iPhone 12 : Spesifikasi, Harga, dan Review

iPhone 12

Ponsel iPhone 12 merupakan generasi ke 14 yang dikembangkan dan dirancang oleh Apple Inc. Ponsel ini diresmikan pada 13 Oktober 2020 di Apple Special Event, bersamaan dengan flagships iPhone series pro dan pro Max kelas atas di Apple Park di Cupertino, California. Sedangkan Pre-Ordernya adalah tanggal 16 Oktober 2020.

Smartphone series ini juga hadir dengan banyak peningkatan lainnya, seperti desain baru dengan daya tahan yang lebih baik, layar OLED, dan dukungan 5G. Untuk informasi lengkap mengenai iPhone ini, berikut pembahasan lengkapnya dari harga sampai dengan hardware dan software.

Spesifikasi Apple iPhone 12

Apple resmi memperkenalkan empat model dari lini iPhone 12. Seperti apa spesifikasinya? Yuk, cek selengkapnya dibawah ini.

DetailSpeisfikasi iPhone 12
OSiOS
OS veriOS 14
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUApple A14 Bionic (5 nm)
Hexa-core
Memori Internal64GB, 128GB, 256GB
Memori EksternalNo
BateraiLi-Ion, non-removable
Fast charging 18W, 50% in 30 menit (advertised)
USB Power Delivery 2.0
Qi fast wireless charging 15W
Stand-by: Up to 17 jam (multimedia)
Music play: Up to 65 jam
Ukuran Layar6.1 inci
Resolusi Layar1170 x 2532 pixels, Super Retina XDR OLED
Kamera Belakang12MP + 12MP
Kamera Depan12MP
Dimensi146.7 x 71.5 x 7.4 mm
Berat164 gram

Harga iPhone 12

Harga smartphone ini berbeda-beda di setiap negara yang menjual dan tergantung versinya. Untuk versi iPhone series ini dimulai dari $699 dan iPhone 12 dimulai dari US $799.

Harga ini hanya berlaku pada smartphone yang dijual untuk jaringan AT&T, Verizon, dan T-Mobile. Sedangkan model tanpa SIM bisa mencapai $30. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak daftar harga di bawah ini:

  • 64GB : US $749 (Rp 11,1 juta)
  • 128GB : US $799 (Rp 11,9 juta)
  • 256GB : US $899 (Rp 13,3 juta)

Kelebihan iPhone 12

Sebagai smartphone terbaru, tentunya iPhone series ini hadir dengan segudang kelebihan jika dibandingkan dengan jenis iPhone lainnya. Berikut kelebihannya:

  • Layar OLED: Smartphone ini sudah memakai layar OLED. Bisa dibilang sebagai layar yang paling canggih untuk sekarang ini.
  • Refresh Rate Tinggi: Perangkat ini memiliki frame rate tertinggi yaitu 120 Hz. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur canggih yaitu ProMotion Display. Dimana fitur tersebut berguna untuk menyesuaikan refresh rate dengan aplikasi untuk menghemat daya.
  • Chipset: iPhone seri 12 hadir menggunakan chipset A14 Bionic, dengan sistem on a chip ponsel berbasis ARM yang dibuat pertama pada node proses 5 nm. Apple juga mengatakan jika CPU 6-core dan GPU 4-core di A14, 50 persen lebih cepat.
  • Konektivitas 5G: Smartphone ini juga hadir dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi yaitu 5G.

Kekurangan iPhone 12

Sama seperti smartphone pada umumnya, meskipun sebagai keluaran HP terbaru, namun juga masih memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya dapat Anda ketahui dari daftar berikut:

  • Harga kemalahan: Mungkin harga jual di Amerika Serika tidak terlalu tinggi. Namun, kalau sudah masuk ke Indonesia, harga ponsel dipatok dengan harga yang begitu tinggi.
  • Baterai pas-pasan: Ponsel ini sudah didukung 5G, seharusnya dibekali dengan baterai yang berkapasitas besar. Ini malah kapasitasnya terbilang pas-pasan, bahkan lebih kecil dibandingkan dengan HP Android.
  • Ukuran layar terlalu besar: Banyak orang yang mengatakan kalau ukuran layar ponsel ini kebesaran, sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman pada saat dipegang.
  • Tidak ada fitur Touch ID: Pihak Apple sudah mengganti dengan fitur Face ID, karena dianggap fitur Touch ID sudah tidak lagi aman.

