Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.

6 Cara Mengatasi Baterai HP Ngedrop dan Cepat Panas

2 min read

cara mengatasi baterai hp ngedrop

Cara Mengatasi Baterai HP Ngedrop – Baterai ngedrop adalah hal yang umum terjadi pada setiap ponsel, walaupun sering dijumpai pada ponsel baru, namun masalah ini lebih banyak terjadi pada ponsel bekas.

Dimana umum ponsel yang sudah terpakai cukup lama pastinya membuat daya baterainya tidak seperti dulu lagi, alias menurun. Dan hal ini wajar terjadi.

Tak sedikit ponsel awalnya memiliki daya baterai 70 persen, tiba-tiba langsung mati. Sebenarnya masalah ini mudah sekali untuk kita atasi. Pada artikel ini saya akan menjelaskan beberapa cara mengatasi baterai hp ngedrop, simak!

Cara Mengatasi Baterai HP Ngedrop dan Cepat Panas

Ada 6 cara mudah dalam mengatasi baterai hp yang ngedrop dan cepat panas, berikut akan kami jelaskan dibawah ini.

1. Mengaktifkan Mode Power Saving

Pada setiap ponsel terdapat fitur power saving, dimana fitur ini bisa menghemat baterai lebih lama dengan mematikan fitur-fitur yang tidak penting.

Kamu yang baterai ponselnya sering mati sendiri dan panas, cobalah fitur ini. Dengan fitur ini, daya baterai ponsel kamu bisa bertahan lebih lama.

2. Melakukan Kalibrasi Baterai

Kalibrasi baterai merupakan salah satu tips ampuh yang sudah banyak dibuktikan, untuk caranya, simak tutorial di bawah ini :

  1. Nyalakan ponsel kamu, charge/cas sampai penuh 100%, kemudian matikan ponsel ketka sudah penuh (pastikan baterai sudah terisi penuh).
  2. Dalam kondisi mati, charge kembali sekitar 1 sampai 2 jam (ingat jangan kamu nyalaman sampai waktu yang ditentukan).
  3. Dalam kondisi charger terpasang (tidak dicabut), nyalakan kembali ponsel kamu (kondisi 100%).
  4. Ketika sudah menyala, cabut kabel charger kemudian gunakan ponsel sampai baterai habis.
  5. Ketika baterai habis total dan ponsel mati, diamkan ponsel sekitar 15 menit dalam keadaan tidak di charge.
  6. Setelah 15 menit, charge ponsel dalam keadaan mati.
  7. Tunggu hingga 100%, jika sudah nyalakan kembali tanpa mencabut kabel charger.
  8. Jika sudah menyala, cabut charger dan gunakan smartphone seperti biasa.
  9. Selamat, kalibrasi selesai.

3. Meredupkan Layar Ponsel

Layar adalah salah satu komponen yang membutuhkan banyak konsumsi baterai. Jangan menggunakan kecerahan layar yang terlalu, kurangi kontras kecerahan cahaya semaksimal mungkin. Karena kecerahan cahaya yang tinggi lebih banyak memakan daya baterai, redupkan layar agar baterai lebih tahan lama.

4. Tidak Bermain Game HD

Sudah dari dulu kita ketahui jika game HD/High Definition yang memiliki grafik tinggi, pasti memiliki konsumsi baterai yang sangat banyak.

Salah satu penyebab kenapa ponsel kamu semakin lama daya baterainya semakin berkurang ya karena ini, terlalu sering memainkan game HD.

Meskpiun ponsel kamu memiliki spesifikasi rendah maupun tinggi, jika kamu terlalu sering memainkan game HD maka tak bisa dipungkiri jika lama kelamaan kinerja baterai akan menurun dan ponsel cepat panas.

Sebelum itu terjadi maka hentikan aktivitas ini. Kamu bisa memainkan game dengan grafik sedang dan game-game ringan.

5. Mematikan Data Seluler Saat Tidak Digunakan

Ketika kamu sibuk, coba matikan paket data agar ponsel tidak selalu menggunakan jaringa internet. Bahkan lebih baik lagi jika kamu mematikan ponsel tersebut agar tidak memakan daya apapun.

Selain bisa hemat paket data, kamu juga bisa menghemat penggunaan baterai ponsel tersebut. Jangan lupa ketika dalam keadaan tidur, lebih baik matikan data seluler. Dengan begitu kamu bisa pulas dan lebih hemat daya.

6. Mengganti Baterai

Terakhir, kamu bisa mengganti baterai ponsel tersebut. Jika ponsel tersebut memiliki baterai removable atau bisa dilepas, lebih baik kamu menggantinya sendiri.

Sedangkan jika baterai ponsel tersebut non removable, kamu bisa menggantinya di tukang servis jika kamu tidak memiliki skil servis ponsel.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi baterai hp ngedrop dan panas baik pada ponsel Android, iOS, dan merk ponsel lainnya. Selain tips di atas, apakah kamu mempunya tips lainnya? jika punya, tulis di kolom komentar yaa!

Semoga artikel ini bisa membantu permasalahan kamu, terima kasih!

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]
Sudut Nusantara SudutNusantara.com adalah sebuah situs yang menyajikan berdasarkan hobi mengenai Wisata, Teknologi, Review Gadget, Game, dan Pendidikan.