat lebih berkarakter berkat adanya warna yang ikonik.

Sementara untuk seri Reno 3 sendiri memiliki desain yang kerap digunakan oleh smartphone Android keluaran terbaru, di mana warna dan juga desainnya sendiri terkesan mengarah pada tren smartphone kekinian. Selain itu masih hal yang terkesan unik dari tampilan Reno 4 ini, adalah packaging. Ketika Anda membeli ponsel ini, maka akan memperoleh paket penjualan dengan kotak atua box colorful yang terkesan unik.

3. Material Premium yang Kokoh

Reno 4 ini juga dapat dengan tampilan menarik yang dihasilkan berkat adanya material premium yang digunakan olehnya. Tentunya material tersebut bukanlah plastik, bahkan Anda akan menemukan kaca Gorilla Glass 3 pada bagian belakang ponsel. Bingkai pada Reno 4 juga telah dibalut dengan menggunakan material metal yang membuatnya semakin tampak lebih kokoh dan menawan.

4. Kamera Berkelas di Mode Rendah Cahaya

Walaupun Oppo seri Reno 3 telah dibekali dengan fitur mode malam pada kameranya, namun dijamin bahwa hasil jepretan foto dari penerusnya ini mampu menjanjikan kualitas gambar yang lebih rapi dan baik. Hal ini dapat terjadi karena adanya bukaan lensa dengan ukuran yang lebih besar dari Reno 3. Selain itu, penyempurnaan untuk teknologi AI dan fitur bernama image processing juga diberikan di chipset-nya.

Tidak hanya itu, ponsel ini juga menyediakan sejumlah fitur yang bisa membantu Anda untuk menjepret gambar saat malam dengan jelas. Di Reno 4 sendiri, fitur tersebut bernama Night Flare Portrait yang berarti bokeh pada saat malam, Ultra Dark Mode, dan Ultra Night Selfie.

Walaupun resolusi kamera utamanya hanya sebesar 48 MP, namun HP ini telah dibekali dengan fitur yang bernama Ultra Clear Image. Fitur tersebut dapat memungkinkan para pengguna untuk menangkap foto dengan resolusi hingga mencapai 108 MP. Sangat keren bukan fitur yang satu ini?

5. Kemampuan Merekam Video Ala Profesional

Tak hanya memiliki kemampuan yang sangat handal dalam hal pengambilan foto pada kondisi cahaya yang minim, namun aktivitas perekaman video dengan memakai Oppo Reno 4 ini juga pengalaman yang lebih menyenangkan karena adanya beberapa fitur unggulan di dalamnya.

Yang pertama terdapat mode untuk merekam video bertajuk AI Slow Motion. Fitur tersebut bisa Anda gunakan untuk menangkap gambar dengan 960 fps. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa fitur ini biasanya hanya ada pada ponsel-ponsel kelas flagship saja. Cukup mengejutkan bukan?

Tidak hanya itu, Anda juga akan menemukan fitur bernama Monochrome Video. Fitur tersebut memungkinkan warna antara latar dan objek dapat dipisahkan menjadi paduan warna hitam dan putih ataupun juga bisa sebaliknya.

Nah, hal lain yang spesial mengenai proses perekaman video, seri Reno 4 ini juga telah dilengkapi fitur yang bernama Front Steady Video pada kamera depannya. Tidak cukup disitu, kamera depan smartphone ini juga membawa fitur Ultra Steady Video 3.0 dengan teknologi EIS (electronic image stabilization) yang terbilang cukup memuaskan.

6. Fitur Tanpa Sentuhan yang Sangat Membantu

Mungkin fitur tanpa sentuhan seperti halnya Smart Air Control ini terasa tidak terlalu berguna. Akan tetapi, fitur tersebut dapat sangat berguna pada saat Anda tidak ingin menyentuh layar smartphone ketika sedang makan maupun tangan dalam keadaan kotor.

Terlebih lagi, di tengah-tengah masa pandemi seperti saat ini dan Anda belum sempat untuk mencuci tangan. Maka, ada baiknya jika Anda menggunakan fitur tersebut untuk menghindari sentuhan dari tangan secara langsung dulu, supaya ponsel juga tidak terkena virus ataupun kuman.

