Contoh Surat Pribadi : Guru, Kakak, Orang Tua, Teman, Sahabat, dan Covid

10 min read

Contoh Surat Pribadi

Contoh Surat Pribadi – Surat pribadi adalah sebuah surat yang dibuat oleh individu atau perseorangan yang ditujukan kepada salah satu pihak tertentu. Seperti teman, keluarga, sahabat, saudara, guru, kakak, dan lainnya.

Untuk membuat surat pribadi tidaklah sulit, karena dalam pembuatannya tidak terpaku dengan aturan resmi seperti struktur dan bahasa yang digunakan. Sehingga kamu bisa membuat surat ini sesuai dengan keinginan dan gaya bahasa kamu sendiri.

Untuk memudahkan kamu dalam membuat surat pribadi, berikut ini beberapa Contoh Surat Pribadi yang ditujukan ke berbagai orang seperti untuk guru, untuk kakak, untuk orang tua, dan masih banyak lagi.

Contoh Surat Pribadi untuk Guru

Surat Terimakasih untuk Guru

Surabaya, 20 Januari 2020

Kepada Yth,
Ibu Luna Fiona
di SMK Sudut Nusantara
Jombang, Jawa Timur

Assalamualaikum Wr. Wb.

Apa kabar bu Luna? masih ingat sama saya? Saya yakin ibu pasti masih ingat dengan saya. Bagaimana bisa lupa, saya selalu merepotkan ibu dengan semua kebandelan saya di sekolah. Bahkan beberapa kali ibu sampai menghukum saya dan menyerahkan saya kepada guru BK. Tapi ibu selalu sabar menghadapi saya, ibu Luna memang wali kelas terbaik sepanjang masa bagi saya.

Dengan surat ini, saya mau mengucapkan banyak terima kasih atas ilmu, bimbingan, nasehat, serta nilai kehidupan yang selalu ibu ajarkan kepada saya dan teman-teman saya. Karena kalau tidak ada ibu, mungkin saya tidak akan berada di titik ini sekarang.

Hal yang paling saya ingat adalah ketika mengucapkan ini kepada saya “Jadilah apa yang kamu mau, meski kamu tak pandai di sekolah, pasti ada satu hal yang bisa kamu kuasai, kejarlah itu dengan maksimal”.

Atas ucapan ibu tersebut, saya akhirnya memutuskan untuk tidak melanjutkan kuliah namun lebih memilih untuk menjadi music creator.

Alhamdulillah, beberapa pencapaian di bidang musik berhasil saya capai. Saat ini saya juga bisa hidup dan membantu orang tua saya dari hobi saya ini.

Awalnya orang tua saya menolak apa yang saya pilih ini, namun akhirnya mereka menyetujui dan memberi restu kepada saya untuk terus berkarya di bidang musik.

Sekali lagi terima kasih ibu Luna Fiona. Dengan surat ini saya juga mengirimkan sebuah kaset yang berisi sebuah lagu khusus yang saya ciptakan, semoga ibu Luna menyukainya.

Mungkin cukup ini saja yang ingin saya sampaikan, semoga suatu saat kita bisa bertemu kembali ya bu. Terima kasih. Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam Hormat dari Murid Ibu,


Alffy Bryan

Surat Perpisahan untuk Guru

Lampung, 09 April 2018

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hai bu, saya mau mengucapkan banyak terima kasih atas semua ilmu, nasehat, dan perhatian yang sudah ibu berikan selama ini kepada saya dan teman-teman saya.

Kami semua pasti akan sangat merindukan ibu, terlalu banyak kenangan bersama ibu yang tak mungkin saya lupakan.

Saya juga mau meminta maaf, atas semua kesalahan yang pernah saya perbuat kepada ibu selama mengajar saya. Namun meski saya melakukan banyak kesalahan, ibu selalu memberi saya nasehat, memberikan saya pelajaran, dan selalu membuka mata saya bahwa apa yang telah saya lakukan itu salah.

Semoga ibu baik-baik di tempat mengajar ibu yang baru, saya akan selalu merindukan ibu. Sekali lagi terima kasih atas segala jasa yang telah ibu berikan kepada saya dan teman-teman.