Review Lengkap HP iPhone 12 Terbaru

1. Layar

Dengan layar OLED, banyak orang akan berharap Apple menawarkan alternatif untuk FaceID (karena tidak berfungsi dengan masker), tetapi sayangnya tidak ada Touch ID. Sementara dari sisi layar juga banyak yang mengeluhkan, karena terdapat goresan pada layar.

Seharusnya iPhone yang menggunakan layar super-keramik ini mempunyai ketahanan jatuh yang lebih baik daripada seri sebelumnya. Bahkan dengan struktur kristal inovatif yang tahan dengan tetesan, harusnya tidak mudah tergores. Sementara dari segi hard display, mungkin lebih tahan dari goresan, akan tetapi lebih rapuh pada saat terjatuh.

2. Speaker

Perangkat ini juga memiliki sepasang speaker stereo seperti semua iPhone terbaru. Ada satu speaker di bagian bawah dan satu lagi di dalam takik layar, yang berfungsi sebagai lubang suara.

Outputnya cukup seimbang, meskipun speaker atas agak kurang bass. Namun, secara subyektif suaranya memang tampak kurang terarah dan lebih spesial jika dibandingkan dengan ponsel lain yang telah diuji sejauh ini.

Smartphone ini juga mendapat nilai sangat baik dalam uji coba kenyaringan, bahkan setara dengan iPhone 11 Pro. Kualitas audio sangat bagus, yakni ada bass yang dalam, mid-tone yang luar biasa, dan nada-nada tinggi juga disajikan dengan baik. Secara keseluruhan speaker bersuara bagus.

3. Kualitas Foto

Foto 12 MP dari kamera utama memang bagus, tetapi setelah diperiksa lebih dekat, Anda akan melihat bahwa detail yang lebih rumit. Selain itu, semua foto menunjukkan tingkat noise yang rendah, ketajaman yang seimbang, white balance yang akurat, dan warna serta kontras tinggi.

Rentang dinamisnya di atas rata-rata, kemudian dari segi Smart HDR dan foto-fotonya terlihat alami dan sesuai dengan kenyataan. Foto 12MP ini setara dengan keluaran kamera utama iPhone 11 dan 11 Pro.

4. Kualitas Video

Smartphone ini mampu merekam video pada berbagai resolusi dan framerate dengan ketiga kamera, bahkan dapat melakukannya secara bersamaan jika Anda memiliki aplikasi yang tepat.

Semua video distabilkan secara digital (juga secara optik jika tersedia) berkat stabilisasi video sinematik. Semua mode, termasuk 4K @ 60fps juga menampilkan rentang dinamis yang diperluas berkat Smart HDR.

Video 4K yang diambil pada 60 dan 30 fps dengan kamera utama hampir identik dalam kualitas siang hari. Mengingat 60fps ditangkap pada lebih dari dua kali birate (100Mbps) dari rekaman biasa 30fps (45Mbps).

Kualitas videonya luar biasa. Klipnya cukup hidup dan menunjukkan kontras yang sangat baik, noise rendah, rentang dinamis yang mengesankan, sementara warna tetap hidup.

5. Layar

Layar iPhone ini berukuran sama dengan iPhone 11 – diagonal 6,1 inci, dengan sudut membulat dan lekukan besar di bagian atas.

Panel baru ini disebut Super Retina XDR OLED dan memiliki 1.170 x 2.532 piksel atau 460 ppi. Ini dilindungi oleh kaca perisai keramik baru oleh Corning dan benar-benar datar. Jadi, layar Super Retina XDR OLED ini mendukung konten HDR10 dan Dolby Vision.

Tahun ini, Apple dikabarkan memperkenalkan layar 120Hz yang disebut ProMotion, tetapi itu tidak terjadi. Pasalnya, keempat layar iPhone seri ini bekerja pada kecepatan refresh 60 Hz.

6. Performa

Chip Apple A14 Bionic baru mendukung seluruh seri iPhone 12. Ini adalah chipset 5nm pertama di dunia dengan mengemas 11,8 mliar transistor, artinya 40% lebih banyak dari A13. A14 memiliki prosesor enam inti, seperti chip Apple terakhir.

Ponsel keren ini memiliki 2 inti Firestorm besar yang memiliki clock 3.1GHz dan 4 core Icestorm kecil yang bekerja pada 1.8GHz, dengan kemampuan Turbo Boost untuk mencapai 3.1GHz bila diperlukan. Prosesor yang ditingkatkan harus memberikan kinerja 50% lebih tinggi daripada A13.

