Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris + Biayanya

Layar Laptop Bergaris – Salah satu kendala yang sering dihadapi oleh pengguna laptop adalah layar laptop bergaris. Biasanya layar akan disertai dengan berkedip yang tentunya akan mengganggu pandangan ketika sedang digunakan. Layar yang bergaris tentunya akan membuat sebagian objek menjadi tidak terlihat dan tentu akan membuat ketidaknyamanan ketika digunakan.

Laptop yang menjadi bergaris bisa disebabkan oleh beberapa hal, bisa jadi kerusakan pada komponen hardware atau penyebab lainnya. Tentunya Anda perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mengetahui cara memperbaiki agar dapat ditangani dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa sebelum mengetahui cara memperbaiki agar dapat ditangani dengan mudah. Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi layar laptop bergaris dan bergetar.

Penyebab Layar Laptop Bergaris

1. Layar Terkena Air

Permasalahan yang paling sering penyebab laptop layar menjadi bergaris adalah karena terkena air. Layar yang terkena air kondisinya tentu akan menjadi basah dan efeknya tentu akan membuat layar menjaid bergaris.

Bahkan air yang sudah mengendap cukup banyak di dalam komponen layar tidak hanya akan membuat layar menjadi hitam putih, namun juga dapat membuat laptop menjadi black screen atau sudah tidak dapat dinyalakan kembali.

Oleh dari itu, Anda harus lebih berhati-hati dalam meletakan laptop agar tidak mudah terkena air. Anda dapat menjauhkan perangkat laptop dari kemungkinan cipratan atau genangan air yang akan mengenai laptop.

2. Kerusakan di Panel Screen LCD

Layar laptop yang bergaris biru bisa jadi disebabkan juga karena kerusakan pada panel screen LCD. Jika panel screen LCD mengalami kerusakan, maka ciri-cirinya larak laptop bergaris vertikal warna warni atau bisa berwarna putih.

3. Permasalah Pada Kabel LCD

Jika layar pada laptop muncul garis yang bergelombang memanjang dan mendatar, maka letak permasalahannya terdapat di kabel LCD yang terhubung ke motherboard dari laptop tersebut.

Tipe garis yang muncul disebabkan karena kerusakan pada kabel LCD ini ciri-cirinya adalah akan bergerak naik turun dengan halus hingga cepat.

4. Kerusakan Pada Komponen Hardware Laptop

Jika terjadi kerusakan pada komponen hardware yang terhubung ke layar laptop, tentunya secara otomatis juga akan mempengaruhi kinerja dari LCD laptop tersebut. Komponen hardware yang terhubung ke layar laptop adalah seperti VGA dan RAM.

Jika kedua komponen tersebut mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan layar pada laptop Anda akan muncul garis-garis kecil yang tentunya akan mengganggu kenyamanan ketika digunakan.

5. Mengalami Benturan yang Keras

Benturan pada laptop yang terlalu keras bisa jadi menyebabkan komponen layar menjadi bergaris. Jika garis tersebut disertai dengan retakan yang dapat terlihat di dalamnya, artinya layar LCD dari laptop tersebut harus segera diganti.

Layar yang sudah retak tentunya sudah tidak dapat digunakan kembali karena tidak akan bisa menampilkan visual dari laptop. Anda dapat membawa laptop ke service center untuk segera diganti dengan LCD yang baru.

Cara Mengatasi Layar Laptop Bergaris

1. Menggunakan Aplikasi Pixel Repairer

Pixel Repairer adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengatasi layar laptop bergaris horiontal maupun vertikal. Pixel Repairer sendiri bekerja dengan mendeteksi dead pixel yang ada di dalam laptop tersebut.

Bahkan software ini pun tidak dapat mendeteksi saja, namun juga dapat mengatasi masalah laptop yang bergaris tersebut. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan software Pixel Repairer untuk memperbaiki layar laptop yang bergaris.

