IPhone 12 Pro Max : Spesifikasi, Harga dan Review

iphone 12 pro max

Smartphone buatan Apple memang dikenal dengan spesifikasi tinggi, tidak heran jika ada series terbaru yang selalu ditunggu-tunggu. Salah satunya adalah iPhone 12 Pro Max. perangkat ini secara resmi dirilis pada 13 Oktober 2020.

Ponsel iPhone seri 12 Pro Max merupakan perangkat varian paling tinggi dari iPhone 12 series yang diluncurkan. Menurut informasi yang beredar, Iphone ini dibekali dengan fitur serta teknologi canggih, salah satunya chipset Apple A14 Bionic.

Selain itu, juga masih ada fitur baru yang disematkan pada iPhone series ini. Untuk Anda yang ingin tahu informasinya selengkap mungkin mengenai iPhone series ini, silahkan simak pembahasannya berikut ini:

Spesifikasi iPhone 12 Pro Max

DetailSpesifikasi iPhone 12 Pro Max
OSiOS
OS veriOS 14
SIMNano SIM, Single SIM, Dual SIM, Dual Standby
CPUApple A14 Bionic (5 nm)
Hexa-core
Memori Internal128GB, 256GB, 512GB
Memori EksternalNo
BateraiLi-Ion, non-removable
Fast charging 18W, 50% in 30 menit (advertised)
USB Power Delivery 2.0
Qi fast wireless charging 15W
Stand-by: Up to 20 jam (multimedia)
Music play: Up to 80 jam
Ukuran Layar6.7 inci
Resolusi Layar1284 x 2778 pixels, Super Retina XDR OLED
Kamera Belakang12MP + 12MP + 12MP + TOF 3D LiDAR Scanner
Kamera Depan12MP
Dimensi160.8 x 78.1 x 7.4 mm
Berat228 gram

Harga iPhone 12 Pro Max

Harga iPhone series sendiri berbeda-beda, tergantung negara yang menjualnya dan kapasitas memori penyimpanannya. Series ini hadir dengan 3 kapasitas penyimpanan, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Tipe ini sendiri baru bisa dipesan pada 6 November 2020, sedangkan penjualan resminya di Apple Store dimulai pada 13 November 2020. Berikut ini harga iphone series paling tinggi menurut Apple.com regional Amerika Serikat:

  • Kapasitas penyimpanan 128GB = $1099 (sekitar Rp 15,6 juta)
  • Kapasitas penyimpanan 256GB = $1199 (sekitar Rp 16,9 juta)
  • Kapasitas penyimpanan 512GB = $1399 (sekitar Rp 19,8 juta)

Namun perlu Anda ingat, bahwa harga yang tertera di atas sewaktu-waktu bisa berubah kapan saja.

Kelebihan iPhone 12 Pro Max

Sama dengan ponsel lainnya, 12 Pro Max dari iPhone tentunya mengusung berbagai kelebihan. Berikut beberapa kelebihan dari smartphone ini:

  • Secara resmi pihak Apple mengatakan kalau iPhone series paling tinggi ini menggunakan layar OLED. Layar ini sangat memungkinkan tampilan HDR maupun untuk rentang dinamis tinggi penuh.
  • Dengan layar OLED, pihak Apple juga mengatakan bahwa dapat digunakan untuk mengurangi masalah, seperti layar burn-in dan pergeseran warna off-axis.
  • Layar OLED pada ponsel ini juga mampu menghemat daya di tingkat kecerahan yang lebih rendah. Dengan demikian, tidak akan membuat mata dan kepala sakit, meskipun terus menerus menatap layar HP.
  • Apple secara resmi menggunakan tampilan kamera augmented reality Apple pada iPhone. Kamera ini bisa dibilang menjadi yang paling menarik dibandingkan dengan series lainnya.
  • Selain itu, pihak Apple juga menyematkan fitur kamera 3D pada iPhone series tertinggi ini yang bisa menghadap ke belakang, membidik jarak, bahkan dibuat untuk memindai lingkungan. Dengan demikian, ponsel ini bisa digunakan untuk rekontruksi tiga dimensi dari dunia nyata.
  • Kelebihan lain dari kamera 3D pada iPhone series 12 Pro Max adalah mampu membidik suatu objek sampai jarak 15 kaki dari perangkat. Bahkan mampu mengarah ke pemakai dan dapat beroperasi di jarak 25-30 cm. Tentu hal ini sangat bergunu untuk memberikan daya pada fitur ID Wajah Apple.
  • IPhone series 12 tertinggi ini juga dibekali dengan kapasitas baterai yang lebih besar, karena sirkuit perlindungan baterai lebih kecil daripada iPhone baru.
  • Dengan kapasitas baterai yang besar, tentu mampu menghasilkan daya tahan yang jauh lebih lama, dibandingkan dengan seri 12 Pro dibawahnya.

