Oppo A12 : Spesifikasi, Harga, dan Review

oppo a12

Setelah kehadiran Oppo Reno 3 Pro dan Find X2 Pro. Sekarang brand asal China kembali menghadirkan produk baru untuk pasar Indonesia. Smartphone bertajuk Oppo A12 ini mengincar pasar kelas menengah ke bawah dan lebih berfokus pada performa, memory/penyimpanan, dan lainnya.

Seri A12 ini baru kemarin dirilis pada bulan April 2020, dengan desain yang mewah, kekinian, dan spesifikasi cukup tinggi. Selain layarnya yang luas dan lebar, Oppo seri A12 ini mempunyai 2 variasi warna yang cantik yaitu hitam dan biru.

Oppo seri A12 sendiri sangat penting untuk pelajar yang tugas sekolah secara online maupun digunakan sehari-hari. Untuk informasi lebih jelas soal seri A12, berikut ini pembahasannya:

Spesifikasi OPPO A12

DetailSpesifikasi OPPO A12
OSAndroid
OS verColorOS 6.1.2, based on Android 9 Pie
SIMNano SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUMediaTek MT6765 Helio P35 (12 nm)
Octa-core
Kecepatan CPU4x 2.35GHz Cortex-A53 & 4x 1.8GHz Cortex-A53
Memori Internal32GB, 64GB
RAM3GB, 4GB
Memori EkstenalExpandable up to 256GB
Baterai4.230 mAh
Ukuran Layar6.22 inci
Resolusi LayarHD+ 720 x 1560 pixels, 19.5:9 ratio (~276 ppi density)
Kamera Belakang13MP + 2MP
Kamera Depan5MP
Dimensi155.9 x 75.5 x 8.3 mm
Berat165 gram

Harga OPPO A12 Terbaru

Oppo A12 sendiri dibanderol dengan harga yang terbilang murah, yakni hanya Rp 1-2 jutaan untuk pasar Indonesia. Dapat dikatakan kalau harganya sangat terjangkau, namun diberikan dengan kualitas yang begitu memukau, sehingga sangat layak untuk dimiliki.

  • Oppo seri A12 RAM 3GB : Rp 1.600.000 rupiah
  • Oppo seri A12 RAM 4GB : Rp 2.300.000 rupiah

Banyak orang kelas menengah ke bawah yang menyukai brand ini. Pasalnya, harga yang ditawarkan tidak terlalu mahal, namun memiliki teknologi canggih dan spesifikasi lumayan tinggi.

Kelebihan Oppo A12

Pihak Oppo membekali seri A12 dengan sejumlah fitur menarik yang bisa menjadi kelebihannya. Bisa dibilang kalau Oppo seri A12 ini mampu bersaing dengan kompetitor lainnya, berkat sejumlah keunggulannya.

Berikut beberapa kelebihan Oppo seri A12 yang membuatnya banyak disukai masyarakat Indonesia:

1. Desain Unik

HP ini dirancang dan dibuat dengan desain yang menarik, yaitu 3D Diamond Blaze Design berpola diamond cut. Tidak heran jika desain ini mampu memikat banyak orang.

Oppo A12 hadir dengan konsep desain bodi belakang yang keren. Hal tersebut mampu membuat tampilannya terkesan mewah, bahkan A12 hadir dengan pilihan dua warna, yakni biru dan hitam.

Bahkan kalau Anda perhatikan secara seksama, desain bodi belakang terlihat seperti berlian sungguhan. Ditambah bahan material yang digunakan pada HP ini bukan glossy, sehingga membuatnya lebih tahan dari baret dan tidak mudah lepas pada saat dipegang.

2. Layar Berukuran Cukup Besar

Demi memenangkan market pasar dari kompetitor lainnya, kini banyak produsen HP yang berlomba-lomba menciptakan smartphone berukuran layar besar. Salah satunya pada Oppo seri A12.

Seri Ponsel ini mempunyai ukuran layar sentuh sebesar 6,22 inci yang memenuhi seluruh bagian smartphone. Sedangkan untuk menjaga ukuran layar tersebut dari goresan, pihak Oppo membekali pelindung kaca Gorilla Glass 3.

Selain tahan dari goresan, hal tersebut semakin membuat tampilan layar Oppo seri 12 terlihat cantik. Ditambah dengan kamera depan yang bentuknya seperti poni dan bezelnya yang tipis, membuat penampilannya semakin mewah, elegan, dan terlihat berkelas layaknya HP kelas atas yang mahal.

