Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop + Gambar

cara menggunakan whatsapp

Walaupun saat pertama kali dirilis WhatsApp hanya dapat digunakan untuk perangkat HP saja, namun seiring dibutuhkannya fleksibilitas dalam berkomunikasi Whatsapp merilis versi yang dapat digunakan di laptop. Cara menggunakan Whatsapp di laptop pun cukup mudah dan sangat sederhana.

Dengan adanya cara ini, tentunya Anda akan semakin mudah dalam mengakses WhatsApp selain menggunakan perangkat HP. Terdapat beberapa cara menggunakan Whatsapp di laptop yang bisa Anda gunakan, contohnya seperti menggunakan aplikasi, web Whatsapp, atau dengan emulator. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan Whatsapp di laptop/komputer.

Cara Menggunakan WhatsApp di Laptop/Komputer

1. Aplikasi Whatsapp Web

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan Whatsapp di laptop yaitu dengan menggunakan aplikasi Whatsapp web. Untuk cara ini, Anda perlu mendownload dan menginstalnya terlebih dahulu di perangkat yang akan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk menggunakan aplikasi Whatsapp web di perangkat laptop atau komputer Anda.

  • Langkah pertama yaitu membuka web browser di perangkat Anda lalu mendownload aplikasi Whatsapp di https://www.whatsapp.com/download.
  • Langkah selanjutnya Anda dapat memilih versi file aplikasi yang sesuai dengan bit dari perangkat yang digunakan, 32-bit atau 64-bit.
Langkah selanjutnya Anda dapat memilih versi file aplikasi yang sesuai dengan bit dari perangkat yang digunakan, 32-bit atau 64-bit.
  • Jika aplikasi Whatsapp sudah berhasil terdownload, maka setelah itu Anda dapat membuka file yang sudah di download lalu melakukan proses instalasi.
  • Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan barcode seperti di bawah ini.
Setelah proses instalasi selesai, maka akan muncul tampilan barcode seperti di bawah ini.
  • Untuk masuk ke aplikasi Whatsapp web, Anda dapat membuka aplikasi Whatsapp di HP terlebih dahulu lalu pilih opsi “WhatsApp Web” di ikon titik tiga pada bagian atas halaman utama.
Untuk masuk ke aplikasi Whatsapp web, Anda dapat membuka aplikasi Whatsapp di HP terlebih dahulu lalu pilih opsi "WhatsApp Web" di ikon titik tiga pada bagian atas halaman utama.
  • Setelah itu lakukan scan barcode melalui perangkat HP.
  • Jika proses scanning berhasil, maka secara otomatis halaman utama Whatsapp akan muncul di perangkat laptop/komputer Anda.
Jika proses scanning berhasil, maka secara otomatis halaman utama Whatsapp akan muncul di perangkat laptop/komputer Anda.

Sebagai catatan, untuk menggunakan aplikasi Whatsapp web ini perangkat laptop/komputer Anda harus menggunakan sistem operasi Windows 8 dan Windows 10. Jika perangkat Anda masih menggunakan Windows 7, maka dapat menggunakan cara selanjutnya.

2. Langsung Melalui web.whatsapp.com

Cara selanjutnya yaitu dengan membuka web.whatsapp.com di web browser perangkat yang Anda gunakan. Dengan menggunakan web browser ini, Anda dapat membuka Whatsapp tanpa aplikasi di perangkat laptop/komputer.

Whatsapp web pun dapat digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi windows 7, jadi tidak ada spesifikasi khusus untuk membuka Whatsapp melalui cara ini. Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan web.whatsapp.com di perangkat laptop/komputer.

  • Langkah pertama yaitu membuka web browser di perangkat Anda lalu mengunjungi situs web.whatsapp.com.
  • Setelah itu akan muncul tampilan barcode yang dapat Anda scan melalui perangkat HP.
Setelah itu akan muncul tampilan barcode yang dapat Anda scan melalui perangkat HP.
  • Pada aplikasi Whatsapp di HP, Anda dapat membuka ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas lalui pilih opsi “WhatsApp Web“.
  • Setelah itu scan barcode yang terdapat di perangkat laptop/komputer.
Setelah itu scan barcode yang terdapat di perangkat laptop/komputer.
  • Setelah proses scan barcode berhasil, maka halaman utama chat akan muncul di perangkat laptop/komputer Anda.

FAQs Seputar Penggunaan Whatsapp di Laptop/PC

  • Apakah kita tepat dapat menggunakan Whatsapp web atau Whatsapp desktop tanpa scan barcode?

Secara sistem sebenarnya Anda tidak bisa menggunakan Whatsapp web ataupun whatsapp desktop tanpa melakukan scan. Namun terdapat cara menggunakan whatsapp di laptop tanpa scan barcode yang Anda dapat lakukan, yaitu dengan bantuan emulator dengan nomor HP.

  • Apakah jika HP rusak kita tetap bisa membuka Whatsapp di laptop/komputer?

Tidak bisa, karena ketika Anda membuka aplikasi Whatsapp di perangkat laptop/komputer, maka perangkat HP pun juga harus aktif. Jika rusak dan dalam kondisi mat, maka otomatis Anda tidak dapat membuka aplikasi Whatsapp di perangkat laptop/komputer juga.

  • Apakah ada cara lain untuk membuka Whatsapp di laptop tanpa whatsapp web atau tanpa emultaro?

Tidak ada, karena hanya terdapat kedua cara tersebut untuk membuka Whatsapp di perangkat laptop/komputer.

  • Adakah cara menggunakan Whatsapp di laptop tanpa HP?

Cara menggunakan whatsapp di laptop tanpa smartphone yaitu dengan menggunakan bantuan emulator. Dengan bantuan emulator, Anda hanya perlu memasukkan nomor HP yang terdaftar di Whatsapp.

Cara menggunakan Whatsapp di laptop sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Tentunya dengan dapat dibukanya Whatsapp melalui laptop/komputer, Anda dapat lebih fleksibel ketika ingin membalas chat tanpa perlu membuka HP.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here