Ada 4-core Apple GPU baru, yang menawarkan peningkatan hingga 50% dibandingkan iPhone tahun lalu. Selain itu, ada NPU 15-inti baru pembelajaran mesin yang meningkatkan kinerja AI sebesar 70%.

Perangkat ini juga memiliki RAM 4GB, sedangkan model Pro menikmati RAM 6GB. Apple A14 Bionic juga dilengkapi dengan modem Qualcomm X55 5G, dan itulah mengapa seluruh jajaran iPhone ini mendukung konektivitas 5G.

Chip A14 Bionic baru dan ISP-nya juga sebagai jantung dari kualitas kamera yang ditingkatkan, seperti Smart HDR 3, Deep Fusion, Mode Malam, perekaman Dolby Vision, dan banyak lagi.

7. Desain iPhone 12

Smartphone ini sendiri hadir dengan desain latar, dimana desain yang sama pada iPhone 4, 5, dan iPhone SE generasi pertama. Bahkan desain ini juga serupa dengan iPad Pro 2020. Desain yang baru ini dilengkapi dengan kaca depan yang diperkuat dengan keramik.

Sementara bagian belakangnya tetap memakai kaca atau Ceramic Shield yang diperkuat dengan Dual-Ion Exchange dari generasi sebelumnya. Kaca ini juga diperkuat dengan ion untuk meningkatkan ketahanan terhadap goresan, dan dilengkapi lapisan olefobik untuk meningkatkan ketahanan terhadap noda.

Smartphone ini juga mempunyai bingkai aluminium dan punggung yang mengkilap dengan sentuhan akhir matte. Nah, iPhone seri 12 hadir dengan beberapa varian warna seperti hitam, biru, hijau, merah, atau putih.

Sedangkan untuk ukuran layarnya adalah 6,1 inci. Perangkat ini juga dibekali dengan teknologi Super Retina XDR OLED, dengan resolusi 2532 x 1170 piksel dan kerapatan piksel sekitar 460 ppi. Batas layar juga terlihat sekitar 20% lebih tipis.

Pada bagian atas ponsel tidak ada apa-apanya, sedangkan pada bagian bawah Anda dapat menjumpai corong, port Lightning, dan speaker stereo lainnya. Sementara di sisi kiri berisi peredam, tombol volume, dan slot nano-SIM, sedangkan sisi kanan tombol daya / sisi yang bunyi.

8. Hardware & Software iPhone 12

Smartpone ini memakai prosesor A14 Bionic enam-inti Apple. Perangkat ini juga mempunyai tiga opsi penyimpanan internal, yakni 64 GB, 128 GB, 256 GB. Sedangkan untuk mendukung kinerja chipset, Apple juga membekali iPhone ini dnegan RAM sekitar 4GB.

Dikatakan jika iPhone seri 12 dibuat tanpa menggunakan adaptor dinding, yang dinilai mampu mengurnagi emisi karbon. Apple seri ini juga membekali konektor magnetik pada iPhone, yang mana aksesoris seperti casing serta kabel pengisi daya dipasang pada bagian belakang.

Ponsel iPhone seri 12 hadir dengan menggunakan sistem iOS terbaru yaitu 14. Dimana iPhone seri ini dilengkapi dengan aplikasi iOS saham, seperti cuaca, pesan, safari, siri, dan juga asisten pribadi.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki peringkat IP68 tahan debu dan air. Smartphone seri 12 juga dapat bertahan di air sedalam 6 meter selama 30 menit lamanya.

9. Kamera iPhone 12

Apple sendiri masih sangat menyukai desain kamera boba. Dimana desain kamera ini sudah ada pada seri iPhone 11. Hanya jumlah lensanya saja yang membedakan. Ada dua kamera 12 MP di belakang dan satu selfie 12MP di depan. Pemindai SL 3D untuk ID Wajah membantu mode Potret dalam selfie juga.

Kamera utama memiliki sensor 12MP dengan piksel besar 1,4µm dan lensa lebar 26 mm. Aperture sekarang lebih cerah daripada f/1.6 vs f/1.8 pada iPhone 11. Stabilisasi gambar optik tersedia, serta autofokus piksel ganda.