Kekurangan iPhone 12 Pro Max

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, namun iPhone seri ini juga mempunyai beberapa kekurangan. Sebaiknya Anda juga mengetahui tentang hal ini, guna menjadi bahan pertimbangan. Berikut daftar kekurangannya:

  • Semua penggemar Apple sudah tahu, bahwa pihak Apple mengganti fitur Touch ID dengan Face ID pertama kali pada iPhone X tahun 2017. Pihak Apple mengkonfirmasi, bahwa tidak mau memakai kedua fitur secara bersamaan, karena hanya akan membuat harga smartphone menjadi lebih mahal.
  • Jika Apple tidak menghilangkan Touch ID, maka Apple juga tidak mempunyai insentif yang dibutuhkan untuk benar-benar membuat Face ID sebagai fitur yang sepenuhnya aman dengan teknologi otentikasi.
  • Namun menurut rumor yang beredar, untuk iPhone tipe ini diluncurkan kembali menggunakan fitur Touch ID, meskipun fitur ini sudah dianggap tidak aman lagi.
  • Banyak yang berpendapat bahwa iPhone seri ini hadir dengan layar 6,7 inci dan kebesarn, sehingga menimbulkan rasa kurang nyaman saat dipegang.

Review iPhone 12 Pro Max

1. Performa

Seperti yang sudah dibahas, bahwa iPhone ini memakai chipset Apple A14 Bionic. Sekarang ini sudah mulai beredar informasi mengenai performa dari chipset ini, salah satunya dari Geekbench.

Geekbench mengatakan kalau Apple A14 Bionic memiliki kecepatan enam inti dengan clock 3,1GHz, dari hasil uji coba single core yaitu sebesar 1.658. Sedangkan pada uji coba pada multi core, mampu menghasilkan sebesar skor 4.612.

Dari data tersebut, maka chipset terbaru besutan Apple ini mempunyai kinerja yang jauh di atas prosesor Qualcomm Snapdragon 865.

2. Slot Kartu

IPhone series 12 tertinggi ini hadir dengan menyediakan slot kartu dual sim, yakni nano-SIM and eSIM. Seperti versi iPhone sebelumnya, iPhone seri ini diciptakan tanpa disediakan slot memori eksternal.

3. Layar

Smartphone 12 Pro Max hadir dengan layar sentuh kapasitif Super Retina XDR OLED 6,7 inci, resolusi 2778 x 1284 piksel dan layar HDR, True Tone, dan gamut Wide color (P3).

Selain itu, layar pada iPhone 12 Pro Max juga mempunyai kecerahan maksimal 1200 nits (diiklankan), Dolby Vision, HDR10+, Wide color gamut, True-tone, dan kecepatan refresh 120Hz.

Perangkat iPhone 12 Pro Max juga dilengkapi dengan proteksi layar Ceramic Shield. Dimana pelindung layar ini diciptakan Corning dari hasil kombinasi langsung dengan pihak Apple sebagai produsen iPhone 12 series.

Dijelaskan juga kalau ceramic shield adalah proteksi layar yang dibuat dengan bahan material keramik kaca pertama di dunia. Material ini diklaim mempunyai ketahanan yang cukup kuat, sehingga tidak gampang pecah.

4. Sistem

Pada iPhone series 12 paling tinggi ini juga menggunakan sistem iOS 14 terbaru. Sistem ini menjadi penerus dari iOS 13. Tidak heran jika iPhone 12 series Pro Max mempunyai fitur-fitur terbaru yang keren dan sangat bermanfaat untuk penggunanya.

5. LiDAR Scanner

Sebelumnya, teknologi LiDAR Scanner sudah diterapkan pada iPad Pro 2020, namun sekarang juga disematkan pada iPhone 12 series tertinggi.

Teknologi ini, berfungsi untuk mengukur jarak cahaya dan sebagai informasi untuk kedalaman piksel dari suatu pemandangan. Dengan teknologi ii, penggunanya bisa menggunakan teknologi AR yang realistis, namun lebih cepat.