Sekian surat ini saya sampaikan. Terima kasih.

Salam Perpisahan dari Muridmu


Naufal Gryfin

Surat Permintaan Maaf untuk Guru

Bogor, 12 Februari 2018

Kepada Yth,
Bapak Hasyim Syamsudin
Wali Kelas XII IPA 1
di Tempat

Dengan datangnya surat ini, saya yang bernama Angga Wijaya, ingin meminta maaf sebesar-besarnya kepada bapak. Karena saya sudah bolos jam pelajaran, tanpa seizin bapak.

Saya menyadari bahwa apa yang saya lakukan tersebut adalah sebuah kesalahan, saya juga menyesal sudah melakukan perbuatan tersebut yang mungkin membuat bapak marah kepada saya, saya mohon maaf sebesar-besarnya.

Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut, saya juga siap menerima jika bapak akan memberikan hukuman kepada saya dalam bentuk apapun. Asalkan bapak mau memaafkan kesalahan yang sudah saya perbuat, dan memperbolehkan saya untuk mengikuti pelajaran bapak kembali

Hormat Saya,

Angga Wijaya

Contoh Surat Pribadi untuk Kakak

Surat Pribadi untuk Kakak di Luar Negeri

Jogja, 13 Maret 2018

Untuk Kak Alnanda
Di Qatar

Hy kak, apa kabarmu di Qatar sana? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kami sekeluarga baik-baik saja disini. Tapi satu tahun ini rasanya sepi sekali tanpa adanya Kak Alnanda di rumah ini.

Gimana pendidikan kakak disana? Mama sama Papa pingin tahu perkembangan mas disana. Emm btw pasti cewek-cewek disana cantik-cantik ya mas, kalau pulang bawa satu hahaha.

Oh iya aku juga mau kasih kabar kak, kalau akhir tahun ini Papa sama Mama InsyaAllah akan berangkat Umroh. Pasti di rumah bakalan sepi banget, aku sendirian, paling cuma ditemenin sama mbok inem aja.

Aku juga mau minta pendapat kakak, aku sebenarnya pingin banget kuliah di Jakarta, Mama sama Papa juga mengizinkan aku untuk kuliah di sana. Tapi aku juga bingung kak, karena kalau aku kuliah di Jakarta nanti Mama sama Papa tambah kesepian dong. Aku bingung banget kak.

Yaudah itu aja yang mau aku sampaikan, aku tunggu balasan surat dari kakak. Jangan lupa kirim oleh-oleh juga ya kak hehe.

Adik Tercantikmu

Angela Lee

Surat Pribadi untuk Kakak Sepupu

Malang, 12 Oktober 2019

Untuk Kak Nia
Di Yogyakarta

Assalamualaikum kak…
Kak Nia apa kabar ni? Semoga sehat selalu ya. Nggak kerasa udah sekitar 2 tahun ini kita nggak pernah ketemu ya kak. Aku udah kangen banget pingin main sama kakak, pingin curhat juga sama kakak. Aku nggak punya temen curhat yang enak selain kakak. Aku juga mau minta doanya, semester ini aku mulai ngerjain skripsi kak.

Oh iya, kita sekeluarga InsyaAllah mau pergi ke Yogyakarta liburan akhir tahun ini. Sebenarnya aku yang pingin si, tapi akhirnya Papa sama Mama juga memutuskan untuk ikut ke Jogja. Tunggu aku sampai sana ya kak, jangan lupa ajakin aku main di sana ya.

Adikmu yang Cantik

Aurelie

Contoh Surat Pribadi untuk Orang Tua

Surat Pribadi untuk Orang Tua di Rumah

Swiss, 5 Mei 2017

Kepada Ayah dan Ibu
di Yogyakarta

Assalamualaikum Ayah, Ibu…

Bagaimana kabar ayah sama ibu di Jogja? Aku berharap selalu dalam lindungan Allah. Kabar aku baik-baik dan sehat di sini.