3. Performa Oke

Seri ini dibekali dengan mediatek Helio P35 yang cukup bagus untuk digunakan pada HP entry-level. Bisa dibilang perfomanya bagus untuk multitasking.

4. Baterai Awet

HP yang dibanderol dengan 1 jutaan, sangat bagus dengan kapasitas baterai 4.230 mAh. ketahanannya bisa diandalkan untuk bermain game sampai 8 jam. Sedangkan untuk streaming video HD mampu bertahan selama 17 jam sampai baterai habis.

5. Riding Mode

Oppo seri A12 sendiri dilengkapi dengan fitur Riding Mode. Dimana fitur ini bisa membuat Anda tetap fokus dan aman di jalan, dengan cara memblokir panggilan dan notifikasi yang tidak penting.

6. Terdapat Smart Assistant

Oppo seri A12 menyediakan fitur ini untuk akses aplikasi, kalender, update berita olahraga, monitor kebugaran, dan lainnya dalam satu layar.

7. Ada smart Sidebar

Terdapat fitur Smart Sidebar yang berguna untuk mengakses file, mengambil screenshot, dan lain sebagainya.

8. Terdapat Audio Dirac

Sebagai keluaran HP terbaru, pihak Oppo juga tidak mau ketinggalan menyematkan teknologi canggihnya yakni audio dirac. Fitur ini sangat berguna sekali untuk menyesuaikan kualitas audio dengan aktivitas yang sedang berjalan.

Selain itu, keunggulan lain dari fitur ini adalah Anda tidak perlu melakukan atau mengatur terlebih dahulu untuk mengaktifkannya. Sebab audio Dirac secara otomatis aktif dalam mode smart audio/audio pintar untuk meningkatkan kualitas suara bergantung pada aktivitas Anda.

Misalnya menonton video, bermain game, dan mendengarkan lagu. Fitur ini juga secara otomatis aktif berganti mode untuk menciptakan pengalaman yang baik di masing-masing kegiatan.

9. Terdapat Fingerprint

Fingerprint sensor AI face unlock sangat bermanfaat sekali. Anda hanya cukup menekan satu jari atau melihat sekilas, setelah itu Anda sudah bisa masuk menu utama Oppo A12.

10. Mempunyai Fitur Face Unlock

Harganya yang terjangkau, menjadi hal yang istimewa karena Oppo seri A12 ini sudah dilengkapi dengan fitur face unlock. Jadi, selain dapat menikmati sensor sidik jari di bagian belakang, Anda juga bisa menikmati fitur face unlock.

Oppo seri A12 ini juga memberikan fitur yang mempu mengenali wajah Anda dengan sensor yang sudah disematkan. Fitur ini bertenaga AI dengan mendeteksi 128 biometric point pada wajah.

Artinya, fitur sensor wajah pada Oppo A12 memiliki kecepatan untuk membuka halaman layar, hanya dengan kecepatan 0,08 detik saja. Dengan fitur yang canggih ini, maka Anda tidak perlu khawatir lagi soal keamanan HP.

11. Ada Slot Khusus Memori Eksternal

Jika Anda melihat keluaran HP terbaru, maka mulai dihilangkan yang namanya slot atau tempat memori eksternal, kemudian digantikan dengan memori internal berkapasitas besar.

Namun pada Oppo A12 tidak hilangkan, justru disediakan slot khusus untuk memasang micro sd yang berkapasitas besar, yaitu maksimal 256 GB.

Slot khusus ini letaknya ada di sebelah kiri bodi HP dan bersebelahan dengan tombol volume. Ketika Anda membuka slot, maka terdapat tiga tray, yakni dua untuk kartu sim dan satunya untuk memori eksternal.

Kekurangan Oppo A12

Meskipun Oppo seri A12 ini memiliki banyak keunggulan, namun banyak orang berpendapat kalau harganya terlalu mahal. mungkin itu salah satunya yang menjadi kekurangan. Berikut beberapa kekurangan dari Oppo A12.

1. Layar Resolusinya Masih HD+

Dibanderol dengan harga Rp 1-2 jutaan, rasanya kurang memuaskan kalau HP seri hanya mempunyai resolusi layar yang masih HD+.

Seharusnya sudah menggunakan jenis layar AMOLED. Dimana layar jenis ini lebih hemat dan dapat menampilkan warna yang jauh lebih akurat. Selain itu, layar AMOLED mempunyai kontras rasio yang sangat baik.

