Cara Video Call WhatsApp di Laptop

cara video call whatsapp

WhatsApp memiliki berbagai macam fitur yang dapat membantu Anda dalam melakukan komunikasi jarak jauh, salah satunya adalah fitur video call. Fitur ini tentunya sangat membantu Anda untuk melakukan tahap muka walaupun secara virtual. Sebagian besar pengguna WhatsApp mengetahui bahwa video call hanya dapat dilakukan melalui HP, padahal terdapat Cara Video Call WhatsApp di laptop.

WhatsApp memang belum menyediakan secara resmi fitur video call melalui WhatsApp web di laptop. Namun Anda tetap dapat mengakalinya dengan menggunakan emulator yang sudah banyak tersedia. Berikut ini Sudut Nusantara rangkum beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk video call WhatsApp di laptop.

Cara Video Call WhatsApp di Laptop

1. Dengan Emulator

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk melakukan video call WhatsApp di perangkat laptop/PC Anda dapat menggunakan bantuan emulator. Salah satu emulator yang banyak digunakan yaitu BlueStacks.

BlueStacks sendiri dapat digunakan untuk Windows 10 di berbagai merk dan jenis laptop, mulai dari Asus, Acer, Lenovo, HP, dan masih banyak lagi. BlueStacks pun sudah kompatibel dengan perangkat Mackbook, jadi cukup fleksibel.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melakukan video call menggunakan bantuan emulator BlueStacks.

  • Langkah pertama adalah membuka browser yang terdapat di perangkat PC/laptop Anda.
  • Setelah itu Anda dapat membuka situs resmi dari BlueStacks di https://www.bluestacks.com/id/index.html.
Setelah itu Anda dapat membuka situs resmi dari BlueStacks di https://www.bluestacks.com/id/index.html.
  • Jika sudah masuk ke halaman BlueStacks, klik tombol “Unduh BlueStacks” yang terdapat di halaman utamanya.
  • Setelah berhasil terdownload di perangkat, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi BlueStacks tersebut.
Setelah berhasil terdownload di perangkat, langkah selanjutnya adalah menginstall aplikasi BlueStacks tersebut.
  • Jika sudah terinstal, Anda dapat membuka aplikasi BlueStacks lalu membuka Google Play Store.
Jika sudah terinstal, Anda dapat membuka aplikasi BlueStacks lalu membuka Google Play Store.
  • Langkah selanjutnya yaitu masuk ke akun Google yang sudah Anda miliki untuk mendownload aplikasi di Google Play Store.
Langkah selanjutnya yaitu masuk ke akun Google yang sudah Anda miliki untuk mendownload aplikasi di Google Play Store.
  • Jika sudah masuk ke akun Google, langkah selanjutnya yaitu mencari aplikasi WhatsApp untuk mendownloadnya.
Jika sudah masuk ke akun Google, langkah selanjutnya yaitu mencari aplikasi WhatsApp untuk mendownloadnya.
  • Setelah proses download selesai, maka langkah selanjutnya yaitu Anda dapat memasukkan nomor WhatsApp seperti halnya di perangkat HP.
Setelah proses download selesai, maka langkah selanjutnya yaitu Anda dapat memasukkan nomor WhatsApp seperti halnya di perangkat HP.
  • Jika seluruh proses tadi sudah selesai, maka akan muncul halaman utama WhatsApp layaknya di perangkat smartphone Anda.
Jika seluruh proses tadi sudah selesai, maka akan muncul halaman utama WhatsApp layaknya di perangkat smartphone Anda.
  • Untuk memulai proses video call, Anda dapat membuka kontak yang ingin di hubungi.
  • Nantinya pada chat room terdapat ikon video call di bagian kanan atas layar, Anda bisa klik ikon tersebut.
Nantinya pada chat room terdapat ikon video call di bagian kanan atas layar, Anda bisa klik ikon tersebut.
  • Setelah itu akan muncul kotak dialog “Start Video Call“, untuk memulai video call Anda dapat memilih opsi “Call”,
  • Selesai, Anda sudah dapat melakukan video call dengan pengguna lain melalui perangkat laptop/PC.

2. Tanpa Emulator

Jika Anda tidak ingin mengunduh emulator, maka terdapat cara lain yang bisa digunakan untuk video call di laptop tanpa perlu menggunakan emulator. Berikut ini adalah cara video call WhatsApp di Laptop tanpa menggunakan emulator.

  • Langkah pertama yaitu membuka WhatsApp Web di perangkat laptop/PC Anda.
  • Langkah selanjutnya buka kontak yang ingin Anda ajak video call lalu klik ikon “Attachment” dan pilih ikon “Room” yang berada di paling atas.
Langkah selanjutnya buka kontak yang ingin Anda ajak video call lalu klik ikon "Attachment" dan pilih ikon "Room" yang berada di paling atas.
  • Nantinya akan muncul kotak dialog, Anda dapat klik opsi “Continue in Messenger“.
Nantinya akan muncul kotak dialog, Anda dapat klik opsi "Continue in Messenger"
  • Setelah itu Anda akan segera otomatis diarahkan ke halaman login Messenger. Jika sebelumnya Anda sudah login ke akun Messenger, maka dapat klik tombol “Lanjutkan sebagai…
  • Jika sudah berhasil login ke akun Messenger maka untuk membuat room video call klik ikon kamera yang berada di bagian pojok kanan atas layar.
  • Setelah itu secara otomatis Anda akan membuka tab baru, klik tombol “Coba” lalu jika terdapat notifikasi yang meminta izin penggunaan kamera dan microphone di perangkat, klik tombol Allow.
Setelah itu secara otomatis Anda akan membuka tab baru, klik tombol "Coba" lalu jika terdapat notifikasi yang meminta izin penggunaan kamera dan microphone di perangkat, klik tombol Allow.
  • Kemudian Anda akan menuju ke halaman Room video call yang sudah dibuat sebelumnya. Jika Anda ingin langsung melakukan video call, klik tombol “Salin” dan membagikan link tersebut ke pengguna lainnya untuk melakukan video call.

Dengan memahami penjelasan di atas, tentunya sudah terjawab bagaimana cara video call WhatsApp di laptop. Anda dapat memilih menggunakan bantuan emulator ataupun tanpa menggunakan emulator dengan bantuan fitur Room dari Messenger.

Cara video call WhatsApp di Laptop di atas bisa Anda terapkan jika ingin mencari pengalaman baru ketika melakukan video call di WhatsApp. Langkah-langkahnya pun cukup mudah untuk dilakukan bagi orang yang baru pertama kali melakukannya.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here