Aku kangen banget sama Ayah sama Ibu…

Melalui surat ini, aku juga mau memberikan kabar gembira untuk Ayah dan Ibu. Alhamdulillah akhir tahun ini aku bisa kembali ke Indonesia karena program pertukaran pelajarku sudah selesai.

Aku sangat merindukan kalian, rasanya sudah tidak sabar sampai hari kepulanganku nanti. Oh iya, Ayah sama Ibu mau oleh-oleh apa? nanti aku bawain dari sini.

Sekian dulu surat dariku, sampai bertemu akhir tahun nanti.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Adinda

Putri Jasmine

Surat Pribadi untuk Orang Tua Meminta Kiriman Uang

Jakarta, 20 Maret 2018

Kepada Mama dan Papa
Di Pekanbaru

Assalamualaikum Wr.Wb.

Mama sama Papa apa kabarnya? Semoga sehat selalu di sana. Alhadulillah aku juga baik-baik saja di sini.

Ma, Pa, liburan semester ini aku belum bisa pulang ke Pekanbaru. Karena aku sedang ada KKN selama 3 bulan di sebuah peternakan di Bogor. Oh iya, satu hal lagi, kalau Papa sama Mama lagi ada rezeki, Lina sedang butuh kiriman uang Pa, Ma. Semoga Papa sama Mama bisa maklum karena banyak yang harus Lina urus selama KKN ini, selain untuk biaya hidup selama di Bogor.

Lina berjanji akan belajar dengan rajin agar bisa mendapatkan nilai yang bagus dan bisa lulus tepat waktu. Lina sangat merindukan kalian semua yang ada di Pekanbaru.

Sekian dulu surat dari Lina, mohon doa restu dari Papa dan Mama semoga Lina diberi kemudahan dan kelancaran dalam melaksanakan KKN.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Salam Kangen

Lina

Contoh Surat Pribadi untuk Teman

Surat Pribadi untuk Teman

Semarang, 12 Mei 2017

Untuk Amelia
Teman Kecilku
di Jakarta

Hai mel? apa kabar kamu? masih suka nangis sama manja kaya dulu nggak? haha. Kabarku disini baik-baik saja, aku juga makin dewasa. Mel kamu tahu nggak? aku sangat merindukanmu disini, sejak kamu pindah ke Jakarta, semuanya terasa kurang mel. Yah memang aku juga sudah punya teman baru disini, tapi tetep aja beda mel. Kapan kamu balik ke Semarang?

Oh iya, bagaimana kabar sekolahmu? lancar kan? Kata papa kamu mau lanjut ke Universitas Nusantara setelah lulus nanti? Wah keren banget kamu Mel. Tahun ini aku juga wisuda dan aku berencana mau masuk ke Akademi Kepolisian. Seperti apa yang aku cita-citain dari dulu, aku ingin sekali menjadi polisi.

Aku doain semoga semua proses studimu lancar, aku juga mau minta doa juga dari kamu.

Yaudah sekian dulu surat dari aku Mel. Aku tunggu balasan surat dari kamu. Aku rindu kamu Mel, semoga suatu hari nanti kita bisa bertemu dan bersama lagi.

Teman Kecilmu,

Akmal

Surat Pribadi untuk Teman Sekelas

Lamongan, 21 Januari 2016

Teruntuk Teman Sekelasku Dulu
Nadia
Di Semarang

Hi Nadia, bagaimana kabarmu? Semoga kamu dan keluarga senantiasa berada di lindungan Allah SWT. Aku dan keluargaku disini baik-baik saja.

Nad, aku rindu kamu, ternyata sudah 3 tahun kita tidak bertemu dan bercanda ria seperti dulu lagi.

Tapi aku juga punya kabar baik buat kamu, bulan depan aku mau pindah ke Semarang Nad, yah mungkin cuma beberapa bulan aja buat tugas dari kantor.

Setidaknya kita bisa bertemu lagi, main bareng, nonton bareng, cerita sana-sini, ah rasanya nggak sabar lagi pingin ketemu kamu.

