Oppo A53 : Spesifikasi, Harga dan Review

Oppo A53

Oppo memang termasuk salah satu vendor smartphone terbesar di dunia. Kini pabrikan asal Tiongkok ini secara resmi meluncurkan ponsel terbarunya, yakni seri A53. Di Indonesia, smarpthone tersebut dilepas dengan harga 2 jutaan rupiah. Oppo A53 ini masuk ke jajaran smartphone mid-end. Namun hal yang spesial, yakni ada beberapa fitur yang masih jarang digunakan pada kelas mid-end.

Seri A53 ini hadir dengan bekal seperti halnya layar yang menggunakan refresh rate 90 Hz, juga desain punch-hole yang trend di kelas menengah ke bawah, dan juga prosesor tangguh Snapdragon 460. Apakah ponsel pintar yang satu ini layak untuk menjadi teman sehari-hari? Berikut ini ulasan yang perlu Anda simak sebelum memutuskan untuk memilikinya:

Spesifikasi Oppo A53

DetailSpesifikasi Oppo A53
OSAndroid
OS verColorOS 7.2, based on Android 10
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Stnadby
CPUQualcomm SM4250 Snapdragon 460 (11 nm)
Octa-core Kryo 240
Kecepatan CPU4×1.8 GHz Kryo 240 & 4×1.6 GHz Kryo 240
Memori Internal64GB, 128gb
RAM4GB, 6GB
Memori EksternalmicroSD, up to 256GB
BateraiLi-Po 5.000 mAh, non-removable
Fast charging 18W
Ukuran Layar6.5 inci
Resolusi LayarHD+ 1600 x 720 piksel
Kamera Belakang13MP + 2MP + 2MP
Kamera Depan16MP
Dimensi163.9 x 75.1 x 8.4 mm
Berat186 gram

Harga Oppo A53

Belum lama ini, Oppo A53 diluncurkan di Indonesia dengan membawa keunggulan pada spesifikasi dan fitur canggih. Meskipun begitu, smartphone ini tetap ditawarkan dengan harga yang kompetitif untuk mendominasi kelas mid-end.

Cukup menarik, bukan? Sebuah ponsel berkualitas tinggi, namun memiliki harga yang relatif terjangkau. Selain beberapa fitur unggulan yang sudah disebutkan sebelumnya, A53 ini juga turut membawa beberapa fitur tambahan yang menarik, seperti teknologi pengisian baterai cepat atau fast charging sebesar 18W.

Teknologi tersebut, biasanya digunakan pada smartphone kelas di atasnya. Untuk harga Oppo A53 dengan RAM 4GB pada tahun 2020 ini, dibanderol dengan harga sebesar Rp 2.499.000.

Kelebihan Oppo A53

Seperti biasa, sebelum Anda membeli sebuah perangkat smartphone, hal yang harus dipertimbangkan adalah kelebihan serta kekurangannya. Setiap ponsel tentunya mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya sendiri.

Nah, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah kelebihan dari ponsel tersebut. Berikut ini penjelasannya.

1. Baterai yang Terbilang Awet

Seperti yang telah diketahui, bahwa baterai memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga ketahanan ponsel. Oleh sebab itu, Oppo juga membenamkan baterai Li-Po dengan kapasitas besar 5.000 mAh pada seri A53 ini.

Dengan menggunakan kapasitas baterai tersebut, maka penggunaan ponsel bisa bertahan hingga seharian dalam pemakaian normal. Apabila daya baterai sudah habis, maka Anda juga tidak perlu menunggu lama untuk melakukan pengisian ulang daya sampai penuh.

Hal ini bisa terjadi berkat adanya fitur fast charging 18 W yang dimilikinya. Sedikit info, A53 ini menggunakan port pengecasan baru yakni USB type-C versi 2.0.

Tidak hanya itu, Oppo pun juga menyematkan mekanisme untuk menghemat baterai yang diberi nama Super Power Saving Mode. Ketika mode ini diaktifkan, maka ponsel dapat digunakan untuk melakukan panggilan hingga durasi 1 jam, walaupun daya baterai yang tersisa tinggal 5% saja.

