iPhone 12 Pro : Spesifikasi, Harga, dan Review

iPhone 12 Pro

Apple pada 13 Oktober 2020 meluncurkan iPhone andalan kelas atas terbaru yaitu iPhone 12 Pro. Tampilannya seperti desain iPad Pro tepian datar ini memiliki beberapa pilihan, seperti grafit, perak, emas, dan biru pasifik. Smartphone berlogo apel yang digigit ini menggunakan teknologi terbaru yaitu chipset A-14.

Chipset ini mencakup Mesin Syarat 16 inti yang menawarkan peningkatan kinerja sebesar 80% untuk tugas pembelajaran mesin. Bagi Anda yang tertarik membeli perangkat iPhone terbaru, sebaiknya simak terlebih dahulu pembahasan di bawah ini yang membahasnya secara lengkap.

Spesifikasi iPhone 12 Pro

DetailSpesifikasi iPhone 12 Pro
OSiOS
OS veriOS 14
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUApple A14 Bionic (5 nm) Hexa-core
Memori Internal128GB, 256GB, 512GB
Memori EksternalNo
BateraiLi-Ion, non-removable
Fast charging 18W, 50% in 30 menit (advertised)
USB Power Delivery 2.0
Qi fast wireless charging 15W
Stand-by: Up to 17 jam (multimedia)
Musik play: Up to 65 jam
Ukuran Layar6.1 inci
Resolusi Layar1170 x 2532 pixels, Super Retina XDR OLED
Kamera Belakang12MP + 12MP + 12MP + TOF 3D LiDAR scanner (depth)
Kamera Depan12MP
Dimensi146.7 x 71.5 x 7.4 mm
Berat189 gram

Harga iPhone 12 Pro

IPhone seri 12 Pro diumumkan bersamaan dengan iPhone 12, 12 mini, dan 12 Pro Max pada 13 Oktober 2020. Bicara soal harga, iPhone seri 12 Pro dibanderol dengan harga yang berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari besar kecilnya memori internal.

Untuk lebih jelasnya, soal harga iPhone 12 Pro terbaru bisa simak di bawah ini:

  • Internal 128 GB: $ 999 / £ 999 / AU $ 1.699 atau sekitar Rp14.700.000,-
  • Internal 256 GB: $ 1.099 / £ 1.099 / AU $ 1.869 atau sekitar Rp16.000.000,-
  • Internal 512 GB: $ 1.299 / £ 1.299 / AU $ 2.219 atau sekitar Rp19.000.000,-

Kelebihan iPhone 12 Pro

1. Tahan Air

Ponsel keren ini menampilkan peringkat tahan air IP68 dan dapat menahan kedalaman hingga enam meter 19,7 kaki) hingga 30 menit. Sementara series sebelumnya hanya tahan air dalam kedalaman empat meter selama 30 menit. Selain itu, iPhone seri ini mampu menahan kotoran debu, dan partikulat.

Meskipun begitu, bukan berarti mampu memiliki ketahanan debu dan air dalam kondisi permanen. Jadi, dalam jangka waktu yang panjang bisa memperburuk kondisi iPhone tersebut. Pihak Apple juga sudah mengatakan, apabila garansi Apple tidak mencakup kerusakan yang disebabkan oleh cairan.

2. Konektivitas 5G

Selanjutnya, ponsel telah dibekali jaringan 5G, sehingga membuatnya sangat cepat jika digunakan untuk mendownload atau mengupload. Bahkan mampu memuat situs web hingga mengunduh acara TV dan film.

Selain itu, juga bisa meningkatkan bandwidth untuk layanan streaming, sehingga Anda bisa menonton dalam resolusi tinggi dan menghadirkan kualitas panggilan FaceTime dalam 1080p.

3. Dibekali GPS dan NFC

Seri 12 Pro juga mendapat dukungan untuk berbagai layanan lokasi, seperti GPS, GLONASS, Galileo, QZSS, dan BeiDou. NFC dengan mode pembaca dan fitur tag latar belakang mampu untuk memindai tag NFC, tanpa perlu membuka aplikasi terlebih dahulu.

4. Terdapat Fitur Pembicara

Ponsel kece ini dilengkapi dengan fitur audio special, yang dirancang untuk mensimulasikan suara surround untuk menghasilkan audio lebih imersif.

5. Terdapat Hotspot Pribadi 5GHz

Pada saat Anda memakai hotspot, iPhone 12 Pro dibekali dengan hotspot pribadi 5GHz yang memiliki kecepatan tinggi, dibandingkan dengan 2.4GHz pada iPhone sebelumnya.

Hotspot pribadi 5GHz diaktifkan secara default, dan berpotensi menghadirkan peningkatan kecepatan pada perangkat yang terhubung ke jaringan 5GHz.