Sekian dulu ya kabar bahagia dari aku, nggak di bales juga nggak papa deh, kan bulan depan kita udah ketemu. Eh jangan lupa ajakin aku main di Semarang ya.

Salam Rindu Teman Sekelasmu

Azriel

Contoh Surat Pribadi Singkat

Surat Pribadi Singkat untuk Ibu

Ibuku Tersayang
Di Tempat

Assalamualaikum bu

Apa kabarnya bu di rumah?, aku harp ibu selalu dalam keadaan sehat, baik, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Bu, aku kangen banget sama ibu, sudah 2 tahun aku di negeri orang dan belum pernah bertemu lagi sama ibu.

Bu, doain aku ya supaya semuanya lancar, aku pingin banget mencapai semua cita-citaku dan bikin ibu sama adik-adik bahagia, yang terpenting aku juga bisa cepat pulang dan berkumpul lagi sama ibu. Ibu jangan khawatir keadaan aku di sini, aku di sini sehat kok bu. Doain ya bu.

Udah dulu ya Bu, semoga ibu sehat selalu.

Anakmu

Putri Nirmala

Surat Pribadi Singkat untuk Sahabat

Sahabatku
Karmila
Di Bandung

Hai mil, apa kabarmu? baik-baik saja kan? yah aku harap si kamu dan keluargamu sehat, bahagia, dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Aamiin.

Karmila, aku sangat rindu sekali sama kamu, aku harap kamu juga merasakan hal yang sama. Sudah lama sekali kita tidak bertemu, dari lulus SMA hingga sekarang kita belum pernah bertemu lagi. Bahkan di hari pernikahanku juga kamu tidak bisa datang. Yah its okay, mungkin kamu memang sedang sibuk waktu itu.

Oh iya, aku juga baru saja melahirkan anak pertamaku, dia perempuan, cantik sekali, dia juga cantik sekali seperti kamu. Tebak, aku juga kasih dia nama Karmila, persis seperti namamu.

Yaudah cukup segini dulu ya surat dari aku, semoga kamu bisa membalas surat ini. Aku juga berharap, suatu saat nanti kita bisa bertemu.

Sahabatmu

Diana Putri

Surat Pribadi Singkat untuk Kakak

Untuk Kakak
Di Jakarta

Hai kak, bagaimana kabar kakak? sehat-sehat saja kan? semoga kakak selalu dalam keadaan baik.

Sebelumnya, aku mau minta maaf ni, udah 5 bulan ini nggak kasih kabar dan nggak kirim surat buat kakak. Yah semoga surat ini bisa mengobati rasa kangen kakak sama aku, kangen kan? ngaku aja deh haha.

Oh iya kak, aku juga mau bilang kalau liburan akhir tahun ini Ayah sama Ibu mau ngajakin kita liburan ke bali, sekalian buat lihat kondisi nenek disana.

Asik kan, lama nggak ke bali nih, makanya pulang kak. Harus bisa, harus pulang, nggak boleh alesan haha. Ibu sama Ayah juga rindu sama kakak.

Yaudah ya kak, aku tunggu kepulangan kakak ke Jogja, habis itu kita langsung cus ke Bali.

Adikmu

Amanda

Contoh Surat Pribadi Pendek untuk Sahabat

Surat Pribadi untuk Sahabat Terbaik

Bandung, 12 Agustus 2016

Untuk Sahabat Terbaikku

Di Malang

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai Nin, apa kabar kamu? Semoga kamu senantiasa berada dalam lindungan-Nya. Aamiin. Kabarku juga baik-baik saja disini. Sudah lama ya kita tidak bertemu, aku sangat merindukanmu Nin. Ingin rasanya bertemu denganmu untuk sekedar bercerita dan bercanda seperti dulu.

Sekarang pasti kamu tambah dewasa dan cantik ya. Oh iya aku mau sedikit cerita tentang kehidupanku saat ini. Disini aku cukup senang, lingkungannya asik, pekerjaanku juga sangat aku nikmati, yah walaupun pada awalnya aku cukup susah untuk beradaptasi.