Sementara efek pada foto dan video, teknologi ini mampu meningkatkan fokus otomatis sampai 6x lebih cepat. Bahkan mampu juga untuk meningkatkan akurasi pengambilan gambar dalam kondisi cahaya yang rendah.

6. MagSafe

MagSafe merupakan teknologi yang sejatinya sudah disematkan pada Mac di tahun 2016. Namun, sekarang kembali digunakan pada iPhone seri 12 paling tinggi. Teknologi ini sebagai sistem Wireless Charging yang jauh leih efisien.

Anda bisa melihat teknologi ini di casing belakang dengan bentuk magnet melingkar (posisinya tepatnya pada tepian wireless charging coil). Dengan teknologi tersebut, proses pengeisian daya nirkabel pada iPhone seri 12 tertinggi ini jauh lebih akurat. Pasalnya, dibantu daya magnet yang terhubung ke aksesoris yang mendukung.

Bahkan teknologi Magsafe juga bisa digunakan pada Qi wireless dan mampu mendukung pengisian daya 15W. Selain untuk masalah charging, teknologi ini juga berguna untuk aksesoris tambahan, seperti case, wallet, dan lain sebagainya.

7. Lebih Ramah Lingkungan

Pihak Apple sendiri sudah mengkonfirmasi, kalau iPhone 12 Pro Max dan series di bawahnya adalah 100% berasal dari hasil daur ulang.

Contohnya magnet bagian kamera, MagSafe, Taptic Engine, dan aksesoris berbasis MagSafe. Selain itu, Apple juga membekali iPhone 12 series tertinggi ini dengan menggunakan EarPods Lightning dan juga Power Adapter.

Hal ini dilakukan supaya pengemasan lebih kecil dan ringan. Selain itu, ada kebijakan baru yang memungkinkan 70% lebih banyak kotak untuk dikirim dalam volume yang sama.

Dari informasi yang dibagikan, perubahan ini mengurangi lebih dari 2 juta metrik ton emisi karbon setiap tahunnya. Artinya angka tersebut setara dengan menghilangkan hampir 450.000 mobil dari jalan raya per tahun.

8. Desain iPhone 12 Pro Max

IPhone 12 paling tinggi serinya ini juga mempunyai tampilan yang bisa disebut sebagai kombinasi antara iPhone 11 dan 5. Dimana desain utamanya berbentuk kotak seperti iPhone 5, namun dibalut dengan desain kamera belakang seperti iPhone 11.

Ponsel keren dari Apple ini dirancang dan dibuat dengan bahan material yang premium, yakni tepian alias bezel dengan stainless steel surgical-grade. Bagian belakang atau casing dibuat dengan bahan kaca matte dan layar depan memakai teknologi ceramic shield.

Ceramic shield sendiri adalah bahan kacak yang ditambahkan lapisan kristal nano keramik pada bagian paling luar. Fungsinya untuk memperkuat layar sampai 4x lipat. Untuk warnanya sendiri, iPhone 12 Pro Max menyediakan beberapa varian, seperti warna pacific blue, graphite, gold, dan silver.

IPhone 12 Pro Max mempunyai dimensi 160.88 x 74 x 78.1 mm dengan berat 228 gram, bahkan dirancang dan dibuat dengan standar baru yakni IP68 rating. Artinya standar sertifikasi yang memiliki ketahanan di dalam air sedalam 6 meter sampai 30 menit. Jadi, kalau iPhone 12 Pro Max Anda terkena tumpahan air minum, kopi, dan soda tidak ada masalah.

9. Hardware & Software iPhone 12 Pro Max

Smartphone series paling tinggi dari Apple juga menggunakan chipset terbaru yaitu A14 Bionic. Dimana teknologi diklaim mempunyai performa yang jauh lebih cepat 40% di CPU dan 50% di GPU, jika dibandingkan dengan chipset sebelumnya yaitu A13 Bionic.

Untuk mendukung kinerja chipset terbaru, maka pihak Apple membekali iPhone ini dengan RAM 4 GB. Sedangkan untuk media penyimpanan internalnya tersedia 3 pilihan, yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Selain itu, Apple juga menyematkan iPhone ini dengan sensor berteknologi tinggi, seperti Ambient light sensor, Barometer, Proximity sensor, Face ID, LiDAR Scanner, Three-axis gyro, dan juga Accelerometer.