Terdapat opsi untuk menonaktifkan koneksi 5GHz, sehingga memungkinkan perangkat menggunakan hotspot 2.4GHz kembali.

6. Dukungan Dual SIM

Dukungan slot dual sim dapat membuat Anda bisa mengaktifkan dua nomor telepon sekaligus. Dual sim sendiri terbagi menjadi nano-SIM dan eSIM. Hal ini tentu sangat menguntungkan, karena eSIM tersedia banyak di seluruh dunia.

7. Mode Penghemat Data

Mode penghemat data merupakan fitur yang menukar koneksi iPhone ke LTE pada saat kecepatan 5G tidak dibutuhkan, sehingga bisa untuk menghemat daya baterai.

8. Layar

Ponsel iPhone seri 12 Pro menggunakan layar OLED Super Retina XDR dengan ukuran 6,1 inci dan mempunyai resolusi 2532 x 1170 dengan 460 piksel per inci.

Di iPhone ini terdapat radio kontras 2.000.000 : 1. Hal tersebut bisa ditingkatkan untuk hitam yang lebih hitam dan putih yang lebih cerah, serta kecerahan puncak bisa mencapai 1200 nits untuk foto, video, acara TV, dan file HDR. Sedangkan untuk kecerahan tipikal maksimal mencapai peningkatan 800 nits.

Layarnya juga didukung dengan warna yang hidup. True Tone ini bisa menyesuaikan white balance tampilan dengan pencahayaan sekitar untuk menonton atau bermain game, sehingga lebih nyaman untuk mata. Ponsel ini juga dibekali layar dengan lapisan oleophobic tahan sidik jari dan Haptic Touch.

9. Terdapat Perisai Keramik

Layar iPhone seri 12 Pro ini dilindungi dengan bahan keramik shield, yang bisa memberikan ketahanan 4 kali lebih kuat. Selain itu, kristal keramik juga dibuat untuk pengoptimalan, dari segi kejernihan sekaligus mempertahankan ketangguhan.

Tak hanya itu, layarnya juga dibuat sedemikian rupa supaya sejajar dengan tepi ponsel, fitur yang berkontribusi sebagai perlindungan pada saat jauh. Menurut Apple, ceramic shield lebih kuat dari kaca smartphone manapun.

Meskipun tahan terhadap kerusakan pada sat jatuh, namun keramik shield tidak mampu menahan goresan dengan lebih baik.

10. Terdapat Sensor LiDAR

Smartphone iPhone 12 Pro dilengkapi dengan LiDAR Scanner. Pemindai LiDAR mengukur waktu yang dibutuhkan cahaya untuk memantulkan kembali objek yang ada di sekitar Anda. Dengan demikian, maka sangat memungkinkan penggunaannya untuk membuat peta kedalaman ruangan.

Menurut pengalaman augmented reality, sensor ini juga lebih agresif dan akurat. Pemindai LiDAR juga memungkinkan pengukuran yang akurat, termasuk pengukuran ketinggian orang.

Sensor ini juga meningkatkan dari segi fotografi. Terbut mampu membuat autofocus 6 kali cepat dalam cahaya redup dan memungkinkan pengambilan gambar potret mode Malam.

11. Fitur Kamera Baru

Pengaturan kamera yang diperbarui pada model iPhone seri 12 Pro dengan prosesor sinyal gambar chip A14 dan pemindai LiDAR, sehingga dapat mengaktifkan beberapa fitur baru, seperti :

  • Potret mode malam : dengan kamera lebar, Anda bisa membidik potret dalam mode malam tanpa menghilangkan warna cerah. Bahkan Anda bisa menambahkan efek bokeh, seperti lampu jalan dan pencahayaan lain.
  • Ultra lebar : Apabila fitur ini digunakan bersama dengan ultra wide dan lensa wide, maka Anda bisa mengambil gambar dalam sudut lebar pada malam hari.
  • Deep Fusion : Fitur ini bekerja dengan telefoto, wide, dan lensa ultra wide yang mampu meningkatkan warna serta tekstur dalam kondisi cahaya yang rendah. Berkat adanya fitur ini, ponsel mampu menghasilkan gambar yang detail di semua objek.
  • Smart HDR 3 : Fitur ini berfungsi untuk menghaluskan bayangan, sorotan, white balance, dan kontur, supaya memperoleh warna serta cahaya alami di semua pemandangan.

12. Rekaman Video

Ponsel besutan Apple ini dilengkapi dengan fitur baru. Tentunya fitur tersebut meningkatkan kualitas kamera untuk proses rekaman video HDR dengan Dolby Vision.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda perlu mengambil dua eksposur dan menjalankannya melalui prosesor sinyal gambar. Dengan demikian, fitur tersebut dapat menghasilkan histogram yang nantinya berguna untuk menghasilkan meta data Dolby Vision.