2. Membawa Refresh Rate 90 Hz

Dapat dibilang bahwa Oppo A53 ini menjadi salah satu alternatif yang sangat menarik, karena biasanya refresh rate 90 Hz hanya digunakan oleh jajaran ponsel kelas atas saja. Untuk smartphone di kelas menengah ke bawah, biasanya hanya menghadirkan laju penyegaran atau refresh rate tidak lebih dari 60 Hz.

Sedangkan untuk touch samping rate yang dimiliki oleh ponsel satu ini, layarnya mampu mencapai angka 120 Hz. Jika Anda belum terlalu paham dengan konsep refresh rate atau laju penyegaran serta touch samping rate, refresh rate merupakan tingkat kecepatan layar pada saat melakukan refresh di setiap detiknya.

Sementara untuk touch samping rate, erat kaitannya dengan kecepatan ponsel dalam merespon sentuhan yang diberikan oleh penggunanya. Hal ini berarti bahwa, A53 mampu menerima input yang berfungsi untuk melakukan pergerakan pada saat bermain sebuah video game. Ponsel ini juga memberikan sebuah tampilan yang lebih halus ketika Anda menonton video.

3. Slot Khusus untuk Memori Eksternal

Tentunya Anda sudah tahu, bahwa keberadaan dari slot untuk memori eksternal sangat penting, terutama untuk smartphone di kelas mid-end yang ukuran memori internal-nya tidak terlalu besar. Namun, kebanyakan mereka hanya menyediakan slot microSD menggunakan slot berjenis hybrid saja.

Maka dari itu, sebuah kelebihan dari seri A53 ini karena telah menyediakan sebuah slot khusus untuk kartu memori eksternal. Pada perangkat ini, Anda dapat memasang microSDXC dengan kapasitas mencapai hingga 256 GB di dalam sebuah slot khusus yang telah disediakan.

Sedikit informasi yang perlu untuk Anda ketahui, bahwa perangkat ini telah dibekali dengan memori internal dengan dua varian kapasitas, yaitu versi 64 GB dan juga 128 GB.

Keduanya juga sudah menggunakan standar UFS 2.1. Sedangkan untuk RAM-nya, Anda bisa memilih antara varian RAM 4 GB atau 6 GB yang menggunakan teknologi LPDDR4X.

4. Corak Desain Bodi yang Unik

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa Oppo kerap menghadirkan bodi dengan desain yang berbeda dan terkesan unik jika dibandingkan dengan cara pesaingnya yang lain. Hal ini juga dilakukan untuk versi A53 yang diwujudkan dengan desain bertemakan luar angkasa pada bodinya.

Oppo A53 ini tersedia dalam dua varian warna yang dapat Anda pilih di pasaran Indonesia. Warna yang pertama ada Electric Black yang cocok bagi Anda penyuka warna gelap dan kesan glamor. Selain itu, ada Fancy Blue, yang mampu menimbulkan kesan ceria pada smartphone tersebut.

Oppo juga tidak lupa untuk mempertahankan kenyamanan dari para penggunanya. Hal ini dilakukan dengan adanya tekstur matte pada setiap bagian ujungnya. Selain itu, sentuhan glossy di bagian belakang bodi ponsel juga akan membuat ponsel ini tidak terlalu licin ketika digenggam.

Hampir semua smartphone besutan Oppo tidak pernah mengecewakan, terutama untuk bagian bodi belakang. Dengan menggunakan perangkat dari Oppo, Anda bisa terlihat menggenggam smartphone berkelas dan eksklusif, walaupun harganya cukup terjangkau.

5. Layar Penuh dengan Desain Punch Hole

Pada umumnya, smartphone yang ada di rentang harga 2 jutaan rupiah hanya menggunakan desain berponi saja atau yang biasanya disebut dengan model waterdrop notch. Tentunya desain poni tersebut terkesan kuno pada saat ini.

Nah, inilah salah satu alasan mengapa A53 tergolong sebagai HP kelas menengah ke bawah yang layak dihargai mahal karena desain yang dimilikinya. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa produk Oppo yang satu ini telah menggunakan desain layar punch hole pada layar yang terlihat memenuhi seluruh lapisan depan ponsel.

Memang ukuran bezel atas dan bawah bodi depannya terlihat simetris. Akan tetapi, ponsel ini masih akan menawarkan pengalaman bagi Anda untuk menggunakan ponsel punch hole display dengan harga murah.