10. Kamera iPhone 12 Pro Max

Ponsel paling terbaru dan spek tertinggi dari iPhone juga hadir dengan 3 kamera. Adapun spesifikasinya, kamera belakang terdiri dari 12 MP (lebar) + 12MP (telepoto), 5x optical zoom ditambah dengan 12 MP (ultra wide). Kamera belakang ini juga dilengkapi dengan pemindai LiDAR untuk mode malam.

Sedangkan kamera depan memiliki sensor kamera 12 MP (lebar) + SL 3D (depth / biometrics sensor). Sensor ponsel termasuk LiDAR, ID Wajah, akselerometer, gyro, jarak, kompas, barometer + perintah bahasa alami siri, dan dikte.

Dengan adanya fitur canggih, diharapkan penggunanya bisa mengendalikan detail, warna, serta dynamic range secara native menggunakan aplikasi photos maupun aplikasi pihak ketiga.

Series ini juga memperoleh fitur Apple ProRaw, yang berguna untuk menggabungkan beberapa gambar melalui fitur computational photography dengan format gambar RAW. Berikut beberapa kelebihan dari kamera iPhone ini:

  • Bagian lensa wide memakai sensor 47% lebih besar daripada 1,7μm piksel. Teknologi ini bisa menangkap cahaya sampai 87% lebih banyak, meskipun pada kondisi cahaya rendah.
  • Pada bagian tele, iPhone series ini juga memakaipanjang fokal 65 mm dan didukung optical zoom sampai 5x.
  • Dilengkapi dengan kamera wide 7 elemen lensa baru. Dimana teknologi ini dapat mendukung sampai aperture f/1,6.
  • Pada bagian ultra wide di iPhone seri ini mampu merekam sampai seluas 120 derajat.
  • Kamera iPhone ini dilengkapi HDR Video dengan Dolby Vision. Dengan adanya fitur ini, kamera mampu merekam, edit, sampai bisa berbagai secara langsung dari perangkat iPhone.
  • IPhone series 12 Pro Max ditambahkan dengan fitur Night Mode di semua lensa dan Time-Lapse Night Mode. Fitur ini sangat membantu Anda dalam merekam pada mode Time Lapse video dengan kombinasi Night Mode. Dengan demikian, dapat menghasilkan video dengan eksposur yang lebih tajam, lama, dan lebih halus, meskipun minim cahaya ketika memakai tripod.

11. Konektivias iPhone 12 Pro Max

IPhone series ini juga sama seperti seri sebelumnya yang didukung oleh teknologi 5G. Dimana teknologi diklaim sangat cepat dan stabil untuk terhubung ke internet.

Pihak Apple juga mengatakan, bahwa iPhone seri ini sebagai smartphone yang mendukung jaringan 5G paling luas di seluruh dunia, jika dibandingkan dengan series lainnya.

Pengguna iPhone series 12 Pro Max di Amerika Serika sendiri memakai tipe mmWave. Dimana memiliki kecepatan yang begitu tinggi, bahkan maksimalnya bisa mencapai up to 4Gbps.

Teknologi 5G di iPhone series 12 Pro Max juga mendukung smart data, sehingga bisa untuk menghemat daya baterai. Caranya dengan mengaktifkan 5G secara otomatis dengan metode deteksi pemakaian internet.

12. Baterai iPhone 12 Pro

IPhone series 12 Pro Max didukung oleh baterai Li-Ion yang tidak dapat dilepas. Menurut kabar yang beredar, iPhone seri paling tinggi ini juga menggunakan baterai berkapasitas 4380 mAh didukung oleh fitur Fast Charging.

Dimana 20W mampu mengisi daya baterai sampai 50% dan hanya membutuhkan waktu 30 menit saja. Namun sangat disayangkan, adapter fast charging ini dijual secara terpisah.

Selain itu, iPhone 12 seri paling tinggi juga didukung oleh teknologi canggih yaitu MagSafe wireless Qi wireless charging up to 7.5W dan charging up to 15W.

Seperti yang Anda tahu, bahwa Apple selalu meluncurkan perangkat iPhone berspesifikasi tinggi dan menawarkan performa kelas atas, salah satunya pada iPhone 12 Pro Max. Tidak heran jika kemunculannya sangat ditunggu-tunggu oleh para penggemarnya dan mungkin salah satunya Anda.

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan iPhone paling terbaru ini, silahkan lakukan pre order di website resminya. Meskipun dibanderol dengan harga yang terbilang fantastis ketika masuk di Indonesia, namun akan terbayar dengan kualitasnya yang begitu bagus.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here