6 Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS [Work 100%]

laptop langsung masuk bios

Laptop Langsung Masuk BIOS – Tentunya ketika ingin menggunakan sebuah laptop, langkah awal yang perlu dilakukan adalah dengan menghidupkan laptop tersebut. Ketika proses booting berlangsung, permasalahan yang sering terjadi adalah Laptop Langsung Masuk BIOS.

Laptop yang langsung masuk BIOS bisa disebabkan oleh beberapa hal. Sebelum Anda mengeahui dapat dengan mudah mengatasinya. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai penyebab dan solusi dari laptop yang langsung masuk ke BIOS.

Penyebab Laptop Langsung Masuk BIOS

1. Keyboard Rusak

Penyebab yang paling sering membuat laptop langsung masuk ke BIOS adalah karena keyboard perangkat yang rusak. Hal ini dikarenakan laptop dapat masuk ke sistem BIOS jika Anda menekan salah satu dari tombol keyboard tersebut.

Jadi jika keyboard laptop yang sedang Anda gunakan mengalami kerusakan, bisa jadi hal tersebut menjadi salah satu penyebab mengapa laptop Anda langsung masuk ke sistem BIOS.

2. Kesalahan Setting

Pada sistem BIOS sendiri terdapat beberapa pilihan booting. Disinilah kemungkinan penyebab laptop langsung masuk ke BIOS karena Anda bisa saja salah setting atau tidak sengaja mengubah pengaturan default dari laptop sehingga dapat langsung masuk ke sistem BIOS.

3. Permasalahan Hardware

Di perangkat laptop sendiri hardware yang berhubungan dengan sistem BIOS adalah baterai CMOS. Jika baterai CMOS ini mengalami kerusakan, hal ini bisa mengakibatkan laptop langsung masuk ke BIOS ketika melakukan proses booting.

4. Penyimpanan Laptop yang Bermasalah

Penyebab selanjutnya yang sering mengakibatkan laptop langsung masuk BIOS adalah karena penyimpanan pada laptop yang bermasalah. Ruang penyimpanan seperti harddisk atau SSD yang tidak terbaca akan mengakibatkan laptop secara terus menerus akan masuk ke sistem BIOS.

5. Sistem Operasi yang Corrupt

Laptop yang sistem operasinya corrupt tentunya tidak akan dapat mendeteksi adanya sistem operasi di dalamnya. Hal inilah yang menyebabkan sistem secara otomatis akan dialihkan ke BIOS ketika proses booting sedang berlangsung.

Cara Mengatasi Laptop Langsung Masuk BIOS

1. Cek Keyboard

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu hal yang paling sering menjadi penyebab laptop langsung masuk ke BIOS adalah karena kerusakan pada keyboard. Maka dari itu, Anda perlu mengecek kondisi keyboard dengan melepas konektor keyboard.

Untuk melepas konektor keyboard, Anda terlebih dahulu harus melepas keyboard dengan mencongkel bagian pengunci keyboard. Perlu diperhatikan, tidak semua keyboard dapat dilepas dengan cara dicongkel, terdapat beberapa jenis laptop yang harus dibongkar terlebih dahulu.

Setelah keyboard beserta konektornya berhasil dilepas, Anda dapat menghidupkan kembali perangkat laptop. Jika berhasil masuk ke halaman desktop, artinya keyboard Anda memang yang menjadi penyebab utamanya.

2. Coba Ganti Keyboard

Jika Anda sudah mengetahui penyebab utama kerusakannya disebabkan karena kerusakan pada keyboard, maka Anda dapat segera melakukan penggantian keyboard di service center terdekat. Jika Anda bisa memasang sendiri, dapat membeli keyboard secara online terlebih dahulu.

Membeli keyboard memang memerlukan biaya yang cukup mahal. Namun terdapat alternatif lain yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan memakai keyboard USB atau keyboard eksternal.

Walaupun cukup mudah untuk digunakan, keyboard USB ini tidak efektif jika Anda sering membawa laptop pergi karena memiliki dimensi yang cukup panjang, layaknya keyboard pada umumnya.

Perlu diperhatikan, bagi Anda yang ingin menggunakan keyboard USB pastikan terlebih dahulu jika konektor pada keyboard utama sudah di copot. Jika konektor masih terpasnag, maka laptop akan secara terus menerus masuk ke sistem BIOS.

