Cara Mengganti Nomor WhatsApp Terbaru 2021

cara mengganti nomor whatsapp

Jika Anda memiliki nomor yang sudah tidak aktif atau ingin pergi ke luar negeri, tentunya harus segera mengganti nomor tersebut. Maka dari itu, Anda pun harus mengetahui cara mengganti nomor WhatsApp agar nomor yang sedang Anda gunakan sesuai dengan nomor WhatsApp. Untuk cara menggantinya pun cukup mudah dan dapat dilakukan oleh perangkat Android maupun iPhone.

Ketika mengganti nomor WhatsApp, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Anda harus memastikan jika nomor baru yang akan didaftarkan di WhatsApp dapat menerima SMS atau panggilan dan sudah memiliki koneksi internet. Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah beberapa cara mengganti nomor WhatsApp baru.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda dapat mengganti nomor WhatsApp menggunakan perangkat Android maupun iPhone.

Kedua cara ini dapat Anda lakukan tanpa menghilangkan chat dan juga tanpa menghilangkan kontak yang terdapat di perangkat Anda. Berikut ini adalah cara mengganti nomor WhatsApp di HP baru Android maupun iPhone.

1. Android

  • Langkah pertama yaitu membuka aplikasi WhatsApp di perangkat Android Anda.
  • Setelah masuk ke halaman utama aplikasi, Anda dapat membuka menu settings yang terdapat di ikon titik tiga bagian kanan atas layar.
Setelah masuk ke halaman utama aplikasi, Anda dapat membuka menu settings yang terdapat di ikon titik tiga bagian kanan atas layar.
  • Setelah itu pilih menu Account.
Setelah itu pilih menu Account.
  • Jika sudah masuk ke halaman Account, Anda dapat memilih opsi Change Number.
Jika sudah masuk ke halaman Account, Anda dapat memilih opsi Change Number.
  • Pada halaman Change number, tap tombol NEXT.
Pada halaman Change number, tap tombol NEXT.
  • Di halaman selanjutnya Anda diharuskan untuk mengisi nomor lama dan juga nomor yang baru di kolom yang telah disediakan. Tap tombol NEXT untuk melanjutkan.
Di halaman selanjutnya Anda diharuskan untuk mengisi nomor lama dan juga nomor yang baru di kolom yang telah disediakan. Tap tombol NEXT untuk melanjutkan.
  • Langkah selanjutnya Anda akan dikirimkan kode verifikasi melalui SMS atau nantinya akan di telpon.
  • Jika sudah mendapatkan kode verifikasi, masukan kode tersebut ke kolom yang sudah tersedia.
  • Selesai, Anda sudah berhasil mengubah nomor WhatsApp menjadi yang baru.

2. iPhone

  • Sebenarnya cara mengganti nomor WhatsApp melalui iPhone tidak jauh berbeda dengan Android. Dengan menggunakan perangkat iPhone Anda dapat mengubah nomor WhatsApp tanpa menghapus chat dan tanpa kehilangan kontak.
  • Langkah pertama yaitu buka aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone Anda.
  • Setelah itu buka menu settings yang terdapat di bagian pojok kanan bawah.
Setelah itu buka menu settings yang terdapat di bagian pojok kanan bawah.
  • Langkah selanjutnya pilih menu Account.
  • Di halaman Account, Anda bisa memilih opsi Change Number untuk mengubah nomor WhatsApp.
Di halaman Account, Anda bisa memilih opsi Change Number untuk mengubah nomor WhatsApp.
  • Jika sudah di halaman Change Number, tap opsi NEXT.
Jika sudah di halaman Change Number, tap opsi NEXT.
  • Setelah itu Anda perlu memasukkan nomor WhatsApp yang lama dan juga memasukkan nomor WhatsApp yang baru. Kemudian tap Next.
Setelah itu Anda perlu memasukkan nomor WhatsApp yang lama dan juga memasukkan nomor WhatsApp yang baru. Kemudian tap Next.
  • Anda dapat memberitahu kontak WhatsApp jika nomor sudah diganti dengan mengaktifkan toggle “Notify Contacts” agar semua kontak yang tersimpan di perangkat mengetahui jika nomor WhatsApp Anda sudah ganti.
  • Jika Anda ingin menggunakan cara mengganti nomor WhatsApp tanpa diketahui, maka bisa melewatkan langkah ini dan langsung pilih tombol Done.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp dengan Nomor Luar Negeri

Selain dapat mengganti nomor WhatsApp dengan nomor dalam negeri, Anda juga dapat mengganti nomor WhatsApp dengan nomor luar negeri. Cara mengganti nomor WhatsApp ke nomor luar negeri pun cukup mudah dan tidak berbeda jauh dengan cara biasanya.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda gunakan untuk mengganti nomor WhatsApp dengan nomor luar negeri.