  • Langkah pertama yaitu dengan menjalankan aplikasi Pixel Repairer di laptop yang Anda gunakan.
  • Langkah selanjutnya klik tombol Enable yang berfungsi untuk menampilkan warna yang sudah dipilih pada layar.
  • Setelah itu Anda dapat memperhatikan layar laptop, jika pattern yang sudah dipilih sebelumnya tidak muncul di layar tersebut, maka artinya terdapat dead pixel pada layar laptop Anda.
  • Jika sudah menemukan dead pixel, maka Anda dapat kembali ke kotak dialog Pixel Repair lalu pilih ikon Repair.
  • Kemudian klik tombol Add untuk memulai pengaturan area perbaikan.
  • Setelah itu Anda dapat menarik kotak repair ke area yang terindikasi mengalami dead pixel.
  • Disarankan untuk menggunakan mode konfigurasi repairer solid atau noise. Anda daapt mencobanya secara satu per satu hingga berhasil.
  • Langkah selanjutnya Anda dapat memilih ukuran yang dapat mencangkup area dead pixel tersebut.
  • Setelah itu Anda bisa memilih frekuensinya. Pada sistem default, nilai frekuensinya adalah 60 Hz.
  • Kemudian Anda dapat menunggu beberapa saat hingga Pixel Repairer selesai melakukan perbaikan.

2. Melakukan Pengecekan Kabel Fleksibel Layar

Cara lainnya untuk mengatasi layar laptop yang bergaris hitam horizontal maupun vertikal adalah dengan mengecek kabel fleksibel layar. Kabel fleksibel sendiri adalah kabel yang terhubung ke motherboard laptop, jadi jika mengalami kerusakan maka akan berdampak langsung ke layar.

Untuk mengecek kondisi dari kabel fleksibel, Anda dapat mencoba untuk menghubungkan laptop dengan layar monitor PC. Jika pda monitor PC layar tetap muncul garis-garis, maka dapat dipastikan kabel fleksibel memang mengalami kerusakan.

Untuk mengatasi hal ini, satu-satunya cara adalah dengan mengganti kabel fleksibel yang rusak dengan yang baru.

3. Memeriksa Komponen RAM, VGA, dan hardisk

Jika saat booting layar laptop menjadi bergaris, bisa jadi komponen RAM, VGA, atau hardisk sedang mengalami keruskaan. Untuk mengecek komponen-komponen tersebut, Anda dapat membuka casing dari laptop terlebih dahulu.

Setelah casing berhasil terbuka, maka langkah selanjtnya adalah dengan memeriksa RAM dan membersihkan pin-pin yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan penghapus karet lalu memasangkan kembali.

Jika setelah membersihkan RAM garis-garis tetap masih muncul, Anda perlu memeriksa komponen CGA nya. Seperti RAM, Anda pun juga perlu membersihkan pin-pin yang terdapat dalam VGA tersebut.

Anda juga dapat memeriksa kondisi hardisk. Jika garis-garis masih muncul, Anda daapt mengganti hardisk atau menggunakan hardisk lainnya untuk mengecek kondisinya.

4. Melaukan Update Driver VGA

Driver yang sudah tidak pernah di update juga bisa menjadi penyebab layar laptop kadang hilang, menjadi goyang, hingga muncul garis-garis. Hal ini dikarenakan ketidak sinkronan driver VGA yang lama dengan program terbaru.

Untuk mengatasi hal ini cukup mudah, Anda hanya perlu mendownload update driver VGA dengan versi yang terbaru. Biasanya VGA yang paling terbaru sudah disediakan secara resmi oleh vendor VGA yang Anda gunakan di laptop tersebut.

Biaya Memperbaiki Layar Laptop Bergaris

Jika Anda sudah melakukan seluruh cara di atas namun layar laptop tetap bergaris, tentunya Anda harus melakukan penggantian di beberapa komponen. Agar Anda lebih mudah dalam merencanakan harga, berikut ini adalah biaya memperbaiki layar laptop bergaris di pasaran.

Kabel Fleksibel RusakRp 150.000 – Rp 500.000
Service VGARp 200.000 – Rp 400.000
Ganti LayarRp 800.000 – Rp 1.600.000

Layar laptop bergaris biasanya disertai dengan warna merah, hijau, kuning, ungu, bahkan hitam yang akan muncul di LCD. Jika tidak ada komponen yang rusak parah, maka Anda dapat menggunakan cara-cara di atas untuk memperbaiki layar laptop.

Namun jika komponen sudah rusak, maka Anda harus menggnati komponen tersebut dengan yang baru agar layar laptop dapat berfungsi kembali dengan normal.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantarahttps://sudutnusantara.com
SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,887FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]