6 Cara Melihat Tipe Laptop Windows 7/8/10 Beserta Gambarnya

cara melihat tipe laptop

Walaupun sering bahkan hampir setiap hari menggunakan laptop, belum tentu Anda mengetahui tipe laptop yang sedang digunakan. Tipe laptop sendiri biasanya lebih susah ditemukan, hal ini lah yang membuat banyak orang tidak mengetahui atau lupa pada tipe laptop yang sedang digunakan. Terdapat beberapa cara melihat tipe laptop yang dapat Anda gunakan.

Padahal cukup penting bagi Anda untuk mengetahui tipe laptop yang sedang digunakan, bisa untuk mencari komponen yang tepat atau hingga mencari harga pasaran dari laptop tersebut. Cara yang akan dijelaskan di bawah ini dapat digunakan untuk berbagai merk laptop, seperti Asus, HP, Lenovo, Acer, Toshiba, Axioo, Dell, Samsung, hingga Asus ROG.

Yuk, simak berikut ini 6 Cara Melihat Tipe Laptop yang akan Sudut Nusantara kupas lengkap beserta gambarnya.

1. Lewat Dus Laptop

Cara paling mudah untuk melihat tipe dari laptop adalah dengan melihat dus laptopnya. Biasanya produsen dari laptop akan memberikan informasi tipe laptop di bagian dusnya. Jika tidak terdapat di bagian dus, Anda dapat mencari informasi tipe laptop pada buku manualnya.

2. Melihat Lewat BIOS

Cara melihat tipe laptop windows 10 selanjutnya yaitu dengan BIOS. BIOS sendiri adalah sebuah sistem yang akan muncul sebelum windows dipasang, jadi BIOS adalah sistem yang dipasang oleh produsen dari laptop itu sendiri.

BIOS sendiri dapat Anda lihat ketika perangkat laptop baru dinyalakan yang ditandai dengan munculnya logo atau merk dari laptop tersebut. Berikut ini adalah beberapa step untuk melihat tipe laptop menggunakan BIOS.

  • Langkah pertama yaitu dengan menyalakan laptop Anda.
  • Setelah itu ketika tampilan BIOS sudah muncul, maka Anda dapat menekan salah satu tombol F1 hingga Delete. Perlu Anda ketahui tombol BIOS ini dapat berbeda-beda di setiap merk laptop, jadi Anda dapat mencobanya secara satu per satu.
  • Jika Anda sudah berhasil masuk, Anda dapat mencari bagian System Information atau sejenisnya untuk melihat tipe dari laptop yang sedang digunakan tersebut.

3. Lewat System Information

Cara melihat tipe laptop selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur System Information di laptop Anda. Dengan menggunakan fitur System Information ini, Anda dapat melihat berbagai macam informasi, seperti spek hingga tipe komponen yang digunakan.

Agar lebih jelas lagi, berikut ini adalah langkah-langkah untuk melihat tipe laptop menggunakan fitur System Information.

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol Start.
  • Setelah itu Anda dapat mengetikan “System Information” lalu pilih klik Open.
Setelah itu Anda dapat mengetikan "System Information" lalu pilih klik Open.
  • Nantinya pada halaman System Information yang muncul, Anda dapat menuju ke bagian System Model, disana terdapat informasi tipe laptop yang sedang digunakan.
Nantinya pada halaman System Information yang muncul, Anda dapat menuju ke bagian System Model, disana terdapat informasi tipe laptop yang sedang digunakan.

4. Melalui DXDIAG

Cara melihat tipe laptop windows 8 selanjutnya adalah dengan melalui DXDIAG (DirectX Diagnostic Tools). Cara ini hampir mirip dengan menggunakan fitur System Information karena dapat memberikan informasi beberapa spesifikasi laptop hingga tipe laptop tersebut.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melihat tipe laptop menggunakan fitur DXDIAG.

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol Start.
  • Setelah itu ketik Run.
  • Jika jendela Run sudah terbuka, ketik DXDIAG lalu klik tombol OK.
Jika jendela Run sudah terbuka, ketik DXDIAG lalu klik tombol OK.
  • Jika sudah masuk ke halaman DXDIAG, Anda dapat melihat bagian System Manufacturer dan System Model. Kedua bagian tersebut akan menunjukan tipe dan merk laptop yang sedang Anda gunakan.
Jika sudah masuk ke halaman DXDIAG, Anda dapat melihat bagian System Manufacturer dan System Model. Kedua bagian tersebut akan menunjukan tipe dan merk laptop yang sedang Anda gunakan.

5. Lewat CMD

Cara ini mungkin belum banyak diketahui oleh orang karena memang cukup rumit. Tidak hanya dapat memberikan informasi tipe laptop, Anda juga dapat menggunakan CMD untuk memberikan berbagai macam perintah.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk melihat tipe laptop menggunakan fitur Command Prompt (CMD).

  • Langkah pertama yaitu dengan klik tombol start lalu tuliskan Command Prompt. Klik Open untuk membukanya.
Langkah pertama yaitu dengan klik tombol start lalu tuliskan Command Prompt. Klik Open untuk membukanya.
  • Langkah selanjutnya pada halaman CMD Anda dapat mengetikan “systeminfo” lalu tekan tombol Enter.
Langkah selanjutnya pada halaman CMD Anda dapat mengetikan "systeminfo" lalu tekan tombol Enter.
  • Nantinya secara otomatis akan muncul beberapa informasi, termasuk informasi dari tipe laptop yang Anda gunakan. Anda dapat melihat bagian System Manufacturer dan System Model untuk melihat merk dan tipe dari laptop yang sedang digunakan.
Nantinya secara otomatis akan muncul beberapa informasi, termasuk informasi dari tipe laptop yang Anda gunakan. Anda dapat melihat bagian System Manufacturer dan System Model untuk melihat merk dan tipe dari laptop yang sedang digunakan.

6. Menggunakan Control Panel

Cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk melihat tipe laptop adalah dengan menggnakan menu Control Panel. Cara ini dapat digunakan baik untuk laptop dengan sistem operasi windows 7 atau di atasnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah menggunakan control panel untuk mengetahui tipe laptop yang Anda gunakan.

  • Langkah pertama yaitu klik tombol windows di keyboard laptop Anda.
  • Setelah itu ketik Control Panel lalu pilih Open.
Setelah itu ketik Control Panel lalu pilih Open.
  • Jika halaman Control Panel sudah terbuka, pilih opsi System and Security.
Jika halaman Control Panel sudah terbuka, pilih opsi System and Security.
  • Langkah selanjutnya klik opsi System.
  • Pada halaman System nantinya akan muncul beberapa informasi, seperti spesifikasi, versi Windows, dan tentunya tipe laptop yang sedang Anda gunakan.
Pada halaman System nantinya akan muncul beberapa informasi, seperti spesifikasi, versi Windows, dan tentunya tipe laptop yang sedang Anda gunakan.

6 cara melihat tipe laptop di atas dapat Anda ikuti dengan mudah dan cepat. Dengan mengetahui cara-cara di atas, Anda tidak perlu pergi ke service center merk laptop yang digunakan untuk menanyakan tipe dari laptop tersebut.

Beri Konten ini 5 Bintang Dong!
[Total: 0 Average: 0]