Cara dan Tips Menggunakan Laptop Agar Awet

Cara Menggunakan Laptop – Di zaman globalisasi seperti saat ini, tentunya penggunaan laptop menjadi sebuah hal yang cukup penting. Laptop sendiri dapat membantu Anda untuk memiliki mobilitas tinggi dalam menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Cara menggunakan laptop pun cukup mudah, jadi tentunya akan membuat pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan laptop, tidak akan susah untuk mempelajarinya jika melakukan latihan secara terus menerus. Dengan menggunakan laptop, Anda akan mendapatkan berbagai macam manfaat baik untuk diri sendiri maupun yang berhubungan dengan orang lain. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan laptop untuk pemula.

Cara Menggunakan Laptop

1. Menyalakan/Menghidupkan Laptop

Ketika baru beli atau baru pertama kali menggunakan laptop, pastinya Anda akan bertanya bagaimana cara menyalakan laptopnya. Cara menyalakan laptop sangatlah mudah, Anda hanya perlu mencari tombol powernya.

Pada umumnya, tombol power pada laptop terdapat di bagian atas keyboard. Walaupun setiap merk laptop memiliki posisi tombol power yang berbeda, Anda dapat dengan mudah menemukan tombol power yang memiliki ciri-ciri simbol “power” dengan lingkaran dan garis.

2. Menggunakan Laptop untuk Bekerja

Jika Anda ingin menggunakan laptop untuk keperluan pekerjaan, terdapat beberapa panduan yang sebaiknya Anda ikuti, salah satunya adalah meletakan laptop di tempat yang nyaman.

Selain untuk kenyamanan Anda sendiri, perangkat laptop pun harus ditempatkan di tempat yang nyaman karena di bagian bawah laptop terdapat sebuah kipas yang jika tersumbat akan mengakibatkan laptop cepat panas.

Pada sebagian besar laptop memiliki permukaan bolong-bolong yang fungsinya sebagai pendingin laptop. Selain itu, terdapat juga cooling pad yang memiliki kipas pendingin untuk memudahkan kinerja dari cooling pad itu sendiri.

Selain itu, agar lebih nyaman ketika menggunakan laptop, Anda dapat memakai mouse. Mouse sendiri dapat berfungsi untuk mengoperasikan kursor. Anda pun sebenarnya tetap dapat mengoperasikan kurosr tanpa mouse dengan menggunakan trackpad bawaan laptop tersebut.

Terdapat lagi cara menggunakan laptop baru yang cocok digunakan untuk bekerja, yaitu dengan menggunakan 2 monitor. Dengan adanya monitor kedua, tentunya akan memudahkan Anda dalam melakukan pekerjaan karena terdapat satu layar kerja yang besar.

3. Melakukan Settingan Desktop Pada Laptop

Cara menggunakan laptop selanjutnya adalah dengan melakukan settingan di halaman desktop laptop. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika melakukan settingan desktop ini, yang pertama adalah Anda perlu memperbarui versi Windows agar tetap mendapatkan update.

Jika Anda sudah berhasil melakukan update sistem operasi, maka langkah selanjutnya adalah dengan memasang software office yang biasanya digunakan untuk bekerja.

Terdapat beberapa software yang dapat Anda gunakan untuk bekerja, seperti OpenOffice, Google Docs, atau Microsoft Office.

Anda juga dapat menginstal aplikasi foto seperti Picasa untuk mengatur dan membagikan foto yang terdapat di laptop. Jika Anda adalah pengguna Mac, maka dapat menggunakan aplikasi Photo Stream.

4. Berselancar di Internet

Hampir semua pekerjaan saat ini menggunakan akses internet. Tentunya ketika sedang menggunakan laptop maka Anda pun juga harus dapat menggunakannya untuk berselancar di internet.

Untuk mengakses internet menggunakan laptop pun cukup mudah, Anda hanya perlu menginstal aplikasi web browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Sebenarnya pada Windows 10 sudah terdapat web browser bawaan yang tidak kalah fungsional, yaitu Windows Explorer.

5. Mematikan Laptop

Berbeda halnya dengan menyalakan laptop yang Anda hanya perlu menekan tombol powernya, untuk mematikan laptop terdapat beberapa langkah yang perlu Anda lakukan.