Air Control ini memiliki fungsi untuk membuka panggilan telepon lebih praktis serta dukungan untuk beberapa apliaksi media sosial yang biasa digunakan oleh para penggunanya. Jadi, Anda dapat dikatakan bahwa Air Control ini termasuk dalam fitur futuristik yang nantinya akan dihadirkan oleh setiap smartphone di masa mendatang.

7. Kapasitas Memori Internal Lega dan Dukungan Fast Charging

Bicara mengenai penyimpanan intenral, Reno 4 ini hadir dengan membawa kapasitas RAM sebesar 8 GB dan juga memori internal seperti pada seri Reno 3 yaitu sebesar 128 GB. Tentunya besarnya kapasitas memori yang dimilikinya ini tergolong cukup besar dalam mencukupi kebutuhan akan penggunaan smartphone saat ini, atau setidaknya sampai lebih dari satu tahun ke depan.

Sedangkan untuk sumber daya, Reno 4 ini memiliki kapasitas daya baterai yang terbilang besar, yaitu 4.015 mAh. Besarnya kapasitas daya baterai tersebut, juga sudah didukung dengan teknologi fast charging VOOC 4.0 dari Oppo dengan daya 30 W. Bahkan fitur yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai pada Reno 4 agar dapat terisi penuh dari nol dalam waktu satu jam saja.

8. Harga Awal yang Lebih Murah

Sebelum tiba pada tanggal perilisan Reno 4 ini, telah banyak pihak yang telah membuat perkiraan untuk harga smartphone ini. Dan perkiraan yang mereka buat, rata-rata lebih mahal daripada pendahulunya ketika pertama kali rilis. Hal ini karena Oppo mengatakan bahwa akan ada peningkatan yang dimilikinya pada saat proses peluncuran berlangsung.

Akan tetapi, perkiraan mereka ternyata kurang tepat. Hal ini dibuktikan dengan Oppo yang membanderol ponsel ini hanya Rp 4.999.000 saja. Tentunya harga tersebut lebih murah apabila dibandingkan dengan pendahulunya, yakni Oppo Reno 3 pada saat perilisan dibanderol dengan harga Rp 5.199.000. Jadi, salah satu yang membuat smartphone ini menarik adalah harga yang dimilikinya.

Kekurangan Oppo Reno 4

Walaupun Oppo Reno 4 ini membawa beberapa kelebihan baik itu dari segi performa, kamera, hingga harga, namun ponsel ini tetap memiliki kekurangan. Sama seperti ponsel lainnya, pasti ada kekurangan dalam sebuah perangkat buatan manusia walaupun berada di kelas paling tinggi. Untuk itu, berikut ini beberapa kekurangan yang dimiliki oleh seri Reno 4.

1. Tidak Ada Lensa Telephoto

Tentunya Anda sudah tahu, bahwa salah satu hal spesial yang dimiliki oleh Oppo Reno 3 adalah hadirnya lensa telephoto yang ada di salah satu dari keempat kamera utamanya. Untuk saat ini, memang sangat jarang ditemukan smartphone di kelas menengah dengan jenis lensa zoom tersebut. Namun cukup disayangkan, karena seri Reno 4 ini tidak lagi dihadirkan dengan membawa lensa telephoto tersebut.

Walaupun tidak memiliki kamera yang membawa kemampuan perbesaran optik, tetapi kualitas dari foto yang dihasilkan oleh Reno 4 ini cukup menjanjikan. Tentunya hasil foto berkualitas tersebut dapat membuat para penggunanya untuk memaklumi kekurangan yang dimilikinya itu.

2. Tidak Ada Fitur NFC

Reno 3 hadir tanpa membawa fitur NFC atau Near Field Communication. Kekurangan pada Reno 3 tersebut, ternyata masih dibawa oleh Reno 4. Pihak Oppo sendiri menganggap bahwa para pengguna di Indonesia tidak terlalu membutuhkan fitur konektivitas yang satu ini. Jadi hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menekan budget dan penanaman fitur lain yang lebih berfungsi.

Review Oppo Reno 4

Setelah Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari Oppo Reno 4 di atas, apakah sudah memutuskan untuk menggunakan smartphone ini atau tidak? Nah, jangan terburu-bur, karena masih ada beberapa hal yang perlu untuk diketahui. Beberapa hal tersebut adalah review singkat mengenai Reno 4 yang akan dijelaskan sebagai berikut ini.