Video Dolby Vision dapat direkam dalam 4K hingga 60 bingkai per detik. Bahkan penilaian Dolby Vision dapat dilakukan pada saat Anda merekam dan video yang diambil, bisa langsung diedit di perangkat ponsel.

Perekaman video 4K-60 bingkai per detik juga dapat menghasilkan video berkualitas, layaknya perekaman 1080p dan 720p. Selain itu, ada dukungan pada video Slo-mo untuk 1080p di 120fps atau 240fps.

Selain itu, ada fitur dukungan lainnya seperti video QuickTake untuk merekam video ketika tidak sedang dalam mode video, rentang dinamis yang diperluas, stabilisasi gambar optik, dan fokus otomatis berkelanjutan.

13. MagSafe

Smartphone canggih ini juga mempunyai lingkaran magnet, yang dirancang untuk bekerja sebagai pengisi daya MagSafe dan aksesori magnetis lainnya. Dengan fitur ini, ponsel mampu mengisi daya pada 15W dan meningkatkan pengisian maksimum 7,5W yang tersedia oleh pengisi daya berbasis Qi.

Kekurangan iPhone 12 Pro

1. Pengurasan Baterai

Apabila iPhone 12 Pro ini terhubung ke jaringan 5G, maka membuat daya tahan baterai menjadi cepat habis. Bahkan hanya bertahan 9 jam. Namun, ketika terhubung ke LTE ponsel ini bisa selama 11 jam 24 menit.

2. Ukuran Layar Kebesaran

Banyak yang berpendapat kalau iPhone seri 12 Pro kebesaran, sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman pada saat dipegang. Dengan demikian, ponsel ini tidak akan membuat pengguna nyaman ketika bermain game terlalu lama atau menonton film.

Review HP Iphone 12 Pro Paling Lengkap

Berikut beberapa review iPhone 12 Pro yang harus Anda tahu. Jika ingin memilikinya, Anda bisa menjadikan informasi di bawah ini sebagai bahan pertimbangan.

1. Desain iPhone 12 Pro

Desain iPhone 12 Pro
Source : Laptopmag.com

Ponsel keren dari Apple ini hadir dengan desain datar dan di bagian tepi berbentuk persegi. Bagian depan iPhone ini seluruhnya terbuat dari bahan material kaca. Sedangkan, bagian belakang terbuat dari bahan kaca bertekstur dan diapit di antara bingkai tahan karat.

Pada bagian depan iPhone 12 Pro dan Pro Max mempunyai bezel yang lebih ramping. Namun, tetap ada takik di bagian depan yang berfungsi sebagai tempat untuk mikrofon, speaker, dan tru depth. Sementara bagian samping dan atas ponsel terdapat pita antena.

Source : Laptopmag.com

Untuk bagian sebelah kanan terdapat tombol power dan sebelah kiri ada tombol volume. Pada bagian bawah tombol daya terdapat antena 5G mmWave baru.

Namun, fitur ini terbatas pada iPhone, sehingga di negara lain tidak akan memiliki antena ini. Ponsel iPhone yang dibeli di negara-negara Eropa memiliki informasi peraturan yang terukir di sisinya.

Source : Laptopmag.com

Di bagian bawah model iPhone seri 12 Pro terdapat lubang speaker, mikrofon internal, port Lightning yang mendukung pengisian daya melalui Lightning. Selain itu, juga ada slot SIM yang telah dipindahkan ke sebelah kiri.

Sedangkan pada bagian belakang atas terdapat tonjolan kamera berbentuk persegi, yang digunakan untuk meletakkan kamera tiga lensa, flash, dan sensor LiDAR. Untuk bagian bawah terdapat logo Apple yang cocok untuk dengan rangka stainless steel.

2. Hardware & Software iPhone 12 Pro

Hardware & Software iPhone 12 Pro
Source : Laptopmag.com

Ponsel iPhone 12 Pro sendiri menggunakan teknologi chipset A14 Bionic. Dikatakan kalau chipset terbaru ini di atas proses 5 nanometer, namun lebih kecil. Dengan demikian, dapat menghasilkan peningkatan kecepatan serta efisiensi.

Chip A14 sendiri mempunyai fitur transitif 40% lebih banyak dibandingkan dengan chipset A13, sehingga membuat masa pakai baterai lebih baik dan kinerja menjadi lebih cepat.

Hasil uji coba Benchmark Geekbench menunjukkan, bahwa iPhone seri 12 Pro 20% lebih cepat. Jika dibandingkan dengan iPhone 11 Pro dengan chip A13.