Sementara, layar IPS LCD pada Oppo A12 tidak mampu menampilkan warna hitam yang sebenarnya. Bahkan saat kondisi mati, layar ini masih menimbulkan backlight, sehingga masih ada yang terpakai secara sia-sia.

2. Hanya Dual Camera

Walaupun kualitas gambar yang dihasilkan terbilang bagus, namun dari segi fitur kamera masih biasa saja jika dibandingkan dengan kompetitornya.

Meskipun dibekali dengan fitur seperti 6x digital zoom, time-lapse photography, AR Stickers, mode portrait, dan mode profesional, rasanya masih kurang dengan fitur tersebut. Padahal harga yang dibanderol cukup tinggi.

Bahkan kualitas dua kamera Oppo seri A12 masih kalah dengan HP Triple kamera atau HP quad camera. Apalagi kalau Anda membutuhkan HP dengan lensa seperti ultrawide, Oppo A12 dinilai kurang pas.

3. Belum Support Fast Charging

Walaupun dibekali dengan kapasitas baterai yang besar, namun Oppo seri A12 masih belum didukung dengan fitur fast charging. Dimana fitur ini sudah menjadi andalan HP Oppo seri lainnya.

Padahal fitur ini hampir selalu ada pada HP keluaran terbaru. Terlebih lagi, kapasitas baterai yang besar, tentunya membutuhkan waktu yang lama supaya pengisian baterai terisi penuh.

4. Harga Kemahalan

Seperti yang sudah disinggung di atas, kalau harga Oppo seri A12 masih terlalu kemahalan untuk kelas menengah ke bawah. Dengan harga segitu, seharusnya bisa mendapa spesifikasi yang jauh lebih canggih.

5. Tidak Dibekali Android Terbaru

Tidak seperti pada HP keluaran terbaru lainnya yang sudah menggunakan sistem Android terbaru. HP OPPO seri A12 hanya hadir dengan sistem Android ColorOS 6.1. Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan sistem Android 10 atau terbaru harus melakukan upgrade terlebih dahulu.

Review Smartphone OPPO A12 Terbaru + Terlengkap

1. Performa OPPO A12

Oppo seri A12 ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6765 Helio P35 Octa-core dengan fabrikasi 12 nm, sehingga mampu menghasilkan kecepatan hingga 2.3GHz. Smartphone ini juga dapat berjalan tanpa lag, kaena sistem operasinya yang kuat yaitu Android 9.0 (Pie) + Color OS 6.1.

Bisa dibilang, MediaTek Helio P35 memiliki performa yang tidak kalah dengan Qualcomm Snapdragon 660. Meskipun jika dibandingkan secara keseluruhan, MediaTek Helio P35 masih kalah dengan Qualcomm Snapdragon 665.

Meskipun smartphone ini mampu menjalankan game berat, namun hanya mampu mengatur resolusi rendah sampai menengah. Jadi, kurang cocok kalaus seri ini dijadikan sebagai HP Gaming.

2. Display Oppo A12

Smartphone ini hadir dengan layar sentuh kapasitif IPS LCD dengan resolusi 720 x 1520 piksel. Layar OPPO seri A12 ini juga sudah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 3.

Layar dengan besar 15,79 cm ini akan membuat Anda puas dari segi visual yang kaya akan keindahan, seperti untuk menonton film, bermain game, dan lain sebagainya.

Bagusnya lagi, OPPO seri A12 mampu melindungi penglihatan Anda sepanjang hari. Pasalnya, HP ini mampu menyaring cahaya biru yang berbahaya untuk mencegah ketegangan pada mata Anda.

3. Desain oppo A12

Desain pada bagian bodi belakang sendiri menggunakan konsep 3D Diamond Blaze Design, yang dibarengi dengan pola diamond cut. Dimana desain ini sebelumnya sudah pernah dihadirkan di seri OPPO A3.

Bedanya, kalau Oppo seri A12 ini mempunyai pilihan dua warna yang keren yaitu black dan blue. Ditambah dengan ada pola garis-garis yang membuat casing HP menjadi tidak licin, atau meninggalkan sisa fingerprint magnet.

Smartphone ini hadir dengan layar sentuh kapasitif IPS LCD 6,22 inci dan resolusi 720 x 1520 piksel, dengan menggunakan desain water drop notch. Dimana konsep ini beruna untuk menempatkan kamera selfie di bagian atas.