Aku sangat merindukanmu Nin, aku juga rindu suasana dan kehidupan di Malang. Aku juga rindu teman-teman yang ada disana. Bahkan saking kangennya, aku juga sering mimpiin kamu Nin.

Mungkin sebentar lagi rasa kangen ini akan hilang Nin, aku punya kabar baik untuk kamu, aku diperbolehkan untuk mengambil cuti selama 3 bulan kedepan. Iya betul, 3 bulan tersebut aku akan kembali ke Malang.

Tunggu kedatanganku ya Nin, oh iya kamu mau aku bawain oleh-oleh apa? bilang aja nggak usah malu haha.

Yaudah segini aja ya suratku, eh aku juga mau kamu jemput aku di stasiun waktu kepulanganku besok ya.

Sahabatmu

Elsa

Surat Pribadi untuk Sahabat Pena

Medan, 30 April 2019

Dear Sahabat Penaku

Bagaimana kabarmu disana? semoga kamu dalam keadaan baik-baik saja. Karena aku cukup khawatir sama keadaan kamu.

Sejak aku terima surat terakhir dari kamu pada tanggan 10 Januari 2020 lalu, hingga saat ini aku tidak pernah dengar kabarmu lagi.

Aku juga tidak pernah menerima chat baik di WA, Telegram, Email, atau SMS dari kamu.

Aku juga sudah menanyakan kabar kamu ke teman-teman yang lain, namun mereka juga tidak mengetahui bagaimana kabar kamu.

Hal ini sangat mengganggu pikiranku tentang keadaan kamu, ada apa gerangan, apa yang sedang terjadi sama kamu, kenapa kok tidak ada kabar sama sekali.

Pikiranku terus melayang “jangan-jangan” “duh kamu kenapa”, dan lain sebagainya, hal tersebut terus berkecamuk di dalam pikiranku.

Hingga akhirnya aku memutuskan untuk membuat surat ini, wahai sahabat penaku, semoga kamu membaca surat dariku ini.

Jika kamu sedang dalam masalah, kamu bisa cerita sama aku, barangkali aku bisa membantu kamu atau hanya sekedar sebagai tempat untuk mendengar keluh kesahmu. Aku ini sahabatmu, jangan sungkan.

Setiap kehidupan pasti akan selalu ada persoalan, ada pepatah yang mengatakan bahwa kita tidak mungkin hidup tanpa masalah. Karena masalah akan selalu datang diikuti dengan solusinya.

Kuharap kamu selalu dalam keadaan baik, tolong balas surat dari sahabatmu ini.

Sahabat Penamu


Nadia Mantapu

Contoh Surat Pribadi Setengah Resmi

Surat Pribadi Setengah Resmi Lamaran Kerja

Karawang, 17 Juli 2019

Perihal: Surat Lamaran Kerja

Kepada Yth,
HRD PT. Bergawai Indonesia
Jl. Sudut Nusantara No 12, Karawang Barat

Dengan hormat,

Berdasarkan dari informasi yang saya dapat dari halaman internet PT.Bergawai Indonesia pada tanggal 1 Juli 2020. PT. Bergawai Indonesia sedang membuka lowongan pekerjaan sebagai staff administrasi dengan kode (SA).

Dengan dibuatnya surat lamaran kerja ini, saya bermaksud untuk melamar dan bergabung ke dalam perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut biodata singkat saya.

Nama: Aiu Cantika, S.E
Tempat, Tanggal Lahir: Semarang, 20 Januari 1994
Jenis Kelamin: Perempuan
Pendidikan Terakhir: S1 Akuntansi
Alamat: Jl. Kembang Wangi No.2, Semarang
No. HP: 081311411511
Email: [email protected]

Bersamaan dengan datangnya surat ini, saya mengajukan lamaran kerja kepada PT. Bergawai Indonesia dengan posisi Staff Administrasi (SA).