1. Desain Oppo Reno 4

Seperti yang tadi sudah dijelaskan, bahwa Reno 4 ini membawa banyak perubahan. Banyak yang bilang jika Oppo Reno 3 memiliki desain yang membawa perubahan sangat drastis dari sebelumnya. Oppo membuat tampilan dari Reno 4 ini menjadi jauh lebih premium dan sylish.

Selain itu, dimensi pada ponsel ini dibuat menjadi lebih ringan dan juga ramping, ketebalan dari HP ini hanya 7,7 nm dan memiliki bobot seberat 165 gram saja. Untuk body bagian belakang, Oppo menggunakan material lembaran baja yang tahan panas. Ada juga komponen baru lain yang mampu mereduksi ketebalan dari smartphone ini. Oppo juga melapisi layarnya dengan Corning Gorilla Glass 3.

2. Hardware & Software Oppo Reno 4

Di pasar Indonesia, Oppo Reno 4 memang tidak hadir dengan membawa chipset yang sudah mendukung jaringan 5G. Pihak Oppo Indonesia telah menyebutkan bahwa dukungan jaringan 5G ini belum dibutuhkan, terutama untuk sasaran kelas HP satu ini. Jadi, paling tidak Snapdragon 720G sudah cukup handal untuk digunakan sehari-hari, ditambah lagi dengan dukungan RAM 8GB yang mampu berkegiatan multitasking.

Menurut percobaan yang dilakukan untuk bermain PUBG Mobile, terbukti tidak muncul kendala yang berarti, walaupun belum muncul opsi untuk memilih tingkatan grafis smooth extreme atau yang paling berat. Body dari HP ini juga tidak terasa cepat panas walau tidak menggunakan perangkat pendingin khusus, bahkan pada saat proses pengisian daya sekalipun.

Pihak Oppo juga telah mengklaim bahwa mereka sudah melakukan pengoptimalan chipset secara maksimal, supaya bisa memberikan performa yang maksimal. Hal ini juga termasuk beberpa fitur kamera yang dimilikinya. Sedangkan untuk kapasitas memori, ponsel ini menyediakan ROM yang cukup luas yakni 128GB. Jika masih kurang, Anda dapat menambahkan kartu microSD hingga 256GB.

3. Kamera Oppo Reno 4

Mungkin jika dilihatdari ukurna besaran resolusi, Ponsel ini bukan yang tertinggi dalam kelasnya. Di bagian kamera depan, Anda akan menemukan sebuah kamera dengan resolusi sebesar 32 MP, disertai dengan sensor tambahan yang tidak mempunyai fungsi untuk proses pengambilan foto.

Sedangkan untuk kamera di belakang, ada setup empat buah kamera utama. Untuk sensor utama, menggunakan lensa dengan resolusi sebesar 48 MP. Kemudian ada sensor ultra wide 8 MP, macro 2 MP, dan mono 2MP. Sensor kamera pada lensa mono ini memiliki peranan penting untuk memberikan hasil berupa efek video dan foto khusus yang baru saja diperkenalkan pada Reno 4 satu ini.

4. Konektivitas Oppo Reno 4

Konektivitas yang dibawa oleh Reno 4 ini sama seperti pada kebanyakan ponsel lain di kelasnya. beberapa diantaranya seperti Wi-Fi, bluetooth, WLAN, Display, USB Type-C, dan juga GPS. Sedangkan untuk fitur futuristik seperti NFC belum dimiliki oleh ponsel yang satu ini.

5. Baterai Oppo Reno 4

Reno 4 hadir dengan membawa baterai berkapasitas 4.015 mAh. Dengan kapasitas daya baterai tersebut, maka membuatnya mampu bertahan hingga seharian penuh, dengan waktu screen-on sekitar 5 jam. Hal itu juga sudah termasuk dalam penggunaan kamera yang sedikit intensif, always-on display, tersambung ke smartwatch dengan koneksi Bluetooth, dan juga sekitar 60 menit untuk menyalakan hotspot.

Dengan mengetahui beberapa hal mengenai Oppo Reno 4 di atas, tentunya Anda sudah bisa memutuskan untuk menggunakannya atau tidak. Jika dilihat dari informasi di atas, sebenarnya kekurangan dari Reno 4 ini masih bisa diatasi dengan mudah.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here