Dimensi dari smartphone ini adalah 155.9 x 75.5 x 8.3 mm dan berat 165 gram. Bawaan smartphone ini mencakup bahan seperti kaca untuk bagian depan, plastik di bagian belakang, dan rangka yang terbuat dari plastik.

4. Hardware & Software OPPO A12

OPPO seri A12 sendiri menggunakan prosesor MediaTek MT6765 Helio P35 Octa-core. Smartphone ini didukung oleh baterai Li-Po 4230 mAh yang tidak dapat dilepas.

Selain itu, OPPO seri A12 juga membekali Wi-Fi 802.11, Hotspot, Bluetooth 5.0, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS, Radio FM, micro USB 2.0, dan USB On-The-Go.

Untuk fitur pendukung, terdapat beragam sensor yang sangat berguna untuk keamanan ponsel Anda. Beberapa sensor yang terdapat di HP OPPO seri A12, yaitu fingerprint, gyro, accelerometer, compass dan proximity.

OPPO seri A12 juga dibekali RAM mulai dari 3 GB dengan memori internal 32 GB dan 4 GB untuk memori internal 64GB. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan dan menyimpan lebih banyak gambar, lagu, dan aplikasi.

Bahkan Anda masih bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan microSD menjadi 256GB. Maka dari itu, jika menggunakan HP ini, Anda tidak perlu khawatir perihal penyimpanan.

5. Kamera OPPO A12

Berikut informasi seputar kamera pada OPPO seri A12 yang perlu Anda tahu:

Smartphone ini didukung oleh dual kamera, yaitu kamera utama 13MP (f/2.2) dan kamera depth 2MP (f/2.4). Dimana lensa utama ini mampu menangkap setiap detail terkecil, sehingga mampu menghasilkan foto yang berkualitas bagus, jernih, dan tajam.

Sementara lensa portrait sendiri memberikan efek bokeh yang sempurna, sehingga menghasilkan potret yang terlihat profesional.

Di bagian depan terdapat kamera tunggal 5 MP untuk selfie. Selain itu, kamera depan juga berguna sebagai alternatif pengaman kunci layar face unlock.

Kamera OPPO seri A12 juga mampu mengidentifikasi jenis dan warna kulit dan usia. Bahkan menerapkan cara khusus yang dapat menghasilkan penampilan bersinar dengan alami dan indah.

Di kamera OPPO seri A12 juga dibekali Portrait Bokeh. Dalam mode ini, mampu menghasilkan efek bokeh yang tampak alami dan tidak teralihkan dengan apapun yang terjadi di latar belakang.

Terdapat Dazzle Color Mode. Mode ini sangat membantu Anda mempertahankan semua warna alami di foto Anda. Contohnya, makanan terlihat lebih enak, tanaman hijau tampak lebih segar, dan lain sebagainya.

6. Konektivitas OPPO A12

Meskipun sebagai keluaran HP terbaru, konektivitas OPPO seri A12 juga tidak berbeda jauh dengan seri lainnya. Untuk lebih jelasnya ada di bawah ini:

  • GSM: 850/900/1800/1900MHz
  • WCDMA: Bands 1/5/8
  • FDD-LTE: Bands 1/3/5/8
  • TD-LTE: Bands 38/40/41
  • SIM Card Type: Nano-SIM card
  • GPS: Built-in GPS, supports A-GPS, Beidou, Glonass
  • Bluetooth: 5.0
  • WLAN: WLAN 5.1G / WLAN Display / WLAN 2.4G / WLAN 5.8G,
  • OTG: Supported
  • NFC: No

7. Baterai OPPO A12

Smartphone ini didukung oleh baterai Li-Po 4230 mAh yang tidak dapat dilepas dan tersedia dalam warna biru dan hitam. Kapasitas batera sebesar ini sebanding dengan seri OPPO A31 yang dirilis sebelumnya.

baterai dengan berkapasitas 4230mAh ini, akan membuat Anda dapat bermain game sampai 8 jam dan menonton video sampai 17 jam lamanya.

Hanya saja, OPPO seri A12 ini belum didukung oleh fitur fast charging. Untuk melakukan pengisian baterai sampai penuh dibutuhkan waktu kurang lebih 2-4 jam.

Ponsel canggih yang mempunyai spesifikasi cukup tinggi ini hanya dibanderol dengan harga murah. Bagi Anda yang sedang mencari ponsel berkualitas, namun bagus dalam berbagai sektor, maka OPPO A12 menjadi pilihan yang tepat.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here