Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Hang Disini

cara mengatasi laptop hang

Cara Mengatasi Laptop Hang – Salah satu permasalahan yang kerap terjadi pada laptop adalah hang ketika sedang digunakan. Tentunya hal ini cukup membuat Anda kerepotan, terlebih jika sedang digunakan dalam keadaan yang penting. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi laptop hang.

Laptop yang mengalami hang tidak hanya ditemui pada laptop lama saja, namun juga bisa terjadi pada laptop yang dalam kondisi baru sekalipun. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab terjadinya laptop yang mengalami hang tersebut. Dengan mengetahui penyebabnya, tentunya juga akan lebih mudah dalam menemukan cara yang tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Laptop Hang

1. Kapasitas RAM yang Terlalu Kecil

Jika kapasitas RAM yang terdapat di laptop Anda cukup kecil, lebih baik untuk tidak menginstal aplikasi terlalu banyak, terlebih aplikasi yang berukuran besar. Hal ini dikarenakan aplikasi tersebut akan membuat kapasitas RAM menjadi penuh dan membuat laptop hang.

RAM sendiri berfungsi sebagai tempat penyimpanan aplikasi sementara, jadi ketika Anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan dengan kondisi RAM yang terbatas tentunya secara langsung akan mempengaruhi kinerja laptop.

2. Kapasitas Harddisk yang Tidak Mencukupi

Selain RAM, komponen lainnya yang mempengaruhi kinerja sebuah laptop adalah harddisk. Seperti halnya RAM, harddisk yang sudah terlalu penuh akan membuat kinerja laptop akan berat dan dapat mengakibatkan laptop menjadi hang.

Jadi sangat disarankan untuk hanya menginstal aplikasi yang dibutuhkan saja. Aplikasi yang tidak pernah digunakan di laptop hanya akan membuat harddisk menjadi penuh, jadi lebih baik diuninstal saja.

3. Terlalu Lama Menyimpan File Temporary

File temporary yang terlalu lama tersimpan di dalam laptop pun menjadi salah satu penyebab sering terjadinya hang. Lebih baik untuk selalu rutin mengecek file yang sudah lama tersimpan dan membersihkannya, jadi tidak akan mengganggu kinerja laptop ketika digunakan.

4. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab selanjutnya laptop yang mengalami hang saat browsing adalah karena terlalu banyak aplikasi yang sedang berjalan. Banyaknya program yang berjalan akan membuat kinerja laptop semakin berat dan akibatnya laptop akan mengalami hang.

Maka dari itu, lebih baik menjalankan aplikasi yang memang sedang digunakan saja. Anda dapat menutup aplikasi yang memang sudah tidak digunakan agar kinerja laptop tidak terlalu berat dan kapasitas RAM juga tidak terlalu penuh.

5. Terdapat Virus atau Malware di Laptop

Laptop yang hang karena virus mungkin menjadi penyebab yang sering kali ditemukan pada laptop yang mengalami hang. Virus sendiri bisa datang dari mana saja, bisa dari flashdisk yang pernah terhubung ke laptop Anda atau dari website yang pernah Anda buka sebelumnya.

6. Terdapat File System yang Corrupt

File system yang corrupt juga dapat menyebabkan laptop menjadi hang saat startup ataupun saat shutdown. File yang corrupt bisa disebabkan karena adanya virus hingga terdapat aplikasi yang menyebabkan error pada sistem operasi.

Biasanya jika penyebabnya adalah file system yang corrupt, maka cara yang digunakan adalah dengan melakukan repair system atau dengan melakukan install ulang.

7. Kerusakan pada Harddisk

Harddisk adalah salah satu komponen hardware laptop yang memiliki peran penting dalam berjalannya sebuah aplikasi. Jika hardisk mengalami kerusakan, tentunya aplikasi akan sulit untuk dijalankan dan dapat mengakibatkan laptop menjadi hang.

Terdapat beberapa macam kerusakan pada harddisk, mulai dari lecet hingga piringan yang patah. Dengan kerusakan tersebut, tentunya harddisk akan sulit untuk membaca atau menjalankan program.

Cara Mengatasi Laptop Hang

1. Masuk ke Safe Mode

Jika laptop yang Anda gunakan memakai sistem operasi Windows, maka salah satu cara mengatasi laptop hang Windows 10 adalah dengan masuk ke safe mode. Biasanya permasalah yang terjadi terletak pada driver yang tidak cocok atau adanya kerusakan pada file Windows.