  • Langkah pertama tentunya Anda harus mendapatkan nomor luar negeri terlebih dahulu. Untuk mendapatkan nomor luar negeri, Anda dapat mengunduh aplikasi 2nd Line di Google Play Store.
Langkah pertama tentunya Anda harus mendapatkan nomor luar negeri terlebih dahulu. Untuk mendapatkan nomor luar negeri, Anda dapat mengunduh aplikasi 2nd Line di Google Play Store.
  • Setelah sudah terpasang di perangkat, Anda dapat melakukan registrasi dengan menggunakan email dan password untuk mendapatkan nomor luar negeri.
  • Jika sudah berhasil mendapatkan nomor luar negeri, maka langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi WhatsApp yang sudah dilakukan clear data atau di install ulang.
  • Setelah itu Anda dapat melakukan registrasi nomor WhatsApp dengan menggunakan nomor ponsel luar negeri yang sudah didapatkan sebelumnya. Anda bisa mengganti kode negara sesuai dengan nomor tersebut. Kemudian tap tombol Next.
Setelah itu Anda dapat melakukan registrasi nomor WhatsApp dengan menggunakan nomor ponsel luar negeri yang sudah didapatkan sebelumnya. Anda bisa mengganti kode negara sesuai dengan nomor tersebut. Kemudian tap tombol Next.
  • Nantinya Anda dapat memilih untuk di kirimkan kode verifikasi via SMS atau telepon.
  • Setelah itu akan muncul kode verifikasi di aplikasi 2nd Line.
  • Setelah semua proses registrasi selesai, Anda sudah dapat menggunakan WhatsApp tersebut dengan nomor luar negeri.

Apakah Data (Chat, Kontak, File) Akan Hilang Ketika Nomor WA Diganti?

Perlu Anda ketahui, mengganti nomor WhatsApp walaupun di HP baru sekalipun tidak akan menghilangkan data yang terdapat di akun Anda. Namun, sebagai catatan, jika ingin mengganti nomor tanpa menghapus kontak, maka Anda perlu melakukan backup data terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Menghapus Akun WhatsApp

FAQs Seputar Penggantian Nomor WhatsApp

  • Apakah kontak yang di blokir di nomor yang lama juga akan ikut terblokir di nomor yang baru?

Tidak, kontak yang Anda blokir di nomor yang lama tidak akan terblokir di nomor baru. Jika Anda tetap ingin memblokirnya, maka Anda perlu memblokirnya kembali secara manual.

  • Apakah dengan mengganti nomor WhatsApp maka secara otomatis akan mengeluarkan kita dari grup?

Tidak, jika Anda sudah bergabung sebelumnya di sebuah grup dan mengganti nomor WhatsApp, maka akan hanya ada pemberitahuan di grup tersebut bahwa Anda melakukan perubahan nomor.

  • Apakah bisa mengganti nomor WhatsApp tanpa kode verifikasi?

Tidak, sesuai dengan prosedur WhatsApp Anda perlu menggunakan kode verifikasi sebagai keamanan nomor tersebut. Walaupun terdapat cara mengganti nomor WhatsApp tanpa verifikasi, maka cara itu tidak dianjurkan untuk dilakukan.

  • Apakah mengganti nomor WhatsApp akan menghapus kontak?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, walaupun Anda mengganti nomor WhatsApp kontak ataupun data lainnya tidak akan terhapus. Namun, sebagai catatan, kontak tidak akan terhapus jika ANda masih menggunakan perangkat yang sama.

  • Apakah bisa mengganti nomor WhatsApp di laptop?

Tidak bisa, karena ketika mengganti nomor WhatsApp Anda perlu terhubung ke kartu baru yang digunakan untuk dapat diregistrasikan di akun WhatsApp tersebut.

  • Apakah dapat kembali menggunakan nomor WhatsApp yang lama?

Tentu saja bisa, Anda dapat menggunakan kembali nomor lama jika ingin mengganti kembali ke nomor sebelumnya. Namun sebagai catatan, Anda tidak dapat menggunakan nomor WhatsApp lama yang sudah hangus atau yang hilang.

Cara mengganti nomor WhatsApp cukup mudah untuk dilakukan dan tidak perlu waktu lama untuk memahaminya. Tentunya cara ini sangat berguna pada kartu lama Anda yang sudah mati dan harus segera diganti dengan nomor yang baru agar dapat digunakan untuk berkomunikasi kembali.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]

Previous article6 Cara Melihat Tipe Laptop Windows 7/8/10 Beserta Gambarnya
Next articleXiaomi Poco X3 NFC : Spesifikasi, Harga dan Review
SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here