Tanpa harus mengeluarkan banyak uang, Anda sudah bisa menikmati perangkat layaknya ponsel kelas atas. Untuk panelnya, Ponsel ini menggunakan jenis A-Si TFT LCD dengan ukuran 6,5 inci.

Layar tersebut memiliki aspek rasio 20:9. Selain itu, rasion untuk perbandingan dari bodi ke layarnya bisa mencapai angka sekitar 82,9%.

6. Speaker Dual Stereo

Dengan dua speaker yang dihadirkan pada ponsel, maka pengguna pun bisa memperoleh kenyamanan lebih, berkat adanya suara keras yang mampu dihasilkannya.

Pada umumnya, model stereo speaker ini hanya ada pada ponsel kelas menengah atas atau bahkan flagship. hal inilah yang menjadi salah satu kelebihan dari Oppo A53, ponsel kelas menengah ke bawah yang memiliki dual stereo speaker.

Speaker yang dibawa oleh A53 ini juga memperoleh dukungan teknologi Dirac 2.0. Teknologi tersebut dinilai dapat meningkatkan kualitas suara hingga terdengar lebih tajam dan memperkuat bass.

Untuk sinyal audio yang ditangani oleh Dirac ini, juga mampu menjadikan suara lebih detail dan jernih. Anda juga tetap bisa memperoleh pengalaman mendengarkan lagu terbaik tnapa bantuan speaker atau earphone.

7. Kualitas Kamera yang Bagus

Jika dilihat dari spesifikasi kamera yang dibawanya, A53 ini termasuk dalam sebuah ponsel yang memiliki kamera tidak terlalu spesial. Di bagian belakang, Anda akan menemui konfigurasi triple camera dengan lensa utama sebesar 13 MP yang didukung oleh fitur PDAF. Sedangkan untuk dua lensa lainnya memiliki fungsi untuk kamera makro dan juga sensor bokeh beresolusi 2 MP.

Meskipun tidak menyertakan lensa tele, namun Anda masih dapat melakukan zoom digital 6 kali. pada bagian depan, terdapat satu buah lensa selfie yang memiliki resolusi 16 MP dengan sensor berukuran 1/3.06 derajat.

Baik itu kamera belakang dan depan, keduanya mampu memberikan kemampuan untuk merekam video dengan resolusi paling tinggi 1080p. Kamera yang dibawa ini juga telah dibekali dengan berbagai macam mode dan fitur keren seperti halnya mode panorama, time lapse, dan juga Pro mode.

Anda juga bisa menggunakan mode HDR untuk wilayah dinamis yang lebih luas, serta Dazzle Mode yang berfungsi menghasilkan kualitas warna lebih mendalam. Sementar apada kamera depan, terdapat fitur AI Beautification dengan fungsi mempercantik wajah.

Meskipun kualitas kamera yang dimilikinya masih tergolong standar, namun seri A53 masih mampu menghasilkan fotografi yang terbaik pada kelas harganya.

Warna dari objek yang ditampilkan sudah cukup memuaskan. Anda juga akan memperoleh ketajaman detial yang terjaga dengan sangat baik dan juga menawan.

Kekurangan Oppo A53

Setiap perangkat yang dibuat oleh manusia, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya. Begitupun juga dengan seri A53 yang dibesut oleh oppo ini.

Nah, jika sebelumnya sudah dibahas mengenai kelebihan dari Oppo A53, maka kini saatnya bagi Anda untuk mengetahui kekurangannya. Untuk itu, berikut beberapa kekurangan dari A53 yang perlu untuk diketahui:

1. Tidak Ada Lensa Ultra Wide

Jika berbicara tentang kamera, maka A53 ini memang masih tergolong bagus di dalam kelasnya. Namun, apakah Anda tahu jika perangkat yang satu ini tidak membawa kamera dengan lensa ultra wide? Ya, lensa ultra wide ini mempunyai kegunaan untuk menangkap foto berupa pemandangan yang memiliki sudut keluasan lebih besar.

Padahal beberapa seri yang sudah terlebih dahulu dirilis masih memiliki lensa ultra lebar dengan resolusi 8 MP. Hal ini berarti, Oppo A53 memang mengalami penurunan pada sektor kelengkapan kamera.

Namun, dengan beberapa lensa yang dimilikinya, tentunya sudah bisa menambal kekurangan pada sektor kamera ini.