Sebagai bahan untuk pertimbangan dan penilaian, berikut ini saya lampirkan beberpaa berkas pendukung seperti:

  1. Fotokopi KTP
  2. Fotokopi KK
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir
  4. Fotokopi Transkrip Nilai
  5. Daftar Riwayat Hidup
  6. Fotokopi Surat Keterangan Cakap Kebaikan (SKCK) Terbaru
  7. Pas Foto 4×6

Demikian surat ini saya buat dengan sebenar-benarnya, besar harapan saya untuk bisa bergabung dengan PT. Bergawai Indonesia. Atas perhatian dari Bapak/Ibu saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Aiu Cantika S.E

Surat Pribadi Setengah Resmi Izin Tidak Masuk Sekolah

Riau, 28 November 2019

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Wali Kelas XI IPS 2
SMK Sudut Nusantara
Riau

Dengan hormat,

Dengan surat ini, saya orangtua/wali murid dari:

Nama: Monica Kinoy
Kelas: XI IPS 2

Memberitahukan bahwa anak di atas sedang tidak bisa mengikuti pelajaran seperti biasanya dikarenakan sedang sakit demam berdarah. Mohon izin dari Bapak/Ibu wali kelas XI IPS 2.

Demikian surat ini saya buat, atas perhatian dan kebijaksanaanya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Tomi Namolo

Contoh Surat Pribadi Tentang Covid

Surat Pribadi Tentang Covid untuk Orang Tua

Jakarta, 20 Agustus 2020

Untuk Ibu dan Bapak
Di Jogja

Assalamualaikum Pak Bu,

Bagaimana kabar Bapak dan Ibu disana? baik-baik dan sehat-sehat saja kan? Semoga ibu sama bapak selalu dalam kondisi yang sehat, baik, dan tetap dalam lindungan Allah SWT.

Aku mau minta maaf sama bapak sama ibu, liburan kali ini aku belum bisa pulang ke Jogja karena kondisi saat ini yang sedang pandemi seperti ini. Di Jakarta juga sedang diberlakukan PSBB, semua kerjaan dan kegiatan sekolah juga dilakukan dari rumah.

Aku sangat merindukan bapak sama ibu, tapi mau gimana lagi, takutnya kalau aku maksa buat pulang, aku malah membawa virus corona dari sini. Aku nggak mau ibu sama bapak terkena covid.

Ibu sama bapak nggak usah khawatir sama keadaan aku disini, InsyaAllah aku baik-baik saja. Bapak sama ibu juga jangan lupa buat jaga diri, kalau keluar rumah pastiin pakai masker, rajin cuci tangan, dan jaga imunitas tubuh.

Semoga pandemi ini segera berakhir dan aku bisa segera pulang ke Jogja. Aku rindu kalian semua. Sehat-sehat ya.

Anak kesayangan

Aurora Miana

Surat Pribadi Tentang Covid-19 untuk Teman

Solo, 10 Agustus 2020

Kepada Temanku
Ari Winardi
Di Malang

Hai Ar, gimana kabarmu disana? aman aja kan? nggak kena covid kan lo? haha bercanda Ar. Di Malang gimana? jumlah kasus disana juga terus meningkat ya? disini juga ni, ngeri emang covid.

Oh iya Ar, beberapa bulan yang lalu kita kan pernah berencana tu buat naik ke bromo bareng. Tapi kayaknya aku belum bisa Ar, yah apalagi alasanya kalau bukan karena pandemic ini. Denger-denger Gunung Bromo juga di tutup ya?

Gagal deh rencana kita buat naik ke Bromo pas tanggal 17 Agustus. Yah semoga pandemi ini cepat berakhir, dan kehidupan bisa kembali normal seperti semula.

Semoga suatu saat nanti rencana kita untuk ke Bromo bisa terwujud.

Sekian surat dari aku Ar, jaga kesehatan lo baik-baik. Sampai jumpa di hari yang tepat.

Salam hangat,

Nita Arliani

Di atas adalah beberapa contoh surat pribadi dalam berbagai bentuk, seperti untuk guru, orang tua, sahabat, teman, kakak, dan lain sebagainya. Semoga contoh di atas bisa bermanfaat dan bisa membantu keperluan kamu.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© Website Name. All rights reserved.

Mediumish Theme by WowThemesNet.