Apple mengatakan jika CPU 6-core dan GPU 4-core pada chipset A14 50% lebih cepat, apabila dibandingkan dengan chip pada ponsel kompetitor tercepat. Chipset A14 juga mencakup semua mesin syaraf 16 inti, yang mampu meningkatkan kinerja sebesar 80 persen untuk tugas pembelajaran mesin.

Smartphone ini juga dibekali dengan RAM sebesar 4 GB, engan penyimpanan internal 128 GB, 250 GB, dan 512 GB. Untuk sistem operasinya sendiri menggunakan iOS 14 terbaru dengan jenis CPU Hexa Core dan GPU Apple GPU.

Tak hanya itu saja, iPhone 12 Pro juga dilengkapi dengan barometer, giroskop tiga sumbu, akselerometer, sensor jarak dan sensor cahaya sekitar.

Pihak Apple menyematkan chip U1 rancangan sendiri. Dengan adanya chipset ini, sangat memungkinkan fitur Ultra Wideband dapat meningkatkan pelacakan lokasi dan posisi dalam ruangan. Selain itu, seri 12 Pro juga dibekali dengan dukungan Bluetooth 5.0 dan WiFi 6, protokol WiFi terbaru dan tercepat.

3. Kamera iPhone 12 Pro

Kamera iPhone 12 Pro
Source : Laptopmag.com

Seri 12 Pro sendiri dilengkapi 3 buah kamera sekaligus. Kamera belakang terdiri dari 12 MP (lebar) + 12 MP (telefoto) 5x optical zoom + 12 MP (ultra wide) dan juga pemindai LiDAR untuk mode malam. Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut:

  • Lensa ultra wide 5 elemen 12 megapiksel dengan aperture f/2.4, bidang pandang 120 derajat, panjang fokus 13mm, dan koreksi lensa untuk memperhitungkan distorsi.
  • Lensa lebar 7 elemen 12 megapiksel dengan bukaan f/1.6, stabilisasi gambar optik, dan panjang fokus 26mm.
  • Lensa telefoto 6 elemen 12 megapiksel dengan bukaan f/2.0, panjang fokus 52mm, zoom optik 2x (rentang zoom optik 4x), zoom digital hingga 10x, dan stabilisasi gambar optik.
  • Dilengkapi dengan kamera wide tujuh elemen baru dengan aperture f/1.6, yang menghadirkan peningkatan kinerja cahaya rendah 27 persen untuk foto dan video.
  • Desain 7 elemen menambahkan ketajaman ujung ke ujung, dan sistem stabilisasi gambar optik yang ditingkatkan membuat 5.000 penyesuaian per detik.

4. Kontektivitas iPhone 12 Pro

Kontektivitas iPhone 12 Pro
Source : Laptopmag.com

Semua, mode iPhone 12 mendukung jaringa 5G dan bekerja dengan mmWave dan Sub-6GHz 5G. Jaringan mmWave 5G adalah jaringan 5G tercepat, tetapi mmWave berjarak pendek dan bisa terhalang oleh pepohonan, gedung, dan lainnya. Dengan demikian, pemakainnya terbatas dan hanya di kota-kota besar maupun perkotaan.

Ponsel iPhone 12 Pro mendukung jaringan mmWave dan Sub-6GHz di Amerika Serikat, namun konektivitas mmWave tidak tersedia untuk negara lain.

Ponsel yang dibeli di luar Amerika Serikat tidak mempunyai antena mmWave di bagian samping, sehingga tidak bisa terhubung ke jaringan mmWave. Apple membuat keputusan ini karena sebagian banyak negara tidak mempunyai jaringan mmWave 5G.

5. Baterai iPhone 12 Pro

Baterai iPhone 12 Pro
Source : Laptopmag.com

Smartphone iPhone 12 Pro sendiri didukung oleh baterai Li-Ion yang tidak dapat dilepas. Menurut kabar yang beredar jika iPhone seri 12 Pro menggunakan baterai berkapasitas 4380 mAh yang didukung oleh fitur Fast Charging.

Dimana 20W mampu mengisi daya baterai sampai 50%, hanya dengan waktu 30 menit saja. Namun yang sangat disayangkan, adapter fast charging ini dijual secara terpisah.

Baterai di iPhone 12 Pro bertahan hingga 17 jam untuk pemutaran video, 65 jam untuk pemutara audio, dan 11 jam untuk pemutaran streaming video.

Meskipun smartphone iPhone dibanderol dengan harga yang tinggi. Namun sangat wajar, karena sudah dilengkapi dengan fitur dan teknologi canggih. Jadi, sangat worth it bagi Anda yang mau membeli smartphone ini.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here