3. Cek Baterai CMOS

Baterai CMOS adalah komponen yang berhubungan langsung dengan sistem BIOS pada perangkat laptop. Jika baterai CMOS ini mengalami kerusakan, maka secara otomatis laptop akan masuk ke sistem BIOS.

Untuk mengatasinya, Anda dapat mereset baterai CMOS ini dengan cara mencabut baterai laptop tersebut. Nantinya setelah baterai laptop tercabut, CMOS juga secara otomatis akan melakukan reset.

Setelah itu Anda dapat mencoba untuk menghidupkan laptop kembali seperti biasanya. Jika laptop masuk BIOS langsung mati, bisa jadi penyebabnya adalah baterai CMOS sudah habis. Untuk mengatasinya hal ini, Anda harus mengganti baterai CMOS dengan yang baru.

4. Cek Hardisk

Laptop yang langsung masuk ke sistem BIOS juga dapat disebabkan karena terjadi kerusakan pada sistem penyimpanan (harddisk). Untuk mengecek kerusakan pada sistem penyimpanan, Anda dapat mengetahuinya pada kolom boot priority.

Jika memang hardisk atau SSD sudah tidak dapat terbaca, maka solusinya adalah dengan menggantinya dengan yang baru. Nantinya setelah Anda melakukan penggantian perangkat penyimpanan, maka secara otomatis laptop akan kembali menjadi normal.

5. Reset BIOS

Salah satu penyebab yang dapat membuat laptop langsung masuk ke sistem BIOS adalah karena adanya kesalahan pengaturan pada BIOS. Tentunya bagi Anda yang masih awam, cukup sulit untuk mengembalikan ke pengaturan sebelumnya.

Maka dari itu, Anda dapat melakukan reset BIOS agar pengaturan BIOS kembali seperti awal lagi. Cara untuk mereset BIOS sendiri cukup mudah, Anda hanya perlu memilih opsi reset to default lalu secara otomatis pengaturan BIOS akan kembali ke sistem default.

6. Install Ulang Windows

Jika sistem operasi corrupt, tentunya akan mengakibatkan beberapa hal, salah satunya adalah laptop akan masuk ke BIOS pada saat proses booting. Untuk mengatasi sistem operasi yang corrupt, tentunya ANda harus melakukan install ulang.

Dengan melakukan instal ulang Windows, maka permasalahan yang terjadi pada sistem akan hilang karena sistem akan diganti dengan yang baru. Begitupun dengan masalah sistem BIOS, nantinya laptop akan dapat melakukan proses boot seperti biasanya.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Terulang

Tentunya Anda tidak ingin lagi masalah laptop yang langsung masuk ke BIOS ini terjadi kembali. Untuk mengantisipasinya hal tersebut, Anda harus melakukan beberapa langkah preventif. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat laptop agar tidak terjadi lagi laptop langsung masuk ke sistem BIOS.

1. Rutin Menyalakan Laptop

Semakin jarang laptop digunakan, maka kemungkinan kerusakan terjadi pun akan semakin besar. Hal ini dikarenakan laptop memiliki beberapa komponen yang sangat mudah korosi jika dalam keadaan terlalu dingin dan lembab.

Anda dapat menghidupkan laptop setiap hari walaupun hanya beberapa saat saja. Dengan rutin menyalakan laptop, maka komponen di dalamnya pun akan terhindar dari korosi dan permasalahan laptop langsung masuk ke sistem BIOS pun tidak akan terjadi.

2. Rajib Membersihkan Debu

Debu adalah masalah utama yang sering menyebabkan kerusakan pada keyboard. Debu inilah yang menyebabkan komponen tuts pada keyboard menjadi mati. Seperti yang sudah diketahui, kerusakan pada keyboard akan menyebabkan laptop akan masuk langsung ke sistem BIOS.

Maka dari itu, Anda perlu secara rutin untuk membersihkan debu yang terdapat di keyboard. Cara mudah untuk membersihkan keyboard adalah dengan menggunakan kapas yang sudah dipasang pada jarum.

Cara mengatasi laptop langsung masuk BIOS di atas dapat diterapkan ke berbagai macam merk laptop, mulai dari Asus, Asus ROG, HP, Acer, dan masih banyak lagi. Cara di atas dapat ANda lakukan dengan mudah tanpa perlu keahlian khusus di bidang komputer.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]