Untuk dapat masuk ke safe mode, Anda dapat melakukan restrart laptop lalu pada saat booting dapat menekan tombol F8 secara berulang. Nantinya pada layar akan muncul beberapa opsi, Anda dapat langsung memilih opsi Safe Mode.

Setelah berhasil masuk ke safe mode, Anda dapat melakukan repair driver atau menguninstal aplikasi yang membuat laptop menjadi hang. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat mengatasi laptop yang mengalami hang.

2. Instal Ulang Windows

Cara mengatasi laptop hang selanjutnya adalah dengan melakukan instal ulang Windows. Biasanya cara ini digunakan karena terdapat file system yang corrupt dan membuat error pada laptop, seperti kursor tidak bisa bergerak atau hang saat internetan.

Ketika melakukan instal ulang, pastikan bahwa Anda sudah melakukan backup file terlebih dahulu agar file-file penting yang terdapat di sistem operasi sebelumnya tidak hilang. Dengan melakukan instal ulang, maka file system yang corrupt akan hilang karena sudah diganti dengan file yang baru.

3. Mengganti atau Menambahkan RAM

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu penyebab laptop menjadi hang disebabkan karena kapasitas RAM yang terlalu kecil. Maka dari itu, solusi untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mengganti atau menambahkan kapasitas RAM.

Anda dapat melakukan update kapasitas RAM minimal 2x lipat. Contohnya jika sebelumnya kapasitas RAM yang Anda gunakan 4 GB, dapat ditambahkan hingga 8 GB.

Dengan melakukan update RAM, tentunya kinerja laptop tidak akan terlalu berat karena kapasitas untuk menyimpan aplikasi yang sedang berjalan pun semakin besar.

4. Mengecek Harddisk

Harddisk yang rusak memang secara kasat mata tidak dapat diketahui karena komponen harddisk terdapat di dalam laptop. Gejala dari hardisk yang rusak pun tidak terlalu terlihat jika kerusakannya belum terlalu parah.

Namun sebelum kerusakan harddisk lebih parah, Anda dapat mengeceknya menggunakan aplikasi yang dinamakan Harddisk Sentinel. Jika hasil dari pengecekan tersebut adalah 100%, maka harddisk masih dalam keadaan normal.

Namun jika hasilnya dibawah 100%, Anda harus waspada karena terdapat hardisk sudah terindikasi mengalami kerusakan. Jika sudah mengalami kerusakan, satu-satunya cara adalah dengan mengganti komponen harddisk dengan yang baru.

5. Menggunakan BIOS

Menggunakan bantuan BIOS adalah salah satu cara mengatasi laptop hang saat baru dinyalakan. Cara ini dapat dikatakan cara yang cukup ampuh untuk menormalkan kembali laptop yang mengalami hang baik untuk Windows 7, Windows 8, atau Windows 10.

Jika dalam kondisi hang, Anda dapat segera melakukan restrart dengan cara menekan dan menahan tombol power hingga mati. Jika sudah dalam kondisi mati, setelah itu nyalakan kembali lalu masuk ke BIOS dengan cara menekan tombol F12, F11, F8, atau F2.

Jika sudah masuk ke menu BIOS, pilih opsi BIOS Cache lalu klik opsi Disable. Nantinya laptop akan kembali seperti normal. Cara ini juga cocok digunakan pada kasus laptop yang mengalami stuck di logo.

6. Menggunakan Tast Manager

Cara ini dapat digunakan jika terjadi not responding karena game atau connect WiFi yang bermasalah.

Ada dapat masuk ke menu Tast Manager dengan cara tekan tombol Shift + CTRL + Esc secara bersamaan. Jika sudah masuk ke menu Task Manager, Anda dapat menekan klik tombol End Task pada aplikasi atau program yang sedang not responding.

Biasanya jika sudah melakukan End Tast pada Task Manager, laptop akan berjalan normal kembali.

Beberapa cara mengatasi laptop hang di atas dapat Anda gunakan untuk segala merk laptop, mulai dari Asus, HP, Acer, dan masih banyak lagi. Cara di atas pun juga cocok digunakan ketika laptop mengalami hang saat dihidupkan ataupun saat dimatikan.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]