Untuk mematikan laptop, Anda dapat menuju ke ikon windows yang terdapat di bagian pojok kiri bawah lalu tekan tombol power. Nantninya pada tombol power tersebut akan muncul beberapa pilihan. Jika ingin mematikannya, Anda dapat klik tombol Shut Down.

Sebenarnya bisa saja Anda langsung mematikan laptop dengan cara menekan tombol powernya, namun laptop tidak dalam kondisi benar-benar mati atau biasanya disebut dengan kondisi Sleep.

Agar laptop dapat mati dengan sempurna, cara yang benar adalah dengan menggunakan simbol Windows tersebut.

Tips Menggunakan Laptop Agar Awet/Tidak Mudah Rusak

1. Menggunakan Tas yang Tepat

Bagi Anda yang sering membawa laptop di dalam tas, pastikan bahwa tas yang digunakan memiliki slot untuk membawa laptop. Slot laptop sendiri berfungsi agar laptop tidak tercampur dengan barang-barang lainnya yang mungkin saja dapat membuat permukaan laptop mudah terbentur.

Pastikan juga jika tas laptop tersebut memiliki busa untuk melindungi kemungkinan benturan atau air yang masuk dari luar. Dengan adanya busa pelindung tersebut, tentunya perangkat laptop akan menjadi lebih aman.

2. Tidak Meletakkan Laptop di Lantai

Diusahakan jangan terlalu sering meletakan laptop di lantai karena lantai sendiri memiliki cukup banyak debu yang kemungkinan akan dapat masuk ke dalam laptop. Debu yang menumpuk di dalam laptop tentunya akan merusak berbagai macam komponen hardwarenya.

3. Jangan Terlalu Lama Menggunakan Laptop

Laptop yang digunakan secara terus menerus tanpa henti adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan. Terlalu lama menggunakan laptop akan membuat laptop Anda akan overheat yang tentunya akan mengakibatkan daya tahan laptop akan berkurang.

Jika Anda sedang tidak menggunakan laptop, lebih baik dimatikan saja agar laptop tidak selalu menyala. Jika memang akan digunakan kembali, Anda dapat menggunakan mode sleep agar laptop tetap dalam kondisi standby namun kondisi layar sudah mati.

4. Tidak Memaksakan Laptop Untuk Menjalankan Aplikasi yang Berat

Tips lainnya yang perlu Anda terapkan yaitu tidak memaksakan laptop untuk menjalankan aplikasi yang terlalu berat. Usahakan untuk menjalankan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi dari laptop yang sedang digunakan.

Jika Anda tetap memaksakan laptop untuk menjalankan aplikasi yang bert, maka akan memaksa kinerja prosesor dan RAM yang akan mengakibatkan perangkat laptop menjadi lebih cepat panas.

5. Tidak Meletakan Laptop di Kasur

Banyak orang yang meletakan laptop di kasur karena dapat menggunakannya dengan nyaman, padahal perilaku ini akan membuat panas laptop menjadi tidak keluar dengan sempurna. Panas yang tidak keluar dengan sempurna tentunya akan membuat laptop menjadi overheat.

6. Jangan Menggunakan Laptop Hingga Baterai Kosong

Salah satu cara menggunakan laptop dengan benar adalah dengan tidak menggunakan laptop hingga baterai benar-benar kosong. Jika Anda menggunakan laptop hingga baterai sampai kosong, maka akan membuat umur baterai laptop menjadi pendek.

7. Tidak Menaruh Barang Berat di Laptop

Walaupun kelihatannya hal yang sepele, hal ini adalah salah satu penyebab utama kerusakan pada perangkat laptop. Menaruh barang yang cukup berat akan membuat kerusakan pada layar atau komponen lainnya.

8. Membersihkan Laptop Secara Rutin

Tips terakhir yang bisa Anda praktekan untuk merawat laptop adalah dengan membersihkan laptop secara rutin. Anda dapat membersihkan komponen-komponen penting dari laptop, seperti optical drive laptop, layar, hingga keyboard.

Cara menggunakan laptop di atas tentunya dapat diterapkan ke berbagai merk laptop, mulai dari Lenovo, Acer, HP, Toshiba, dan lain sebagainya. Anda pun dapat menerapkan tips merawat laptop di atas dengan betul agar umur dari laptop yang baru dibeli juga akan lebih lama.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantarahttps://sudutnusantara.com
SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,887FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]