Kamera kedua adalah pencitraan 12MP lainnya dengan piksel 1.0µm yang lebih kecil dan lensa 13mm f/2.4 untuk foto ultrawide. Fokus ditetapkan dan tidak ada OIS. Kamera selfie menggunakan sensor 12MP dengan piksel 1.0µm dan lensa 23mm f/2.2, dan fokus sekali lagi ditetapkan.

Saat menggunakan mode potret pada kamera ini, iPhone akan menangkap info kedalaman dengan pemindai 3D ringan terstruktur, sehingga harus mengambil beberapa potret selfie yang mengesankan.

Ketiga snappers mendukung pengambilan video hingga 4K @ 60fps dengan Cinematic Stabilization (EIS, EIS + OIS) dan Expanded Dynamic Range. Pengambilan Dolby Vision HDR dapat dilakukan pada semua kamera dalam semua mode 30fps.

10. Konektivitas iPhone 12

Semua seri iPhone ini memakai technologi 5G, dimana memiliki kecepatan yang sangat tinggi, Cakupan 5G ini memang tersedia di seluruh dunia, namun hanya iPhone yang dijaul di Amerika Serikat yang mendukung mmWave 5G.

Sedangkan yang dijual di negara lain dibatasi, hanya dengan kecepatan 5G Sub-6GHz atau lebih lambat, namun lebih banyak tersedia. Sesuai dengan keterangan situs resminya, Speed Smart memakai 3 sampel sim card yaitu T-Mobile, AT&T, dan Verizon untuk melakukan uji coba terhadap jaringan 5G di iPhone 12 Series.

Uji Coba pertama dilakukan pada AT&T yang emncapai kecepatan download 200 Mbps, dan upload kecepatan tertingginya 24MBps. Sementara uji coba 5G mmWave pada Verizon berada di angka 13 ms.

Uji coba terakhir dilakukan pada T-Mobile, dimana mampu mendownload dengan kecepatan tertinggi 621Mbps dan upload 91 Mbps. Dengan kecepatan network yang begitu tinggi, jangan heran kalau banyak memakan baterai.

Untuk menghemat baterai Anda bisa memakai konektivitas LTE. Selain itu, ponsel ini juga dibekali dengan WiFi 6 dan Bluetooth 5.0 serta chip U1 Ultra Wideband. Fitur ini berguna untuk spatial awareness serta interaktivitas dengan perangkat lain yang memiliki fitur U1, misalnya HomePod mini.

11. Baterai iPhone 12

Sebagai keluaran HP terbaru, banyak penggemar Apple yang antusias. Namun, setelah peluncuran banyak juga yang kecewa.

Misalnya iPhone ini memiliki chipset tercepat dan konektivitas 5G, tetapi masa pakai baterai lebih pendek dari iPhone 11 pendahulunya, meskipun Anda hanya menggunakan jaringan LTE.

Smartphone ini memiliki kapasitas baterai sebesar 2.815 mAh atau sekitar 10% lebih kecil dari kapasitas iPhone 11. Namun, Apple menjanjikan masa pakai baterai yang sama seperti pada iPhone 11 yang didukung oleh chip A14 Bionic baru yang hemat daya.

Perangkat ini memiliki kapasitas baterai yang mampu bertahan hampir 20 jam untuk panggilan dan 13 jam untuk penelusuran web atau pemutaran video. Ponsel seri 12 juga mendukung pengisian baterai cepat melalui USB Power Delivery.

Apple mengirimkan telepon tanpa pengisi daya, tetapi Anda dapat memilih pengisi daya 20W PD Apple atau adaptor lain yang kompatibel dengan USB-PD. Apabila Anda mengisi ulang smartphone yang mati dengan pengisi daya Apple 20W, maka baterai akan terisi ulang 50% dalam kurun waktu 30 menit saja.

Sedangkan kurun waktu 60 menit baterai akan mendapat 90% dan 10% terakhir hanya membutuhkan 30 menit saja (karena pihak apple sudah menonaktifkan pengisian yang dioptimalkan).

Ponsel iPhone series ini juga didukung dengan pengisian nirkabel cepat 15W, namun ini berlaku jika hanya memakai pengisi daya MagSafe. Jika tidak, Anda akan dibatasi hingga 5W-8W atau lebih.

Dari segi spesifikasi, iPhone 12 tidak jauh berbeda dengan series di atasnya. Dengan harga yang lebih miring daripada series di atas, namun sudah memperoleh HP yang berkualitas dan spesifikasi tinggi. Jika Anda ingin membeli series 12, namun tidak memiliki budget lebih, iPhone ini bisa menjadi pilihan.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here