2. Resolusi Tidak Full HD+

Sebelumnya sudah disinggung jika Oppo A53 ini menggunakan layar yang tampilannya memenuhi seluruh bagian pada bodi depan, dan hanya menyisakan sedikit bezel pada bagian atas dan bawah. Dengan ukuran layar sebesar 6,5 inci, maka dijamin pengguna dapat merasakan pengalaman dalam aktivitas bermain game yang menyenangkan.

Akan tetapi, sangat disayangkan karena resolusi yang digunakan pada layar perangkat ini masih memiliki kualitas HD+ atau setara dengan 720 x 1600 piksel. Hal ini pastinya cukup mengurangi ketajaman yang ada pada kualitas layar. Apalagi jika Anda membandingkannya dengan perangkat para pesaingnya yang kebanyakan layarnya telah dibekali dengan resolusi mencapai Full HD+.

Review Oppo A53

Apabila Anda sudah mengetahui beberapa kelebihan dan juga kekurangan dari Oppo A53 di atas, mungkin sudah siap untuk segera membelinya. Namun, jika Anda merasa masih kurang yakin, maka tidak usah tergesa-gesa, karena berikut ini akan dijelaska secara singkat tentang spesifikasi A53. Untuk itu, simak review Oppo A53 yang akan dijabarkan di bawah ini:

1. Desain Oppo A53

A53 ini memiliki ketebalan 8,4 mm dan lebar 75,1 mm. hal ini akan menyebabkan ponsel tersebut akan terasa nyaman digenggam, meskipun hanya menggunakan satu tangan saja.

Apalagi berkat lengkungan yang ada di sisi kiri dan kanan membuat terasa lebih nyaman lagi digenggam ketika sedang browsing atau menggunakan media sosial.

Sedangkan pada bagian belakang ponsel, Anda akan menemui tiga kamera belakang serta flash LED dengan posisi vertikal pada sisi kanan atas. Dengan dengan dari kamera, ada juga sensor sidik jari pada bagian bodi belakang.

Untuk tombol power ada di bagian kanan ponsel. Sementara untuk tombol volume, slot untuk kartu SIM, serta microSD ada di bagian kiri. Untuk bagian bawah ponsel ditempati dengan port USB type-C audio ajck 3,5 mm, dan juga speaker.

2. Hardware & Software Oppo A53

Oppo A53 ini hadir dengan membawa chipset Snapdragon 460. Prosesor tersebut dipadukan dengan RAM berkapasitas 4 GB serta memori internal 64 GB.

Selain itu, tersedia juga slot untuk microSD dengan kapasitas hingga mencapai 256 GB. Ponsel ini menjalankan OS Android 10 dengan antarmuka ColorOS 7.2, sebuah tampilan antarmuka yang terbilang mudah digunakan dan cukup simpel.

3. Kamera Oppo A53

Dalam urusan fotografi, Oppo A53 ini mengandalkan tiga buah kamera belakang yang tersusun dari kamera utama beresolusi 13 MP, kamera makro 2 MP, serta depth sensor 2 MP yang berfungsi untuk menjepret foto bokeh. Performa dari ketiga kamera tersebut juga cukup bagus apabila dalam keadaan cahaya yang pas, baik di luar atau dalam ruangan.

4. Konektivitas Oppo A53

Pada sektor konektivitas ponsel yang satu ini membawa beberapa fitur konektivitas seperti pada smartphone di kelasnya. Beberapa konektivias yang dibawanya meliputi Wifi, dual band, hotspot, Wifi Direct, GPS, Bluetooth, USB Type-C, dan juga FM Radio.

5. Baterai Oppo A53

Oppo A53 dibekali dengan baterai berkapasitas yang cukup besar yakni 5.000 mAh. Smartphone ini juga telah didukung dengan teknologi fast charging 18W yang dapat mengisi penuh baterai dari kondisi 10% hanya dalam waktu sekitar dua jam saja.

Dengan kapasitas baterai yang jumbo, maka perangkat ini mampu berthaan hingga satu hari penuh hanya dengan sekali pengisian ulang.

Apabila Anda sudah mengetahui dan memahami beberapa hal mengenai Oppo A53 seperti yang sudah diulas di atas apakah sudah yakin untuk menggunakan ponsel pintar ini? Nah, kini semua keputusan ada pada Anda sendiri.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here